Sponsors Link

7 Manfaat Sulam Bibir yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Saat ini, kecantikan merupakan hal utama atau bahkan nomor satu bagi wanita. Tidak jarang banyak wanita yang berlomba-lomba untuk menjadi lebih cantik daripada wanita lainnya. Mereka pun tidak ragu-ragu untuk melakukan berbagai cara untuk memperindah kulit atau mempercantik penampilan wajah, mulai dari perawatan secara alami, menggunakan berbagai produk kecantikan, atau perawatan wajah secara medis.

ads

Baca juga:

Bukan hanya kulit wajah saya yang perlu tampak sempurna, wanita juga ingin memperindah bagian wajah lainnya, seperti bagian mata, pipi, hidung, dagu, ataupun bibir. Di zaman yang serba modern ini, bukanlah suatu hal yang mustahil jika kita bisa mendapatkan kecantikan secara instan. Contohnya saja untuk meperindah bagian mata, kita bisa menggunakan berbagai cara – mulai dari kosmetik, bulu mata palsu, atau sulam alis.

Baca juga:

Nah kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya memperindah bagian wajah kita – lebih tepatnya bagian bibir. Hmm… perawatan apa saja ya yang bisa kita lakukan pada bagian bibir?

Sulam Bibir

Yup benar sekali, salah satu perawatan wajah yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai sulam bibir. Sulam bibir? Apakah bibir kita akan dijahit layaknya orang-orang yang menjahit bibirnya ketika akan demo? Bukankah menjahit bibir itu berbahaya? Apa benar cara ini akan memperindah penampilan wajah kita?

Eits tunggu dulu, sulam bibir yang satu ini jauh sekali dari kata BERBAHAYA dan pastinya sukses untuk mempercantik penampilan wajah kita – khususnya pada bagian bibir. Tidak dapat dipungkiri juga untuk pemula di dunia kecantikan jika perawatan ini mulanya menakutkan karena adanya kata
“sulam” dan pastinya melibatkan jarum dan kegiatan jahit menjahit. But wait, sulam bibir tidaklah seseram seperti yang kita bayangkan kok! 😉

Baca juga:

Bagian bibir juga tidak dapat dipungkiri dilihat sebagai salah satu bagian dari wajah yang menunjukkan betapa cantiknya wanita tersebut, juga sexy. Peran bibir sangat penting bukan untuk kita? Sulam bibir merupakan pilihan tepat bagi kita yang ingin memperindah bagian bibir tanpa perlu repot-repot lagi untuk mengurusnya tiap hari – dan sejatinya membutuhkan banyak waktu. Sulam bibir lebih tepatnya merupakan salah satu bentuk perawatan medis yang dilakukan dengan tujuan mencerahkan warna bibir agar terlihat lebih merona dan bervolume.

Sulam bibir bukanlah suatu perawatan wajah yang asing lagi untuk kita – khususnya bagi kalangan kelas atas, tokoh masyarakat, ataupun artis nasional dan internasional. Perawatan ini juga menjadi favorit bagi berbagai usia, mulai dari remaja – dewasa – hingga ibu paruh baya. Hebatnya lagi, sulam bibir ini bukan hanya digemari oleh wanita, namun juga oleh kaum pria. Seriously, guys also can have this treatment too? Yup exactly! Perawatan wajah yang satu ini bersifat universal, alias pria juga bebas untuk melakukan perawatan ini tanpa ada rasa malu. Perawatan ini memang tidak mentah-mentah dikhususkan untuk wanita karena tujuan utama dari sulam bibir adalah membuat warna bibir lebih merah dan lebih memberikan warna kepada bibir kita. Warna dari sulam bibir ini pun juga beragam, mulai dari warna soft pink hingga warna merah yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan atau selera.

Baca juga:

Sponsors Link

Selain membuat bibir lebih berwarna, sulam bibir juga dilakukan untuk menyiasati bentuk bibir yang kurang sempurna (untuk mereka) dengan merapikan garis-garis bibir kita dan membentuknya sesuai dengan keinginan. Selain itu, kita juga bisa meminta bibir lebih terlihat mungil ataupun dibuat tampak lebih bervolume – yang pasti sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita untuk mempercantik penampilan! 🙂

Nah begitulah pandangan singkat mengenai sulam bibir. Lalu, sebenarnya bagaimana sih prosedur dari sulam bibir itu sendiri? Apakah menyakitkan seperti yang dibicarakan orang-orang? Lalu, apa yang perlu kita siapkan sebelum melakukan sulam bibir agar hasil yang kita dapat bisa lebih maksimal?

Pertanyaan-pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang paling sering muncul ketika kita pergi survei ataupun browsing di internet mengenai apakah sebenarnya sulam bibir itu, aman dan adakah efek sampingnya, dan lain-lain. Berbagai pertanyaan tersebut sangatlah wajar, karena tentu saja kita ingin melakukan perawatan wajah yang terbaik untuk diri kita sendiri bukan? Nah jangan khawatir karena kita akan membahas lebih jauh tentang sulam bibir ini 🙂

Prosedur Sulam Bibir

Nah sebelum melakukan sulam bibir, ada baiknya kita memikirkan masak-masak apakah perawatan yang satu ini adalah perawatan yang benar-benar dibutuhkan oleh kita – mengingat biaya yang dibutuhkan untuk melakukan sulam bibir ini pun tidak kecil. Kisaran harga untuk melakukan sulam bibir ini pun bervariasi, mulai dari Rp.1.500.000,- hingga Rp. 9.000.000,- . Harga yang bervariasi ini pun tergantung dari service yang ditawarkan oleh klinik kecantikan yang melakukan sulam bibir ini ataupun bahan utama yang mereka gunakan. Wow, perawatan yang membutuhkan banyak biaya bukan? Lalu, bagaimana kita tahu bahwa klinik tersebut merupakan klinik yang tepat untuk melakukan sulam bibir ini sehingga nantinya tidak akan merugikan kita?

Baca juga:

Satu jawaban yang pasti untuk pertanyaan tersebut adalah dengan melakukan SURVEI. Survei di sini bisa kita lakukan dengan cara langsung datang ke berbagai klinik yang menyediakan jasa perawatan ini dan bertanya tentang service yang mereka tawarkan, atau bisa juga kita bertanya pada teman yang sudah melakukan sulam bibir mengenai klinik mana yang paling tepat dan aman untuk melakukannya, atau browsing melalui internet.

Satu hal yang perlu kita ingat ketika akan melakukan survei pada klinik tertentu yaitu memilih klinik kecantikan yang memang memiliki dokter kecantikan atau spesialis yang menangani perawatan sulam bibir. Klinik yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, memiliki reputasi yang positif, serta memiliki banyak pengalaman menangani perawatan sulam bibir (Sulam bibir sudah dikenalkan sejak tahun 2011) ini merupakan pilihan yang tepat untuk menginvestasi uang kita dan tentu saja untuk mempercantik penampilan bibir. Selain itu, saat kita survei ke berbagai klinik yang menangani sulam bibir ini juga kita bisa bertanya mengenai peralatan apa yang biasa digunakan saat menangani pasien yang melakukan sulam bibir ini sehingga kita menjadi lebih yakin mengenai keseterilan alat yang digunakan dan seberapa kompetennya klinik tersebut dengan klinik serupa yang sama-sama menawarkan jasa perawatan sulam bibir.

Setelah kita menemukan klinik yang tepat, ada satu hal lagi yang perlu kita ingat ketika akan melakukan sulam bibir ini yaitu sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi (bisa dilakukan setelah 7-10 menstruasi selesai), penderita diabetes, maupun ibu hamil. Prosedur dari perawatan sulam bibir ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu sebagai berikut:

ads

1. Membersihkan daerah bibir

Tahap ini adalah tahap terawal pada prosedur sulam bibir ini di mana bibir akan dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus bibir dan dilap secara perlahan menggunakan tissue atau kapas hingga benar-benar bersih sebelum dilanjutkan ke tahap berikutnya.

2. Pemberian suntik anastesi

Diberikannya suntik anastesi pada tahap ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit – atau menghilangkan rasa sakit pada tahap-tahap berikutnya seperti layaknya dilakukan pada operasi kecil. Rasa sakit yang timbul selama proses ini berlangsung biasanya hanya seperti bagian bibir yang terkena setruman berkali-kali.

3. Pemberian krim khusus

Krim khusus ini adalah tahap ketiga dari proses sulam bibir dan berfungsi untuk membuat bibir kebal, kaku, atau mati rasa. Krim ini perlu dioleskan secara merata pada bagian seluruh bibir dan perlu didiamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dilanjutkan ke tahap berikutnya.

4. Proses penyulaman

Setelah bibir mati rasa, maka tahap selanjutnya adalah proses penyulaman dan dimulai dari bagian terluar bibir. Penyulaman ini akan disesuaikan dengan bentuk bibir yang diinginkan pasien dan dilanjutkan dengan memberikan warna menggunakan pena yang mengandung sari bunga lili.

5. Pemberian scar cream

Tahap ini adalah tahap terakhir sebelum kita dinyatakan telah menyelesaikan proses sulam bibir ini. Diberikannya scar cream di sini berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan bibir karena bibir akan bengkak selama kurang lebih 3-4 hari hingga bisa kembali seperti semula dan pastinya dengan penampilan yang lebih indah. Setelah proses ini selesai, bibir akan terlihat membengkak, tapi kita tidak perlu khawatir akan hal ini karena merupakan proses cairan obat perona bibir bekerja secara maksimal pada bibir kita.

Durasi pengerjaan dari proses sulam bibir ini biasanya berlangsung selama 3 jam dan kita bisa melakukan perawatan ini selama berkali-kali hingga kita mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Meskipun perawatan ini dibilang tidak murah, tapi kita tidak perlu mengulangi proses ini selama 2-3 tahun ke depan atau hingga 5 tahun sampai efek ini benar-benar hilang total. Hal yang perlu kita ingat setelah proses sulam bibir ini selesai adalah adanya beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan selama satu bulan, yaitu tidak boleh menggunakan lipstick, mengonsumsi makan pedas, seafood, ataupun kecap. Setelah kita melewati satu bulan, maka kita sudah boleh mengonsumsi makan tersebut seperti sedia kala.

Baca juga:

Manfaat dari Sulam Bibir

Setelah kita mengetahui apa itu sulam bibir – apa yang harus dipersiapkan – prosedur – serta pantangannya, apa yang kalian pikirkan? Tentu saja terdengar lebih menarik bukan? Tapi apakah kalian tahu betul, manfaat apa yang kita dapatkan dari melakukan perawatan sulam bibir ini?

Wah kelihatannya kalian masih ragu untuk menjawabnya ya 😉 Nah supaya lebih mantap untuk tahu sebenarnya manfaat apa sih yang kita dapat dari sulam bibir, yuk kita simak point-point berikut ini!

1. Menghemat pemakaian lipstick

Kenapa? Tentu saja karena warna bibir yang sudah merah (atau warna apapun yang sudah kita tentukan sebelumnya) yang sudah melekat secara rapi dari bangun tidur hingga tidur lagi – tidak peduli aktivitas apapun yang kita jalankan pada hari itu.

2. Menghemat waktu untuk berdandan

Warna bibir kita yang sudah cantik merona pasti sudah tidak butuh tambahan apa-apa lagi bukan? Nah kabar baiknya, kita bisa menggunakan waktu yang sebelumnya kita gunakan untuk urusan bibir sekarang bisa untuk urusan lainnya. Benar-benar hemat waktu!

3. Memperindah bentuk bibir

Seperti yang kita bicarakan sebelumnya, jika kita bisa meminta bentuk bibir yang kita inginkan pada dokter yang menangani proses sulam bibir – baik dibuat semakin kecil ataupun bervolume. At least, bentuk bibir kita akan semakin terlihat alami dan padat yang disertai dengan warna merah merona 🙂

4. Kelembaban bibir yang lebih terjaga

Pemberian scar cream setelah proses sulam bibir selesai bukan saja hanya mempercepat proses penyembuhan, namun juga menjaga kelembaban bibir kapan pun dan di mana pun tanpa perlu menggunakan pelembab atau lipstick untuk menjaga kelembaban bibir.

Sponsors Link

5. Membuat kita lebih terlihat cantik dan eksotis

Warna kulit wanita Indonesia yang cenderung sawo matang dibarengi dengan bibir yang merah merona? Siapa yang tidak melirik penampilan kita? Yup, penampilan kita yang lebih baik daripada sebelumnya ini tentu saja membuat kita lebih percaya diri dan membuat hari-hari kita lebih menyenangkan.

6. Membuat bibir tampak lebih cerah

Warna merah merona pada bibir membuat bibir kita tampak lebih cerah. Bukan hanya itu saja, penampilan bibir yang merah ini membuat kita tambah lebih segar dan awet muda.

7. Menyamarkan noda hitam pada bibir

Sering kali terdapat noda hitam pada bibir kita, entah karena kita merokok atau karena faktor lainnya, namun hal ini cenderung menurunkan rasa percaya diri kita. Dengan melakukan sulam bibir, tidak ada lagi noda hitam pada bibir kita dan warna bibir akan sama secara merata.

Baca juga:

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat sulam bibir sebagai salah satu bentuk perawatan bibir kita. Pilihan yang sangat menarik, bukan? Apa kalian sudah siap untuk melakukan perubahan dan menjadi lebih cantik daripada sebelumnya? 🙂

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kecantikan