Kesehatan

4 Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan

Di tengah maraknya aksi boikot terhadap beberapa merk terkenal, termasuk merk untuk produk-produk kecantikan, sudah saatnya para wanita Indonesia ikut berkontribusi dengan tidak menggunakan produk tersebut. Namun, bukan berarti kemudian mengabaikan begitu saja kecantikan pada diri.

Kecantikan diri harus terus dijaga. Kecantikan diri bukan semata-mata untuk ditunjukkan kepada orang lain, namun untuk kenyamanan dan kepercayaan diri sendiri juga.

Cara selanjutnya yang dapat para wanita lakukan adalah dengan beralih kepada produk-produk kecantikan karya anak bangsa, alias produk lokal. Atau, langkah yang lebih baik lagi adalah dengan beralih kepada bahan-bahan yang alami.

Seperti para wanita zaman dulu yang tetap cantik dan sehat dengan hanya menggunakan bahan-bahan alam, wanita modern pun bisa melakukannya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan buah lemon.

Sekarang, langsung saja menuju pembahasan tentang luar biasanya manfaat buah lemon untuk kecantikan:

1. Highlight Rambut

Manfaat buah lemon untuk kecantikan yang pertama adalah untuk highlight rambut. Highlight rambut sendiri adalah sebuah teknik pewarnaan rambut, di mana tidak keseluruhan rambut diwarnai, namun hanya beberapa bagian rambut menjadi berwarna lebih terang daripada bagian rambut yang lain.

Highlight rambut cocok bagi wanita yang suka bereksperimen atau mengekspresikan diri melalui warna-warna pada rambutnya. Tak melulu berwarna hitam, rambut juga dapat menjadi lebih terlihat cantik dan menarik jika diberi warna dengan tepat.

Memberikan highlight pada rambut dapat dilakukan dengan buah lemon. Selain lebih hemat, pilihan ini juga pastinya lebih sehat, karena tidak menambahkan pewarna kimia pada rambut.

Belum lagi, ternyata hal ini juga mudah untuk dilakukan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan botol spray
  • Peras lemon ke dalam botol, kemudian tambahkan air secukupnya
  • Semprotkan air lemon tersebut ke bagian-bagian rambut yang ingin diwarnai
  • Pastikan untuk menyemprotkan air lemon ke bagian rambut hingga lembab atau basah
  • Setelahnya, berjemurlah di bawah terik matahari selama 1 – 2 jam
  • Jika sudah, cuci rambut hingga bersih dan gunakan pula conditioner

2. Sebagai Toner

Selain dapat digunakan sebagai pewarna rambut, buah lemon juga dapat digunakan untuk merawat kulit wajah. Buah lemon dapat dimanfaatkan sebagai toner alami, namun, kali ini harus dikombinasikan dengan bahan alami lainnya.

Bahan lain yang dapat dikombinasikan dengan buah lemon untuk digunakan sebagai toner adalah mentimun. Toner ini akan sangat cocok digunakan sebagai skincare untuk kulit berminyak dan kusam.

Walaupun toner dapat memanfaatkan kegunaan lain dari micellar water, namun kombinasi dari lemon dan mentimun tersebut akan memberikan manfaat yang lebih baik bagi kulit wajah. Mentimun sendiri mengandung antioksidan yang tinggi, sementara lemon mengandung vitamin C.

Keduanya akan sangat baik dalam menghidrasi kulit, mengurangi pembengkakan dan peradangan atau iritasi kulit. Toner lemon ini, apabila dibuat dengan benar dan disimpan dalam lemari pendingin, akan awet dan dapat digunakan hingga satu minggu ke depan.

3. Rambut Bersinar

Rambut kerap kali terasa mudah kusam. Penyebabnya beragam, misalnya polusi udara, sering skip keramas, atau bahkan tidak cocok dengan shampo yang sedang digunakan.

Memang, beberapa hal di atas nampak sedikit sulit untuk dihindari, misalnya saja polusi udara. Pun perihal shampo, sering kali para wanita kesulitan dalam menemukan shampo yang benar-benar cocok untuk rambut.

Pertolongan pertama saat rambut mulai terasa kusam adalah dengan menggunakan buah lemon dan air hangat. Bahkan, sari-sari lemon dapat membuat rambut lebih bersinar dan cocok pula untuk para wanita dengan jenis kulit kepala berminyak, karena buah lemon akan mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

Cara menggunakan buah lemon untuk kecantikan rambut ini adalah sebagai berikut:

  • Campurkan 2 sdm sari lemon dengan 1 cangkir air hangat
  • Tuangkan pada rambut dengan hati-hati, agar tidak mengenai area mata
  • Diamkan minimal satu menit saja, kemudian bilas hingga bersih

4. Masker Wajah

Satu lagi manfaat buah lemon untuk kecantikan wajah yang dapat menjadi kegemaran para wanita, yakni menjadi masker. Penggunaan masker sendiri telah menjadi salah satu rutinitas skincare mingguan, atau bahkan harian, yang memiliki manfaat yang beragam untuk wajah.

Dengan beralih dari sheet mask atau masker sekali pakai menjadi masker yang alami tentu juga sekaligus dapat mengurangi sampah kertas dan plastik. Buah lemon sendiri juga dapat menjadi masker yang luar biasa.

Selain vitamin C, buah lemon juga mengandung antioksidan. Penggunaan antioksidan sebagai salah satu bahan untuk merawat wajah merupakan salah satu cara menjaga muka agar awet muda.

Sementara itu, manfaat masker lemon untuk wajah, di antaranya:

  • Mencerahkan warna kulit, seperti manfaat masker pisang
  • Menghilangkan bintik hitam, seperti manfaat daun kemangi
  • Meratakan warna kulit
  • Mengurangi peradangan, dengan menambahkan sedikit kunyit
  • Meredakan kulit yang terbakar sinar matahari, dengan menambahkan yogurt pada masker lemon

Recent Posts

7 Zodiak yang Suka Gaya Hidup Mewah

Percaya atau tidak, zodiak sedikit banyak mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan manusia. Mulai dari sifat,…

4 months ago

10 Kelemahan Wanita Aries yang Membuat Dirinya Sendiri Kesal

Wanita berzodiak aries umumnya memiliki beberapa kelebihan yang patut dibanggakan. Kelebihan wanita aries, di antaranya…

5 months ago

7 Penyebab Wanita Menjadi Gemuk setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Melahirkan merupakan salah satu momen dalam kehidupan seorang wanita yang sangat menakjubkan. Melahirkan tak hanya…

5 months ago

Wanita Frigid: Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan dalam semua aspek harus menjadi yang utama. Apalagi jika menyangkut permasalahan kehidupan seksual. Sering…

5 months ago

3 Manfaat Buah Kentang untuk Kecantikan dan Cara Membuatnya

Kentang merupakan salah satu hasil pertanian yang tumbuh subur dan melimpah di Indonesia. Kentang juga…

7 months ago

3 Manfaat Buah Salak untuk Kecantikan

Buah salak merupakan buah asli dari Indonesia. Buah yang satu ini menjadi salah satu buah…

7 months ago