Sponsors Link

20 Cara Menguruskan Badan menjadi Ideal

Sponsors Link

Cara menguruskan badan dengan efektif tentu ingin diketahui oleh setiap wanita. Badan yang indah dengan berat badan ideal merupakan idaman yang diharapkan untuk dicapai oleh setiap wanita. Hal ini tentunya dapat dicapai dengan menguruskan badan hingga mencapai berat badan ideal. Bagaimana dapat mendapatkan badan dengan berat badan ideal, sementara ancaman kegemukan terus menyerang masyarakat di zaman modern ini?

ads

Kegemukan atau yang juga dikenal sebagai obesitas merupakan momok yang sering mengganggu masyarakat saat ini. Kebiasaan untuk mengonsumsi makanan-makanan cepat saji dan kurangnya waktu berolahraga merupakan faktor yang paling umum menjadi penyebab kegemukan di masyarakat di zaman yang serba sibuk sekarang ini. Tentunya wanita ingin sangat menghindari kegemukan, karena kegemukan akan membuat wanita kurang percaya diri dan kehilangan bentuk tubuh indahnya.

Wanita yang mengalami kegemukan kemudian mengusahakan berbagai cara untuk menguruskan badan untuk mengembalikan bentuk tubuh indahnya. Beberapa cara untuk menguruskan badan tersebut dapat dilakukan dengan rutin untuk menghasilkan tubuh yang lebih kurus dan indah. Anda tentunya penasaran mengenai apa saja cara untuk menguruskan badan yang dapat anda coba. Berikut ini beberapa cara untuk menguruskan badan yang menjadi rekomendasi untuk dapat anda lakukan.

Cara Menguruskan Badan

Cara untuk menguruskan badan sangat populer dan muncul dalam berbagai jenis saat ini. Namun sebenarnya hanya ada dua cara besar untuk dapat mengembalikan berat badan anda kembali normal. Kedua cara tersebut adalah dengan berolahraga dan mengatur pola makan. Akan tetapi, tentu anda bingung mengenai jenis olahraga apa yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan secara efektif? Selain itu, anda pun akan mengalami kebingungan mengenai bagaimana pola makan dapat diatur agar tubuh tidak semakin gemuk. Oleh karena itu, berikut ini penjelasan mengenai 20 cara menguruskan badan dengan berolahraga dan mengatur pola makan yang dapat anda coba.

  1. Melakukan Olahraga Bersepeda

Olahraga bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan untuk kamu yang ingin menguruskan berat badan. Cara menurunkan berat bada dengan bersepeda ini sudah banyak dilakukan dan diakui khasiatnya. Bersepeda untuk menurunkan berat badan dapat dilakukan satu kali saja dalam satu hari. Bersepedalah minimal selama 30 menit. Baiknya anda bersepeda di pagi hari atau di malam hari saja. Hal ini dilakukan untuk menjadi alternatif waktu bagi anda yang bekerja di siang hari. Tidak perlu terlalu jauh jika takut membahayakan, cukup bersepeda di depan halaman rumah anda atau berkeliling di sekitar rumah anda. Karena yang terpenting bukan seberapa jauh tapi seberapa lama anda dapat bersepeda untuk membakar kalori berlebih dalam tubuh.

  1. Melakukan Olahraga Naik-Turun Tangga

Cara untuk menguruskan badan selanjutnya adalah dengan olahraga naik-turun tangga. Olahraga yang satu ini merupakan jenis olahraga yang paling sederhana, namun memiliki efektifitas yang tergolong tinggi. Anda cukup melakukan naik dan turun pada anak tangga. Olahraga naik dan turun anak tangga ini dilakukan dengan rutin minimal selama 15 menit per harinya. Jika anda rutin melakukannya, maka anda akan mendapatkan tubuh yang kurus namunn tetap terbentuk karena olahraga. Bagian tubuh seperti paha dan bokong pun akan terbentuk lebih indah jika anda rajin melakukan olahraga naik dan turun tangga ini. Akan tetapi, cara menurunkan berat badan ini harus dilakukan ketika anda memang sedang fit. Jika tidak, akan sangat berbahaya ketika anda terjatuh dari tangga.

