Sponsors Link

10 Cara Mengatur Pola Makan untuk Diet yang Baik dan Benar

Sponsors Link

Bagi wanita, memiliki berat dan bentuk tubuh ideal merupakan hal yang selalu diimpikan. Mulai dengan cara alami hingga perawatan medis dengan bantuan dokter dilakukannya demi mendapatkan berat dan bentuk tubuh yang ideal. Diet menjadi salah satu alternatif murah yang kerap kali dilakukan sebagian besar wanita yang ingin memperoleh tubuh proporsional. Berbagai macam program diet baru muncul di tengah masyarakat, seperti diet mayo, diet paleo, diet karbo, hingga diet alkaline. Program-program diet tersebut mengklaim bahwa dengan mengikutinya, Anda mampu menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Namun taukah Anda, bahwa Anda dapat menurunkan berat badan dengan mengatur pola makan? Ya, berikut ini merupakan cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatur pola makan Anda sehari-hari. Pengaturan pola makan ini dapat Anda lakukan sebagai langkah pertama untuk melakukan diet. (Baca Juga: Olahraga yang Baik untuk Wanita)

ads

Tips Diet dengan Mengatur Pola Makan

Berikut ini adalah beberapa Cara Mengatur Pola Makan untuk Diet yang baik dan benar tanpa menimbulkan resiko yang berbahaya:

  1. Selalu makan pagi

Makan pagi merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan oleh beberapa orang dengan padatnya kegiatan sehari-hari. Makan pagi atau sarapan diklaim mampu menjaga berat badan Anda. Hal ini dikarenakan rasa kenyang yang Anda peroleh di pagi hari akan mencegah rasa lapar yang akan Anda rasakan sepanjang pagi hingga siang hari. Rasa kenyang ini akan menurunkan keinginan ngemil yang biasa Anda lakukan ketika melakukan pekerjaan di kantor. Anda dapat memilih puith telur sebagai salah satu alternatif makanan untuk menu sarapan Anda. Beberapa studi menunjukkan bahwa putih telur yang dikonsumsi oleh wanita pada usia 65 – 80 tahun mampu menurunkan berat badan.

  1. Sarapan tinggi protein

Telur merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak kandungan protein di dalamnya. Protein diklaim mampu mencegah tubuh dari rasa lapar dalam kurun waktu tertentu. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa mengonsumsi putih telur dapat mengurangi berat badan Anda. Kandungan protein yang ada dalam putih telur mampu mencegah rasa lapar Anda di pagi hari, sehingga hasrat ngemil yang sering muncul di pagi hari akan cenderung berkurang, bahkan hilang. Anda juga dapat mengonsumsi susu rendah lemak di pagi hari untuk meningkatkan energi tanpa kahwatir tingginya kalori yang akan masuk ke dalam tubuh Anda. (Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan)

  1. Makan dengan santai

Makan dalam keadaan yang santai dan rileks akan membawa Anda menikmati makanan yang tengah Anda konsumsi. Rasa nikmat yang diciptakan oleh keadaan santai dan rileks akan membuat sistem saraf tubuh Anda bekerja secara benar dan lancar. Hal sebaliknya akan terjadi apabila Anda makan dengan cepat dan terburu-buru. Tanpa disadari Anda akan mengalami stress sewaktu Anda mengonsumsi makanan Anda. Perasaan stress ini akan memicu kinerja yang kurang baik pada sistem saraf, akhirnya makanan Anda tidak dapat tercerna dengan benar. Selain itu, makan dalam keadaan terburu-buru akan cenderung membuat Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah lebih banyak. Akibatnya kalori yang masuk dalam tubuh Anda akan lebih besar dan berat badan Anda akan merangkak naik. Cobalah menikmati makanan yang Anda makan mulai dari sekarang!

Sponsors Link

  1. Makan makanan yang mengenyangkan

Makanan ringan yang sering Anda konsumsi sebagai camilan sering diduga menjadi pemicu utama naiknya berat badan Anda. Banyaknya mitos yang beredar tentang ngemil  bikin gendut ternyata bukan mitos belaka. Apabila Anda salah satu penggemar berat makanan ringan, tampaknya Anda harus belajar mengganti kebiasaan lama ini. Tanpa disadari, makanan ringan yang dikalim cukup ringan ternyata membawa banyak kalori yang masuk dalam tubuh Anda.  Tinggalkanlah kebiasaan lama ini! Mulailah mengonsumsi makanan yang mengenyangkan dan bernutrisi cukup untuk tubuh Anda. Rasa lapar yang biasanya Anda rasakan di tengah-tengah aktivitas Anda akan berangsur hilang ketika Anda mulai mengonsumsi makanan yang mengenyangkan dalam sekali waktu. Jangan lupa perhatikan jumlah kalorinya ya!

