Sponsors Link

Sebaiknya Tidur Pakai BRA atau TIDAK? Ini Jawabannya

Sponsors Link

sebaiknya memakai bra atau tidakSebaiknya tidur pakai BRA atau TIDAK? Banyak sekali perbincangan yang masih menjadi tanda Tanya bagi banyak orang. Khusunya bagi wanita-wanita. Kebingungan ini masih menghangtui kita sebagai kaum wanita. Banyak pendapat yang berbeda-beda dari setiap orang mengenai hal ini. Ada yang berpendapat bahwa lebih baik tidur tanpa menggunakan bra. Tetapi ada juga yang beranggapan bahwa tidur menggunakan bra itu tak masalah. Adapun yang mengatakan bahwa tidur menggunakan bra bisa menjadi peyebab kanker payudara, bisa menyebabkan payudara kendur, membatasi kerja dari kelenjar getah bening, serta iritasi pada payudara.

ads

Hal ini sampai saat ini masih menjadi hal yang simpang siur. Berdasarkan data dari Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship di NYU paparan dari Dr. Amber Guth, sampai saat ini belum ada kepastian medis dalam hal manfaat maupun resiko kesehatan dari tidur menggunakan bra ataupun tidak. Sebagian orang lebih nyaman tidur menggunakan bra, tetapi sebagian ada yang merasa lebih aman jika tidur tidak menggunakan bra. Ada yang mengatakan jika tidur menggunakan bra, maka bahan pada bra bisa menyebabkan iritasi pada payudara. Tetapi ada pula yang berpendapat bahwa tidur tidak menggunakan bra bisa membuat payudara semakin kencang.

Disisi lain, banyak pula wanita yang tidak tahu apa sebaiknya menggunakan bra saat tidur atau tidak perlu menggunakan  bra saat tidur. Sehingga banyak dari mereka lebih memilih untuk memakai bra saat tidur, karena mereka sudah terbiasa untuk menggunakan bra sehingga mereka enggan untuk tidak menggunakan bra saat tidur. Sebagian dari mereka pun merasa risih jika melepaskan bra saat tidur. Tetapi juga ada yang lebih nyaman dengan tidak menggunakan bra saat tidur. Karena banyak pihak pula yang mengatakan tidur tanpa menggunakan bra akan mendapat banyak manfaat. Apa saja sih manfaat yang didapatkan dengan tidar tanpa menggunakan bra? Berikut, beberapa manfaat saat tidak menggunakan bra saat tidur :

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Selama ini, peredaran darah disekitar payudara agak tertekan karena penggunaan bra di payudara. Karena penggunaan bra yang terlalu kecil akan menekan parudara sehingga aliran darah akan menjadi tersumbat. Sehingga apabila saat tidur tidak menggunakan bra, akan membuat sirkulasi darah disekitar payudara akan menjadi lancar. Apabila sirkulasi darah disekitar payudara menjadi lancar, maka kinerja tubuh akan menjadi lancar.

  1. Menjadi Sesak Nafas

Apabila wanita menggunakan bra terlalu ketat, maka akan membuat sirkulasi udara yang masuk menjadi tidak lancar sehingga membuat dada menjadi sesak nafas. Hal itu dikarenakan penggunaan bra yang terlalu ketat atau terlalu kecil akan menekan dada sehingga menjadi sesak nafas.

  1. Iritasi

Penggunaan bra saat tidur akan mudah terkena resiko iritasi. Iritasi itu bisa terjadi karena terlalu seringnya menggunakan bra sehingga kulit yang terkena langsung dengan bra akan merasa gatal sehingga menyebabkan kulit iritasi. Hal itu karena terjadinya sentuhan atau gesekan antara kulit dada dengan bra sehingga meninggalkan bekas merah. Jika tidur tanpa menggunakan bra maka akan terhindar dari iritasi yang disebabkan oleh bra.

  1. Kanker Payudara

Penelitian mengungkapkan bahwa pemakaian bra maksimal digunakan selama 12 jam saja. Karena jika menggunakan bra lebih dari 12 jam akan beresiko terkena kanker payudara. Hal itu dikarenakan aliran darah disekitar payudara tidak maksimal sehingga memungkinkan rusaknya jaringan payudara yang memicu timbulnya sel-sel kanker payudara. Oleh karena itu untuk meminimalisir terjadinya resiko kanker payudara, dapat dilakukan dengan mencoba tidak menggunakan bra pada saat tidur.

Sponsors Link

  1. Baik Untuk Pertumbuhan

Apabila tidak menggunakan bra pada saat tidur, maka akan baik untuk kinerja hormon. Pada saat tidur, maka hormone yang menunjang pertumbuhan pada payudara akan bekerja dengan baik sehingga akan menjadikan bentuk payudara yang ideal.

  1. Menghindari Nyeri

Penggunaan bra yang terlalu kecil atau terlalu ketat dalam durasi lama akan menimbulkan rasa nyeri pada payudara. Terlebih lagi jika menggunakan bra dengan kawat. Karena bra dengan kawat akan membuat tekanan yang besar pada dada sehingga membuat dada dan payudara merasa nyeri.Jika nyeri timbul maka akan menganggu aktifitas sehari-hari yang merugikan. Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya nyeri, pada saat tidur lebih baik unutk tidak menggunakan bra.

  1. Pigmentasi Kulit

Pigmentasi kulit akan meningkat jika menggunakan bra secara terus menerus. Pigmentasi kulit akan meningkat karena adanya tekanan yang diberikan pada bra yang ketat atau berkawat. Sebaiknya lebih mengurangi penggunaan bra berkawat agar meminimalisir pningkatan pigmentasi kulit.

  1. Meringankan Gejala PMS

Untuk sebagian orang, pada saat PMS akan muncu nyeri-nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti pinggang, perut, payudara. Dengan menggunakan bra pada saat tidur bisa menambah tekanan pada nyeri saat haid. Untuk mengurangi nyeri pada saat haid disekitar payudara, disarankan untuk anda tidak menggunakan bra pada saat tidur. Saat haid juga banyak yang merasakan nyeri pinggang yang luar biasa. Untuk mengurangi rasa nyeri yang berlebihan pada bisa dengan tidak menggunakan bra pada saat tidur.

Sponsors Link

Sampai saat ini, belum ada yang bisa membuktikan 100% kebenaran tentang fakta-fakta diatas. Karena Menurut seorang dokter dari Breast Cancer Surgery Multidiciplinari Fellowship yang bernama Dr Amber Guth mengatakan belum ada bukti mengenai lebih baik tidur menggunakan bra atau tidak. Menurutnya, bra tidak akan mengencangkan otot payudara. Dan soal payudara dapat kendur, itu bukan karenatidur tidak menggunakan bra, namun itu karena faktor usia atau penuaan. Menggunakan bra atau tidak saat tidur itu tidak akan mempengarh keindahan payudara itu sendiri.

Jadi, sebaiknya tidur pakai bra atau tidak itu tergantung dari pilihan masing-masing pribadi. Karena secra medis itu masih belum ada penjelasan yang jelas.Jika tetap ingin menggunakan bra saat tidur, sebaiknya untuk lebih memilih bra yang digunakan. Pilih bra yang tidak terlalu kecil atau ketat, pilih bra dengan busa yang halus sehingga selain nyaman untuk tidur tidak menggangu tidur anda saat tidur juga. Dan sirkulasi darah akan berjalan dengan lancar.

Artinya, tidur menggunakan bra atau tidak itu tergantung pilihan Karena menggunakan bra atau tidak saat tidur tidak ada hubungannya dengan menjadi penyebab kanker payudara. Itu semua hanya tergantung dari pilihan masing-masing pribadi dan itu semua juga berdasarkan kenyamanan masing-masing pribadi. Sebaiknya menggunakan bra yang tidak menganggu tidur anda dan membuat tidur anda menjadi nyenyak dan lebih baik.

Apabila anda menginginkan payudara yang ideal dan indah, anda bisa melakukannya dengan cara-cara yang alami. Seperti dengan olahraga rutin  agar bisa membentuk otot-otot payudaran anda. Dan juga pastikan untuk selalu menggunakan bra dengan ukuran yang sesuai dengan payudara masing-masing. Pastikan jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil, juga biasakan untuk menggunakan bra dengan bahan yang halus, tanpa kawat, tidak terlalu ketat sehingga saat digunakan untuk sehari-hari pun akan merasakan kenyamanan tanpa menggangu aktifitas harian anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup