Featured

3 Manfaat Buah Kentang untuk Kecantikan dan Cara Membuatnya

Kentang merupakan salah satu hasil pertanian yang tumbuh subur dan melimpah di Indonesia. Kentang juga salah satu sumber karbohidrat yang paling populer dalam menggantikan nasi.

Banyak olahan dari kentang yang dapat dinikmati, misalnya kentang rebus atau kukus, mashed potato atau kentang tumbuk, dan lagi kentang juga bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lain untuk menjadi berbagai kreasi masakan, seperti pada menu gado-gado atau fish and chips. Tak hanya untuk konsumsi, kentang ternyata dapat digunakan sebagai bahan penunjang kecantikan wanita.

Bahkan, ritual menggunakan kentang sebagai produk kecantikan sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu, berdasarkan data dari sebuah penemuan di Peru. Berlanjutlah hingga sekarang, manfaat kentang untuk kecantikan ternyata tetap dipertahankan.

Berikut manfaat kentang untuk kecantikan

1. Mencerahkan Wajah

Selain bermanfaat saat dikonsumsi, buah kentang juga dapat dijadikan sebagai skincare. Walaupun sudah banyak beredar skincare buatan pabrik, seperti produk best seller Nature Republic, tak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar.

Manfaat pertama skincare dari kentang adalah untuk mencerahkan wajah. Selain mengandung polifenol, kentang juga mengandung antioksidan yang akan bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Namun, skincare dari kentang yang satu ini perlu bahan tambahan untuk memaksimalkan khasiatnya. Bahan tambahan untuk mendukung proses pencerahan wajah tersebut, misalnya Bentonite Clay atau bubuk matcha.

Salah satu dari dua jenis bubuk tersebut kemudian ditambahkan dengan sari-sari kentang hingga membentuk adonan yang bertekstur seperti pasta yang dapat diaplikasikan ke wajah. Selanjutnya, aplikasikan pasta tersebut ke wajah, dan leher bila perlu, secara merata dan biarkan selama sepuluh menit saja. Kemudian bilas menggunakan air hangat dan tepuk-tepuk wajah dengan handuk hingga kering.

2. Sebagai Sabun

Kentang juga dapat diformulasikan menjadi sabun. Biasanya, sabun berbahan dasar kentang juga sudah ditambahkan beberapa bahan alami lainnya untuk menunjang kecantikan kulit.

Bahan-bahan alami lainnya yang dapat ditambahkan ke dalam sabun kentang, misalnya tomat, serai, minyak zaitun, minyak kelapa, shea butter, biji mangga, atau berbagai minyak esensial. Perpaduan kentang dengan berbagai bahan tersebut amat baik bagi tubuh, misalnya saja tomat.

Tomat merupakan salah satu dari 5 makanan anti-aging. Manfaat lainnya dari sabun kentang ini ialah:

  • Menutrisi kulit secara maksimal
  • Memperbaiki lapisan kulit
  • Meredakan kulit yang terbakar sinar matahari
  • Mengurangi inflamasi
  • Mencerahkan kulit
  • Memperbaiki tekstur kulit

Sabun alami dari kentang ini biasanya dijual pada e-commerce. Seperti tips memilih skincare untuk pemula, sebelum membeli sabun ini, pastikan toko yang menjualnya adalah toko yang terpercaya dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sabun merupakan bahan yang aman, sehingga dapat dengan nyaman digunakan dan kulit dapat merasakan betul manfaatnya.

3. Face Scrub

Kentang yang sudah diparut juga cocok sekali untuk digunakan sebagai scrub wajah. Sifat dari kentang yang sedikit asam akan dapat mengangkat sel-sel kulit mati dengan sangat baik.

Bahan-bahan untuk membuat scrub dari kentang ialah sebagai berikut:

  • Setengah buah kentang, diparut
  • Setengah sendok teh oatmeal
  • Setengah sendok teh susu

Campurkan bahan-bahan tersebut secara merata, kemudian aplikasikan pada wajah selama sekitar 8 – 10 menit, kemudian bilas hingga bersih. Oatmeal dan susu akan mendukung kentang dalam mengeksfoliasi kulit wajah.

Ditambah lagi, kandungan asam lemak pada susu akan mambantu kulit dalam mengembalikan kelembabannya, setelah kondisi kulit menjadi kering akibat eksfoliasi. Selain itu, oatmeal juga dapat dijadikan bahan alami untuk menghilangkan gigitan nyamuk.

Recent Posts

7 Zodiak yang Suka Gaya Hidup Mewah

Percaya atau tidak, zodiak sedikit banyak mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan manusia. Mulai dari sifat,…

3 months ago

10 Kelemahan Wanita Aries yang Membuat Dirinya Sendiri Kesal

Wanita berzodiak aries umumnya memiliki beberapa kelebihan yang patut dibanggakan. Kelebihan wanita aries, di antaranya…

4 months ago

7 Penyebab Wanita Menjadi Gemuk setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Melahirkan merupakan salah satu momen dalam kehidupan seorang wanita yang sangat menakjubkan. Melahirkan tak hanya…

4 months ago

Wanita Frigid: Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan dalam semua aspek harus menjadi yang utama. Apalagi jika menyangkut permasalahan kehidupan seksual. Sering…

5 months ago

4 Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan

Di tengah maraknya aksi boikot terhadap beberapa merk terkenal, termasuk merk untuk produk-produk kecantikan, sudah…

6 months ago

3 Manfaat Buah Salak untuk Kecantikan

Buah salak merupakan buah asli dari Indonesia. Buah yang satu ini menjadi salah satu buah…

6 months ago