Sponsors Link

10 Bahaya Tidur sehabis Makan bagi Wanita Paling Mengerikan

Sponsors Link

tidur sehabis makanSetiap hari kita pasti melakukan aktifitas yang satu ini rutin tanpa pernah melupakannya. Ya. Kita semua pasti setiap hari makan. Karena tubuh kita membututuhkan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Nutrisi-nutrisi yang kita butuhkan kebanyakan terdapat pada makanan yang kita makan. Dengan terpenuhinya nutrisi-nutrisi setiap harinya, maka juga akan mempengaruhi kegiatan, sehingga kita dapat  menjalankan aktifitasnya dengan lancar tanpa adanya gangguan. Nutrisi yang masuk dalam tubuh juga akan memepengaruhi kesehatan tubuh kita.

ads

Banyak dari kita semua, dimana kita yang melewati sarapan, dan kita malah makan berat pada saat malam serta terkadang kita bangun ditengah malam hanya untuk makan makanan ringan. Banyak faktor yang memepengaruhi perilaku yang terjadi pada malam hari. Itu seperti kurangnya nutrisi yang terdapat pada makanan untuk memenuhi aktifitas sehari-hari. Sehingga banyak dari kita yang  sering merasakan lapar yang sangat saat malam hari. Tidur setelah makan juga akan membuat tubuh anda akan berkerja lebih keras untuk mencerna makanan. Memang makan dimalam hari itu merupakan hal yan sangat menyenangkan. Namun tahukah anda bahaya dari tidur setelah kita makan. Ternyata tidur bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan setelah kita makan. Memang, jika kita langsung tidur setelah makan itu akan membuat tubuh kita menjadi lebih enak.

Entah mengapa saat kita setelah makan, tubuh kita akan merasa ngantuk, baik siang hari maupun malam hari. Sehingga secara tidak langsung kita menjadi tertidur. Sebenarnya makan sebelum tidur akan memeberikan efek yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Apakah anda mengetahui bahaya tidur sehabis makan bagi wanita. Oleh karena itu, sebaiknya anda mulai mengurang-ngurangi aktifitas seperti ini yang sering anda lakukan baik disiang hari maupun disore hari.  Pernakah anda mengalami bagian atas perut merasa panas setelah makan? Ya itu ungkin salah satu akibat dari tidur setelah makan.

Bahaya Tidur Setekah Makan

Tidur setelah makan akan membuat kualitas tidur kita menajdi tidak maksimal dan optimal. Dan dapat menimbulkan beberapa resiko penyakit. Sebaiknya setelah anda makan, pastikan anda jangan tertidur karena efeknya sangat fatal bagi kesehatan. Jika anda merasa lapar saat malam hari, maka sebaiknya anda lebih memilh makanan yang mudah dicerna seperti buah. Mungkin dari semua, banyak yang mengetahui bahaya tidur setelah makan, tetapi banyak dari anda pasti belum mengetahui apa dampak yang diberikan. Setelah makan anda akan merasakan malas yang sangat, hal itu merupakan hal yang wajah terjadi pada setiap orang. Namun itu merupakan kebiasaan buruk.

Rasa kantuk yang timbul setelah makan itu memang merupakan hal yang wajar dan ilmiah terjadi pada setiap orang setelah makan. Hal itu dikarenakan nutrisi yag masuk melalui makanan kedalam tubuh anda. Karena kebanyakan makanan yang anda konsumi mengandung glukosa yang menghambat kerja sel neuron sehingga membuat anda ingin tidur. Semakin banyak glukosa yang anda konsumsi, semakin besar rasa kantuk yang timbul. Berikut bahaya tidur sehabis makan bagi wanita :

  1. Berat Badan meningkat dan Perut Buncit

Setalah makan, maka tubuh akan memproses makanan anda dalam beberapa waktu. Jika anda tidur setelah makan, maka tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik sehingga terjadi penumpukan makanan pada perut  yang menyebabkan buncit dan tidak terjadi pembakan lemak dalam tubuh. Penumpukan makanan itulah yang menjadikan berat badan meningkat. Terlebih lagi jika makanan yang anda konsumsi merupakan makanan cepat saji.

