Bunda, Jangan Lupa Terapkan 5 Cara Membuat Anak Nyaman Saat Mulai Masuk Sekolah

16

Menjadi seorang ibu merupakan salah satu tugas yang sangat mulia, menjadi ibu merupakan hal yang akan dialami oleh semua kaum wanita yang memutuskan untuk menikah. Seorang ibu juga dituntut untuk selalu bisa menerapkan cara cara menjadi wanita yang sabar dan penyayang,  cara menjadi ibu modern, cara menjadi ibu profesional.

Demi menerapkan cara menjadi wanita sabar dan penyayang, maka ibu haruslah memahami cara melatih kesabaran menghadapi anak. Hal ini sangatlah penting mengingat saat ini ada banyak anak yang mulai tidak menurut kepada ibunya, terutama ketika bersekolah. Biasanya anak yang akan berangkat sekolah untuk pertama kali akan merasa ketakutan, sehingga ia enggan pergi sekolah.

Tugas ibu adalah membuat kesan pertama kepada sang anak bahwa sekolah sangatlah menyenangkan. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai cara menghadapi anak di hari pertamanya bersekolah. Yuk disimak :

    1. Jelaskan pada anak bahwa sekolah itu menyenangkan

Supaya anak tidak merasa asing dengan lingkungan yang akan dijalaninya, perkenalkan seluk-beluk mengenai sekolah kepada si buah hati. Beberapa cara yang dapat digunakan antara lain dengan menunjukkan berbagai gambar lingkungan sekolah, mengajak menonton video tentang asyiknya kegiatan di sekolah, menyanyikan lagu mengenai senangnya bersekolah, membuat cerita sebelum tidur dengan tema sekolah, dan lain-lain.

Setelah memperkenalkan hal-hal mengenai sekolah, ada baiknya ajak anak untuk berjalan-jalan mengitari lingkungan sekolah di mana si kecil akan menuntut ilmu nantinya.

2. Persiapkan bekal makanan untuk anak

Satu hal yang hendaknya tidak dilupakan oleh orangtua adalah mempersiapkan makanan untuk si kecil dengan baik. Bekal dapat berisi makanan dan minuman favorit anak agar ia semakin semangat saat masuk sekolah.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tempat penyimpanan makanan tersebut, jangan sampai anak Anda kesulitan membuka wadah penyimpanan makanan sehingga menimbulkan trauma dalam benak si kecil.

Supaya anak tidak merasa bosan ibu bisa menanyakan kepada di anak menu makanan apa yang dia inginkan untuk dijadikan bekal.

3. Antar anak kesekolah

Setelah berbagai persiapan sebelum masuk sekolah sudah dilakukan, sekarang saatnya mengantar buah hati Anda ke sekolah. Pada hari pertama bersekolah, antar dan temani anak agar ia tidak merasa ditinggalkan oleh orangtuanya, perkenalkan anak kepada teman-teman sekelasnya, hal ini sangat bermanfaat untuk kelancaran proses komunikasi dan interaksi nantinya.

Bila anak rewel dan memaksa untuk terus-terusan ditemani orangtua, jangan menuruti kemauannya karena nanti akan menjadi kebiasaan. Beri pengertian bahwa ketika di sekolah, anak tidak bisa menempel dengan orangtua, minta anak untuk bermain dengan teman-teman dan gurunya saja.

4. Beri pujian atau hadiah

Apabila anak berhasil menjalani hari pertamanya bersekolah dengan baik, berikan penghargaan kepadanya agar si kecil semakin termotivasi dan betah di sekolah, apresiasi dapat berupa pujian lisan, membuatkan makanan yang istimewa, memberikan hadiah berupa mainan atau buku-buku gambar dan lain sebagainya.

5. Serahkan semua kepada guru

Bagi anak yang memiliki kondisi atau penyakit tertentu, komunikasikan hal tersebut kepada pengajar di sekolah agar si kecil mendapat perhatian khusus. Sebagai contoh, apabila anak memiliki penyakit asma, maka beri tahukah hal tersebut kepada para guru sehingga anak dapat ditempatkan jauh dari paparan debu atau pendingin ruangan.

Memberi kesan sekolah untuk pertama kali merupakan tugas seorang ibu,  untuk itu bagi ibu yang ingin anaknya pergi ke sekolah dengan tenang dan nyaman maka hal pertama yang harus ibu lakukan adalah memberi kesan yang baik tentang sekolah dan dunia pendidikan.

Itulah tadi cara membuat anak nyaman di hari pertamanya bersekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.