Tips dan Trick

Tips Memilih Lip Cream Sesuai Warna Kulit

Lip cream merupakan salah satu perona bibir yang banyak dijual di pasaran. Di samping lipstick, lip tint, lip gloss dan lip laquer, lip cream menjadi salah satu yang menjadi favorit para wanita. Memang terdapat perbedaan antara lipgloss, lip tint, lip cream dan lip laquer.

Namun, salah satu alasan mengapa lip cream disukai banyak wanita adalah karena pengaplikasiannya yang mudah. Lip cream biasanya berbentuk menyerupai krim dan sudah terdapat aplikator yang memudahkan dalam penggunaannya.

Selain itu, beberapa merk lip cream juga dirasa menjadi salah satu produk make-up yang tahan lama dan awet seharian, dibandingkan dengan produk perona bibir lainnya. Dengan begitu, penggunanya tidak perlu terlalu sering melakukan touch up pada bagian bibir. Lip cream juga hadir dengan berbagai warna cantik yang begitu menarik minat calon pembelinya.

Tak hanya cantik, warna lip cream, atau disebut juga dengan shades, memiliki jenis warna yang unik, misalnya warna mauve, taupe, wine, dusty, caramel, terracotta, coral, dll. Sayangnya, tak banyak wanita yang mengetahui bagaimana memilih warna lip cream yang cocok.

Tak hanya harus paham tips memilih warna lipstik sesuai warna bibir, simak pula tips memilih lip cream sesuai warna kulit dari klubwanita berikut ini:

Ketahui Rona Kulit

Rona kulit biasa disebut juga dengan skin undertones. Jika warna kulit adalah warna yang terlihat pada bagian permukaan kulit, rona kulit ialah warna yang tersembunyi atau berada terselubung pada bagian bawah kulit. Setiap wanita memiliki rona kulit yang berbeda. Misalnya saja dua orang wanita memiliki warna putih yang hampir serupa, bisa jadi rona kulit kedua wanita tersebut berbeda.

Inilah yang menyebabkan seorang wanita cocok memakai lip cream berwarna pink cerah, sementara wanita lainnya terlihat tidak cocok. Rona kulit juga dapat menyebabkan lip cream terlihat memiliki warna yang berbeda, antara warna lip cream saat masih dalam wadah dengan saat sudah disapukan pada bibir.

Terdapat tiga jenis rona kulit, yaitu:

Warm undertones

Warm undertones atau rona kulit hangat dapat diketahui dengan melakukan beberapa pengamatan dan percobaan berikut:

  • Pembuluh vena pada pergelangan tangan adalah berwarna kehijauan
  • Wajah akan nampak bersinar jika disandingkan dengan kertas berwarna merah
  • Kulit terlihat bercahaya bila memakai perhiasan berwarna emas

Cool undertones

Cool undertones atau rona kulit dingin dapat ditentukan dengan:

  • Pembuluh vena pada pergelangan tangan berwarna kebiruan
  • Wajah nampak bersinar jika disandingkan dengan kertas berwarna biru
  • Kulit terlihat bercahaya bila memakai perhiasan berwarna putih atau perak

Neutral undertones

Rona kulit netral memiliki gabungan antara rona kulit hangat dan dingin. Warna pembuluh vena pada pergelangan tangan pun terlihat biru dan hijau.

Jika dilakukan tes dan pengamatan seperti di atas, maka rona kulit netral akan sama bercahayanya apabila disandingkan dengan kertas berwarna merah dan biru, serta sama bagusnya memakai perhiasan dalam warna apapun.

Sesuaikan dengan Lip Cream

Telah disebutkan sebelumnya bahwa lip cream memiliki pilihan warna atau shades yang begitu banyak dan beragam. Yang lebih mengejutkan ialah bahwa lip cream juga memiliki rona warna.

Tak perlu bingung, karena yang perlu dilakukan adalah hanya dengan melakukan tes usap lip cream ke kertas merah atau biru, seperti saat menentukan rona kulit. Namun, sebagai patokan untuk mempermudah pemilihan warna lip cream, berikut adalah pedoman warna yang dapat dipilih:

Warm Undertones

Seperti sebutannya, warna lip cream yang dapat dipilih ialah warna-warna yang cenderung hangat, seperti caramel, brick, terracotta, candy apple, peach, coral atau orange.

Cool Undertones

Beberapa contoh warna yang cocok dengan rona kulit ini, antara lain ungu, mauve, taupe, cherry, wine, berry, dusty atau nude rose.

Neutral Undertones

Rona kulit ini bisa dibilang yang paling beruntung, karena sudah hampir pasti cocok dengan hampir semua warna lip cream. Namun, jika menginginkan beberapa rekomendasi shades lip cream, rona kulit netral ini akan sangat cocok dengan warna chestnut, keemasan, cokelat, deep coral, cranberry, hingga semua shades warna peach.

Recent Posts

7 Zodiak yang Suka Gaya Hidup Mewah

Percaya atau tidak, zodiak sedikit banyak mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan manusia. Mulai dari sifat,…

4 months ago

10 Kelemahan Wanita Aries yang Membuat Dirinya Sendiri Kesal

Wanita berzodiak aries umumnya memiliki beberapa kelebihan yang patut dibanggakan. Kelebihan wanita aries, di antaranya…

5 months ago

7 Penyebab Wanita Menjadi Gemuk setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Melahirkan merupakan salah satu momen dalam kehidupan seorang wanita yang sangat menakjubkan. Melahirkan tak hanya…

5 months ago

Wanita Frigid: Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan dalam semua aspek harus menjadi yang utama. Apalagi jika menyangkut permasalahan kehidupan seksual. Sering…

5 months ago

3 Manfaat Buah Kentang untuk Kecantikan dan Cara Membuatnya

Kentang merupakan salah satu hasil pertanian yang tumbuh subur dan melimpah di Indonesia. Kentang juga…

7 months ago

4 Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan

Di tengah maraknya aksi boikot terhadap beberapa merk terkenal, termasuk merk untuk produk-produk kecantikan, sudah…

7 months ago