Ladies Inilah 7 Manfaat Ajaib Teh Serai Untuk Kesehatan !

31

Serai adalah tanaman herbal yang berasal dari Sri Lanka dan India Selatan tetapi sekarang tumbuh di banyak negara di dunia. Tangkai tanaman serai adalah bahan umum dalam masakan Asia selain manfaat jahe untuk meredakan nyeri haid, tetapi serai juga bisa dimanfaatkan menjadi teh.

Tanaman ini memiliki daun panjang yang mirip dengan rumput gajah. Sementara diperkirakan 55 spesies serai ada, hanya varietas India Timur dan India Barat yang cocok untuk digunakan dalam memasak.

Beberapa peneliti tertarik pada manfaat kesehatan dari minum teh serai. Teh sereh mungkin memiliki banyak manfaat seperti manfaat teh hijau untuk kesehatan, termasuk menghilangkan kecemasan dan mencegah infeksi.

Banyak orang percaya bahwa teh sereh menawarkan banyak manfaat kesehatan, Di bawah ini adalah tujuh manfaat kesehatan tambahan yang dihasilkan dari minum teh serai :

1. Menghilangkan kecemasan

Banyak orang menemukan bahwa menyeruput teh panas untuk membuat rileks, tetapi teh serai dapat menawarkan sifat mengurangi kecemasan lebih lanjut.

Aroma serai dapat membantu orang dengan kecemasan . Beberapa orang yang menghirup minyak atsiri sereh membuktikan dapat menghilangkan stres dan kecemasan.

2. Menurunkan kolesterol

Menurut sebuah penelitian mengkonsumsi ekstrak serai tampaknya menurunkan kolesterol selain manfaat diet alkaline.

Studi ini mencatat bahwa reaksinya tergantung pada dosis. Ini berarti bahwa jumlah serai yang lebih besar dapat menurunkan kolesterol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa serai mungkin memiliki beberapa kemampuan pencegahan infeksi.

Sebagai contoh, ramuan itu tampaknya mengurangi timbulnya sariawan, infeksi jamur yang biasanya menyerang orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti orang dengan HIV .

4. Meningkatkan kesehatan mulut

Di banyak negara di mana tanaman serai adalah tanaman asli daerah tersebut, orang akan mengambil batang serai dan mengunyahnya sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan gigi dan menjaga mulut tetap bersih cara menghilangkan karang gigi.

5. Menghilangkan rasa sakit

Menurut sebuah penelitian , serai mungkin bisa menghalangi dan mengurangi rasa sakit. Ini berarti minum teh serai berpotensi membantu mencegah seseorang merasakan sakit seperti ketika orang tersebut tubuhnya luka ataupun sedang dalam masa penyembuhan.

6. Meningkatkan kadar sel darah merah

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minum  teh serai setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin, volume sel yang dikemas, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Para peneliti mengambil tes darah dari 105 subjek manusia di awal, dan kemudian pada 10 dan 30 hari ke dalam penelitian. Mereka menyimpulkan bahwa minum teh serai meningkatkan pembentukan sel darah merah.

7. Menghilangkan kembung

Meminum teh sereh dapat memiliki efek diuretik, yang berarti ia merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urin daripada biasanya.

Menurut sebuah penelitian minum teh serai meningkatkan produksi urin lebih banyak dari minuman lain.

Efek diuretik ini pada tubuh dapat bermanfaat dalam kasus di mana retensi air menyebabkan kembung. Ini adalah gejala umum sindrom pramenstruasi (PMS).

Resep teh sereh :
Dimungkinkan untuk membuat teh serai di rumah. Setelah membeli serai di pasar atau mengambilnya di pekarangan atau kebun, anda dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk menyeduhnya :

  • potong tangkai menjadi potongan 1 hingga 2 inci
  • Rebus secangkir air
  • Tuangkan air mendidih di atas batang serai biarkan batang di dalam air selama minimal 5 menit
  • Saring cairan dari batang dan tuangkan ke dalam cangkir teh, apabila suka tambahkan es batu untuk membuat teh serai dingin.

Itulah tadi ladies 7 manfaat teh serai untuk kesehatan selain manfaat teh putih, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.