  1. Menyebabkan Stroke

Penelitian University of Loannina Medical Scholl, mengatakan bahwa tidur setelah makan bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami penyakit stroke. Banyak orang setelah makan, mereka menungg terlalu lama, sehingga secara alamian mereka langsung tertidur pulas. Hal ini karena refluks asam yang berlebihan bisa menyebabkan nafas terhenti saat tidur. Refluks asam akan membuat dada merasakan panas karena asam lambung naik ke dada, sehingga merasakan nyeri dan rasa tidak enak pada dada. Hal itu yang membuat seseorang beresiko terkena penyakit storke.

Sponsors Link

  1. Resiko Penyakit Jantung

Tertidur setelah kenyang akan menignkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung. Penyakit jantung seperti serangan jantung dapat terjadi kapan saja kepada siapa saja karena lemak yang menumpuk. Sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah yang meningkatkan resiko serangan jantung.

  1. Menyebabkan Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang tidak dinginkan banyak orang, karena penyakit ini sangat berbahaya. Siapa saja yang tidak memperhatikan pola makannya, maka dapat menyebabkan timbulnya resiko diabetes.

  1. Mengalami Sesak Nafas

Kekenyangan saat makan, atau perut yang penuh akan menghambat  dan menghambat geraknya oksigen yang masuk ke paru-paru. Hal itu terjadi akan menyebabkan nafas menjadi tersengat dan nafas sangat sesak.

  1. Alat Pencernaan Terganggu

Alat pencernaan dapat menjadi kacar karena makanan dalam percernaan tidak dapat bergerak dengan lancar, sehingga proses pencernaan makanan menjadi gagal. Setelah makan tidur, akan membuat makanan dalam tubuh menuju ke lambung akan berbalik arah menuju ke mulut dan tenggorokan lagi. Proses kembalinya makanan ini akan membuat kerongkongan merasa oanas, rasa ingin muntah, mulas, serta mual.

  1. Memicu Maag

Saat tidur, maka pencernaan dalam tubuh akan merasakan tertekan serta menjadi tidak bebas untuk melakukan pencernaan. Sehingga asam lambung naik dan oksigen ke paru-paru menjadi tidak lancar.  Hal ini akan menyebabkan timbulnya penyakit maag yang menyebabkan rasa perih dan mual.

  1. Serangan Asma

Tidur setelah makan akan menyebabkan perut menjadi melebar karena lambung penuh. Saluran pernafasan akan menjadi tersendat  karena oksigen terhambat. Sehingga memicu terjadinya asma.

Sponsors Link

  1. Sembelit

Perut yang kenyang setelah makan, jika kita tidur maka proses pencernaan dalam tubuh juga akan terhambat. Terhambatnya proses pencernaan dalam tubuh akan meyebabkan susah buang air besar atau sembelit.

  1. Penimbunan Lemak

Jika mengkonsumsi makanan berlemak akan menyebabkan lemak tertimbun dalam tubuh. Pada saat tidur, tubuh tidak memerlukan banyak energy, sehingga energy yang dibutuhkan kecil dan nutrisi yang masuk ke tubuh sebagian besar akan dirubah menjadi lemak oleh tubuh. Saat tidur, terjadi peningkatan kadar hormone grehlin yang membuat anda merasa lapar saat bangun.

Tidur setelah makan akan memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan dan tubuh Untuk lebih baiknya jika anda benar-benar mengantuk, beri jeda sekitar 30 menit untuk makanan tersebut dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Saran terbaik adalah, jika anda mengantuk setelah makan, maka sebaiknya anda melakukan olahraga ringan. Dengan berolah raga maka akan membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan tidak membuat anda mengantuk lagi. Selain tidak membuat anda mengantuk lagi, olahraga ringan selama 20 menit akan membuat kalori anda terbakar dan anda menjadi kurus. Mulailah hidup sehat dengan cara mengatur pola makan untuk diet.

Bererapa dampak diatas memang dilihat terlihat sepele. Namun jika hal itu terus dilakukan, maka hal itu akan menjadi kebiasaan buruk. Karena kebiasaan, maka akan sulit untuk mengubah kebiasaan buruk itu terjadi. Maka sebelum menjadi kebiasaan yang sangat menggangu kesehatan anda, lebih baik untuk anda mulai memulai pola hidup yang sesuai. Karena dampaknya akan menganggu diet bagi anda yang melakukan diet, anda akan menjadi wanita tergemuk didunia. Pasti semua wanita tidak menginginkannya bukan?

, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup