Bunda Inilah 5 Cara Mengetahui Passion Anak dengan Sangat Mudah

25

Seringkali  orang tua terlalu memaksa dalam menentukan pilihan hidup anak. Memang benar jika Anda harus memperhatikan betul anak Anda untuk mendapatkan kehidupan yang bahagia di masa yang akan datang. Namun, Anda juga harus mampu mengetahui apakah Anak akan menyukai atau tidak akan hal yang Anda berikan.

Orang tua sebaiknya menjadi sarana untuk mengembangkan passion dan cita- citanya bukan menjadi penentu schedule penuh yang akan membuat anak menjadi tertekan. Inilah rahasia mengetahui passion pada Anak

    1. Menjadi Guru dan Teman untuk Anak

Orang tua sangat mempengaruhi psikologis anak. Bagaimana tidak? Anak dan ayah serta ibu bertemu dan menjalankan kehidupan kesehariannya. Inilah yang disebut dengan lingkungan.

Jika lingkungan anak baik maka anak akan berkembang menjadi pribadi yang baik pula. Begitupun sebaliknya. Menurut psikiater, orang tua harus mampu menjadi 2 kepribadian yaitu menjadi seorang guru dan menjadi seorang teman.

Orang tua adalah guru anak ketika dirumah. Tidak hanya edukasi, sopan santun dan kebiasaan bertingkah laku Anda sangat berpengaruh kepada anak. Anda harus mampu mengedukasi anak dengan tegas dan juga jangan lupa ajak untuk bermain atau berkreatifitas.

Selain itu, Anda harus mengajari anak untuk save control karena pentingnya mengajari si buah hati tentang self control antaranya, anak akan bisa mengendalikan diri di segala suasana. Menjadi teman untuk anak sangat penting seperti mengajaknya bercerita dan juga memberikan ruang untuk mereka bercerita.

    1. Memantau Keseharian Anak

Pemahaman pada anak tentang baik buruknya sesuatu harus Anda berikan dengan tegas. Dizaman yang semakin maju membuat anak dengan lingnkungan seakan bebas tanpa batas. Seperti media sosial yang gampang dapat diakses oleh anak. Anda harus memperhatikan apa yang menjadi keseharian anak Anda. Katakan penjelasan tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan.

Sesekali larangan dapat Anda katakan secara tegas supaya anak selalu mengingat akan larangan itu. Terapkan sifat disiplin pada anak agar kegiatan dapat terlaksana dengan baik gunakan, beberapa tips mengajarkan disiplin pada anak sejak usia dini.

    1. Memperhatikan Apa yang Sering Dilakukan

Berkaitan dengan point sebelumnya, kebiasaan apa yang sering dilakukan pada anak pada dasarnya adalah passion pada anak tersebut. Seperti contoh dia suka menggambar, dia sering menyanyi ketika melakukan suatu hal, atau yang lainnya.

Hal ini dapat Anda ketahui karena Anda bersama dengan anak Anda dalam keseharian. Untuk itu, Anda harus bisa mengarahkan apa yang menjadi passion anak. Budayakan dan tanamkan jiwa rajin pada diri anak supaya tidak menjadi pemalas.

Jangan terlalu memanjakan anak karena ini sangat fatal jika dilakukan secara berlebihan. Penanaman pemahaman untuk rajin membaca juga sangat penting untuk itu Anda bisa menerapkan beberapa cara agar si kecil mau membaca lebih giat lagi.

    1. Bertanya Apa yang Menjadi Favoritnya

Hal ini menjadi titik point rahasia untuk mengetahui passion anak. Anda harus bisa memberikan anak ruang dan waktu untuk berkonsultasi atau bercerita tentang apa dalam kesehariannya. Bertanyalah kepada Anak mengenai apa yang terjadi hari ini, keadaan di sekolah, tugas yang diberikan guru, ada hal lucu apa didalam kelas, dan yang lainnya.

Anda juga harus mengerti cara membuat anak nyaman saat mulai masuk sekolah. Jika Anda sering mengajaknya mengobrol maka pasti Anak akan tidak malu untuk menceritakan apa yang terjadi dalam kesehariannya.

Dalam konteks ini yaitu Anda bertanya langsung tentang apa yang menjadi favorit dan passion anak Anda. Berikan pertanyaan tentang apa hobimu, cita cita nanti mau jadi apa, mengajaknya untuk membeli apa yang dibutuhkan untuk passionnya, dan lain sebagainya.

    1. Memberikan Wadah

Setelah semua rahasia diatas sudah dilakukan, Anda harus melakukan aksi untuk ini. Aksi yang dimaksud adalah memberikan wadah untuk anak mengembangkan passionnya. Seperti contoh ketika anak menyukai dalam bidang tari maka daftarkan anak ke dalam sanggar terbaik, jika anak hobi menggambar maka berikan wadah berupa komunitas untuk anak Anda belajar didalamnya. Pintar dalam mengatur waktu dan latihan juga dapat di terapkan ini salah satu tips mengajarkan disiplin pada anak. Hal ini pasti akan sangat mempengaruhi berkembangnya passion dalam diri anak tersebut.