Sponsors Link

30 Cara Mengatasi Keputihan Gatal dan Mengganggu

Sponsors Link

Keputihan pada wanita merupakan kondisi yang sangat sering terjadi. Tentu tidak ada wanita yang tidak pernah mengalami keputihan. Keputihan paling sering terjadi di masa menjelang haid ataupun setelah haid. Namun, keputihan ternyata terbagi menjadi dua jenis. Keputihan yang normal dan keputihan yang harus diwaspadai. Melalui warna, tekstur, dan bau dari keputihan dapat diketahui bagaimana kondisi dari kessehatan organ reproduksi seorang wanita. Misalnya saja ada keputihan yang berwarna kehijauan, berwarna kekuningan, dan memiliki bau tidak sedap. Ciri-ciri seperti ini tentu penting untuk diketahui penyebabnya. Jika diketahui berbahaya, maka anda dapat melakukan penanggulangan dengan melakukan beberapa cara mengatasi keputihan yang sudah cukup populer digunakan.

ads

Cara Mengatasi Keputihan secara Alami

Cara untuk mengatasi keputihan secara alami dapat dilakukan hingga lebih dari 30 cara. Oleh karena itu, berikut ini 30 cara mengatasi keputihan yang dapat anda coba untuk mengatasi permasalahan anda dengan keputihan.

  1. Tidak Menggunakan Produk Pembersih Vagina

Produk pembersih vagina berupa sabun cair saat ini seringkali digunakan oleh para wanita. Anggapan bahwa sabun cair ini mampu menjaga kesehatan vagina ternyata tidak diketahui kebenarannya oleh masyarakat. Penggunaan dari sabun cair ini ternyata malah meningkatkan produksi keputihan pada organ reproduksi wanita. Alasannya adalah karena pH dari cairan pembersih tersebut tidak sesuai dengan pH dalam area vagina, sehingga terjadi kerusakan kondisi pH normal dan bakter-bakteri baik dalam organ tersebut menjadi binasa dan tidak bisa membantu mencegah keputihan. Oleh sebab itu, hindarilah penggunaan produk pembersih vagian walaupun produk tersebut sudah populer digunakan. Terutama ketika anda membeli dan menggunakannya tanpa melalui resep dokter.

  1. Menjaga Kebersihan Pakaian Dalam

Keputihan juga dapat terjadi jika kebersihan di daerah sekitar organ reproduksi wanita tidak terjaga. Kebersihan ini harus dijaga terutama dalam hal penjagaan kebersihan pakaian dalam. Pakaian dalam wanita yang kotor dan memiliki pH tidak sesuai dengan pH murni organ reproduksi wanita merupakan penyebab paling umum terjadi keputihan pada diri anda. Pakaian dalam yang baik untuk wanita gunakan adalah yang terbuat dari bahan katun. Bahan katun ini tidak mudah lembab dan lebih cepat kering. Tentunya kelembaban dari organ reproduksi pun menjadi lebih terjaga. Selain itu, penggunaan pakaian dalam dengan bersih juga dapat diwujudkan dengan mengganti pakaian dalam minimal 3 kali dalam satu hari. Hindarilah penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat, untuk mencegah iritasi pada kulit sekitar organ reproduksi anda.

  1. Menjaga Kebersihan Vagina

Kondisi keputihan diketahui sangat erat kaitannya dengan kondisi kebersihan vagina seseorang. Jika rongga vagina tidak terjaga kebersihannya, maka akan sangat mungkin keputihan yang tidak sehat dapat tejadi. Menjaga kebersihan vagina memang tidak mudah, apalagi mengingat aktivitas wanita yang banyak. Aktivitas yang padat ini memungkinkan wanita akan sering menggunakan toilet umum yang tidak nyaman digunakan. Kebiasaan melakukan pembersihan dari arah belakang ke depan juga harus dihentikan. Kebiasaan ini tidak baik karena memberikan peluang tinggi kotoran dapat masuk ke rongga vagina. Jika terdapat banyak kotoran, maka kondisi pH murni dari vagina tidak dapat lagi dipertahankan. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga kebersihan vagina dengan kebiasaan baik dan tepat dilaksanakannya.

  1. Menjaga Kadar Yodium Tubuh

Yodium merupakan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan dari serangan bakteri dan virus-virus yang membahayakan. Bagaimana jika tubuh kekurangan yodium? Tentunya akan banyak gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh seseorang. Salah satu gangguan tersebut adalah keputihan pada wanita. Keputihan pada wanita terjadi akibat tubuh terinfeksi bakteri dan jamur di bagian sekitar vagina. Oleh karena itu, dibutuhka yodium yang mampu menjadi antibiotik alami untuk infeksi dalam tubuh. Salah satu sumber yodium dalam makanan adalah garam. Oleh karena itu, konsumsilah makanan sehari-hari yang mengandung garam untuk mencukupi kebutuhan yodium anda. Sehingga infeksi jamur dan bakteri dalam tubuh pun dapat diatasi dengan mudah dan secara alami.

  1. Mengonsumsi Air Putih

Keputihan juga diketahui mampu diatasi dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Air putih adalah cara yang ampuh dan mudah untuk mengatasi permasalahan keputihan yang sering anda alami. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena air putih memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun tubuh melalui sistem sekresi. Keluarnya racun dari tubuh ini mampu mempertahankan sistem metabolisme seseorang menjadi lebih baik. Tentunya konsumsi air putih ini juga mampu menjaga keseimbangan pH organ reproduksi anda. Oleh karena itu, virus dan bakteri pun dapat ditanggulangi dari infeksi pada organ reproduksi. Itulah mengapa anda harus rajin mengonsumsi air putih untuk menyelesaikan permasalahan organ reproduksi seperti keputihan contohnya.

Sponsors Link

  1. Melakukan Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang sedang banyak diminati saat ini. Olahraga yang banyak diikuti oleh wanita ini diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubu wanita. Salah satunya adalah untuk memulihkan dan mengatasi keputihan yang diderita seseorang. Keputihan ini dapat diatasi dengan melakukan yoga, karena yoga bermanfaat untuk mengatur keseimbangan hormon. Tidak dipungkiri memang yoga memiliki banyak manfaat lain, seperti mengatur kesehatan organ reproduksi dengan pengedaran darah yang lancar dan kesehatan lainnya. Jika anda berminat melakukan yoga, maka anda harus melakukan yoga dengan instruksi yang tepat dari instruktur yang terlatih. Oleh karena itu, anda dapat mencoba olahraga yoga untuk memberikan tubuh yang lebih sehat dan jauh dari keputihan.

  1. Mandi Menggunakan Rebusan Daun Sirih dan Minum Air Rebusan Daun Sirih

Satu lagi cara untuk mengatasi permasalahan keputihan anda adalah dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Daun sirih diketahui memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan vagina dan menjauhkannya dari bakteri-bakteri yang menyebabkan keputihan. Itulah sebabnya mengapa banyak produk kebersihan vagina menggunakan tagline mengandung daun sirih untuk meningkatkan khasiatnya. Penggunaan air rebusan daun sirih ini dapat anda lakukan ketika sedang mandi. Mandi dengan menggunakan air rebusan daun sirih dan menggunakannya juga untuk mencuci bagian vagina sangatlah bermanfaat. Diketahui beberapa orang juga mengonsumsi air rebusan daun sirih ini untuk diminun. Hasilnya pun jauh lebih efektif dibandingkan menggunakan produk-produk berbahan kimia lainnya.

  1. Mengonsumsi Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu produk hasil olahan apel yang bermanfaat untuk mengatasi permasalahan keputihan anda. Terutama jika keputihan anda adalah keputihan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Keputihan yang diakibatkan oleh bakteri ini dapat diatasi dengan asam yang terkandung dalam cuka apel. Cuka apel dapat meningkatkan bakteri baik untuk mengusir bakteri yang mengganggu kesehatan organ reproduksi seorang wanita.  Caranya cukup dengan mengonsumsi cuka apel ini pada air hangat. Jika anda ingin menambah cita rasanya, bisa menambahkan madu ke dalam campuran air dan cuka apel tadi. Minumlah secara rutin satu gelas setiap harinya, hingga kondisi keputihan anda teratasi. Dapatkanlah manfaat baik dari kebiasaan baik yang satu ini.

  1. Mengonsumsi Yogurt

Konsumsi yogurt sangatlah baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Yogurt merupakan minuman probiotik alami yang dihasilkan dari fermentasi susu. Minuman ini sangat baik khasiatnya untuk tubuh manusia, termasuk juga untuk mengatasi keputihan yang sering terjadi. Kandungan yogurt salah satunya adalah bakteri baik yang mampu mengusir pertumbuhan bakteri jahat di rongga vagina. Oleh sebab itu, jika anda mengalami masalah keputihan maka konsumsilah yogurt ini secara rutin. Otomatis infeksi bakteri ataupun jamur yang menyebabkan keputihan anda dapat segera teratasi. Konsumsi yogurt satu kali sehari untuk merasakan manfaat yang lebih cepat dan efektif. Itulah mengapa konsumsi yogurt semakin hari semakin banyak dipilih oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

  1. Mengonsumsi Pisang dengan Rutin

Cara untuk mengatasi keputihan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi pisang dengan rutin. Pisang sebagai salah satu cara mengatasi keputihan dilatarbelakangi oleh kandungannya yang mampu mengurangi produksi keputihan pada organ reproduksi wanita. Pisang adalah salah satu cara untuk menyeimbangkan kondisi hormon pada tubuh seseorang. Itulah mengapa hormon yang stabil merupakan Cara untuk mengatasi keputihan yang paling efektif. Pisang dapat mengatasinya dengan cepat. Konsumsilah pisang setiap hari sebanyak minimal dua buah. Konsumsi dalam bentuk lain pun dapat anda coba. Misalnya konsumsi pisang dalam bentuk yogurt atau pisang dalam bentuk salad dan berbagai jenis hasil olahan lainnya. Kandungan kalium pada pisang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda.

  1. Mengonsumsi Air Rebusan Beras Putih

Air beras merupakan satu lagi Cara untuk mengatasi keputihan pada wanita. Walau cara ini tidak terlalu populer, biasanya cara ini cepat mengatasi keputihan anda. Keputihan tersebut dapat anda atasi dengan mengonsumsi air rebusan beras putih. Cara untuk mengatasi keputihan dengan air rebusan beras putih ini dapat dilakukan dengan pertama merebus beras putih. Rebusan beras putih ini kemudian anda tuang airnya ke dalam satu gelas secukupnya untuk anda minum. Ke dalam satu gelas air rebusan beras tersebut dapat anda tambahkan madu atau jahe. Konsumsilah air rebusan beras ini dengan rutin, minimal dua kali dalam seminggu. Konsumsi air rebusan ini sangat baik untuk melawan bakteri yang bersarang di rongga vagina seseorang.

ads
  1. Tidak Mengonsumsi Makanan Berminyak Berlebihan

Makanan berminyak termasuk salah satu penyebab keputihan pada wanita. Lalu bagaimana Cara untuk mengatasi keputihan yang disebabkan oleh konsumsi makanan berminyak ini? Tentunya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berminyak. Hindarilah konsumsi makanan berminyak terutama karena pengaruhnya terhadap hormon dalam tubuh. Kadar hormon menjadi tidak seimbang, jika anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak. Dengan mengurangi konsumsi makanan berminyak, kondisi kesehatan tubuh akan lebih membaik khususnya pada sistem metabolisme. Sistem metabolisme pun kemudian dapat memberikan pengaruh untuk mengatasi keputihan yang terjadi. Oleh karena itu, kurangilah konsumsi makanan berminyak sebagai salah satu Cara untuk mengatasi keputihan yang terjadi pada anda.

  1. Mengonsumsi Campuran Jus Basil dan Susu

Cara untuk mengatasi keputihan selanjutnya dapat anda lakukan dengan mengonsumsi campuran dari jus basil dan susu. Tahukah anda apa itu daun basil? Daun basil merupakan jenis tanaman obat keluara yang sangat efektif untuk membantu anda mengatasi keputihan yang anda alami. Basil memiliki kandungan senyawa yang akan membantu membersihkan rongga vagina dan menjaga stabilitas pH nya. Konsumsi dari daun basil ini dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi jus. Jus basil ini kemudian dapat anda campurkan dengan susu. Campuran dari jus basil dan susu ini sangat nikmat rasanya namun juga sangat bermanfaat khasiatnya. Konsumsilah campuran jus basil dan susu minimal dua kali dalam seminggu. Maka anda akan mendapatkan tubuh yang kembali sehat dan masalah keputihan pun dapat teratasi dengan mudah.

  1. Mengonsumsi Campuran Jus Anggur dan Madu

Campuran jus anggur dan madu juga merupakan salah satu Cara untuk mengatasi keputihan yang direkomendasikan. Sama seperti buah-buah lainnya, nutrisi pada anggur dapat mengangkat bakteri tidak baik yang bermukim di rongga vagina dan menyebabkan keputihan dapat terjadi. Oleh karena itu, cara mengatasi keputihan dengan mengonsumsi campuran jus anggur dan madu adalah salah satu cara yang paling efektif. Kandungan anggur selain dapat mengusir bakteri, juga bermanfaat untuk menjaga stabilitas pH dari ronggavagina. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih makismal, konsumsilah jus anggur murni tanpa campuran. Namun, untuk memudahkan konsumsi anda campurkanlah madu secukupnya. Cara ini diketahui ampuh dan efektif untuk mengatasi keputihan yang menyerang wanita.

  1. Mengonsumsi Campuran Jus Lemon dan Madu

Cara selanjutnya yang menjadi salah satu daftar dalam Cara untuk mengatasi keputihan yang menyerang adalah dengan mengonsumsi campuran jus lemon dan madu. Lemon memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan ini diketahui mampu mengusir segala racun dalam tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi dari lemon pun dapat membantu mengatasi keputihan yang sedang anda alami. Khususnya jika keputihan yang terjadi diakibatkan oleh peradangan pada rongga vagina. Konsumsilah jus lemon ini dengan dicampurkan menggunakan madu. Maka konsumsi campuran jus lemon dan madu ini dapat mengusir berbagai macam bakteri jahat yang membahayakan kesehatan anda. Jika anda mengonsumsinya dengan rutin, maka hasil yang anda dapatkan pun akan lebih cepat datangnya.

  1. Mengonsumsi Jahe Hangat

Bagi anda yang sedang mengalami keputihan, Cara untuk mengatasi keputihan yang satu ini dapat anda coba yaitu dengan mengonsumsi jahe hangat. Jahe diketahui merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki senyawa aktif untuk mencegah radikal bebas terjadi dalam hidup anda. Pencegahan radikal bebas ini juga merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mencegah perkembangan bakteri penyebab keputihan terjadi. Anda dapat memanfaatkan jahe untuk mengusir semua bakteri jahat di rongga vagina. Oleh karena itu, konsumsilah jahe hangat secara rutin setiap hari. Konsumsi jahat ini dapat anda lakukan dengan membuatnya sendiri atau membelinya di penjual jamu. Konsumsi jamu ini dapat anda tambahkan dengan gula atau madu untuk mengurangi rasa pahitnya.

  1. Menggunakan Panty Liner

Masyarakat modern sudah banyak yang mengetahui bahwa panty liner sangat bermanfaat sebagai Cara untuk mengatasi keputihan. Seperti diketahui panty liner yang menyerupai pembalut dalam bentuk lebih tipis ini memiliki manfaat untuk mengatur pH pada vagina menjadi pH ideal. Panty liner biasanya terbuat dari berbagai jenis bahan, namun panty liner yang dibuat dari bahan kapas merupakan bahan yang terbaik untuk menjaga kesehatan organ reproduksi anda. Penggunaan panty liner ini pun sudah banyak disarankan oleh dokter sebagai salah satu Cara untuk mengatasi keputihan dengan ampuh. Oleh karena itu, gunakanlah panty liner dalam kegiaatan anda sehari-hari namun pilihlah bahan yang tepat dan tidak beresiko.