  1. Melakukan Olahraga Sit Up

Jenis olahraga selanjutnya yang termasuk dalam olahraga sebagai cara untuk menguruskan badan adalah dengan melakukan sit up secara rutin. Olahraga sit up atau menaikkan bagian atas badan yang sedang berbaring di lantai ini diketahui mampu menguruskan badan dengan cepat. Kalori di sekitar perut, paha, betis, dan lengan juga akan terbakar dan terlihat mengecil ukurannya dalam hitungan minggu. Jumlah sit up standar yang harus anda lakukan setiap harinya adalah sebanyak 30 kali. Namun, jika anda memiliki waktu lebih dan masih memiliki stamina tersisa maka anda dapat melakukannya lebih dari 30 kali untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat. Bagi anda yang ingin menggabungkan olahraga ini dengan olahraga cara menurunkan berat badan lain juga sangat disarankan.

Sponsors Link

  1. Melakukan Olahraga Lying Leg Raises

Olahraga selanjutnya yang dapat membantu anda yang sedang mencari tahu cara untuk menguruskan badan adalah olahraga flying leg raises. Olahraga ini dapat anda lakukan dengan membaringkan tubuh anda di karpet olahraga atau langsung di lantai. Kemudian, anda dapat mengangkat kaki anda secara bergantian. Angkatlah kaki kanan sebanyak 30 kali dan kaki kiri juga sebanyak 30 kali dalam satu sesi olahraga ini. Jenis olahraga flying leg raises ini mampu menguruskan badan anda terutama di bagian yang sering menjadi masalah seperti perut dan paha. Anda tentunya dapat melakukan olahraga ini di rumah tanpa perlu menghabiskan waktu yang lama.

  1. Melakukan Olahraga Mountain Climbers

Jika anda mencari jenis olahraga yang dapat membantu anda dalam cara untuk menguruskan badan, tentunya olahraga mountain climbers diketahui memiliki efektifitas yang sangat tinggi. Olahraga ini biasanya dilakukan dengan mendaki gunung. Sayangnya, pendakian gunung membutuhkan waktu kosong anda. Lalu bagaimana jika anda tidak memiliki waktu kosong? Anda dapat memanfaatkan karpet olahraga di rumah untuk melakukan olahraga mountain climbers. Cukup dengan memposisikan tubuh anda dengan menahan tubuh menggunakan kedua tangan dan juga ujung tumit kedua kaki. Setelahnya angkatlah kaki ke bagian dada secara bergantian, bagian kiri lalu kanan seterusnya sebanyak 15 kali untuk masing masing kaki. Walau terlihat sederhana, gerakan ini mampu membakar lemak di sekitar perut lengan dan paha anda dan menguruskan badan anda dengan lebih efektif.

  1. Melakukan Olahraga Crunches

Cara menurunkan berat badan lainnya adalah dengan melakukan olahraga crunches. Jenis olahraga ini mirip dengan sit up, akan tetapi bagian tubuh yang diangkat hanya mencapai bagian pundak. Tidak seperti sit up yang dilakukan dengan mengangkat bagian tubuh atas hingga pinggang, crunches lebih menekankan pada bagian dada dan lengan atas. Tubuh anda pun akan dengan mudah melakukan pembakaran lemak dan kalori berlebih. Bagian tubuh anda yang sebelumnya terlihat gemuk akan kembali kurus dan normal. Ulangi gerakan crunches sebanyak minimal 30 kali setiap harinya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Melakukan Olahraga Donkey Kicks

Bagi anda yang menginginkan cara untuk menguruskan badan dengan berolahraga maka olahraga donkey kicks dapat menjadi pilihan untuk anda. Olahraga ini dilakukan dengan melakukan tendangan ke belakang sambil menopang tubuh dengan kedua tangan dan lutut. Tendangan menendang seperti keledai ini dilakukan untuk menguruskan badan di bagian paha. Seperti diketahui bagian paha adalah bagian yang paling sulit untuk dikurangi ukurannya. Jika anda gemuk dan menjadi kurus, biasanya bagian paha tidak banyak berubah. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menguruskan badan bagian paha ini adalah dengan melakukan olahraga donkey kicks ini. Lakukan sebanyak 15 kali untuk satu kaki, jadi total lakukanlah 30 tendangan dalam satu hari. Olahraga yang rutin ini akan menghasilkan tubuh kurus dan berbentuk indah.

