Sponsors Link

15 Tips Menabung untuk Mahasiswa Paling Efektif

Sponsors Link

Menabung adalah suatu hal penting untung semua orang, baik dari kalangan muda sampai yang tua. Menabung merupakan hal penting untuk dilakukan karena terkadang ada keperluan yang tidak dapat diprediksi sebelumnya dan tidak jarang kita membutuhkan biaya besar untuk keperluan mendadak tersebut. Mahasiswa adalah satu kalangan yang perlu mengingat tetang pentingnya menabung karena pada masa-masa ini, mahasiswa sering tidak bisa mengontrol pengeluaran mereka alias mereka menggunakan uangnya untuk foya-foya. Adanya keperluan mendadak ini sering membuat mahasiswa bingung apabila mereka tidak memiliki tabungan yang cuku nesat. Pengeluaran tak terduga ini bisa saja laptop yang rusak, banyaknya kegiatan organisasi, banyaknya tugas yang harus diprint, harus pulang mendadak ke kota asal, dan lain-lain.

ads

Jika kita pikir lebih jauh, menabung bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan karena kita bisa memulainya dari nominal yang kecil dan hal ini akan bertambah banyak dan banyak apabila hal ini dilakukan secara rutin. Namun, sebagian orang ada yang merasa kesulitan melakukan hal ini dan karena itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips menabung untuk mahasiswa yang pastinya mudah untuk dilakukan dan kita tidak akan melewatkan satu hari tanpa menabung.

Baca juga:

Cara Efektif Menabung untuk Mahasiswa

Hm… apa saja tips yang akan kita tahu agar kita mudah dan lebih termotivasi untuk menabung? Sudah pada penasaran kan pastinya? Yuk kita simak yang satu ini!

1. Tidak memelihara binatang

Memelihara binatang adalah salah satu hal favorit bagi mahasiswa, khususnya bagi mereka yang memang pecinta binatang dan membutuhkan teman selama di kostan. Namun tanpa kita sadari, memelihara binatang ini justru menyebabkan biaya membengkak karena banyaknya biaya yang dibutuhkan, seperi: pemeriksaan dokter, makanan, perawatan bulanan, dan lain-lain. Solusi yang tepat untuk hal ini adalah kita bisa pergi ke tempat penampungan hewan terdekat di mana kita bisa bermain dengan binatang sepuasnya tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. (Baca juga: Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga)

2. Berhenti merokok

Bukan rahasia lagi jika merokok adaah salah satu kebiasaan buruk yang harus dihentikan. Bukan saja hanya membuat kita sakit namun juga merugikan kita secara materi karena harga satu bungkus rokok pun tidak termasuk murah. Menghentikan kebiasaan merokok adalah salah satu hal yang bisa kita coba selain untuk menghemat pengeluaran tiap hari dan membuat badan kita semakin sehat. Kita bisa melakukan hal ini secara berkala, seperti mulai mengurangi satu batang rokok perharinya dan kemudian ditambah pengurangan jumlahnya secara rutin hingga akhirnya kita benar-benar berhenti merokok.

Baca juga:

3. Belajar di luar negri

Siapa bilang belajar di luar negri selalu membutuhkan biaya yang besar dan akan semakin memperbesar pengeluaran kita sehari-harinya? Selain mengajarkan kita tentang kemandirian, kita bisa memotong biaya pengeluaran tiap harinya apabila kita mendapatkan informasi yang tepat mengenai negara atau universitas mana yang memiliki biaya pendidikan lebih rendah daripada mayoritas universitas lainnya dan berarti kita memiliki lebih banyak uang untuk ditabung – bahkan kita bisa menghemat sampai berjuta-juta rupiah.

Sponsors Link

Beberapa negara di Eropa memiliki biaya pendidikan yang rendah, seperti Finlandia, Norwegia, Jerman, ataupun Austria. Saat kita memutuskan belajar di luar negri, kita juga harus pandai mencari tempat tinggal yang murah untuk semakin menekan biaya pengeluaran. Selain memikirkan tentang tempat tinggal, ada baiknya kita juga mengetahui beberapa hal dasar tentang negara tersebut, seperti bahasanya, budaya, pekerjaan sambilan, dan berbagai hal dasar lainnya yang akan memudahkan kita dalam berinteraksi dengan warga setempat dan beradaptasi dengan mereka.

4. Mencari penerbangan termurah

Sebagian dari kita adalah mahasiswa rantau yang pastinya perlu pintar-pintar mencari tiket pulang pergi dari kota asal ke kota studi kita untuk menekan biaya pengeluaran. Semakin murah kita mendapat tiket, berarti semakin banyak juga uang yang bisa kita tabung bukan? Tips mencari tiket murah di sini adalah kita sekaligus membeli tiket pulang pergi melalui berbagai situs yang memang menyediakan jasa ini, seperti Skyscanner atau Momondo. Apabila kita belum yakin apakah kita sudah mendapat tiket termurah, kita bisa mengeceknya melalui lowcostholiday.com atau lastminute.com untuk membandingkan harga satu tiket dan tiket lainnya dengan hari yang berbeda-beda pula.

5. Berburu beasiswa

Ya, tips yang satu ini adalah tips yang termasuk sangat efektif digunakan mahasiswa untuk menekan biaya pengeluaran mereka tiap bulannya karena beasiswa ini bukan saja membebaskan kita dari pengeluaran yang berkaitan dengan kampus – namun sisa uang dari mahasiswa ini juga bisa kita tabung untuk pengeluaran selanjutnya yang tidak terduga. Selain dari beasiswa, kita juga bisa mencari berbagai dana tambahan dari sponsor yang akan semakin memudahkan perjalan perkuliahan kita. (Baca juga: Cara Mendidik Anak agar Mau Belajar)

6. Berburu barang diskon

Tips selanjutnya pasti bukanlah suatu hal yang asing lagi – khususnya bagi wanita yang memang terkenal sebagai mahluk Tuhan yang paling suka berburu barang diskon. Mendapatkan barang diskon bukanlah suatu hal yang salah atau dosa karena kita bisa benar-benar menekan biaya pengeluaran alias menambah jumlah uang yang akan kita tabung. Sebagai pelajar, kita mendapatkan manfaat sendiri dengan menunjukkan kartu mahasiswa kita yang masih aktif, seperti mendapatkan diskon saat berbelanja di berbagai pusat perbelanjaan, rumah makan, konser, taman bermain, dan lain-lain.

Selain mencari barang diskon, kita juga bisa mencari barang termurah dari satu toko ke toko lainnya atau lebih mudahnya kita bisa mencari barang yang kita inginkan melalui online shop yang pastinya juga tidak kalah murahnya. Apabila kita bisa mendapatkan barang dari toko termurah, kita bisa menghemat biaya hingga 30%. Tawaran yang sangat menggiurkan bukan?

7. Menggunakan transportasi umum

Bukan suatu rahasia lagi jika menggunakan transportasi umum untuk berangkat ke kampus atau berpergian ke mana pun dapat menghemat pengeluaran harian atau bulanan kita – mengingat kita juga membantu menjaga lingkungan tetap sehat dengan mengurangi kadar karbondioksida yang berasal dari kendaraan pribadi.

Baca juga:

ads

8. Tidak menjadi anggota gym

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang hukumnya penting untuk dilakukan agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga dan pastinya jauh dari kata penyakit. Ingatkah kalian jika kita bisa melakukan olaraga tanpa perlu menjadi suatu anggota dari gym alias kita bisa melakukan olahraga dengan cara yang murah meriah?

Banyak olahraga murah meriah yang bisa kita lakukan, seperti bersepeda, berenang, sepak bola, atau sekedar jogging. Tidak peduli apapun jenis olahraganya, asalkan kita melakukan olahraga ini secara rutin maka kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan berat badan kita akan turun sedikit demi sedikit bukan? Tanpa terdaftar sebagai anggota gym pun kita sudah bisa sehat tanpa perlu memperbanyak biaya harian atau bulanan.

9. Membeli makanan saat sore hari

Yup, mungkin tips menabung untuk mahasiswa ini banyak yang sudah tahu dan banyak juga yang belum tahu jika kita bisa menggunakan cara yang satu ini. Membeli makanan instan di supermarket yang biasanya berupa nasi, mie, atau makanan basah lainnya pada sore hari atau tepatnya sekitar pukul 18.00 merupakan tips yang tepat untuk menekan pengeluaran dan membuat kita memiliki lebih banyak uang untuk ditabung. Satu hal yang perlu kita ingat adalah kita perlu memastikan bahwa makanan tersebut masih aman untuk dikonsumsi.

