Bunda Harus Tahu, Ternyata Inilah 5 Cara Mendidik Dan Membesarkan Anak Zaman Sekarang Paling Efektif

36

Zaman sekarang sudah berbeda jauh dengan zaman sebelumnya, baik dalam segi teknologi maupun prilaku manusianya khususnya para anak-anak. Karena pengaruh perkembangan zaman prilaku anak kerap kali mengalami penyimpangan, dan kesopanan menjadi menurun.

Salah satu ciri-ciri ibu yang baik adalah dengan mampu memberikan penjelasan dan contoh tentang bagaimana bertingkah laku yang baik, fungsi ibu dalam keluarga

juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, mengingat seorang ibu bukan hanya harus menerapkan cara menjadi wanita yang sabar dan penyayang, cara menjadi wanita yang baik untuk pasangan, namun ibu juga harus menerapkan cara menjadi ibu dan istri yang baik.

Menghadapi perkembangan zaman yang makin berkembang ini, dalam mendidik anaknya,  dibawah ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik di zaman sekarang. Yuk disimak:

    1. Menjadi contoh yang baik untuk anak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan contoh yang baik kepada anak,  ketika orang tua ingin anak nya memiliki kepribadian yang baik maka orang tua juga harus berkelakuan baik dan menjadikan nya sebagai contoh atau suri tauladan yang bisa ditiru anak nantinya.

2. Mengajarkan dan menerapkan pendidikan agama

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menekankan pendidikan lewat pendidikan agama. Agama menjadi hal penting bagi keluarga, terapkan pendidikan agama sedini mungkin agar anak tidak terjerumus pada pergaulan yang salah.

Bagaimanapun pendidikan agama adalah fondasi yang kuat bagi karakter seseorang, jelaskan kepada anak hal apa saja yang boleh dilakukan dan hal apa saja yang tidak boleh dilakukan. Sehingga anak akan sedikit lebih paham dengan hal apa yang harus dia lakukan.

3. Menghargai pendapat dan kemauan anak

Sebagai orang tua sering kali Anda merasa tahu dan selalu benar mengenai apa yang baik bagi anak. Namun, tanpa disadari terkadang hal tersebut tidaklah sama persis dengan apa yang Anda pikirkan.

Tak jarang, pemikiran Anda berbeda dengan pemikiran anak, pemaksaan terhadap anak hanya akan membuat ia merasa tertekan dan bahkan melakukan hal buruk, seperti kenakalan remaja.

4. Berikan tugas dan tanggung jawab

Biarkan anak untuk mencoba sesuatu atau memutuskan sesuatu untuk dirinya sendiri, beri mereka kepercayaan dan tanggung jawab agar mereka bisa lebih mandiri dan tidak selalu bergantung pada Anda. Hal ini sangat bermanfaat bagi anak ketika sudah dewasa. Selain memberikan kepercayaan dan tanggung jawab ini, beri juga rambu-rambu yang tidak boleh dilewati si anak.

Misalnya mereka boleh pergi bersama teman untuk bermain sampai malam, tapi Anda juga harus memberikan tanggung jawab pada anak untuk pulang tepat waktu. Ini merupakan salah satu cara mendidik anak remaja yang efektif.

5. Jangan terlalu mengekang anak

Ketika anak sudah memasuki usia remaja, anak akan senang mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Mereka lebih asyik dengan teman-teman sekolah atau bermain di luar rumah ketimbang menghabiskan waktu bersama Anda. Saat hal ini terjadi, Anda tak perlu khawatir dan risau.

Biarkan anak bersosialisasi dengan sesamanya di lingkungan yang baru. Selama cara bersosialisasi yang digunakan berdampak positif, seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan di lingkungan.

Dengan bersosialisasi anak akan belajar hal baru, melatih sikap kepemimpinan, dan cara mengambil keputusan yang tepat ketika mereka terkena masalah. Anak pun akan lebih mandiri.

Itulah tadi bagaimana cara mendidik anak di zaman sekarang ini yang bisa ibu coba terapkan. Selamat mencoba dan terima kasih.