Sponsors Link

20 Penyebab Haid Tidak Lancar dan Sedikit

Sponsors Link

Penyebab haid tidak lancar ada banyak macam dan jenisnya. Tentu bagi anda yang sering mengalami masalah haid tidak lancar, sangat ingin mempelajari apa yang menjadi penyebab haid yang tidak lancar menimpa siklus haid anda. Tentu banyak alasan mengapa haid dapat menjadi tidak lancar. Alasan-alasan tersebut bisa saja alasan internal karena ada gangguan dalam kesehatan, atau juga alasan eksternal yang kemudian memberikan pengaruh kepada siklus haid seseorang.

ads

Siklus haid yang lancar adalah siklus yang berulang dalam jangka waktu 28 hari hingga 35 hari.Selain dari jangka waktu tersebut, maka dapat diperkirakan terdapat penyebab yang membuat siklus haid menjadi tidak lancar. Tentu anda ingin mengetahui apa sajakah penyebab dibalik tidak lancarnya siklus haid seseorang. Oleh karena itu, berikut ini beberapa penyebab haid yang tidak lancar yang berhasil kami kumpulkan.

Penyebab Haid Tidak Lancar Pada Umumnya

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, haid tidak lancar haruslah diwaspadai penyebabnya. Walau beberapa penyebab haid yang tidak lancar memang terjadi secara alamiah, namun terdapat juga penyebab haid tidak tgeratur yang ternyata dapat membahayakan keselamatan seseorang. Berikut ini beberapa penyebab yang haid tidak lancar yang mungkin saja anda alami. Tentu dengan mengetahui apa penyebab dari haid tidak lancar anda, maka anda dapat memberikan penanggulangan yang tepat dan cepat untuk meminimalisir efek berbahaya lainnya.

  1. Masa Awal Haid pada Remaja

Haid pertama kali datang pada remaja wanita di rentang usia 12 tahun hingga 15 tahun. Pada masa awal haid ini, tentu hormone dari remaja wanita masih belum stabil keadaanya. Sedangkan, haid merupakan keadaan yang sangat dipengaruhi oleh kerja hormone. Jadi ketika masa awal haid pada remaja, maka sangat wajar terjadi haid yang tidak lancar. Penyebab haid yang tidak lancar di masa ini adalah penyesuaian tubuh dengan kerja hormone yang baru saja di alaminya. Biasanya ketidakstabilan ini akan membaik dengan sendirinya. Misalnya saja ketika memasuki tahun keempat masa haid, maka siklus haid sudah dapat memiliki siklus yang normal dan lancar. Hal ini disebabkan hormone reproduksi yang telah berkembang dan beradaptasi dengan baik.

  1. Tubuh yang Terlalu Kurus

Kondisi tubuh yang terlalu kurus diketahui juga dapat menjadi salah satu penyebab haid menjadi tidak lancar datangnya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Seperti diketahui haid atau menstruasi merupakan siklus bulanan yang datang pada wanita ketika kerja hormone estrogen berjalan dengan baik dalam tubuh. Hormone inilah yang membantu pembentukan sel telur, pelepasannya ke dinding rahim, hingga peluruhannya. Akan tetapi, jumlah hormone estrogen yang terlalu sedikit tidak akan mampu mempengaruhi pembentukan sel telur pada ovarium. Tubuh yang terlalu kurus biasanya tidak memiliki banyak hormone estrogen. Hal inilah yang sering menyebabkan sel telur tidak terbentuk dalam jumlah yang cukup dan sistem reproduksi pun tidak dapat berfungsi sebagaimana harusnya. Untuk itu tubuh dengan berat badan ideal adalah tubuh yang dapat memiliki siklus haid lancar.

  1. Kebiasaan Minum Alkohol secara Berlebihan

Hidup yang sehat adalah hidup yang tidak terlibat dengan berbagai macam konsumsi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Seperti diketahui alkohol dengan konsumsi yang berlebihan merupakan keadaan yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk masalah dalam sistem reproduksi. Wanita membutuhkan hormone estrogen yang cukup untuk memiliki siklus haid yang lancar. Akan tetapi tingginya konsumsi alkohol akan menyebabkan hormone estrogen bertambah jumlahnya. Jika kekurangan hormone estrogen menambah masalah, maka begitu pula kelebihan estrogen. Estrogen dalam jumlah yang berlebih akan membuat siklus haid menjadi tidak lancar. Selain itu, alkohol juga tidak baik untuk wanita karena menyebabkan gejala PMS menjadi lebih dahsyat terasa sakitnya.

  1. Kontaminasi Pestisida

Selain dari efek konsumsi alkohol yang berlebihan, konsumsi makanan yang mengandung pestisida atau kontak langsung dengan pestisida secara rutin dapat menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Seperti diketahui pestisida merupakan zat kimia yang sangat membahayakan jika memiliki kontak langsung dengan manusia. Hal ini disebabkan oleh karena pestisida yang terserap oleh tumbuh akan menyebabkan terhambatnnya proses kerja dari beberapa hormone tertentu. Salah satunya kerja hormone estrogen akan terhambat. Wanita yang hormone estrogennya tidak bekerja dengan maksimal akan mengalami banyak masalah menstruasi, seperti misalnya haid yang hampir tidak pernah datang ataupun keputihan yang terus melanda. Keadaan ini banyak dihadapi oleh wanita yang bekerja sebagai pekerja yang berinteraksi langsung dengan pestisida.

Sponsors Link

  1. Kontaminasi Konsumsi Narkoba

Narkoba tentu sudah tidak banyak lagi dipertanyakan apa efek buruknya. Perusak bangsa nomor satu ini juga ternyata dapat menimbulkan permasalahan pada siklus haid wanita. Konsumsi narkoba oleh wanita diketahui menyebabkan hormone yang bekerja untuk memicu menstruasi menjadi rusak. Kerusakan hormone ini sangat dapat diketahui dengan tidak datangnya menstruasi beberapa kali dan tidak jarang menstruasi itu pun benar-benar lama tidak pernah muncul. Apa penyebabnya? Penyebab utamanya adalah karena narkoba menyebabkan proses pembentukan sel telur menjadi berat untuk dilakukan. Narkoba dapat meningkatkan hormone prolaktin yang sangat mempengaruhi kerja hormone estrogen dalam merangsang pembentukan sel telur. Hal ini tentu menyebabkan sedikit jumlah sel telur yang dibentuk, itulah sebabnya pemakai narkoba akan memiliki siklus haid yang terganggu atau bahkan tidak pernah lagi kedatangan haid.

  1. Pengaruh Diet yang Tidak Sehat

Diet merupakan upaya yang banyak dilakukan wanita untuk membentuk dan mendapatkan tubuh yang ideal. Sayangnya, upaya diet ini sering dilakukan hingga tingkat yang ekstrim bahkan hingga seorang individu dapat kekurangan nutrisi dalam batas yang mengkhawatirkan. Kekurangan nutrisi akibat pengaruh diet yang tidak sehat ini kemudian dpaat menyebabkan masalah lain yaitu siklus haid menjadi tidak lancar. Haid hanya dapat datang ketika tubuh wanita tercukupi kebutuhan nutrisinya. Nutrisi inilah yang akan membantu kerja hormone dan kelenjar-kelenjar pada tubuh untuk mengirimkan sinyal pada ovarium untuk menghasilkan sel telur. Jika tidak ada nutrisi yang cukup karena diet yang tidak sehat, maka tubuh pun kemudian akan mengalami permasalahan seperti haid menjadi tidak lancar.

  1. Penyakit Von Willebrand

Salah satu penyebab haid tidak lancar lainnya adalah pengaruh dari penyakit von willebrand. Penyakit ini merupakan penyakit yang diketahui menyebabkan gangguan dalam tubuh berupa pendarahan. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya protein von willebran. Protein yang terlalu sedikit jumlahnya ini akan menyebabkan terjadinya penggumpalan darah. Jika seorang wanita memiliki penyakit dengan gangguan von willebrand yang terlalu sedikit jumlahnya, maka menstruasi dapat menjadi bermasalah karena menstruasi merupakan keadaan yang berhubungan dengan pendarahan. Jika kekurangan protein von willebrand, maka siklus haid menjadi tidak lancar. Bisa saja siklus haid menjadi datang terlambat karena terjadi penggumpalan darah, atau siklus menstruasi terlalu lama masa pendarahannya karena terjadi pendarahan berlebihan.

  1. Penyakit Graves

Selain penyakit von willebrand, penyakit graves juga diketahui dapat menyebabkan banyak masalah dalam siklus menstruasi. Penyakit graves merupakan penyakit yang menyebabkan seseorang kemudian mengalami keadaan autoimun. Keadaan autoimun ini sangat berhubungan dengan kesehatan kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid dalam keadaan autoimun akan memiliki produksi hormone tiroid dalam jumlah yang berlebih. Kelebihan dari hormone tiroid inilah yang kemudian akan membuat seseorang mengalami penyakit hipertiroid. Dalam kondisi hipertiroid maka akan terjadi banyak gangguan dalam sistem-sistem tubuh, terutama pada sistem yang membangun siklus menstruasi. Seperti diketahui menstruasi merupakan hasil dari kerjasama hormone dan kelenjar tiroid. Jika kelenjar tiroid tidak dalam keadaan yang sehat, maka sangat wajar siklus menstruasi pun ikut menjadi tidak lancar.

  1. Penyakit Hashimoto

Mirip dengan gejala penyakit graves, penyakit hashimoto juga diketahui mampu menyebabkan seseorang menjadi autoimun. Keadaan autoimun dapat menderita pada seseorang ketika hormone tiroid sudah terlalu banyak diproduksi dan tidak lagi dapat menjalankan fungsinya. Gangguan troid ini dapat bermacam-macam bentuknya, termasuk juga kurangnya produksi hormone tiroid. Penyakit hashimoto ini sendiri adalah penyakit keturunan yang tidak dapat dikendalikan penjangkitannya. Namun, jika seseorang telah mengidap penyakit hashiomoto ini tentu sangat mungkin kelenjar tiroid seorang tersebut akan terganggu dan siklus menstruasinya pun menjadi tidak lancar. Gangguan siklus menstruasi ini dapat berupa menstruasi yang datangnya melewati siklus yang sangat lama, tetapi ada juga yang kemudian mengalami pendarahan menstruasi yang sangat parah.

ads
  1. Pengaruh Stress

Permasalahan yang menyebabkan stress emosional diketahui juga dapat menjadi penyebab haid tidak lancar pada seseorang. Stress emosional ini sangatlah tinggi resikonya pada gangguan siklus menstruasi seorang wanita. Alasannya adalah stress emosional dapat menyebabkan produksi hormone seseorang menjadi terganggu. Stress khususnya mempengaruhi produksi dari hormone estrogen dan progesterone menjadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan hormone ini kemudian diketahui sebagai penyebab dari tidak lancarnya siklus menstruasi seorang wanita. Itulah sebabnya seorang wanita yang sedang dalam keadaan stress akan memiliki siklus menstruasi yang tidak beraturan. Tidak jarang seorang wanita dalam keadaan stress akan mengalami keterlamabatan siklus haid dalam hitungan bulan, namun juga ada yang kemudian mengalami haid yang tidak berhenti dalam waktu lama.

  1. Pengaruh Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan satu lagi alasan sistemik yang sering menjadi akibat mengapa seseorang dapat mengalami siklus haid yang tidak lancar. Seperti diketahui obesitas merupakan kelebihan berat badan yang pada kelanjutannya akan menyebabkan penderita obesitas mengalami gangguan pada fungsi hormone. Salah satu hormone tersebut adalah hormone estrogen. Hormone estrogen ini merupakan hormone yang sangat berpengaruh pada siklus menstruasi. Produksi hormone estrogen yang tidak cukup tentu akan mempengaruhi siklus menstruasi seseorang menjadi tidak lancar. Gangguan obesitas lainnya yang berhubungan dengan siklus menstruasi adalah gangguan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid kemudian akan terganggu karena terjadinya hipotiroidisme. Keadaan ini menyebabkan nutrisi menjadi tidak terbagi dengan seimbang dan produksi hormone tidak maksimal dan mencukupi kebutuhan.

  1. Tubuh yang Terlalu Kelelahan

Kondisi tubuh yang tidak fit atau terlalu kelelahan merupakan salah satu alasan yang paling umum mengapa siklus haid menjadi tidak lancar. Kelelahan pada wanita sendiri kebanyaka terjadi karena aktivitas yang padat dan wkatu istirahat yang kurang. Misalnya pada wanita yang kurang tidur, kemampuan tubuh untuk menghasilkan hormone estrogen menjadi sulit untuk ditingkatkan. Sehingga dapat mengakibatkan tubuh tidak dapat menghasilkan hormone estrogen yang cukup untuk memicu siklus haid. Itulah sebabnya mengapa wanita yang terlalu kelelahan, tubuhnya menjadi tidak bisa merangsang ovarium untuk menghasilkan sel telur. Jika keadaan ini terus berlanjut maka sistem reproduksi akan terus terganggu. Oleh karena itu, istirahat yang cukup dan menghindari tubuh kelelahan merupakan hal yang penting untuk mencegah terjadinya masalah pada siklus haid seseorang.

  1. Sindrom Polikistik Ovarium

Sindrom polikistik ovarium atau PCOS merupakan keadaan yang sering dialami wanita di masa suburnya. Keadaan ini merupakan kelainan tubuh yang menyebabkan tubuh seorang wanita tidak dapat mengatur keseimbangan antara hormone estrogen dan hormone progesterone. Sindrom ini menyebabkanjuga gangguan lain pada ovarium seperti gangguan kesuburan dan fungsi lain seperti produksi sel telur yang berkurang. Salah satu ciri-ciri wanita yang sering terkena sindrom polikistik ovarium adalah wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas yang sebelumnya telah dijelaskan. Untuk itu pencegahan terhadap sindrom polikistik ovarium ini harus segera dilakukan. Hal pencegahan ini tentunya dapat memberikan keamanan akan kesehatan atas kondisi organ reproduksi wanita.

  1. Kegagalan Ovarium atau Ovarium Prematur

Penyebab haid yang tidak lancar lainnya adalah kegagalan ovarium. Kegagalan ovarium atau yang dikenal juga sebagai ovarium premature adalah keadaan ovarium yang tidak lagi bekerja sesuai fungsinya. Keadaan ini dapat terjadi bahkan saat usia wanita tersebut masih di bawah 40 tahun. Keadaan ini dikenal juga sebagai kegagalan ovarium karena ovarium tidak lagi berfungsi untuk menghasilkan sel telur dan melepaskannya ke dinding rahim. Tentunya kegagalan ovarium ini juga dikenal sebagai infertilitas dari seorang wanita. Wanita yang mengalami kegagalan ovarium selanjutnya akan kesulitan dalam memiliki anak dan memiliki siklus menstruasi yang lancar. Itulah sebabnya nutrisi untuk mencukupi kerja ovarium harus dilakukan dengan seksama. Jangan sampai tubuh anda kekurangan nutrisi dan ovarium anda menjadi tidak dapat berfungsi lagi.

  1. Kanker atau Kista pada Ovarium

Permasalahan kesehatan lain yang mampu menyebabkan terjadinya haid yang tidak lancar adalah kanker ataupun kista pada ovarium. Kanker ovarium adalah jenis kanker yang tumbuh di dalam organ ovarium. Seperti diketahui ovarium adalah organ reproduksi yang menghasilkan sel telur. Jika terdapat sel kanker pada ovarium, maka tentunya produksi sel telur oleh ovarium menjadi terganggu. Salah satu ciri-ciri kanker ovarium telah menyerang organ reproduksi adalah rasa sakit yang dahsyat yang terasa pada bagian bawah panggul. Sedangkan kista merupakan tumor jinak yang sering ditemukan di bagian ovarium. Gejala dari kista ovarium ditunjukkan dengan rasa sakit yang dirasakan saat buang air kecil, mual, dan muntah. Tanda lain yang sering muncul baik pada penyakit kanker ataupun kista ovarium adalah menstruasi yang tidak lancar.

  1. Pengaruh Endometriosis

Tahukah anda apa itu endometriosis? Endometriosis adalah kondisi di mana sel-sel di bagian rahim malah tumbuh di bagian kandung kemih. Keadaan ini menyebabkan pendarahan pada saat menstruasi menjadi terlalu banyak. Biasanya penyakit ini tergolong pada gejala kista ovarium. Keadaan ini menyebabkan sel telur yang dikeluarkan oleh ovarium menjadi lengket dan menimbulkan rasa nyeri yang sangat dahsyat. Oleh sebab itulah, endometriosis merupakan salah satu penyebab haid tidak lancar. Dengan demikian lakukanlah pencegahan haid tidak lancar dengan mencegah perkembangan dari endometriosis tersebut. Tanpa endometriosis siklus menstruasi dapat kembali dalam status yang normal.

Sponsors Link

  1. Gejala Kehamilan

Siklus haid yang tidak lancar tentunya juga dapat menjadi salah satu tanda atau gejala dari kehamilan. Seperti diketahui salah satu tanda kehamilan adalah menstruasi yang datangnya terlambat. Menstruasi yang terlambat ini disebabkan oleh sel telur telah dibuahi oleh sel sperma. Selama proses perkembangan sel telur menuju rahim dan menjadi janin, tentunya menstruasi akan terhenti sementara. Untuk mengetahui apakah haid yang tidak lancar yang anda alami adalah akibat dari kehamilan, tentunya anda harus melalui pemeriksaan. Pemeriksaan paling sederhana adalah dengan menggunakan alat tes urin. Untuk mendapatkan hasil yang lebih terpercaya, anda juga dapat memeriksakan darah anda dan keluhan anda pada dokter, Kemudian anda dapat mengetahui apakah anda benar-benar sedang hamil atau tidak.

  1. Masa Ibu Menyusui

Setelah hamil lalu melahirkan, ibu banyak yang memilih untuk meberikan asi eksklusif bagi bayinya. Hal ini sangat disarankan karena asupan gizi dari ASI sangatlah tinggi dan bagus untuk kesehatan bayi. Akan tetapi, masa menyusui ini mungkin menjadi penyebab haid yang tidak lancar. Mengapa hal ini bisa terjadi? Alasannya adalah karena hormone prolaktin pada ibu menyusui akan sangat tinggi jumlahnya dan menghambat kerja dari hormone estrogen. Tentunya keadaan ini tidak dapat dicegah. Itulah alasan mengapa ibu menyusui sering mengalami haid yang tidak lanca. Hal ini tidak menjadi masalah karena terjadi secara alamiah dan merupakan konsekuensi untuk mencukupi kebutuhan gizi bayi. Ibu menyusui hanya harus lebih memperhatikan asupan gizinya hingga kira-kira setelah tiga bulan melahirkan menstruasi bisa datang kembali dengan lancar.

  1. Pengaruh Pil KB dan Kontrasepsi Lainnya

Wanita banyak yang memilih menggunakan kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Kontrasepsi ini dapat bermacam-macam bentuknya, mulai dari kontrasepsi suntik, pil KB, dan lainnya. Semua penggunaan dari alat kontrasepsi ini diketahui memberikan efek yang kurang baik pada siklus menstruasi. Siklus menstruasi menjadi tidak lancar, dapat menjadi sangat singkat, atau bahkan menjadi tidak datang lagi. Kelainan ini dpaat terjadi terutama ketika menggunakan alat kontrasepsi tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Oleh karena itu, jika anda benar-benar harus mencegah kehamilan maka gunakanlah alat kontrasepsi setelah melakukan konsultasi dengan dokter. Jika tidak dilakukan pemeriksaan terlebih dahulum, maka penggunaan alat kontrasepsi ini dapat membahayakan organ reproduksi anda.

  1. Masa Pra Menopause

Memasuki usia yang sudah tua, wanita akan mengalami masa pra menopause. Pada masa-masa ini, menstruasi akan datang tanpa pola rutin lagi seperti biasanya. Semua wanita pasti akan mengalami masa ini dan tidak bisa menghindarinya. Hal ini terjadi secara alamiah karena ovarium tidak lagi dapat memroduksi sel telur. Selain itu, produksi hormone estrogen wanita yang sudah lanjut usia pun sudah sangat sedikit jumlahnya. Itulah mengapa wanita memiliki batas usia ideal untuk memiliki anak. Masa pra menopause dimana siklus haid akan menjadi sangat tidak lancar biasanya akan terjadi mulai dari 2 atau 1 tahun sebelum menstruasi anda benar-benar berhenti.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai 20 penyebab haid tidak lancar. Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk segera menemukan penyebab haid yang tidak lancar yang anda alami. Penanggulangan yang tepat akan mengurangi peluang permasalahan kesehatan yang lebih besar nantinya.

, ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan