Categories: Kesehatan

10 Kebiasaan Buruk Wanita Saat Mandi

Ladies, mandi adalah salah satu aktivitas yang dilakukan setiap hari. Umumnya mandi dilakukan sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore hari. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat Kebiasaan Buruk Saat Mandi yang seringkali tidak disadari, khususnya kebiasaan buruk para wanita saat mandi berikut ini.

1. Terlalu Sering Mandi Air Panas

Apakah Anda Sering Mandi dengan Air Panas? Mandi menggunakan air panas memang memiliki banyak manfaat. Apalagi untuk para wanita karir yang menghabiskan banyak waktunya bekerja di luar rumah, berendam di air hangat akan membantu memberikan rasa rileks.

Namun, jika Anda terlalu sering mandi air panas, maka terdapat beberapa efek samping yang buruk. Kulit wanita lebih sensitif dibandingkan pria, oleh karena itu mandi dengan air panas terlalu sering dapat membuat kulit Anda kering bahkan pecah-pecah.

2. Menyisir Rambut Saat Basah

Menyisir rambut setelah keramas pada saat rambut masih dalam keadaan basah merupakan salah satu Kebiasaan Buruk Perusak Kesehatan Rambut. Rambut berada di titik terlemah pada saat dalam keadaan basah.

Saat Anda menyisir rambut yang basah, hal ini akan memicu adanya kerontokan rambut dan rambut patah. Solusinya adalah Anda dapat menyisir rambut sesaat sebelum keramas dan membiarkannya kering terlebih dahulu sebelum akhirnya disisir.

3. Keramas Setiap Hari

Para wanita pastinya sangat memperhatikan kebersihan ‘mahkota’-nya, bahkan mencuci rambut setiap hari pun sering dilakukan. Padahal kebiasaan ini sebenarnya tidak dianjurkan karena dapat membuat rambut Anda kering karena kehilangan minyak alaminya.

Keramas setiap hari akan membuat rambut Anda mudah rontok dan patah, selain itu akan memicu ketombe karena kulit kepala yang kering. Anda dapat membiasakan diri untuk menyisir rambut dalam rangka menghilangkan kotoran pada rambut.

4. Menggunakan Kondisioner di Kulit Kepala

Ladies, Anda pasti salah satu orang yang pernah melakukan ini yaitu mengaplikasikan kondisioner pada kulit kepala. Kondisioner memiliki kandungan yang tidak baik bagi kulit kepada Anda yang dapat memicu ketomber dan kerusakan akar rambut.

Gunakan kondisioner di bagian tengah hingga ujung rambut saja. Anda juga dapat mencoba menggunakan kondisioner yang terbuat dari bahan alami misalnya dari bunga. Manfaat Bunga Sepatu banyak dikenal bagus untuk kesehatan rambut yang dapat Anda jadikan kondisioner.

5. Membilas Vagina Dari Belakang ke Depan

Apakah Anda sering mengalami keputihan? Meskipun keputihan merupakan hal yang normal bagi wanita, namun terdapat Arti Keluarnya Keputihan berdasarkan warnanya yang perlu Anda perhatikan. Keputihan tentu saja dapat disembuhkan dan akan lebih baik jika dicegah.

Terdapat berbagai untuk Cara Mencegah Keputihan, salah satunya menjaga kebersihan vagina dengan melakukan bilasan dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Mmebilas vagina dari belakang ke depan akan membawa bakteri ke rongga vagina Anda.

6. Mencukur Habis Rambut Vagina

Setiap orang memiliki rambut kemaluan, tetapi kita semua membuat keputusan yang berbeda tentang apa yang kita lakukan dengannya. Namun, salah satu kebiasaan buruk wanita saat mandi adalah mencukur rambut vagina hingga habis.

Rambut kemaluan ini bertindak sebagai penyangga pelindung, mengurangi gesekan saat berhubungan seks dan aktivitas lainnya. Hal ini juga dapat mencegah penularan bakteri dan patogen lainnya. Itulah mengapa sebaiknya Anda tidak terlalu sering mencukur habis rambut vagina.

Selain itu, jika Anda mencukur habis rambut vagina maka saat rambut vagina mulai tumbuh, Anda akan merasa tidak nyaman dan gatal di bagian selangkangan yang membuat lipatan paha Anda iritasi. Pisau cukur yang tidak dibersihkan dengan benar juga akan mengancam kesehatan vagina Anda.

7. Menggunakan Sabun yang Sangat Wangi

Cara Menjadi Wanita Wangi salah satunya adalah mandi dengan sabun yang tepat. Namun, banyak wanita yang beranggapan bahwa sabun mandi yang wangi adalah yang terbaik. Sayangnya, tidak semua jenis kulit cocok dengan sabun jenis ini.

Pilihlah sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda mengalami kulit kering bahkan gatal setelah menggunakan suatu produk sabun, cobalah menggunakan sabun mandi batang yang minim wewangian misalnya Daftar Produk Cetaphil yang banyak disarankan untuk kulit tubuh dan wajah yang sensitif.

8. Tidak Melakukan Double Cleansing

Mari perhatikan kembali bagaimana selama ini Anda membersihkan kulit wajah. Apakah Anda melakukan double cleansing? Jika Anda adalah salah satu penggemar Korean Skincare Routine, Anda mungkin sudah mengetahui bahwa Anda perlu membersihkan wajah dari make up terlebih dahulu sebelum membasuhnya.

Anda dapat menggunakan oil cleanser atau micellar water untuk membersihkan semua kotoran yang Anda di wajah. Jika Anda menggunakan make-up, pastikan tidak ada sisa residu dengan cara memastikan kapas yang Anda usapkan telah putih bersih. Setelahnya, Anda dapat membasuh wajah dengan facial wash.

9. Menggunakan Satu Handuk

Jerawat dapat dihilangkan dalam 1 malam? Itu adalah Mitos tentang Jerawat yang seharusnya tidak Anda percayai. Menghilangkan jerawat membutuhkan waktu yang tidak singkat, lebih baik untuk mencegah timbulnya yang dapat muncul karena berbagai alasan.

Salah satu penyebabnya adalah handuk yang Anda gunakan saat mandi. Handuk sangatlah rentan dijadikan sarang bakteri karena sering lembab. Oleh karena itu, cobalah untuk memiliki handuk yang berbeda untuk tubuh dan juga wajah Anda.

10. Mengabaikan Pelembab Setelah Mandi

Anda menggunakan pelembab atau body lotion hanya saat akan keluar rumah? Segera ubah kebiasaan tersebut! Kulit harus tetap terhidrasi untuk menghindarkan Anda dari kulit yang kering. Mengaplikasikan pelembab ke kulit segera setelah mandi akan membantu kulit ‘memerangkap’ air di kulit sehingga membantu kelembabannya.

Tidak hanya bagi tubuh, namun juga dianjurkan bagi wajah. Wajah Anda perlu di-‘netralisir’ dengan toner untuk menyeimbangkan kembali pH-nya. Setelah itu, Anda dapat dapat mengoleskan pelembab pada wajah dan juga suncreen.

Recent Posts

7 Cara Menjadi Wanita Cuek di Sekolah

Sekolah adalah tempat menuntut ilmu yang memiliki banyak kenangan, mulai dari kenangan yang manis hingga…

2 days ago

10 Tips Menjadi Wanita Jomblo yang Bahagia

Menjadi wanita jomblo di masa sekarang memang terasa agak berat. Banyak wanita yang sering mendapat…

3 days ago

7 Cara Menjadi Wanita Alim

Tidak hanya cara menjadi wanita Alpha atau Alpha Women, para wanita masa kini juga berlomba-lomba…

2 weeks ago

12 Cara Menjadi Wanita Ambisius

Banyak kaum wanita yang merasa bahwa telah terlalu lama untuk berleha-leha dan ingin merubah pola…

1 month ago

Suplemen Wanita Untuk Libido

Libido erat kaitannya dengan hasrat pasangan yang ingin melakukan seks. Libido seorang pria maupun wanita…

1 month ago

11 Cara Menjadi Wanita Sabar dan Tegar

Dalam kehidupan kita sebagai seorang pastilah banyak ujian yang harus kita hadapi. Walaupun, seorang wanita…

1 month ago