  1. Menghindari Stress

Kondisi stress merupakan satu lagi penyebab keputihan sering terjadi pada wanita. Oleh karena itu, salah satu Cara untuk mengatasi keputihan yang banyak disarankan dalam masyarakat adalah dengan mengatasi stress. Stress tentu tidak dapat dicegah kedatangannya, beban pekerjaan dan beban pikiran lainnya pasti ada dalam kehidupan dan tentu menyebabkan stress. Yang dapat anda lakukan adalah dengan mengelola stress anda dengan baik. Jika anda tidak mampu mengelola stress anda sendiri, maka mintalah bantuan dari orang terdekat anda. Komunikasikanlah permasalahan anda dan carilah pendengar yang baik untuk anda. Permasalahan ini kemudian dapat anda atasi dengan baik, dan keputihan pun dapat berhenti tanpa banyak usaha lainnya.

Sponsors Link

  1. Mengonsumsi Campuran Jus Lemon dan Bawang Putih

Campuran jus lemon dan bawang putih ternyata merupakan satu cara lagi yang banyak dipraktekkan seseorang untuk mengatasi keputihan yang dialami. Lemon memiliki banyak  kandungan yang mampu mengatasi radikal bebas pada tubuh. Selain itu, lemon juga bermanfaat untuk mengusir bakteri pada rongga vagina. Itulah sebabnya pengupayaan untuk mengatasi keputihan sangat disarankan menggunakan lemon. Lemon ini dapat anda olah menjadi jus dengan campuran bawang putih. Seperti diketahui, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Campuran lemon dan bawang putih ini memang cukup unik rasanya. Namun, anda dapat mencampurkan beberapa sendok madu atau air gula untuk memudahkan konsumsinya.

  1. Menggunakan Obat Antibiotik

Antibiotik adalah jenis obat yang mampu mengatasi keputihan yang diakibatkan oleh infeksi. Antibiotik sebagai obat infeksi juga berlaku pada penyembuhan keputihan. Oleh karena itu, jika anda berkonsultasi dengan dokter maka dokter pasti akan memberikan resep yang memuat antibiotik sebagai Cara untuk mengatasi keputihan. Hal ini dilakukan untuk membasmi bakteri dan virus  yang sering mengganggu wanita. Hanya saja, antibiotik ini memiliki efek samping untuk kesehatan. Konsumsi antibiotik dapat anda lakukan untuk menyelesaikan keputihan anda, namun harus sesuai dengan petunjuk dokter dan resep sesuai dokter. Jika anda mengonsumsi antibiotik diluar konsumsi dokter, maka anda tidak akan mengetahui dosis yang tepat yang harus anda konsumsi. Jika anda mengonsumsi antibiotik tidak sesuai dosisnya, maka anda dapat terancam memiliki bakteri yang kebal terhadap obat. Bakteri yang telah kebal tersebut kemudian harus diselesaikan dengan dosis yang lebih tinggi lagi. Jika dosis dari obat terus meningkat, maka permasalahan untuk kesehatan ginjal pun dapat terancam keadaannya.

Selain 20 cara mengatasi keputihan di atas, berikut ini 10 cara lain yang juga sangat bermanfaat mengatasi keputihan yang anda alami. Anda dapat memilih ke 30 cara ini, cara manakah yang paling sesuai untuk mengatasi permasalahan keputihan anda. Jika anda telah menggunakan cara yang satu namun tidak mendapatkan hasil yang maksimal, maka cobalah cara berikutnya.

  1. Mengurangi Konsumsi Kafein
  2. Mengurangi Konsumsi Makanan yang Meningkatkan Suhu Badan
  3. Mengonsumsi Alpukat
  4. Mengonsumsi Sayuran Hijau
  5. Mengonsumsi Biji Rami
  6. Menghindari Depresi
  7. Mengonsumsi Jus Delima
  8. Menggunakan Biji Fenugreek
  9. Mengonsumsi Air Rebusan Ketumbar
  10. Menggunakan Pakaian yang Nyaman di Bagian Kaki dan Paha

Demikianlah tadi beberapa cara mengatasi keputihan yang dapat anda lakukan. Semoga dan bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami masalah keputihan.

, , ,




Oleh :