Sponsors Link

5 Akibat Merokok Bagi Wanita yang Paling Mengerikan

Sponsors Link

Seiring berjalannya waktu, merokok sudah tak asing lagi dikalangan wanita sehingga kata ‘Merokok’ pun kini tidak lagi identik dengan kaum pria saja. Hal ini tentu cukup mengkhawatirkan, bila kita lebih memperhatikan lagi peringatan yang telah tercantum jelas di bungkus rokok, disana ada sebuah peringatan yang bagi sebagian besar wanita tentu sangat menakutkan, yakni “gangguan kehamilan dan janin” dan juga ada hal tentang lelaki yang wanita perlu tahu yaitu para pria tidak menyukai wanita perokok.  Apa mimpi sebagian besar wanita? Tentu mempunyai anak dan menjadi seorang ibu bukan? Kendati larangan seperti itu hanya tertulis di bungkus rokok tembakau, lalu bagaimana dengan rokok listrik atau rokok elektrik?

ads

Rokok listrik kian menjamur dari hari ke hari. Tak lain arena anggapan yang beredar dikalangan masyarakat bahwa rokok listrik atau vape lebih aman daripada rokok tembakau dan lagi kemasan rokok listrik yang lebih praktis dan mudah digunakan membuat para wanita lebih menyukai rokok jenis ini. Nyatanya rokok listrik dapat memicu inflamasi dalam tubuh, infeksi paru-paru dan meningkatkan resiko asma, stroke serta serangan jantung. Efek yang ditimbulkan tersebut tak jauh berbeda dengan rokok tembakau dikalangan pria. Sudah saatnya kita mematahkan asumsi masyarakat bahwa “rokok listrik lebih aman daripada rokok tembakau” terutama dikalangan wanita yang lebih banyak menggunakan rokok jenis ini. Dalam cairan rokok listrik juga mengandung nikotin seperti rokok tembakau. Dalam hal ini dapat diambil kesimpulan bahan rokok elektrik maupun tembakau mempunyai efek yang sama-sama berbahaya.

Dampak Buruk Sebatang Rokok

Faktanya wanita mendapat efek buruk dari rokok lebih banyak dari pria, hal ini dikarenakan DNA wanita lebih sulit untuk pulih saat mengalami kerusakan. Karena DNA yang sulit untuk pulih inilah seorang wanita rentan untuk terkena kanker. Apakah efek merokok hanya resiko terkena kanker saja? TIDAK. Itu hanya sebagian kecilnya saja. Nah, dibawah ini adalah 5 dampak buruk akibat merokok bagi wanita yang paling mengerikan :

1. Kemandulan

Di bungkus rokok yang tertera peringatan keras terhadap wanita yaitu, “ gangguan kehamilan dan kerusakan janin” namun apakah anda tahu bawha rokok bahkan bisa membuat anda tak sampai ke tahap kehamilan tersebut, mengapa? Karena, merokok dapat meningkatkan resiko infertilitas yang diduga dapat menimbulkan penuaan pada ovarium dan mengurangi jumlah sel telur. Berkurangnya sel telur membuat kesuburan anda berkurang, otomatis membuat anda sulit hamil dan lebih parahnya lagi anda tidak akan hamil atau mandul.

2. Kanker payudara

Dr. Reza Rumanda, seorang dokter umum di universitas siah kuala menyatakan, secara umum penyebab kanker payudara belum diketahui secara pasti seperti halnya perdebatan sebaiknya tidur pakai bra atau tidak. Namun, para peneliti mengaitkan banyak hal terjadinya kanker payudara, termasuk merokok. Hal ini dikarenkan merokok sering dijumpai berkaitan dengan angka kejadian kanker payudara diduga akibat dampak buruk zat-zat yang terkandung dalam rokok menyebabkan sel-sel tubuh mengalami mutasi sehingga berubah menjadi sel ganas.

Sponsors Link

3. Kanker Rahim

Zat-zat berbahaya pada rokok begitu banyak, selain nikotin ada zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kanker Rahim, yaitu sel benzyrene. Sel ini dapat merusak sel Langerhans yang terdapat di lapisan Rahim. Saat sel benzyrene mengenai sel Langerhans maka sel tersebut akan melemah sehingga tidak lagi dapat melawan virus-virus yang berada di leher Rahim(serviks). Sehingga, akan terjadi perubahan genetika di leher Rahim yang merupakan penyebab kanker serviks atau kanker rahim.

4. Penuaan Dini

Tak hanya merusak organ vital yang begitu penting bagi seorang wanita, rokok bahkan berdampak buruk pada penampilan juga lho! Dr.rizka memberitahu kita efek buruk rokok yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang terutama wanita, bahwa rokok juga bisa menyebabkan penuaan dini sehingga dapat menyebabkan keriput. Tentu jangan sampai hal ini terjadi bagi anda para wanita muda, karena wajah yang terawat merupakan rahasia menaklukan pria.

Hal ini diperkuat oleh penjelasan dr. Jati satriyo, ia menjelaskan secara medis bahwa hal yang membuat merokok dapat menyebabkan penuaan dini dikarenakan perusakan jaringan tubuh oleh zat-zat beracun pada rokok dan terjadinya hambatan peredaran pada darah ke wajah. Hal ini lah yang mempercepat timbulnya keriput dan membuatnya terlihat jelas, terutama didaerah sekitar mata karena perokok biasanya akan lebih sering menyipitkan mata guna menghindari paparan asap rokok. Untuk mengakhiri penjelasannya Dr.Jati berpesan “oleh karena itu jika ingin awet muda berhentilah merokok.”

5. Kematian Janin

Sangat disarankan anda tidak merokok saat hamil, hal ini bukan karena alasan, merokok dapat mengganggu sistem kardiovaskular yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang menuju ke plasenta. Hal ini tentu berakibat fatal, karena plasenta merupakan pasokan utama makanan dan oksigen bagi si jabang bayi dalam perut anda. Dengan menyempitnya pembuluh darah di plasenta, hal ini dapat menyebabkan berkurangnya makanan dan oksigen yang merupakan sumber kehidupan janin, sehingga dapat menyebabkan kematian janin dalam Rahim.

Sponsors Link

Cara Berhenti Merokok Untuk Wanita

Bagaimana? Apakah sudah ada keinginan berhenti merokok di pikiran anda? Karena rokok tembakau maupun listrik sama-sama menimbulkan efek yang fatal bagi anda para wanita. Berhenti merokok memang lebih sulit daripada yang diucapkan. Tapi, bukan berarti tidak mungkin juga. Mari sama-sama kita amati dan praktekkan cara berhenti merokok yang telah disarankan oleh Dr. Ahmad akbar, berikut ini :

  1. Kuatkan niat untuk berhenti
  2. Siap sedia permen karet
  3. Gosok gigi setelah makan
  4. Jauhi hal-hal yang berbau rokok

Setelah melakukan keempat hal diatas, anda tinggal memperbaki kesahatan anda dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur, selain menjauhi rokok jauhi pula alkohol,selain bisa menyebabkan kehilangan kesadaran juga  bahaya alkohol bagi wanita mempunyai segudang dampak bruruk bagi tubuh. Rokok memang bisa menjadi pelarian atas masalah anda atau sekedar pengisi waktu luang. Tapi, ingat lah banyak hal bermanfaat yang dapat mengganti kebiasaan merokok anda, seperti bila mempunyai masalah anda bisa bercerita dengan orang yang dapat dipercaya dan waktu senggang anda bisa dipakai dengan melakukan hobi anda misalnya, membaca, menonton film atau berolahraga.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan