4 Manfaat Mint Untuk Kesehatan Kalian Wajib Tahu Ladies !

9

Mint adalah nama untuk spesies tanaman, termasuk peppermint dan spearmint, yang termasuk dalam genus Mentha, Mint terkenal karena sensasi dingin yang diberikannya saat dikonsumsi atau digunakan sebagai minyak dan lain lain.

Anda dapat menggunakan mint dalam bentuk yang masih segar ataupun yang sudah dikeringkan.

Mint sangatlah populer terutama sebagai bahan tambahan pangan dalam kue, minuman ataupun makanan. Sementara konsumsi tanaman mint segar menawarkan beberapa manfaat kesehatan layaknya herbal dan rempah rempah dengan manfaat kesehatan, penelitian menunjukkan bahwa beberapa manfaat kesehatan mint berasal mengkonsumsinya secara langsung, mengoleskannya ke kulit, menghirup aroma atau mengambilnya sebagai kapsul.

Selain manfaat minum jus kubis bagi kesehatan, berikut ini adalah manfaat mint untuk kesehatan, mari kita kita simak satu per satu yuk ladies :

1. Dapat meringankan sindrom iritasi usus

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan saluran pencernaan yang umum. Ini ditandai dengan gejala pencernaan seperti sakit perut, gas, kembung dan perubahan kebiasaan buang air besar.

Meskipun pengobatan untuk IBS sering kali termasuk perubahan pola makan dan minum obat, penelitian menunjukkan bahwa mengambil minyak peppermint sebagai obat herbal mungkin juga bermanfaat selain manfaat jahe untuk meredakan nyeri haid.

Dalam minyak peppermint terdapat suatu zat yang disebut menthol, menthol dapat membantu meringankan gejala sakit pada pencernaan terutama IBS.

2. Membantu Meredakan Gangguan pencernaan

Mint juga efektif untuk meredakan masalah pencernaan lainnya seperti sakit perut dan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan dapat terjadi ketika makanan berada di perut terlalu lama sebelum melewati sisa saluran pencernaan.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makanan melewati lambung lebih cepat ketika orang mengambil minyak peppermint dengan makanan, yang bisa meredakan gejala dari gangguan pencernaan ini selain cara mengatasi anak sakit perut.

Dari sebuah sumber studi konsumsi minyak peppermint ataupun minyak jintan bermanfaat untuk orang dengan gangguan pencernaan, konsumsi di atas sama baiknya dengan konsumsi obat. Ini membantu memperbaiki sakit perut dan gejala pencernaan lainnya.

3. Bisa Meningkatkan Fungsi Otak

Selain mengkonsumsi mint secara langsung atau dibuat teh seperti manfaat teh serai, ada klaim bahwa menghirup aroma minyak esensial dari tanaman bisa memberikan manfaat kesehatan, termasuk peningkatan fungsi otak .

Dilansir dari sebuah penelitian yang melibatkan orang dewasa mencium aroma peppermint mampu meningkatkan fungsi otak terutama memori. Studi lain menemukan bahwa mencium minyak ini saat mengemudi meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan tingkat frustrasi, kecemasan dan kelelahan.

4. Dapat Mengurangi Nyeri Menyusui

Ibu menyusui biasanya mengalami puting yang sakit dan pecah-pecah, yang dapat membuat menyusui menjadi menyakitkan dan sulit.

Dari sebuah penelitian mengoleskan mint ataupun minyak mint langsung ke kulit dapat membantu menghilangkan rasa sakit terutama nyeri menyusui.

Dalam studi ini, ibu menyusui menerapkan berbagai bentuk mint ke daerah sekitar puting susu setelah setiap menyusui. Biasanya, mereka menggunakan minyak esensial sendiri atau dicampur dengan gel atau air.

Satu studi menunjukkan bahwa menerapkan air peppermint setelah menyusui lebih efektif daripada menerapkan ASI dalam mencegah retak puting dan areola, yang menghasilkan lebih sedikit rasa sakit pada puting susu.

Studi lain yang serupa menunjukkan bahwa hanya 3,8% ibu yang menggunakan gel peppermint mengalami retak puting, dibandingkan dengan 6,9% dari mereka yang menggunakan lanolin dan 22,6% dari mereka yang menggunakan plasebo.

Selain itu gejala lain seperti retak pada puting, rasa sakit juga menurun apabila menggunakan minyak esensial dengan kandungan menthol setiap selesai menyusui.