  1. Porsi kecil tapi sering

Apabila Anda memiliki kebiasaan ngemil, mengonsumsi makanan yang mengenyangkan dalam sekali waktu akan menjadi hal yang sulit dilakukan. Namun jangan khawatir, Anda dapat mencoba cara makan dalam prosi sedikit tapi sering. Membagi satu porsi makanan mengenyangkan yang seharusnya Anda konsumsi dalam sekali waktu menjadi posi-porsi kecil merupakan alternatif terbaik yang dapat Anda lakukan. (Baca Juga: Cara Senam Kegel untuk Merapatkan Miss V)

  1. Makan makanan kaya serat

Serat merupakan salah satu kandungan dalam makanan yang senantiasa diperhatikan dalam pengaturan pola makan bagi para wanita yang tengah melakukan program diet. Kandungan serat yang ada dalam makanan berguna sebagai pengikat air dalam jumlah yang banyak, sehingga sisa-sisa makanan yang ada dalam pencernaan menjadi lebih mudah dicerna. Mengonsumsi makanan yang kaya serat juga dapat membantu kelancaran dalam sistem pencernaan serta pembuangan zat yang tidak dibutuhkan tubuh Anda dapat dilakukan secara maksimal. Serat yang diperukan oleh tubuh dapat Anda temukan pada sayur dan buah-buahan. Kandungan serat yang ada dalam jenis makanan tersebut sangat diperlukan oleh tubuh untuk mencerna makanan yang Anda makan.

  1. Camilan dari buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengonsumsi camilan, Anda dapat mengganti jenis camilan yang dikonsumsi. Menggantinya dengan sayur yang direbus atau dikukus dan buah yang dipotong dadu sebagai camilan di tengah aktivitas Anda. Makanan yang kaya serat ini mampu menahan rasa lapar Anda sementara dan berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Apabila Anda berniat mencoba camilan dari buah dan sayur, Anda perlu memperhatikan pengolahannya. Untuk sayur, Anda dapat memilih metode kukur atau rebus tanpa menambah garam berlebihan maupun jenis kalori dalam bentuk lain, seperti kaldu untuk memperkaya rasa. Dan untuk buah, Anda dapat memotongnya menjadi potongan-potongan lebih kecil tanpa menambahkan peanis buatan maupun sirup ke dalamnya.

ads
  1. Minum banyak air

Air putih atau air mineral memang sudah diketahui memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Selama Anda melakukan program diet, Anda dapat menambah konsumsi air putih Anda. Anda dapat minum segelas air putih atau 250 ml air mineral setengah jam sebelum makan. Hal ini perlu dilakukan untuk mempersiapkan sistem pencernaan Anda untuk mencerna makanan berat yang akan Anda konsumsi, sehingga mereka akan melakukan kinerja yang benar dalam mencerna makanan. Minumlah segelas air mineral ketika Anda tiba-tiba merasa lapar. Segelas air yang Anda konsumsi ini berguna untuk memastikan apakah Anda memang merasa lapar atau merupakan kesalahan informasi yang diterjemahkan oleh otak. Minumlah air sebanyak 8 – 16 air mineral dalam sehari unutk menurunkan asupan kalori hingga 44%.

Artikel Lainnya:

  1. Memperhatikan jam makan

Anda sering merasa lapar di malam hari? Hal ini merupakan hal alami yang terjadi pada manusia namun makan di malam hari mitosnya dapat menambah berat badan secara drastis. Memang benar mengonsumsi makanan di malam hari akan memicu naiknya berat badan Anda secara drastis, apabila Anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan tidak memperharikan berapa jumlah kalori yang masuk. Untuk mengatisipasinya, aturlah jam makan Anda. Hindarilah makan berat seperti makanan 4 sehat 5 sempurna di atas jam 6 sore. Apabila Anda benar-benar lapar, Anda dapat makan camilan buah dan sayur dengan pengolahan yang telah disebutkan di atas.

  1. Menulis jurnal

Anda adalah orang yang paling mengerti apa yang tubuh Anda inginkan, dan apa yang tubuh Anda lakukan. Membuat jurnal tentang makanan yang Anda konsumsi sehari-hari memang terdengar konyol, namun hal ini ternyata sangat berguna bagi diri sendiri bahkan orang lain nantinya. Mulailah mencatat apa saja makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Tambahkan informasi kalori yang ada pada setiap makanan yang Anda konsumsi. Apabila Anda tidak paham berapa kandungan kalori yang ada di dalamnya, lihatlah internet dan pastikan bahwa informasi yang Anda dapatkan merupakan informasi yang benar. Tidak hanya jenis makanan dan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh saja, namun deskripsikanlah perasaan Anda setelah mengonsumsi makanan tersebut. Bukan hanya perasaan seperti senang, atau berkesan setelah mengonsumsinya, namun Anda harus menggunakan skala kenyang – tidak kenyang untuk mengetahui bagaimana deskripsi atas perasaan pencernaan Anda pasca mengonsumsi suatu makanan. Menulis jurnal juga dapat menjadi koreksi pola makan untuk diri Anda sendiri. Mendeskripsikan makanan yang Anda konsumsi selama masa eksplorasi makanan yang baik untuk menurunkan berat badan juga dapat berguna untuk menentukan batas dan jenis makanan yang sesuai untuk program diet Anda atau mengetahui bagaimana manajemen kalori yang baik untuk tubuh Anda.

Artikel Lainnya:

10 Cara sederhana di atas benar-benar dapat Anda lakukan sendiri di rumah! Cara sederhana tersebut dapat berguna bagi Anda yang tengah belajar atau memulai program diet. Selain langkah awal program diet, cara tersebut dapat Anda gunakan untuk mempertahankan berat badan atau menjaga bentuk tubuh Anda yang sudah ideal dan proporsional. Jangan lupa untuk menambahkan olahraga maupaun aktivitas yang mampu membakar timbunan lemak dalam tubuh Anda. Terjaganya pola makan dan rutinitas olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga atau membentuk tubuh saja, melainkan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan Anda. Perhatikan waktu istirahat Anda setia harinya, termasuk waktu tidur Anda di malah hari. Hindari stress dan berusahalah tenang di segala situasi.

, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup