Ladies Inilah 8 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Atasan yang Bisa Anda Praktikan

27

Hubungan baik dengan atasan begitu penting bagi karir Anda di dunia kerja. Tanpa ada hubungan yang baik dengan atasan bisa jadi membuat Anda tak bisa bertahan lama ditempat Anda bekerja. Oleh sebab itu, Anda harus betul-betul memiliki hubungan yang sehat dengan atasan Anda. Untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan atasan, Anda bisa menyimak 8 cara menjaga hubungan baik dengan atasan dibawah ini!

    1. Menjaga Etika dan Sopan Santun

Seorang atasan pastilah ingin selalu dihormati oleh bawahannya. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus senantiasa menjaga etika dan sopan santun Anda. Berikut ini adalah contoh yang baik dalam menjaga etika dan sopan santun :

  • Menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomunikasi.
  • Menerima masukan atasan dengan baik.
  • Menghindari mencari-cari kesalahan atasan Anda.
  • Menyapa terlebih dahulu ketika bertemu atasan Anda.
  • Jangan berkumpul dengan orang yang membenci atasan Anda.
    1. Menjaga Profesionalisme

Untuk bisa mendapatkan pengakuan dari seorang atasan, maka Anda harus bekerja keras untuk menjaga profesionalisme. Anda harus selalu mengerjakan segala pekerjaan dengan baik, tepat waktu, dan juga teliti.

Dengan begitu Anda akan dicap sebagai seorang karyawan yang profesional. Ketika atasan sudah puas dengan kinerja Anda, maka akan timbul hubungan saling percaya antara Anda dengan atasan.

    1. Menjadi Lebih Produktif

Untuk bisa membuat atasan Anda senang, Anda juga butuh menjadi karyawan yang produktif. Bukalah pikiran Anda dan keluarkan ide-ide cermerlang yang bisa berguna bagi perusahaan. Dengan begitu maka atasan Anda akan menganggap Anda sebagai karyawan cemerlang yang berguna bagi perusahaan.

    1. Selalu Bersikap Terbuka

Keterbukaan antara karyawan dan atasan amatlah penting dalam suatu hubungan kerja. Tanpa ada keterbukaan, bisa terjadi kesalapahaman yang fatal selama proses kerja berlangsung.

Jika Anda mendapati sebuah masalah dalam pekerjaan, jangan sungkan untuk mendiskusikannya dengan atasan Anda. Jangan sampai Anda mengambil keputusan sendiri yang dapat merugikan perusahaan tempat Anda bekerja.

    1. Menerima Kritik dengan Lapang Dada

Anda bekerja dibawah tanggung jawab seorang atasan, sehingga tak heran kalau atasan sering memberikan Anda kritik demi kebaikan Anda. Mulailah untuk bisa menghadapi kritik dengan lapang dada dan menjadikan kritik tersebut sebagai evaluasi. Kritik juga berperan penting sebagai pemacu semangat untuk membuat diri Anda menjadi lebih baik lagi.

    1. Memahami Karakter Atasan Anda

Penting bagi Anda untuk memahami karakter dari atasan Anda. Dengan memahami karakter atasan Anda, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menjali hubungan yang baik dengan atasan.

Dengan begitu Anda akan mengetahui apa yang dapat membuat atasan anda kecewa, sedih, marah, dan puas sekalipun. Kalau sudah begitu, maka Anda akan bisa menghindari konfilk dan mempererat hubungan dengan atasan.

    1. Keluar Bersama di Luar Jam Kerja

Untuk dapat mengenal atasan anda lebih jauh, diperlukan usaha yang ekstra. Tak ada salahnya mengajak atasan Anda keluar untuk sekedar makan siang atau minum kopi bersama.

Dengan kegiatan tersebut maka Anda akan memiliki kesempatan untuk membicarakan hal lain yang bersifat lebih pribadi. Pendekatan seperti ini diperlukan untuk menjalin hubungan yang erat antar seorang atasan dan karyawan.

    1. Pahami Batasan

Ketika Anda sudah memiliki hubungan yang baik dengan atasan, ada kalanya Anda harus sadar diri akan posisi Anda. Seakrab-akrabnya Anda dengan atasan Anda, status Anda tetaplah seorang karyawan yang harus patuh dan menghormati atasannya. Jangan sampai hubungan erat dengan atasan membuat Anda lupa diri dan meremehkan atasan Anda sendiri.

Itulah tadi 8 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Atasan yang bisa Anda terapkan saat di kantor. Semoga bermanfaat.