8 Cara Mengatur Keuangan dengan Pasangan untuk Masa Depan yang Cerah

44

Tak bisa dipungkiri lagi dalam hubungan yang serius, diskusi keuangan menjadi sangat penting. Kalau kamu dan pasangan sudah memutuskan untuk akan menikah, kamu harus mulai diskusi tentang masalah keuangan dengan pasangan.

Banyak loh perceraian yang terjadi di Indonesia yang terjadi karena ada masalah ekonomi. Untuk menghindari hal ini, simak panduan untuk kamu diskusi keuangan dengan pasangan untuk masa depan yang cerah berikut ini. Agar kamu bisa memiliki sifat wanita idaman pria kamu bisa ikuti tips tips ini.

1. Mendiskusikan tujuan keuangan bersama

Saat memulai diskusi keuangan dengan pasangan, sebaiknya kamu diskusikan dulu tujuan keuangan bersama. Hal ini penting agar kamu dan pasangan bisa memiliki tujuan yang sama.

Adanya tujuan ini penting agar segala kegiatan pengeluaran kamu bisa selaras dengan tujuan bersama dengan pasangan.

2. Mengakui kesalahan yang pernah dilakukan

Meskipun kejadian-kejadian tersebut sudah lewat, kamu dan pasangan harus tetap mengakui kesalahan yang pernah dilakukan masing-masing. Hal ini penting supaya kamu dan pasangan bisa saling membantu dan memperbaiki kebiasaan mengenai keuangan.

Kalau kamu punya hutang atau tanggungan juga sebaiknya jujur saja untuk menghindari perselisihan di masa depan. Cara menjadi wanita yang baik bagi pasangan akan bisa jujur.

3. Bertanya mengenai keinginan dan ketakutan pasangan

Terkadang memang sulit bagi kita untuk bisa jujur tentang keuangan ke pasangan. Untuk itu, sebaiknya kamu juga kalau bisa tetap inisiatif untuk bertanya mengenai keinginan dan ketakutan pasangan.

4. Berorientasi pada tujuan bersama

Tujuan dari pembicaraan keuangan dengan pasangan yaitu untuk menemukan rencana keuangan bersama sehingga masa depan bisa menjadi lebih cerah. Meskipun masa lalu bisa menjadi bahan evaluasi, jangan jadikan masa lalu sebagai fokus utama.

Kamu dan pasangan harus berorientasi pada tujuan bersama. Dengan hal ini, kamu dan pasangan akan lebih mudah untuk mencapai tujuan bersama.

5. Memperhatikan pengeluaran rutin

Berbicara mengenai keuangan tentu tidak lepas dari pembicaraan mengenai pengeluaran rutin. Kamu dan pasangan harus lebih terbuka mengenai pengeluaran rutin masing-masing.

Bicarakan juga mengenai pengeluaran rutin bersama yang akan muncul setelah menikah nanti, seperti cicilan rumah, cicilan kendaraan, biaya untuk orang tua, dan lain sebagainya.

6. Berbicara dengan tenang dan bijak

Ikuti cara menjadi wanita elegan. Agar pembicaraan kamu dan pasangan bisa lancar, biasakan untuk berbicara dengan tenang dan bijak. Jangan sampai salah satu dari kalian malah meninggikan suara dan terbawa emosi.

7. Buat rencana untuk mewujudkan tujuan

Selain membuat tujuan keuangan bersama, kamu dan pasangan selanjutnya juga sebaiknya membuat rencana untuk mewujudkan tujuan. Rencana ini penting untuk bisa mewujudkan tujuan bersama kalian secara nyata.

8. Membuat kesepakatan akan adanya diskusi rutin

Diskusi mengenai keuangan memang bukan hal yang hanya bisa dilakukan sekali saja. Keuangan merupakan hal yang dinamis sehingga rencana dan target pun akan terus berubah.

Untuk itu, buatlah kesepakatan dengan pasangan agar kalian berdua bisa mengadakan diskusi keuangan secara rutin. Ikuti tips ibu rumah tangga mengatur keuangan dan cara mengatur keuangan bagi pasangan yang baru menikah.

Nah Ladies, semoga tips tadi bisa membantu jadi panduan kamu dan pasangan untuk diskusi masalah keuangan ya. Semoga juga kamu dan pasangan bisa punya masa depan yang cerah.