Intip 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui ini

69

Manfaat Teh Hijau untuk KesehatanTak sedikit dari kita yang secara umum sudah mengetahui manfaat teh hijau untuk kesehatan, tapi apakah Anda termasuk dalam golongan yang mengetahui atau yang tidak? Tanpa perlu basa-basi, berikut adalah manfaat teh hijau yang sangat luar biasa positif bagi kesehatan tubuh, dari sudut pandang para ahli di bidangnya.

1. Mengurangi resiko terserang kanker

Menurut hasil penelitian Institusi Kanker Nasional (NCI) Amerika Serikat, polifenol yang terkandung dalam teh hijau berperan penting sebagai zat anti-kanker. Polifenol ini melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh. Dari hasil penelitian yang berbeda, diungkapkan bahwa teh hijau dapat menangkal timbulnya macam-macam kanker, seperti kanker payudara, kanker hati, kanker kulit, kanker usus, kanker pankreas, hingga kanker serviks. Mengenai kanker ini, pastikan Anda mengetahui gejala kanker serviks, tanda-tanda kanker serviks, dan penyebab kanker serviks yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

2. Menyehatkan jantung

Apabila Anda adalah perokok aktif ataupun pasif, Anda tentu paham betul akibat merokok bagi wanita serta bahaya asap rokok bagi wanita. Dari sekian banyak penyakit yang dapat muncul sebagai akibat dari merokok, penyakit jantung adalah salah satunya yang berbahaya bagi kesehatan. Namun, dalam salah satu laporan penelitian dari Sekolah Medis Harvard menjelaskan bagaimana cara kerja teh hijau dalam mencegah penyakit jantung. Teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang mana secara langsung berdampak dalam timbulnya penyakit jantung serta mencegah terjadinya serangan jantung.

3. Mengontrol tekanan darah

Dengan mengkonsumsi teh hijau dalam jangka panjang, Anda telah berkontribusi langsung dalam menjaga tekanan darah Anda supaya terlalu dalam batas wajar. Minum teh hijau sebanyak 3-4 cangkir per hari untuk mengontrol kelancaran aliran darah dalam tubuh. Sebuah studi mengungkapkan bahwa partisipan mereka terhindar dari resiko stroke sebesar 8% dan penyakit jantung koroner sebesar 5%.

4. Mengurangi resiko terkena diabetes

Manfaat teh hijau bagi kesehatan yang cukup mencengangkan adalah ternyata ia mampu meningkatkan kinerja sel-sel sehingga tubuh dapat mencerna gula dengan lebih baik, yang mana hal ini berarti bahwa teh hijau dapat menurungkan resiko seseorang mengidap diabetes. Selain itu, polifenol dalam teh hijau juga berkhasiat untuk mengontrol jumlah gula dalam darah serta meningkatkan fungsi metabolisme tubuh.

5. Menurunkan berat badan

Tahukah Anda salah satu bahaya tidur sehabis makan bagi wanita yang paling menjengkelkan? Ya, jawabannya adalah: penimbunan lemak di pinggang, perut, dan paha. Padahal, setelah makan, mata pasti mengantuk. Memang pas rasanya untuk berleha-leha sejenak di kasur. Apakah Anda juga demikian? Sekarang, tak perlu khawatir, teh hijau bisa jadi solusi sekaligus cara menurunkan berat badan dengan efektif!

Kandungan anti-oksidannya mempercepat metabolisme tubuh, yang secara otomatis bekerja ganda sebagai penghancur lemak. Di dalam teh hijau terdapat senyawa aktif yang efeknya sebanding lurus dengan hormon pengikis lemak alami yang tubuh kita produksi.

6. Meningkatkan imunitas tubuh

Katekin, sebuah fenol alami dan anti-oksidan yang terdapat di dalam teh hijau, rupanya memainkan peran penting dalam meningkatkan fungsi imunitas dalam tubuh Anda. Teh hijau melindungi Anda dari dampak negatif radikal bebas dan oksidan, yang mana secara otomatis memperbaiki sistem imun atau pertahanan tubuh dari beragam penyakit.

7. Menyehatkan otak

Ya, Anda bisa merasakan efek kafein ketika meminum teh hijau, meskipun efeknya tidak akan sekuat manfaat minum kopi untuk wanita. Walaupun begitu, secangkirnya saja tetap memiliki manfaat teh hijau bagi kesehatan otak. Bagaimana kinerjanya? Kafein dalam teh hijau memblokir adenosin, dan hasilnya: sel-sel saraf bekerja lebih baik dan kesehatan otak pun terpengaruh secara positif. Sebuah studi juga mengemukakan hasil yang mengejutkan: jika Anda minum teh hijau minimal secangkir dalam sehari, maka Anda lebih kecil berpotensi untuk terkena penyakit mental di usia lanjut nanti!

8. Melancarkan pencernaan

Anda sering mengkonsumsi makanan instan seperti junk food atau mi instan? Meskipun kita paham betul bahaya sering makan mie instan bagi wanita, tapi tetap saja kita tidak bisa menolaknya karena mie instan sangat praktis disajikan. Betul, tidak? Untuk mengimbanginya, Anda perlu mengkonsumsi teh hijau sekarang juga. Mengapa? Sekali lagi, kandungan katekin dalam teh hijau memperlambat kinerja enzim pencernaan yang ada, sehingga organ pencernaan di dalam tubuh kita tidak sepenuhnya mencerna apa yang kita makan; yang mana hal ini dapat diartikan bahwa tubuh hanya akan menyeral nutrisi yang baik, lalu membuang yang tidak kita butuhkan.

9. Mencegah gigi berlubang

Anda mungkin pernah membaca cara mengencangkan kelopak mata atas yang kendur dengan sekantong teh hijau. Di sisi lain, teh hijau tak terbatas untuk kecantikan yang di luar saja, namun juga yang di dalam seperti menjaga keindahan gigi kita. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi teh hijau memiliki kesehatan mulut dan gigi yang lebih baik dibanding mereka yang tidak. Teh hijau mengurangi kadar inflamasi dalam mulut dan membatasi pertumbuhan bakteri yang dapat berujung pada gigi berlubang. Gigi bersih dan bebas plak berkat rajin meminum teh hijau. Hidup sehat itu mudah, bukan?

10. Anti-depresan

Dalam sebuah studi, teh hijau menunjukkan reaksi positif dalam mengurangi resiko seseorang mengalami depresi, yang mana efeknya serupa dengan obat-obatan anti-depresan. Jika gaya hidup Anda sehari-hari rentan menimbulkan stres dan beban pikiran, minumlah minimal 4 cangkir teh hijau per hari dan Anda akan terhindarkan dari gejala-gejala depresi, karena kandungan serotonin dan dopamin dalam teh hijau.

Ada banyak variasi lain dari teh hijau yang tak kalah populer, seperti teh hijau matcha asal Jepang yang sedang booming di tanah air akhir-akhir ini. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di supermarket terdekat dan segera merasakan sendiri manfaat teh hijau untuk kesehatan Anda yang lebih baik.