Gaya Hidup

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kurus

Ladies, apakah Anda sedang dalam masa diet atau berusaha sekuat tenaga untuk menurunkan berat badan? Apakah Anda sedang mengalami masa berat badan stuck atau susah turun? Permasalahan di atas seringkali menyerang kaum wanita saat ingin mencari cara menurunkan berat badan dengan cepat.

Rasa-rasanya sudah melakukan berbagai cara, namun berat badan tak kunjung turun juga. Hingga, tak jarang, para wanita melakukan hal-hal lain agar berat badan dapat turun dengan cepat. Padahal, hal yang dilakukan bisa jadi merupakan kebiasaan buruk yang tidak baik bagi tubuh.

Sebelum melangkah lebih jauh lagi, ketahuilah kebiasaan buruk yang bikin kurus berikut ini:

1. Diet yang Salah

Pertama kali ketika mendengar kata diet, biasanya orang akan berpikir bahwa diet adalah suatu hal yang berkaitan erat dengan pembatasan makan, tidak makan sama sekali, atau cara-cara lain untuk menurunkan berat badan. Padahal, diet yang sebenarnya adalah tentang cara mengatur pola makan.

Diet yang salah bisa saja akan membuat tubuh kurus, karena tubuh pasti akan kekurangan asupan setiap harinya. Seringkali, Anda harus mengorbankan makanan-makanan favorit Anda untuk tidak di makan.

Hal ini tentu akan membuat Anda menderita, karena ketika Anda melakukan cheating atau makan makanan tersebut sekali saja, Anda akan diliputi perasaan bersalah. Jadi, selain tidak baik untuk fisik, diet yang salah juga kurang baik untuk psikis, walaupun memang bisa membuat tubuh menjadi kurus.

2. Mengurangi Asupan Nutrisi Harian

Tubuh seseorang membutuhkan nutrisi yang seimbang setiap harinya. Dibutuhkan sekian ribu kalori per harinya agar tubuh dapat tercukupi kebutuhannya. Diet yang salah dapat mengurangi asupan nutrisi harian untuk tubuh.

Dengan melakukan pembatasan makan, nutrisi yang masuk dalam tubuh pun bisa jadi sangat minimal. Padahal, nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bekerja dengan optimal. Jika tubuh tak dapat bekerja dengan optimal, lama-kelamaan fungsi setiap organ dapat menurun.

Belum lagi jika ditambah dengan menurunnya berat badan. Tubuh Anda bisa-bisa terasa lemas dan mulai muncul berbagai masalah kesehatan yang sebelumnya tidak pernah Anda rasakan.

3. Terpaku pada Angka Timbangan

Kaum wanita biasanya gemar sekali memperhatikan angka pada timbangan. Memang tidak salah. Jika angka timbangan menunjukkan penurunan, tentu hati akan merasa bahagia karena diet yang dilakukan dirasa berhasil.

Namun, jika angka timbangan menunjukkan angka yang tetap atau bahkan peningkatan, tak jarang Anda akan melakukan cara diet yang lebih ekstrim lagi untuk menurunkannya. Fokus utama pada saat diet biasanya berada pada lemak tubuh. Lemak berlebihan pada tubuh memang harus disingkirkan.

Angka timbangan tidak hanya menunjukkan berapa banyaknya lemak dalam tubuh, melainkan keseluruhan isi tubuh, seperti otot, air dll. Maka, terlalu terpaku pada angka timbangan akan menimbulkan stres dan dapat mengarahkan kepada diet instan yang salah.

Lebih baik, Anda ketahui cara menghitung berat badan ideal agar tak melulu terpaku pada angka pada timbangan.

4. Berpikir Sehat Berarti Rendah Kalori

Memang betul bahwa mengonsumsi makanan yang rendah kalorinya dapat membuat tubuh menjadi kurus. Namun, seringkali yang dipilih adalah makanan rendah kalori yang belum tentu sehat. Untuk makanan kemasan, ada baiknya membaca keseluruhan komposisi dan kandungan gizi atau nutrisinya.

Karena, dengan kalorinya yang rendah, bisa jadi makanan tersebut mengandung gula atau garam yang tinggi, sehingga menjadikannya kurang sehat bagi tubuh.

5. Olahraga Berlebihan

Olahraga merupakan salah satu instrumen pendukung penurunan berat badan yang manjur. Namun, jika olahraga yang dilakukan berlebihan, hal ini dapat menjadi satu kebiasaan buruk juga. DIlansir dari NHS, diperlukan lebih dari 150 jam olahraga setiap minggunya untuk dapat menurunkan berat badan.

Di samping olahraga, tubuh juga membutuhkan waktu untuk istirahat dan tidur. Olahraga yang berlebihan akan membuat waktu istirahat menjadi berkurang. Jika hal ini terjadi, maka tak hanya tubuh menjadi kurus, namun juga dapat terjadi hal-hal seperti:

  • Tubuh lemas
  • Cidera otot
  • Gangguan kesehatan mental
  • Gangguan tidur
  • Terobsesi olahraga
  • Gangguan pada detak jantung
  • Kelelahan

6. Mengonsumsi Obat dan Produk Pelangsing

Ladies, siapa yang tak tergoda dengan iklan obat atau produk pelangsing yang sekarang banyak beredar, terutama di media sosial? Apalagi jika disertai dengan video testimoni tentang perubahan tubuh atau penurunan berat badan setelah mengonsumsinya.

Wanita biasanya mudah tertarik dengan konsep iklan yang menarik dan disertai pula dengan video testimoni seperti itu. Tak lama, bisa jadi Anda langsung membeli produk tersebut tanpa berkonsultasi dulu dengan tenaga medis dan mencoba mengonsumsinya pula.

Pada beberapa orang, produk tersebut dapat dirasa bekerja dengan baik, yakni berat badan mulai turun. Tapi tak jarang juga produk pelangsing tersebut memberikan efek yang kurang baik bagi tubuh, misalnya alergi atau gangguan pada detak jantung.

Recent Posts

7 Zodiak yang Suka Gaya Hidup Mewah

Percaya atau tidak, zodiak sedikit banyak mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan manusia. Mulai dari sifat,…

3 months ago

10 Kelemahan Wanita Aries yang Membuat Dirinya Sendiri Kesal

Wanita berzodiak aries umumnya memiliki beberapa kelebihan yang patut dibanggakan. Kelebihan wanita aries, di antaranya…

4 months ago

7 Penyebab Wanita Menjadi Gemuk setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Melahirkan merupakan salah satu momen dalam kehidupan seorang wanita yang sangat menakjubkan. Melahirkan tak hanya…

4 months ago

Wanita Frigid: Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan dalam semua aspek harus menjadi yang utama. Apalagi jika menyangkut permasalahan kehidupan seksual. Sering…

5 months ago

3 Manfaat Buah Kentang untuk Kecantikan dan Cara Membuatnya

Kentang merupakan salah satu hasil pertanian yang tumbuh subur dan melimpah di Indonesia. Kentang juga…

6 months ago

4 Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan

Di tengah maraknya aksi boikot terhadap beberapa merk terkenal, termasuk merk untuk produk-produk kecantikan, sudah…

6 months ago