Categories: Gaya Hidup

14 Kebiasaan Buruk Saat Mandi yang Sering dilakukan

Mandi adalah kebiasaan rutinitas yang harus di lakukan setiap hari agar badan tetap segar, bersih, dan wangi. Tetapi ternyata, tanpa kita sadari, mandi yang kita lakukan dengan salah dapat menjadi kebiasaan buruk tanpa kita sadar.

Misalnya menggunakan produk yang berbeda untuk setiap bagian tubuh, atau mandi berlama-lama hingga lebih dari 30 menit. Namun, tahukah anda ada kebiasaan-kebiasaan mandi wanita yang sebenernya tidak dianjurkan.

Seiring bertambahnya usia, tubuh memiliki batasan dalam menerima kebiasaan yang kita lakukan. Hal yang dulu tidak masalah, mungkin sekarang membuat tubuh menjadi melemah. Jika memiliki kebiasaan-kebiasaan ini, sebaiknya mengurangi atau segera menghentikannya.

1. Mandi Terlalu Sering

Sebagian besar wanita memang terkenal akan higienitas-nya yang tinggi, seperti mandi terlalu sering. Saat menggosok kulit dengan keras, dapat secara tidak sengaja mengiritasi atau mengeringkan kulit. Selain itu, beberapa losion dan sabun mandi yang gunakan dapat mengandung bahan-bahan yang mungkin tidak membantu kulitmu tetap lembap.

2. Menggunakan Air yang Terlalu Panas

Sering Mandi dengan Air Panas? Waspadai Efeknya, Terutama Terhadap Wanita. Banyak orang suka mandi dengan air panas karena rasanya yang enak dan menghasilkan efek menenangkan. Namun, air yang terlalu panas dapat merusak kulit, terutama bagi yang suka mandi dalam waktu lama. Cobalah menggunakan air yang hangat kemudian disusul dengan air yang dingin.

3. Menggunakan Sabun yang Salah

Wanita seringkali memilih sabun antibakteri untuk merasa bersih, namun sabun antibaketri juga dapat membunuh terlalu banyak bakteri, termasuk bakteri baik. Wanita juga sering memilih sabun berdasarkan aroma, padahal jika memiliki masalah pada kulit, seharusnya memilih sabun tanpa aroma untuk tidak memperparah kulitmu.

4. Tidak Membersihkan Loofah

Loofah atau sponge sangat bagus untuk menggosok tubuh, tetapi sudutnya adalah tempat persembunyian yang sempurna bagi kuman. Benda ini seringkali luput dari perhatian para wanita. So Ladies, bersihkan dan gantung benda ini setelah menggunakannya. Juga disarankan mengggantinya jika telah lebih dari 1 bulan.

5. Mandi Air Panas saat Kulit Gatal

Mandi dengan air panas saat kulit gatal memang sangat nyaman. Namun, sebaiknya mengetahui alasan mengapa kulitmu terasa gital. Jika gatal disebabkan oleh kulit kering, mandi dengan air panas akan memperburuk keadaan kulit. Buatlah kulitmu tetap lembab dan terhidrasi. Inilah 6 Cara Terbaik Mengatasi Kulit Kering, Yuk Cobain!

6. Terlalu Sering Mencuci Rambut

Kulit kepala berkeringat membuat wanita sering tidak percaya diri dan memutuskan untuk mencuci rambut setiap kali merasa rambut sudah tidak wangi. Namun, hal ini akan membuat kehilangan minyak alami rambutmu, apalagi jika memiliki tipe kulit kepala yang kering. Disarankan mencuci rambut lebih jarang apabila memiliki rambut keriting/ kasar/ sedang perawatan menggunakan bahan kimia.

7. Menggunakan Kondisioner Hingga Pangkal Rambut

Kemungkin memiliki kebiasaan mengoleskan kondisioner ke semua bagian rambut hingga ke pangkalnya. Tetapi ini sebenarnya dapat memiliki efek negatif yaitu menyebabkan minyak dan produksi minyak yang tidak perlu. Oleskan kondisioner berfokus pada akar rambut yang merupakan area paling membutuhkan kelembapan.

8. Menggunakan Sabun Diseluruh Bagian Tubuh

Tidak semua area tubuh membutuhkan sabun untuk membersihkannya. Batasi sabun di ketiak, selangkangan, kaki, tangan, dan wajah. Khususnya menggunakan sabun di vagina yang dapat mengiritasi dan mengganggu keseimbangan bakteri alami, yang dapat menyebabkan vaginosis bakteri. Ketahui juga Efek Memakai Sabun Sirih Bagi Wanita untuk Daerah Kewanitaan.

9. Membungkus Rambut Dengan Handuk

Siapa sih wanita yang tidak melakukan ini sehabis mencuci rambut? Hal ini bertujuan untuk mempercepat pengeringan rambut. Namun, sebenarnya hal ini akan menyebabkan kerusakan parah pada rambut. Tepuk-tepuk perlahan rambut yang basah denga handuk, jika sudah tidak meneteskan air maka dapat membiarkannya kering oleh angin. Hindari menggosok rambutmu!

10. Menunda Proses Pelembab

Setelah mandi yang menyenangkan, mungkin hanya ingin bersantai sembari melihat smartphone-mu. Tetapi jika tidak segera melembapkannya, dapat merugikan kulitmu sendiri. Gunakanlah pelembab saat sesudah mandi, termasuk kulit wajah. Ketahui Cara Menggunakan Pelembab Wajah yang Benar dan Praktis agar kulitmu senantiasa sehat.

11. Mengeringkan Diri Dengan Kasar

Mengeringkan tubuh secara kasar dengan handuk akan memperburuk kualitas kulitmu. Tepuk perlahan bagian tubuh yang akan dikeringkan dan jangan lupa untuk memilih handuk yang tepat. Pilihlah handuk yang lembut untuk seluruh tubuhmu.

12. Tidak Menggosok kaki

Wanita seringkali terlalu fokus pada kondisi kulit wajah dan tangan, kemudian melupakan bagian yang penting ini. Gosoklah kulit kakimu dengan baik, jangan lewatkan sela-sela jari yang dapat menjadi sarang bakteri. Tidak harus menunggu jadwal ke salon untuk memberi perhatian lebih pada kaki.

13. Tidak Mengganti Pisau Cukur

Pisau cukur adalah alat manual yang digunakan banyak wanita untuk mencukur bulu di daerah tertentu seperti ketiak dan vagina. Banyak wanita menganggap pisau cukur hanya digunakan di waktu tertentu sehingga tidak perlu menggantinya dalam waktu yang cepat.

Namun, tahukah bahwa pisau cukur yang tidak dikeringkan dengan baik akan berkarat dan membuat kulitmu terluka saat digunakan kembali.

14. Menggosok Gigi di Sore Hari

Cara Menghilangkan Bau Mulut dari Gigi Berlubang, salah satunya adalah memastikan tidak ada sisa makanan yang tersangkut pada gigi sebelum tidur. Sebagian besar wanita, khususnya di Indonesia, menggosok gigi di pagi dan sore hari namun melupakan gosok gigi di malam hari. Jika masih memiliki kebiasaan ini, dapat memulai mengganti jadwal gosok gigimu.

Share
Published by
Intan Permata

Recent Posts

10 Cara Menjadi Wanita Alpha yang Menarik Banyak Pria

Ketika mendengar kata alpha, biasanya kita akan langsung terpikirkan dengan pemimpin kawanan pada sekelompok hewan.…

2 weeks ago

10 Ciri Cowok Minta Putus tapi Masih Sayang

Kata putus merupakan salah satu kata yang ditakuti oleh pasangan kekasih. Kata tersebut terdengar begitu…

3 weeks ago

10 Kebiasaan Buruk Wanita Saat Mandi

Ladies, mandi adalah salah satu aktivitas yang dilakukan setiap hari. Umumnya mandi dilakukan sebanyak 2…

3 weeks ago

10 Cara Menjadi Wanita Menarik yang Sulit Ditolak Pria

Ladies, apakah Anda sering merasa sulit mendekati pria yang Anda sukai? Jika jawabannya adalah 'ya',…

1 month ago

8 Cara menjadi Ibu yang Tidak Pemarah

Setiap anak tentunya paling tidak suka jika dimarahi oleh oran tuanya. Namun, sering kali melihat…

2 months ago

6 Cara Menjadi Pribadi yang Menarik bagi Wanita

Daya tarik merupakan hal yang bersifat subjektif sebenarnya. Namun, apabila kita berbicara secara general, kita…

2 months ago