  1. Melakukan Olahraga Squats

Tentu anda yang sering mencari tahu informasi mengenai cara untuk menguruskan badan pasti pernah mendengar mengenai squats dan manfaatnya. Badan yang gemuk bukannya hanya dapat mengganggu penampilan, tetapi juga dapat menyebabkan banyak penyakit. Wanita tentu mengharapkan tubuhnya kurus dan indah di setiap waktunya. Olahraga squats merupakan salah satu cara untuk menguruskan badan anda. Lakukanlah squats secara rutin sebanyak 2 kali 60 kali banyaknya. Hal ini akan membantu anda menguruskan paha dan betis. Pinggul anda pun akan terbentuk menjadi lebih indah dan menarik. Hindarilah olahraga squats ketika sehabis makan, baiknya anda melakukan squats secara rutin di malam hari ketika selesai beraktifitas harian. 

ads

  1. Melakukan Olahraga Angkat Dumbbell

Angkat dumbbell merupakan salah satu cara untuk menguruskan badan dengan berolahraga. Cara ini efektif untuk mengurangi berat badan anda dan dapat anda lakukan di mana saja. Bahkan ketika anda sedang beristirahat di rumah sambil menonton televisi, anda dapat mengangkat dumbbell ini untuk memastikan kalori dan lemak berlebih di tubuh anda terbakar dengan maksimal. Berat dumbbell untuk pemula dapat dimulai dari 3 kilogram di kanan dan kiri. Jika sudah terbiasa, maka anda dapat menambah sedikit demi sedikit berat dumbbell tersebut. Anda dapat melakukan olahraga angkat dumbbell ini kapan saja di waktu luang anda.

  1. Melakukan Olahraga Berenang

Jenis olahraga terakhir yang tentunya termasuk dalam salah satu cara untuk menguruskan badan anda adalah dengan berenang. Berenang mampu menguras lemak dan kalori di hampir seluruh bagian tubuh. Sayangnya, berenang harus menyediakan waktu khusus jika anda tidak memiliki fasilitas kolam renang sendiri. Oleh karena itu, anda disarankan untuk melakukan renang minimal satu kali dalam seminggu. Bagi anda yang memiliki kolam renang di apartemen atau rumah anda, maka tentunya anda dapat melakukan olahraga berenang setiap hari minimal selama 30 menit. Renang merupakan olahraga yang diketahui ampuh untuk menurunkan berat badan anda.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Kandungannya Sehat

Cara menguruskan berat badan selain dengan melakukan olahraga adalah dengan menjaga pola makan dengan baik. Pola makan yang baik ini dapat dimulai dengan memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Pilihan makanan ini dimulai dari kandungan yang terkandung di dalamnya. Jika anda ingin menguruskan badan tentunya makanan yang rendah kalori dan lemak harus menjadi pilihan utama anda. Makanan harus memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang cukup, sedangkan kandungan serat yang tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kandungan yang sehat seperti ini akan membuat proses pengurusan badan menjadi lebih mudah dan sehat untuk dilakukan. Kebanyakan orang melakukan pemilihan makanan menjadi sangat kurang sekali karbohidrat dan menyebabkan tubuh menjadi lemah. Hal seperti itu sangat tidak disarankan, tetaplah makan namun perbanyak makanan dengan serat yang tinggi.

  1. Memiliki Waktu Makan yang Proporsional

Memiliki waktu makan yang proporsional merupakan salah satu cara untuk menguruskan badan yang dianjurkan. Melewati waktu makan sangatlah tidak disarankan, lebih baik anda makan pada waktu-waktu yang sudah anda tentukan. Misalnya anda dapat mengatur waktu makan dengan diselingi oleh snack sehat, karena mungkin di waktu tertentu energy anda sudah habis akibat porsi makan yang semakin berkurang. Tidak salah jika anda mengonsumsi snack di antara waktu makan. Asalkan anda mengatur juga kandungan dalam snack dan jarak waktunya dengan makan berat anda selanjutnya.

  1. Mengonsumsi Sarapan dengan Rutin

Sarapan dengan rutin merupakan salah satu cara untuk menguruskan badan yang harus dilakukan. Cara ini tergolong mudah walau memang terkadang sangat malas bangun pagi untuk menyiapkan sarapan. Waktu tidur yang harus terpotong menjadi lebih cepat untuk bangun dan menyiapkan sarapan adalah beberapa alasan mengapa banyak sekali individu yang melewatkan sarapan dan menggolongkannya sebagai upaya diet. Padahal diet yang tepat adalah yang tidak meninggalkan waktu sarapan barang sekalipun. Sarapan yang anda lewatkan ini akan menyebabkan nafsu makan anda di siang hari menjadi lebih besar. Nafsu makan yang lebih besar di siang hari dan malam hari adalah alasan yang membuat anda menjadi semakin gemuk dan upaya menguruskan badan anda terancam gagal.

  1. Mengatur Kandungan Makan Siang dengan Tepat

Selanjutnya cara menguruskan badan yang dapat anda lakukan adalah dengan mengatur kandungan makan siang anda dengan tepat. Hindarilah makanan yang mengandung lemak terlalu tinggi. Anda dapat menggantinya dengan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah-buahan ternyata memiliki kandungan energi yang cukup untuk melanjutkan aktifitas sehari-hari anda. Jika anda terlalu banyak makan di siang hari dan sisa waktu produktif anda tinggal sedikit, maka sisa kalori dan lemak akan menumpuk di tubuh dan membuat tubuh anda yang sedang dalam proses pengurusan menjadi gemuk kembali. Untuk mencukupi konsumsi makan siang anda pun dapat mengonsumsi snack rendah kalori yang sudah banyak di jual di pasaran.

  1. Mengonsumsi Makan Malam yang Rendah Kalori

Makan malam merupakan makan terakhir yang boleh anda lewatkan, tapi lebih baik anda tetap makan malam walau dengan kandungan yang sangat rendah kalorinya. Sebetulnya konsumsi makan malam tidak membutuhkan banyak makanan berkalori. Perbanyak makanan yang mengandung protein dan kalsium untuk membantu proses penjagaan tubuh dari berbagai penyakit. Jika anda dapat mengurangi konsumsi makan malam secara keseluruhan, maka menjadi lebih baik lagi. Anda dapat mengonsumsi buah misalnya sebelum tidur atau susu rendah lemak. Konsumsi ini cukup hingga anda bangun pagi dan kembali mencukupi kebutuhan nutrisi melalui sarapan. Oleh karena itu, aturlah konsumsi makan malam anda sebaik mungkin.

  1. Tidak Mengonsumsi Makanan Berlemak Tinggi

Zaman sekarang ini, konsumsi makanan yang berlemak tinggi sangat mudah ditemukan. Khususnya makanan ini adalah makanan-makanan cepat saji yang dijual dengan murah, dapat dinikmati dengan cepat, dan nikmat rasanya. Lalu bagaimana cara anda dapat menguruskan badan jika tetap mengonsumsi makanan berlemak tinggi? Tentunya anda harus menghindarinya. Konsumsi sesekali memang tidak ada salahnya. Namun, konsumsi terus menerus atau rutin makanan berlemak tinggi adalah alasan mengapa semakin hari semakin banyak orang menderita obesitas. Oleh karena itu, aaturlah konsumsi makanan anda dan pastikan untuk menjauhi makanan yang terlalu berlemak, dan gantikan dengan makanan lain yang baik untuk tubuh anda.