Baca juga:

10. Mencari referensi melalui internet

Bukan rahasia lagi jika buku-buku kuliah cukup memakan budget kita dan sering kali kita harus menabung dahulu selama beberapa minggu atau bulan hingga bisa kita membeli suatu buku yang diperlukan untuk satu mata kuliah. Sebaliknya, di jaman yang serba canggih ini kita bisa mencari referensi di internet yang pastinya sumbernya juga bisa dipercaya, yaitu seperti melalui google scholar ataupun google book. Referensi internet ini cenderung dibanderol dengan harga yang lebih murah daripada buku yang dicetak dan hal ini berarti akan semakin banyak uang yang bisa kita tabung. Keunggulan lainnya dari referensi elektronik ini adalah praktis untuk digunakan dan dibawa ke manapun sehingga kita tidak perlu khawatir referensi ini akan hilang atau rusak. (Baca juga: Dampak Negatif Gadget)

11. Memasak sendiri

Tips yang berikutnya yang bisa kita lakukan untuk menabung adalah dengan memasak sendiri yang pastinya biayanya lebih murah dan bahan-bahannya lebih terjamin kesehatannya. Tidak bisa dipungkiri juga makanan instan yang di luar sana jauh lebih mahal dan tidak terjamin kesehatannya sehingga masak sendiri pun jauh lebih aman dan sehat. Dengan menekan biaya pengeluaran maka berarti semakin banyak juga uang yang akan kita tabung.

Baca juga:

12. Mencari software gratis

Semakin berkembangnya jaman dituntut dengan semakin banyaknya kemampuan yang harus kita kuasai dan hal ini meliputi bagaimana kita bisa mengoperasikan berbagai software untuk menyelesaikan beberapa tugas kuliah. Sayangnya, banyak dari software tersebut yang mengharukan kita untuk membayar fitus yang ditawarkan dan berarti hal tersebut menambah biaya pengeluaran kita. Namun yang perlu kita ingat lagi, di jaman yang serba maju ini juga sudah banyak tersedia berbagai software gratis yang bisa kita download untuk menyelasaikan tugas kita. Mengunduh software gratis ini bukan berarti kita membelinya secara ilegal.

13. Melakukan kerja sambilan

Tips ini merupakan tips terefektif menabung untuk mahasiswa karena di sinilah mahasiswa akan belajar bagaimana susahnya mencari uang dan mengelola uang dengan bijaksana alias untuk menabung sebanyak mungkin. pada hal ini kita juga dapat memilah barang mana yang benar-benar dibutuhkan pada saat tertentu dan barang mana yang bisa kita tunda pembeliannya. (Baca juga: Wanita Berpengaruh di Indonesia)

Sponsors Link

14. Memburu voucher gratis

Di jaman yang sudah maju ini, tidak jarang juga kita menemui berbagai perusahaan yang menawarkan mengisi kuesioner mereka sebagai bahan riset atau pratinjau dari berbagai produk yang mereka jual. Namun, apakah kalian menyadari banyaknya keuntungan yang kita dapat dengan berpatisipasi di survei online tersebut? Yup, dengan menyisihkan beberapa menit waktu kita (3-5 menit) kita bisa mendapatkan voucher online shop gratis sebagai bentuk reward dari perusahaan tersebut yang berarti hal ini juga semakin menekan biaya pengeluaran kita. Tawaran yang sangat menarik bukan?

Baca juga:

15. Menghemat pemakaian listrik

Pemakaian listrik adalah salah satu hal yang akan kita temui terutama bagi kita yang kost dan membawa barang-barang elektronik pribadi dan sering kali dikenakan biaya tambahan untuk membawa barang-barang ini. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi dan biaya semakin membengkak bukan? Nah melalui hal ini, kita bisa lebih memilah betul barang mana yang akan kita gunakan di kost, seperti kipas yang akan kita gunakan setiap hari dan jauh lebih penting daripada kita memasang AC ataupun membawa kulkas ke kamar kost. Dengan pintarnya kita memilah barang mana yang akan kita gunakan, hal ini juga berarti semakin kecil biaya yang akan kita keluarkan dan mengurangi pengeluaran harian bahkan bulanan kita.

Baca juga:

Nah itu tadi adalah beberapa tips menabung untuk mahasiswa yang bisa kita terapkan dalam keseharian kita. Bukan suatu hal yang susah untuk memulainya bukan? Kita pun tidak ada malas-malasan untuk menabung mulai hari ini. So, jadilah insan yang cerdas tiap harinya!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick