Sponsors Link

30 Cara Mengambil Hati Mertua Wajib Kamu Ketahui dan Coba

Sponsors Link

Cara mengambil hati mertua sangat penting untuk diketahui khususnya oleh menantu perempuan. Seperti diketahui secara umum, menantu perempuan sangat sering mengalami permasalahan dengan mertuanya khususnya mertua perempuan. Tidak jarang seorang perempuan yang telah menikah mengeluh karena hubungan dengan mertua perempuannya tidaklah harmonis. Keharmonisan antara menantu dan mertua perempuan memang sulit untuk dibangun apalagi dipertahankan. Banyak hal yang menjadi faktor mengapa mertua  perempuan sering bermasalah dengan menantu perempuannya.

ads

Faktor yang Menyebabkan Mertua Perempuan Sering Bermasalah dengan Menantu Perempuan

Seperti dijelaskan sebelumnya hubungan antara mertua dan menantu perempuan sering dirasakan dan dikeluhkan ketidakharmonisannya. Keadaan ini tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang menyebabkan pertikaian antara mertua dan menantu perempuan ini antara lain adalah:

  1. Mertua Merasa Kecewa

Salah satu penyebab utama hubungan yang tidak harmonis antara mertua perempuan dengan menantu perempuannya disebabkan oleh rasa kecewa. Rasa kecewa ini muncul dari mertua perempuan yang merasa menantunya tidak sesuai dengan apa yang diharapkannya untuk mendampingi anak laki-laki kesayangannya. Keadaan ini sangat sering muncul dan dirasakan oleh banyak mertua perempuan. Tentunya sebagai seorang ibu, mertua perempuan anda menginginkan anaknya memiliki istri yang baik menurut pendapatnya. Hal ini bukan berarti anda tidak baik, hanya saja mertua anda mungkin memiliki kesan dan penilaian tersendiri bagi anda yang harus diperbaiki. Padahal keinginan ibu ini tentu tidak bisa dipaksakan kepada anaknya. Hal inilah yang sering menyebabkan perdebatan terjadi antara mertua dan menantu.

  1. Kebiasaan Suami Membandingkan Istri dan Ibunya

Salah satu faktor dalam hubungan yang kurang harmonis antara ibu mertua dengan menantu perempuannya disebabkan oleh sang suami yang sering membandingkan istri dan ibunya. Hal ini sangatlah tidak boleh dilakukan oleh seorang suami. Suami yang sering mengkritik istri dengan menjadikan ibunya sebagai contoh akan membuat istri menjadi tidak berharga di mata ibu mertua. Istri pun lambat laun akan merasa lelah dengan kritik dari suami dan tekanan dari mertua. Hal itulah yang kemudian menyebabkan istri melampaui batas kesabarannya dan akhirnya melakukan perlawanan. Perlawanan ini dapat berupa istri yang membantah perkataan mertua atau juga istri yang memutuskan untuk tidak lagi berkomunikasi dengan ibu mertua.

  1. Mertua yang Sering Membicarakan Mantan Pacar Suami

Kebiasaan ibu mertua yang sering membicarakan mantan pacar suami juga dapat menjadi pemicu permasalahan yang mendalam antara ibu mertua dan menantunya. Kebiasaan ini tentunya akan membuat menantu menjadi tidak nyaman dan seperti dibanding-bandingkan. Ibu mertua pun terlihat seperti secara tidak langsung membicarakan bahwa mantan pacar dari anaknya lebih baik daripada istrinya saat ini. Hal inilah yang harus dihindari karena kebiasaan membicarakan masa lalu dapat membuat posisi istri menjadi serba salah dan tidak dianggap. Wajar saja kemudian istri pun menjadi tidak  nyaman dengan keberadaan ibu mertuanya setiap kali ada di dekatnya. Lambat laun keadaan ini pun dapat berkembang menjadi kebencian dan pertengkaran.

  1. Mertua yang Terlalu Sensitif

Satu lagi faktor yang sering membuat hubungan antara mertua dan menantu perempuannya sering tidak baik adalah mertua yang terlalu sensitif. Ibu mertua juga sering merasakan menantunya tidak sesuai dengan standar yang ia harapkan. Hal ini pun menimbulkan sensitifitas yang sangat tinggi di diri orang tua. Khususnya ketika menantu terlihat tidak rapi atau tidak rajin seperti yang diharapkan. Keadaan inilah yang kemudian membuat ibu mertua menjadi semakin tidak suka dengan menantu perempuannya. Oleh karena itu, menantu seharusnya meminimalisir tingkah laku yang diketahui dapat menimbulkan sensitifitas dari ibu mertuanya. Hal ini pun dapat menyebabkan hubungan antara ibu mertua dan menantunya sedikit demi sedikit membaik.

  1. Mertua yang Terlalu Banyak Mendikte

Penyebab lain sering menjadi pemicu pertengkaran antara ibu mertua dan menantu perempuannya adalah kebiasaan mertua untuk sering mendikte. Sebenarnya, alamiah jika seorang ibu mertua mengajari menantu perempuannya menjadi istri yang baik. Hanya saja terkadang keadaan ini tidak dapat diterima dari sisi menantu perempuan. Instruksi yang terlalu banyak antara ibu mertua ke menantu perempuan menyebabkan menantu kemudian merasa tertekan. Perasaan tertekan ini mungkin sesekali dapat ditahan, namun jika sudah berkali-kali dan tidak tertahankan lagi dapat terjadi pertengkaran besar antara ibu mertua dan menantu perempuannya. Demikianlah alasan mengapa hubungan antara ibu mertua dan menantu menjadi sering tidak harmonis.

Sponsors Link

Cara Mengambil Hati Mertua agar Tercipta Hubungan yang Harmonis

Seperti disebutkan di atas, setidaknya ada lima faktor yang sering menyebabkan pertikaian antara mertua dan menantu perempuan. Pertikaian ini sebenarnya dapat anda atasi, jika anda dapat mengambil hati mertua anda. Tentu anda penasaran cara apa saja yang dapat anda lakukan untuk mengambil hati mertua anda. Berikut ini 30 cara mengambil hati mertua yang dapat anda coba lakukan.

  1. Pandailah Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Pengaturan keuangan dengan baik adalah salah satu cara untuk mengambil hati mertua yang paling ampuh. Seperti diketahui, keuangan yang baik akan mendatangkan hubungan yang harmonis antar anggota keluarga. Jika anda sebagai seorang istri tidak dapat mengatur keuangan dengan baik, maka mertua mungkin saja menganggap anda tidak menghargai hasil kerja keras anaknya. Hal ini tentu dapat menimbulkan pertengkaran antara anda dan ibu mertua. Oleh karena itu, kelola keuangan anda dengan berhati-hati dan tunjukkan bahwa anda menghargai hasil kerja suami anda.

  1. Pandailah Memasak

Cara untuk mengambil hati mertua selanjutnya adalah dengan pandai memasak. Ibu mertua tentu menginginkan anaknya tercukupi kebutuhan makannya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi setiap waktu. Konsumsi makanan untuk suami tentu akan sangat diperhatikan oleh mertua anda, oleh karena itu pandailah memasak. Jika anda pandai memasak dan suami anda menyukai masakan anda, maka ibu mertua akan menyayangi anda karena dapat memastikan anaknya makan dengan lahap.

  1. Pandailah Membuat Mertua Tertawa dengan Candaan Sesekali

Selanjutnya, cara untuk mengambil hati mertua dapat anda lakukan dengan membuat mertua tertawa dengan candaan sesekali. Ibu mertua tentu akan dengan senang hati mendengar cerita lucu anda dan ikut tertawa bersama anda. Intinya adalah jadikan diri anda sebagi menantu yang hangat dan mudah bercana, bukan menantu yang cuek dan dingin.

  1. Pandailah Memuji Suami di Depan Mertua

Ibu mana yang tidak suka anaknya dipuja dan puji. Oleh karena itu, satu cara untuk mengambil hati mertua yang paling ampuh adalah dengan memuji suami di depan mertua. Memuji suami setia waktu di depan mertua tentu akan membuat mertua merasa tenang anaknya dapat memiliki istri yang penuh perhatian.

  1. Pandailah Menunjukkan Rasa Hormat pada Mertua

Menghormati orang tua atau orang yang lebih tua tentu wajib anda lakukan. Bukan hanya untuk membangun hubungan yang baik, tetapi cara untuk mengambil hati mertua yang satu ini adalah cara yang paling tulus. Ketika anda menghormati orang tua dari hati anda yang paling dalam, tanpa anda sadari orang tua pun juga akan merasakan ketulusan anda.

  1. Pandailah Menjaga Anak

Tidak dipungkiri mertua tentu sangat menyayangi cucunya. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengambil hati mertua adalah dengan menunjukkan anda mampu menjaga anak dengan baik. Buktikanlah dengan cucu mertua anda yang juga anak anda dapat tumbuh dengan sehat dan selalu tampil bersih karena anda merawatnya dengan baik.

  1. Rajin Membersihkan Rumah

Cara untuk mengambil hati mertua selanjutnya adalah dengan rajin membersihkan rumah. Ibu mertua akan senang dengan menantu yang rajib melakukan bersih-bersih. Ibu mertua juga akan dengan senang hati memuji anda di depan suami, jika anda dapat menunjukkan bahwa anda rajin dalam menjaga kebersihan rumah. Itulah mengapa, seorang wanita harus rajin untuk dapat disayangi oleh mertuanya di kehidupannya.

  1. Rajin Menyediakan waktu untuk Berkomunikasi dengan Mertua

Cara ampuh selanjutnya untuk dapat mengambil hati mertua adalah dengan menyediakan waktu berkomunikasi dengan mertua. Terutama bagi anda yang memiliki mertua yang tinggal berjauhan dengan anda. Sediakanlah waktu anda untuk menelpon mertua walau hanya menanyakan kabar. Manfaatkan juga kesempatan menelepon ini untuk menceritakan perkembangan anak anda, tentunya mertua akan senang dengan kabar-kabar rutin yang selalu anda berikan.

  1. Rajin Memberikan Hadiah

Salah satu cara untuk mengambil hati mertua selanjutnya adalah dengan rajin memberikan hadiah pada mertua. Hadiah ini tidak harus mahal. Hanya saja hadiah ini digunakan untuk menunjukkan bahwa anda perhatian pada mertua anda. Pemberian hadiah buku pun dapat memberikan kesan anda perhatian mengenai bagaimana mertua anda dapat menghabiskan waktunya. Oleh karena itu, berikanlah hadiah pada mertua anda dari waktu ke waktu.

ads
  1. Rajin Memasak Makanan Kesukaan Mertua

Cara selanjutnya agar anda dapat mengambil hati mertua adalah dengan rajin memasak makanan kesukaan mertua. Tentunya anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa jenis makanan yang mertua anda sukai. Jika anda sudah mengetahuinya, masaklah makanan tersebut khusus ketika mertua anda sedang datang berkunjung. Hal ini dapat dengan ampuh membuat mertua anda menyayangi anda.

  1. Rajin Melayani Kebutuhan Mertua dengan Sepenuh Hati

Mertua di usianya yang sudah tua tentu memiliki banyak kebutuhan, misalnya saja kebutuhan susu dan obat-obat yang rutin harus dikonsumsinya. Melayani kebutuhan mertua merupakan salah satu cara mengambil hati mertua yang dapat kamu lakukan. Lakukanlah tindakan sederhana seperti membuatkan susu untuk mertua atau pergi membelikan obat-obatan yang rutin dibutuhkannya. Dengan begitu mertua akan merasakan anda sangat memperhatikannya dan akan kembali menyayangi anda.

  1. Rajin Membantu Keluarga

Cara mengambil hati mertua yang juga dapat anda lakukan adalah rajin membantu keluarga. Di dalam hubungan keluarga, kegiatan-kegiatan seperti acara keluarga tentu wajib anda ikuti. Jika anda mengikuti acara keluarga tersebut, maka anda harus membantu dalam acara. Janganlah bermalas-malasan dan membuat mertua anda malu karena anda tidak banyak membantu dalam acara keluarga.

  1. Selalu Jujur dalam Perkataan dan Tindakan

Ibu mertua tentunya akan menyukai menantu yang selalu jujur dalam perkataan dan tindakannya. Itulah mengapa kejujuran merupakan salah satu cara mengambil hati mertua dengan mudah. Anda hanya perlu membiasakan untuk jujur. Katakan apa yang memang menjadi kenyatakan, jangan menyembunyikan sesuatu dari mertua anda jika memang tidak ada yang perlu disembunyikan. Hal ini dapat membuat hubungan anda dan ibu mertua menjadi lebih dekat dan saling percaya.

  1. Selalu Menjaga Aib Mertua

Jika anda mengetahui kekurangan dari mertua anda, maka simpanlah kekurangan dari mertua anda tersebut. Jika anda mengetahui mertua anda sering mendikte anda, maka jangan bicarakan hal itu ke orang-orang lain. Terkhusus pada tetangga ataupun orang yang mengenal orangtua anda. Hal ini sangat mempengaruhi hubungan anda dengan mertua untuk menjadi lebih baik.

  1. Selalu Menjaga Hubungan Baik dengan Saudara Ipar

Jika suami anda berasal dari keluarga dengan saudara yang banyak, tentunya anda akan memiliki saudara ipar yang banyak juga jumlahnya. Cara mengambil hati mertua dalam keadaan keluarga yang cukup banyak jumlahnya adalah dengan menjaga hubungan baik dengan saudara ipar anda. Saudara ipar yang memiliki hubungan baik dengan anda pun dapat menjadi faktor penting untuk mempengaruhi hubungan yang baik antara anda dan mertua anda.

  1. Selalu Bersikap Rendah Hati

Seseorang yang rendah hati akan sangat disukai oleh orang-orang disekitarnya. Begitupun dalam cara untuk mengambil hati mertua. Orang yang rendah hati akan lebih mudah disukai oleh mertua. Jadi jagalah perilaku anda untuk tetap rendah hati dalam perkataan dan tindakan. Jangan sering membagakan diri anda dan latar belakang dari mana anda datang.

  1. Selalu Menginstropeksi Diri

Pertikaian sering dilatarbelakangi oleh kesalahpahaman. Itulah sebabnya anda harus selalu menginstropeksi diri, mengapa pertikaian antara anda dan ibu mertua sering terjadi. Dengan mengintropeksi diri anda akan menemukan bagaimana dan apa yang dapat membuat hubungan anda dengan mertua dapat menjadi lebih baik. Intropeksi juga dapat menyadarkan anda di mana letak kekurangan anda yang kemudian menyebabkan mertua anda menjadi kecewa dengan anda.

  1. Selalu Mencari Persamaan dengan Mertua

Mencoba mencari persamaan antara anda dengan mertua adalah satu lagi cara untuk mengambil hati mertua yang dapat kamu coba. Biasakanlah untuk mengikuti apa yang mertua anda suka. Jika mertua anda senang merangkai bunga, carilah persamaan antara hobi mertua anda dengan anda, misalnya dengan menggunakan bunga hasil rangkaian mertua anda untuk memuaskan hobi anda menata rumah.

  1. Selalu Mengalah Perihal Duduk di Depan saat Naik Mobil

Permasalahan yang paling sering terjadi antara mertua dan menantu ketika berpergian adalah siapa yang akan duduk di depan di samping suami. Tentunya dalam hal ini anda harus mengalah. Selain karena mertua adalah orang tua, duduk di depan lebih nyaman untuk mertua anda yang sering mengalami sakit di bagian kaki.

  1. Selalu Menceritakan Kebaikan Suami pada Anda

Cara untuk mengambil hati mertua selanjutnya adalah dengan selalu menceritakan kebaikan suami anda kepada mertua anda. Hal ini menunjukkan anda sedang memuji bagaimana mertua anda berhasil mendidik suami anda menjadi pribadi yang sangat baik. Kebiasaan ini akan mendatangkan keharmonisan antara anda dan mertua anda. Itulah sebabnya biasakan untuk memuji dan bersyukur pada kebaikan hati suami anda.

  1. Selalu Menyediakan Waktu untuk Berlibur dengan Mertua

Mertua tentu sering mengalami rasa bosan dan sepi ketika semua anaknya telah membangun keluarganya sendiri. Oleh karena itu cara untuk mengambil hati mertua yang cukup ampuh adalah dengan menyediakan waktu untuk berlibur dengan mertua. Hal ini akan membuat mertua merasa masih diperhatikan dan disayangi oleh anak-anaknya terutama menantunya.

  1. Jangan Bersikap Manja

Jadilah menantu yang ulet dan rajin, bukan menantu yang lemah dan manja. Sifat wanita yang mandiri adalah yang disukai oleh ibu mertua. Itulah mengapa anda tidak boleh bersikap manja di depan mertua. Tentu anda boleh bersikap manja pada suami anda, tetapi jangan di depan mertua anda. Hal ini dapat membuat mertua merasa anda tidak dapat mengurus anaknya dengan baik.

  1. Jangan Bersikap Egois

Jagalah sikap anda untuk tidak terbiasa egois. Tunjukkanlah perhatian anda akan kebutuhan orang lain, terutama kebutuhan keluarga ada. Jika anda tidak bersikap egois maka mertua anda pun akan melihat anda sebagai pribadi yang penuh kepedulian. Oleh karena itu, hal ini menjadi salah satu cara untuk mengambil hati mertua yang paling ampuh.

  1. Jangan Melarang Kepedulian Mertua dengan Anaknya

Jika mertua anda sering menelepon suami anda, maka anda tidak perlu melarangnya. Jangan menghalangi perhatian mertua kepada suami anda. Hal ini sangat penting untuk menjaga hubungan yang baik antara anda dan mertua. Biarkan mertua anda menanyakan keadaan anaknya dan anda pun sesekali dapat mengabarkan keadaan suami anda kepada mertua anda.

  1. Jangan Menghina Suami di Depan Mertua

Bagaimana pun kekurangan dari suami anda, janganlah anda mengkritisi suami anda di depan mertua anda. Anda boleh mengkritisi kesalahan suami anda tapi jangan di depan mertua anda, karena hal ini akan membuat mertua mengira anda tidak memiliki sopan santu pada suami anda. Oleh karena itu, jagalah tingkah laku anda pada mertua anda.

Sponsors Link

  1. Jangan Ikut Campur Urusan Mertua

Jika mertua anda sedang memiliki masalah, maka anda lebih baik tidak terlalu ikut campur. Anda dapat memberikan perhatian untuk mertua anda yang sedang dalam masalah, namun jangan terlalu mendahului jika memang hal itu tidak ada hubungannya dengan anda. Menjaga batasan mengenai apa yang dapat anda campuri dan tidak merupakan cara untuk mengambil hati mertua dengan baik.

  1. Jangan Melarang Suami Mengunjungi Mertua

Hubungan suami anda dengan ibunya tentu tidak dapat anda putuskan begitu saja. Suami anda mungkin sesekali ingin mengunjungi mertua anda, maka jangan melarang kunjungan tersebut. Jika perlu anda pun ikut mengunjungi mertua anda. Hal inilah yang dapat membangun hubungan yang baik antara anda dan mertua anda.

  1. Jangan Menyalahgunakan Kebaikan Mertua

Jika anda memiliki mertua yang baik dan perhatian, maka jangan salahgunakan kebaikan mertua anda. Hal ini penting menjadi cara mengambil hati mertua anda dengan mudah. Selalu balas kembali kebaikan mertua anda dengan kebaikan yang mampu anda lakukan. Demikianlah anda dapat menjaga keharmonisan hubungan anda dan mertua.

  1. Jangan Bangun Lebih Siang daripada Mertua

Salah satu masalah yang sering muncul antara mertua dan menantunya adalah kebiasaan bangun tidur. Kebiasaan bangun tidur ketika anda tinggal bersama mertua penting untuk diperhatikan. Jangan pernah anda bangun lebih siang dari mertua anda. Hal ini sangat penting untuk menjaga hubungan yang baik antara anda dan mertua anda.

  1. Jangan Mengeluh saat Bekerja

Biasakanlah untuk melakukan pekerjaan rumah tangga anda dengan senang hati. Hal ini dapat memberikan gambaran pada mertua anda bahwa anda adalah wanita pekerja keras dan mandiri. Ibu mertua akan sangat menyayangi menantu yang tidak suka bermalas-malasan.

Itulah tadi 30 cara mengambil hati mertua yang paling mudah dilakukan. Semoga hubungan anda dengan mertua dapat menjadi lebih baik setelah mencoba hal-hal yang telah disebutkan di atas.

, ,
Oleh :
Kategori : Relationship