  1. Mengonsumsi Makanan dalam Porsi Cukup atau Kecil

Satu lagi cara untuk menguruskan badan yang terancam menjadi gemuk adalah dengan mengatur porsi makan. Porsi makan ini dapat disugesti untuk membuat anda merasa kenyang lebih cepat. Untuk menjaga badan atau menguruskan badan, tentunya konsumsi makanan harus diatur dalam porsi yang cukup saja atau kecil sekaligus. Porsi makan yang cukup atau kecil ini dapat disiasati dengan makan menggunakan piring kecil. Makan menggunakan piring kecil tanpa disadari dapat membuat orang yang mengonsumsi merasa telah makan sangat banyak. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyak makanan yang memenuhi piring kecil walau sedikit tetap terlihat banyak. Oleh karena itu, anda dapat mengurangi porsi makanan dengan menggunakan cara ini dan merasakan efektifitas dari upaya menguruskan badan yang sedang anda lakukan. Pastikan juga untuk mengurangi porsi nasi, karena nasi mengandung gula yang tinggi dan dapat mengganggu upaya diet yang sedang anda lakukan.

Sponsors Link

  1. Tidak Mengonsumsi Makanan Berkalori Tinggi

Selain menghindari makanan berlemak, makanan berkalori tinggi merupakan satu lagi jenis makanan yang harus dihindari sebagai cara menguruskan badan dengan efektif. Cara ini diketahui merupakan cara yang ampuh, karena makanan berkalori tinggi akan menumpukkan penumpukkan kalori di bawah kulit dan berubah menjadi lemak. Oleh karena itu, konsumsilah makanan makanan sehat yang kalorinya terukur dengan pasti. Aturlah konsumsi kalori harian anda untuk memastikan anda tidak melewati batas normal kalori untuk tubuh anda. Mengatur konsumsi makanan seperti ini juga dpaat membantu cara menguruskan badan dengan olahraga sebelumnya. Sehingga, tubuh menjadi lebih bugar dan lebih mudah untuk dikurangi kelebihan lemaknya melalui olahraga yang dilatih.

  1. Mengonsumsi Teh Hijau

Konsumsi teh hijau merupakan salah satu konsumsi suplemen yang dipercaya dapat membantu proses menguruskan badan yang sedang anda lakukan. Proses menguruskan badan ini merupakan proses yang harus didukung deng mencukupi kebutuhan makan, namun tidak melewati batas kebutuhan normal. Teh hijau dapat dikonsumsi untuk mencegah rasa lapar terus muncul. Teh hijau tergolong suplemen yang dapat menjaga nafsu makan anda dan membuat anda menjadi lebih lama kenyang daripada lapar. Konsumsilah teh hijau ini bersama snack siang atau saat sarapan. Tentunya anda akan merasa tidak terlalu lapar dan akan lebih sedikit dalam mengonsumsi makanan.

  1. Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Serat Tinggi

Kandungan serat yang tinggi adalah kandungan makanan yang memiliki peranan penting dalam memastikan badan anda kembali pada ukuran yang ideal. Serat mampu membantu memaksimalkan kerja organ pencernaan dalam mengurangi kandungan gizi dalam makanan. Penguraian ini pun dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih kurus karena metabolismenya berjalan dengan lancar. Jika anda ingin mengetahui beberapa makanan yang mengandung serat tinggi anda dapat mengonsumsi beberapa jenis sayur dan buah. Selain itu, asupan serat saat ini telah dengan mudah dapat anda dapatkan melalui banyak jenis suplemen diet. Suplemen diet ini dapat mengontrol nafsu makan serta menjaga agar pencernaan dapat berjalan terus dengan lancar.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai cara menguruskan badan yang efektif. Cara-cara di atas dapat anda coba sendiri dan rasakan kebermanfaatannya dalam menguruskan badan anda. Jika anda merasa sudah cukup kurus, maka tidak berarti anda harus memberhentikan kebiasaan sehat ini. Lakukanlah olahraga tetap dengan rutin dan jagalah pola makan dengan baik. Selamat mencoba dan mendapatkan kembali tubuh indah anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan