Sponsors Link

Menstruasi Tidak Teratur : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Menstruasi yang tidak teratur merupakan keadaan tidak stabil dari proses menstruasi sebagian besar wanita. Wanita memang setiap individunya memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Bukan hanya siklusnya, bahkan warna darah menstruasi ataupun gejala-gejala selama menstruasi setiap orang dapat berbeda-beda. Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah, apa lagi untuk wanita remaja yang masih baru dalam siklus menstruasinya. Namun, tetap saja muncul kekhawatiran dari beberapa individu mengenai “kenapa siklus menstruasi yang tidak teratur ini terjadi pada saya?”

ads

Jawaban untuk kekhawatiran tersebut cukup sederhana. Anda tentunya harus mengetahui apa saja penyebab dari menstruasi yang tidak teratur, dan dari banyaknya penyebab menstruasi yang tidak teratur tersebut manakah yang menjadi alasan dibalik siklus menstruasi anda yang tidak teratur. Untuk menjadi informasi bagi anda terdapat sedikitnya 15 faktor dibalik siklus menstruasi yang tidak teratur. Apa saja faktor-faktor tersebut? Simak daftar faktor penyebab menstruasi yang tidak teratur berikut ini.

Faktor Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Siklus menstruasi seseorang berbeda-beda tentu sudah diketahui secara umum. Namun terdapat standar normal bahwa siklus menstruasi akan berulang selama jangka waktu 28 hari. Perbedaan jangka waktu ini pun sering muncul, misalnya terdapat individu yang memiliki siklus 21 hari sedangkan di sisi lain ada juga yang mencapai 35 hari. Ketiga jenis siklus tersebut masih dapat dikatakan normal, lalu bagaimanakah siklus menstruasi yang tidak teratur yang perlu dicurigai? Tentunya adalah yang siklusnya kurang dari 21 hari ataupun lebih dari 35 hari.

Ketidakteraturan siklus menstruasi ini harus dicari tahu apa penyebabnya. Berikut ini 15 faktor penyebab menstruasi yang tidak teratur yang perlu kamu ketahui dan perhatikan apakah masih tergolong normal atau tidak.

  1. Stress dan Tertekan secara Emosional

Stress merupakan salah satu penyebab menstruasi tidak teratur yang paling umum terjadi. Stress berat berupa tekanan emosional ini akan menyebabkan pendarahan menstruasi anda tidak lancar untuk keluar. Penyebab stress ini untuk setiap orang berbeda-beda. Ada yang disebabkan oleh beban pekerjaan, beban pikiran, beban masalah keluarga, masalah sekolah, dan lain sebagainya. Setiap masalah tersebut jika menekan keadaan emosional secara berlebihan akan menyebabkan tubuh memroduksi hormon yang akan mengganggu kerja dari hormon menstruasi. Hormon yang dihasilkan saat stress ini akan mengirimkan sinyal kepada otak di bagian Hypothalamus untuk mengatur menstruasi menjadi terhambat karena keadaan stress ini. Oleh karena itu, wanita yang mudah stress umumnya juga akan memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur pula.

  1. Efek Samping Kontrasepsi Hormonal

Wanita yang menggunakan kontrasepsi dengan cara suntik, akan mempengaruhi mensturasi menjadi tidak teratur siklusnya. Keadaan ini merupakan akibat kontrasepsi hormonal memiliki efek samping pada siklus menstruasi penggunanya. Terdapat perbedaan siklus menstruasi yang dapat menjadi sangat lama atau juga menjadi sangat cepat. Oleh karena itulah, penggunaan suntik kontrasepsi hormonal pasca melahirkan sering mengalami menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi yang tidak teratur ini merupakan efek samping yang pasti dirasakan saat menggunakan kontrasepsi hormonal. Itulah sebabnya anda harus mengetahui apakah anda mengalami menstruasi yang tidak teratur karena pengaruh kontrasepsi ini atau tidak.

  1. Berat Badan yang Turun dengan Drastis

Seseorang yang mengalami gangguan sistemik akibat penurunan berat badan yang sangat drasts dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur menjadi momok dan beban pikiran anda. Keadaan ini tentu sangat mengganggu aktivitas anda. Berat badan yang turun secara drastis memiliki banyak latar belakang. Bisa saja karena pengaruh kesehatan, program diet, atau gangguan pola makan yang membahayakan seperti anorexia atau bulimia. Kedua gangguan pola makan tersebut dapat menyebabkan berat badan anda turun dan asupan untuk mengaktifkan hormon menstruasi akan tidak cukup. Asupan untuk mengatifkan hormon menstruasi yang tidak cukup dapat membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, keadaan dan kondisi tubuh pun sangat mempengaruhi kesehatan dari siklus menstruasi anda.

Sponsors Link

  1. Kelelahan akibat Aktivitas Penuh

Aktivitas yang terlalu penuh dan padat akan menguras banyak tenaga seseorang. Keadaan ini tentunya akan membuat wanita mudah lelah. Wanita yang kelelahan biasanya akan mengalami gangguan dalam pembentukan gangguan dalam pembentukan hormone menstruasi. Apa yang terjadi jika tubuh mengalami kelelahan? Tentunya bagian Hypothalamus pada otak akan mengalami penghambatan dalam melepaskan hormone hipofisis yang merangsang pelepasan sel telur di ovarium (atau yang dikenal juga sebagai proses ovulasi). Jika tidak ada pelepasan sel telur maka tidak akan ada menstruasi yang teratur. Oleh karena itu, mengatur aktivitas sesuai dengan kemampuan stamina anda sangat penting untuk menjaga kestabilan siklus menstruasi.

  1. Gejala Kehamilan

Seperti diketahui salah satu alasan yang paling sering terjadi yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur adalah terbentuknya janin atau kehamilan. Kehamilan tentunya akan membuat pelepasan sel telur dari ovarium terhenti. Akan tetap tanda lain juga dapat terjadi ketika kehamilan terjadi di luar rahim, yaitu siklus menstruasi melampau batas waktu normal yang biasa anda alami. Keterbalikan dari kehamilan epitomic ini adalah bukannya siklus menstruasi datang terlambat melainkan berhenti terlambat. Oleh karena itu, jika anda memiliki hubungan seksual yang aktif dan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur maka penting untuk memastikan apakah anda sedang hamil atau tidak dengan melakukan tes kehamilan. Tes ini dilakukan dengan menggunakan perangkat test pack ataupun dengan memeriksakan darah ke dokter.

  1. Adanya Kelainan pada Organ Kandungan

Beberapa jenis gangguan pada organ kandungan ternyata dapat membahayakan kesehatan wanita. Hal ini tidak banyak diketahui secara umum. Padahal tanda gangguan organ kandungan cukup mudah diketahui, misalnya melalui menstruasi yang tidak teratur yang anda alami. Menstruasi yang tidak teratur ini ternyata dapat juga disebabkan oleh kelainan seperti adanya myoma atau kista pada organ kandungan. Selain myoma, bisa juga terdapat polip pada rahim anda. Oleh karena itu jangan anggap enteng jika siklus menstruasi anda sering datang tidak teratur. Biasakan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai apa penyebab siklus yang tidak teratur ini. Jika memang ada gangguan, maka dokter dapat segera memberikan pertolongan dan pengobatan untuk mencegah efek yang semakin parah.

  1. Adanya Kelainan pada Kelenjar Tiroid

Selain gangguan pada organ kandungan, kelainan pada kelenjar tiroid juga merupakan salah satu alasan menstruasi datang tidak teratur. Kelenjar tiroid merupakan bagian tubuh yang mengatur bagaimana sistem metabolisme dapat berjalan dengan lancar. Jika kelenjar tiroid ini mengalami gangguan, maka akan diderita penyakit kelenjar tiroid yang dikenal dengan kelenjar gondok oleh masyarakat. Bagaimana anda dapat mengetahui apakah siklus menstruasi yang tidak teratur adalah akibat dari kelainan pada kelenjar tiroid? Tentunya dengan melakukan konsultasi ke dokter dan menjalani pemeriksaan mengenai gejala-gejala yang anda alami lainnya yang mengarah ke permasalahan kelenjar tiroid ini. Jika benar anda mengidap penyakit tiroid, maka anda harus melakukan pengobatan yang cukup besar yaitu dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu seumur hidup anda.

  1. Adanya Kelainan Ovarium Prematur

Satu lagi jenis kelainan yang dapat mengganggu kondisi siklus menstruasi adalah gangguan pada kegagalan ovarium premature. Apa yang dimaksud dengan kegagalan ovarium premature? Keadaan ini adalah keadaan dimana ovarium tidak lagi mampu menghasilkan sel telur dan berhenti menstruasi ketika usia masih cukup muda. Keadaan ini biasanya disebabkan oleh radiasi yang diterima wanita di bagian panggul atau di sekitar perut. Kasus radiasi yang menyebabkan kegagalan ovarium ini biasanya dialami oleh penderita kanker ataupun wanita-wanita yang bekerja dalam lingkungan yang terancam efek radiasi tinggi. Jika memang ada dari anda yang mengalami ciri-ciri kegagalan ovarium ini, maka anda dapat segera mendatangi dokter untuk berkonsultasi mengenai gejala anda dan mengapa anda dapat terkena radiasi.

  1. Hormon yang Tidak Stabil

Hormon merupakan faktor penting yang mempengaruhi kestabilan dari siklus menstruasi seseorang. Siklus menstruasi tidak tertaur yang dialami oleh seorang individu tentu beralasan dari kondisi hormonnya yang tidak stabil. Bagaimana bisa hormon menstruasi seseorang menjadi tidak teratur? Tentu ada banyak alasan dibaliknya. Alasan terpenting adalah tidak adanya kestabilan hubungan antara otak, ovarium, kelenjar otak, dan kelenjar tiroid. Hal inilah yang menjadi penyebab menstruasi yang tidak teratur dapat terjadi. Mengapa ketidakstabilan hubungan tersebut terjadi, alasannya adalah karena individu tersebut memiliki pola hidup yang tidak seimbang antara aktivitas dan istirahat, serta ucapan gizi. Hindarilah masalah-masalah tersebut untuk kembali melancarkan menstruasi yang tidak teratur yang sedang anda alami.

ads
  1. Konsumsi Pil KB

Kontrasepsi selain jenis suntik ada juga yang berupa pil KB yang harus dikonsumsi dengan jadwal tertentu. Konsumsi dari pil KB secara teratur kemudian dapat mengubah perintah produksi hormone menstruasi dari otak. Konsumsi pil KB ini secara langsung akan membuat menstruasi yang tidak teratur karena produksi hormonnya pun mengalami perubahan. Oleh karena itulah, konsumsi pil KB harus melalui pengetahuan dan resep dokter. Jika tidak sesuai resep dokter, tentunya kondisi hormon dalam tubuh dapat menjadi masalah dan mungkin mengganggu siklus menstruasi anda menjadi semakin parah. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan wanita yang mengonsumsi pil KB akan mengalami keadaan emosional yang naik turun karena kondisi hormon pun sering berada dalam keadaan yang tidak stabil.

  1. Infeksi Penyakit atau Jamur

Penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh jamur sering menjangkiti organ kandungan seseorang. Keadaan ini dapat diakibatkan oleh kista, kanker, ataupun diabetes. Penyakit-penyakit tersebut sangat perlu diberikan perhatian. Mengapa? Karena siklus menstruasi anda kemudian dapat menjadi tidak teratur. Untuk mengetahui apakah menstruasi tidak teratur yang anda alami adalah akibat penyakit di dalam tubuh ini, tentunya anda harus berkomunikasi dengan dokter. Dokter spesialis kandungan tentunya merupakan dokter yang paling mampu mengerti keadaan anda dan siklus menstruasi anda yang terganggu. Jika memang terdapat gangguan akibat penyakit seperti di atas, maka selanjutnya anda harus melalui serangkaian pengobatan yang dibutuhkan.

  1. Tubuh yang Menderita Obesitas

Masalah sistemik dalam tubuh seorang wanita adalah salah satu faktor yang paling sering mengganggu siklus menstruasi. Salah satu masalah sistemik tersebut adalah mengenai masalah berat badan. Seseorang yang berat badannya turun secara drastis diketahui akan mengalami masalah dengan siklus menstruasi, begitu juga dengan seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Obesitas atau kelebihan berat badan akan menyebabkan kerja kelenjar tiroid dari penderita obesitas terganggu. Seperti diketahui produksi hormon menstruasi merupakan hasil kerja dari kelenjar tiroid dan kelenjar otak, jika terdapat masalah pada kelenjar tiroid makan siklus menstruasi pun menjadi tidak teratur. Oleh karena itulah, kelebihan berat badan yang mungkin disebabkan oleh anorexia nervosa dan bulimia nervosa ini sangat berbahaya akibatnya.

  1. Masa Awal Menstruasi (Menarche)

Bagi para remaja yang baru saja mendapatkan siklus menstruasi pertamanya tentu wajar jika masih sering mendapatkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal ini sangat erat kaitannya dengan ketidakstabilan hormon menstruasi akibat masih barunya organ kandungan mulai membentuk sel telur. Masa awal menstruasi atau yang dikenal juga dengan istilah Menarche merupakan keadaan yang tidak dapat dicegah. Ketidakstabilan yang dirasakan hanya dapat dibantu dengan mengonsumsi makanan bergizi untuk mencukupi kebutuhan tubuh dalam memroduksi hormon menstruasi dengan teratur. Jika memang menstruasi yang tidak teratur yang dialami adalah akibat dari Menarche, maka ini adalah faktor yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Tubuh kemudian secara perlahan-lahan akan terbiasa dengan perintah produksi hormon ini.

  1. Hormon Ibu Menyusui yang Berlebihan

Seperti diketahui ibu menyusui akan memroduksi hormon prolaktin dalam jumlah yang cukup banyak. Hormon prolaktin ini merupakan hormon yang menghambat kesuburan wanita. Keberadaan hormon ini akan mempengaruhi hormon menstruasi yang merupakan hormon kesuburan wanita. Hal inilah yang menjadi penyebab ibu menyusui akan sering mengalami menstruasi yang tidak teratur. Tentunya jika menstruasi anda terhambat karena anda menyusui, maka hal ini tidak menjadi masalah. Hal ini justru sangat menguntungkan untuk ibu karena dapat memberikan waktu istirahat bagi organ kandungan ibu dan mencegahnya untuk memiliki anak lagi ketika masih menyusui. Bagaimana jika ada seorang wanita tidak menyusui tapi memiliki hormon prolaktin yang tinggi.

  1. Masa Pre Menopause

Seorang wanita sebelum mengalami menopause biasanya akan melewati masa-masa lewat yang disebut dengan masa pre menopause. Pada masa ini tentunya akan dialami siklus menstruasi yang tidak teratur belum lagi kondisi hormon tidak stabil yang menyebabkan perasaan pun menjadi tidak karuan. Hormon progesterone pada wanita yang mengalami masa pre menopause pun akan sangat berkurang jumlahnya. Hal ini akan menyebabkan banyak masalah dan penyakit untuk wanita-wanita yang mengalami menopause. Akan tetapi, masa masa ini tidak bisa dihindari oleh wanita manapun. Penyebab menstruasi yang tidak teratur ini pun tergolong normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Berikut tadi 15 faktor penyebab menstruasi seseorang tidak teratur keadaannya. Bagi anda yang merasakan salah satu faktor di atas adalah alasan dari siklus yang tidak teratur yang anda miliki, maka anda selanjutnya perlu mengetahu cara mengatasinya. Pada bagian selanjutnya akan dijelaskan bagaimana dapat mengatasi siklus menstruasi yang anda alami.

Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur yang Menyerang

Seperti diketahui sedikitnya ada 15 faktor yang menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur. Mentruasi tidak teratur yang tidak normal seperti akibat pengaruh penyakit di dalam tubuh, tentu harus diatasi dengan melalui proses penyembuhan sesuai penyakit yang sedang diidapnya. Lalu bagaimana dengan menstruasi yang tidak teratur yang disebabkan oleh keadaan hormone yang tidak stabil. Keadaan yang tergolong normal ini tentunya dapat anda atasi dengan cara-cara alami. Keadaan ini dapat anda atasi dengan mengetahui cara mengatasi menstruasi tersebut. Berikut ini beberapa cara mengatasi menstruasi yang menyerang siklus menstruasi anda.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat adalah salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam memroduksi hormon menstruasi. Beberaapa jenis makanan sehat yang mampu mendukung proses menstruasi anda adalah pepaya, labu, dan mentimun. Ketiga jenis makanan ini mampu memberikan asupan protein anda dan mendukung siklus menstruasi untuk kembali berjalan dengan teratur. Aturlah kandungan gizi dalam konsumsi makanan anda dan dapatkanlah siklus menstruasi normal anda tanpa perlu memikirkan berbagai masalah lain mengenai ancaman kesehatan anda.

Sponsors Link

  1. Mengonsumsi Jahe

Konsumsi jahe merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Jahe memiliki kandungan untuk melancarkan siklus menstruasi seseorang. Anda dapat mengonsumsi jahe dengan pengolahan menjadi ramuan yang dicampur dengan madu. Konsumsi dengan rutin ramuan jahe dan madu ini untuk mendapatkan siklus menstruasi yang lebih sehat dan lebih teratur.

  1. Mengonsumsi Jus Wortel

Wortel adalah salah satu bahan makanan yang mampu melancarkan kembali siklus menstruasi anda yang terhambat. Hal ini dilatarbelakangi karena wortel memiliki kandungan zat yang dapat melancarkan menstruasi anda. Jika anda rajin mengonsumsi wortel, maka tanpa anda sadari siklus menstruasi anda akan kembali sehat. Sayangnya konsumsi wortel ini memang sangat susah untuk beberapa orang. Alasannya adalah karena wortel sulit untuk dikonsumsi. Alternatif pengolahan wortel menjadi jus tentu merupakan pilihan yang terbaik. Jus wortel akan memberikan asupan nutrisi juga kesegaran dan sekaligus menyelesaikan masalah menstruasi anda. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang sehat seperti jus wortel untuk kesehatan menstruasi anda.

  1. Melakukan Penggantian Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi harus dilakukan penggantian dengan rutin, minimal melalui konsultasi dengan dokter secara rutin mengenai alat kontrasepsi yang digunakannya. Bagi anda yang mengalami masalah siklus menstruasi dan anda menggunakan alat kontrasepsi, lakukanlah cara ini terlebih dahulu. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa alat kontrasepsi sangat mempengaruhi keadaan siklus menstruasi anda. Penggunaan alat kontrasepsi sesuai anjuran dokter dapat tidak mengganggu siklus menstruasi anda jika anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

  1. Meminta Bantuan Konseling Psikolog

Seperti diketahui stress merupakan salah satu alasan paling umum dalam terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur yang diderita seseorang. Tentunya cara mengatasi stress adalah satu satunya cara mengatasi menstruasi yang tidak teratur yang disebabkan oleh stress. Cara mengatasi stress anda tentunya adalah dengan meminta bantuan konseling dari psikolog. Melalui konseling ini anda dapat mengkomunikasikan maslaah anda dan menerima saran serta rekomendasi bagaimana cara menyelesaikan masalah anda. Konsultasi dengan psikolog ini dipercaya ampuh untuk mengatasi stress dan kemudian menyehatkan kembali siklus menstruasi anda.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai penyebab menstruasi yang tidak teratur dan cara mengatasinya. Tentunya anda harus memperhatikan masalah menstruasi tidak teratur ini. Jika anda tidak berhati-hati dalam melihat permasalahan dalam siklus menstruasi anda, maka anda dapat tidak tahu jika sebenarnya tubuh anda telah terjangkit penyakit berbahaya. Oleh karena itu, periksakanlah masalah menstruasi anda yang tidak teratur. Jika memang ada masalah yang membahayakan, segeralah lakukan pengobatan dan kembalilah kepada siklus hidup anda yang sehat. Selamat mencoba!

, , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan