Sponsors Link

15 Tokoh Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia Patut Diteladani

Sponsors Link

Menjadi tokoh perempuan paling berpengaruh di dunia mungkin tidak pernah terbersit dalam pikiran 15 wanita berikut ini. Tidak hanya cantik, mereka pun cerdas dan bijaksana, sehingga dapat menjadikan mereka sebagai para wanita tersukses dalam bidang yang ditekuni masing-masing. Siapa sajakah mereka?

ads

Baca Juga:

Tokoh Wanita yang Paling Berpengaruh di Dunia

Berikut adalah daftar perempuan paling berpengaruh di dunia yang bisa dijadikan teladan bagi para wanita saat ini:

1. Ruth Bader Ginsburg

Berkedudukan sebagai satu-satunya hakim wanita dalam tim Kejaksaan Tinggi Amerika Serikat saat ini, Ruth Bader Ginsburg telah membantu menciptakan lingkungan politik yang aman di Amerika Serikut. Di luar waktu kerjanya sebagai hakim, Ruth juga berpartisipasi dalam menciptakan keadilan hukum bagi wanita dengan aktif menyuarakan opininya tentang hal-hal sensitif seperti isu aborsi yang selalu merugikan wanita, penyalahgunaan hak kepemilikan senjata, dan masih banyak lagi. Atas jabatan yang dipegangnya saat ini, Ruth bisa dikatakan tidak hanya sebagai tokoh perempuan paling berpengaruh, namun juga paling berkuasa di dunia, ya.

2. Oprah Winfrey

Siapa yang tak kenal dengan tokoh perempuan yang satu ini? Oprah Winfrey sukses melambungkan namanya di jagad hiburan Amerika Serikat melalui penampilannya dalam acara talkshow miliknya, “Oprah”. Karirnya sebagai pembawa acara dimulai jauh sebelum ia muncul di TV. Sejak sekolah menengah, Oprah telah menjajal dunia broadcast dengan menjadi penyiar radio di sekolahnya. Ketika lulus, Oprah pun segera bergabung dengan perusahaan TV swasta, hingga akhirnya ia bisa memiliki program talkshow pagi rutin seperti sekarang. Oleh CNN dan Time, ia dinobatkan sebagai tokoh perempuan paling berpengaruh di dunia saat ini. Oprah telah menginspirasi jutaan orang melalui acara bincang-bincangnya dengan menghadirkan beragam tokoh-tokoh terkenal dunia untuk berbagi kisah hidup mereka pada penonton. Tidak hanya itu, melalui acaranya itu Oprah juga sering mendonasikan penghasilannya bagi mereka yang kurang beruntung, lho. (Baca Juga: Wanita Tercantik di Dunia , Cara Menjadi Wanita Sukses)

3. Hillary Clinton

Tokoh perempuan berikut yang tidak kalah terkenalnya dengan Oprah Winfrey adalah Hillary Clinton. Namanya semakin dikenal masyarakat dunia setelah keberaniannya untuk mencalonkan diri pada pemilihan presiden Amerika Serikat, menjadikannya lawan dari Donald Trump pada saat itu. Hillary telah membuat jejak panjang dalam karirnya sebagai politikus wanita di Amerika Serikat, diawali dari bergabungnya ia dengan tim senator hingga ia berhasil menjadi calon presiden Amerika Serikat waktu itu. Melalui momentum ini, Hillary ingin menginspirasi para wanita agar tidak pernah menyerah dalam menggapai mimpinya. Ia juga ingin mengajak para wanita sebanyak-banyaknya untuk tidak takut terjun dalam dunia politik.

Sponsors Link

4. Sonia Gandhi

Tokoh perempuan paling berpengaruh di dunia berikutnya datang dari India. Sonia Gandhi memiliki reputasi yang sangat bagus di India. Ia bekerja untuk dua organisasi penting di negaranya, sebagai pimpinan utama dari Kongres Nasional India sekaligus Aliansi Persatuan Pergerakan India. Karena posisi penting inilah, Sonia sangat dikenal di India. Kedua organisasi tempatnya bekerja tersebut mengurusi banyak hal berkaitan dengan rakyat kelas bawah di India. Sonia sempat dicalonkan untuk maju dalam pemilihan perdana menteri India, namun ia menolak tawaran tersebut dan lebih memilih untuk meneruskan pengabdiannya pada negara melalui 2 organisasi tersebut. Kepopuleran Sonia membuktikan pada dunia bahwa wanita pun mampu untuk terus menjalani niat baiknya melebihi ambisi politik semata.

5. Indra Nooyi

Indra Nooyi saat ini memegang peranan penting dalam melambungkan kembali popularitas PepsiCo, setelah bertahun-tahun lamanya selalu kalah saing dari CocaCola. Ya, Indra adalah CEO dari PepsiCo. Bergabung dengan perusahaan tersebut sejak tahun 1994, Indra kini sukses mengembalikan masa kejayaan PepsiCo melalui ide-ide ekonomi cerdasnya. Indra tidak hanya memfokuskan diri pada pengembangan PepsiCo secara finansial, namun juga pada sisi-sisi lain, seperti pembuatan lowongan pekerjaan, pembuatan makanan-makanan sehat, hingga pengurangan emisi buangan yang tidak ramah lingkungan.

6. Christiane Amanpour

Saat ini menjabat sebagai ketua konsultan internasional di CNN, Christiane Amanpour memulai sepak terjangnya di dunia jurnalistik sejak tahun 1990, saat meletusnya Perang Teluk. Christiane menarik perhatian dunia melalui keberaniannya dalam meliput berita perang dari zona-zona berbahaya. Christiane juga meliput berita perang lainnya, seperti pada Perang Dingin Jerman dan konflik panas Bosnia. Christinae selalu melaporkan kejadian dari lokasi-lokasi peperangan secara jujur dan lugas. Semua itu ia lakukan sebab dedikasi tingginya untuk dunia jurnalistik. Christiane menjadi simbol dari kekuatan dan keberanian seorang jurnalis wanita, bahkan di saat genting sekalipun.

7. Christina Fernandez de Kirchner

Christina Fernandez disebut-sebut sebagai tokoh perempuan paling berpengaruh di dunia oleh banyak media berita. Hal ini tentu saja ia raih atas keberhasilannya menduduki gelar orang nomor satu di Argentina, apalagi kalau bukan sebagai presiden. Meskipun Argentina tengah dirundung berbagai permasalahan politik internal dan ekonomi, namun Christina mampu membuktikan pada dunia bahwa seorang perempuan pun dapat menjadi pemimpin. Christina tak kenal lelah meningkatkan kekuatan ekonomi negara yang dipimpinnya agar dapat kembali seperti sedia kala.

8. Michelle Bachelet

Tokoh perempuan paling berpengaruh di dunia yang juga menempati posisi sebagai presiden adalah Michelle Bachelet. Ia mengatur jalannya pemerintahan Chile sejak tahun 2005 hingga habis masa jabatannya. Banyak perubahan revolusioner yang Michelle hasilkan, beberapa diantaranya adalah dalam bidang kesejahteraan wanita dan kondisi ekonomi serta politik nasional, yang memang diketahui banyak orang sebagai dua isu krusial negara berkembang tersebut.

(Baca Juga: Tips Menjadi Wanita Karir , Negara Dengan Wanita Tercantik Didunia)

ads

9. Yoani Sanchez

Hanyalah seorang penulis blog biasa, namun yang membuatnya dapat dikategorikan sebagai tokoh perempuan paling berpengaruh di dunia adalah karena keberaniannya mengkritisi kebebasan pers pemerintah Kuba. Ya, karena sistem sosialis negara tersebut, Yoani dan para penduduk Kuba selalu kesusahan untuk mengakses informasi dari luar. Dilatarbelakangi oleh problema ini, Yoani merilis sebuah situs bernama “Generacion Y” yang berisikan tulisan-tulisannya dalam membandingkan kondisi Kuba dengan negara-negara lain. Untuk melakukan hal ini, Yoani sampai harus sembunyi-sembunyi dari pihak pemerintahan agar tidak dipenjara. Walaupun melelahkan, namun usahanya membuahkan hasil manis. Kini rakyat Kuba sudah memiliki kebebasan berinternet, setara dengan banyak negara lain di dunia dengan hak serupa. Yoani pun dianugerahi penghargaan prestisius pada ajang jurnalisme yang diselenggarakan di Spanyol.

10. Mary McAleese

Nama Mary McAleese masuk dalam jajaran tokoh perempuan paling berpengaruh di dunia karena keterampilannya dalam memimpin Irlandia. Ya, sebagai presiden dari negara republik tersebut, Mary mampu mengembangkan perekonomian Irlandia jadi semakin kondusif lagi. Beberapa prestasi yang diraihnya selama menduduki posisi tersebut antara lain: peningkatan angka investasi domestik dan pertumbuhan ekonomi negara. Saat masa pemerintahannya, Irlandia bahkan menempati urutan kedua sebagai negara dengan penghasilan per kapita tertinggi di dunia.

Artikel Lainnya:

11. J.K. Rowling

Familiar dengan nama yang satu ini? Rowling adalah dalang dibalik kesuksesan mahakarya “Harry Potter”-nya. Telah menulis selama puluhan tahun, Rowling menjual 400 juta kopi di seluruh dunia dan memenangkan banyak penghargaan bergengsi, menjadikannya sebagai salah satu penulis paling berpengaruh di dunia sepanjang sejarah. Dari royalti penjualan yang didapatkannya, sebagian besar Rowling sumbangkan pada yayasan anak-anak dan juga pada yayasan yang didirikannya sendiri. Melalui karya-karyanya yang sebagian besar terinspirasi dari kisah nyata kehidupannya, Rowling ingin para pembaca dapat mengambil pelajaran dari tulisannya.

12. Cleopatra

Masih ingat dengan pelajaran sejarah? Nama tokoh perempuan yang mengubah peradaban dunia ini sering disebut-sebut sebagai perempuan paling berpengaruh, terutama pada jamannya. Cleopatra adalah penguasa terakhir Kerajaan Mesir. Sebagai seorang ratu, tantangan terbesarnya pada saat itu adalah melindungi tanah kelahirannya dari invasi Kekaisaran Romawi. Untuk mewujudkan hal tersebut, Cleopatra mengorbankan dirinya untuk dinikahi oleh dua tokoh paling berkuasa di Roma – Marc Anthony dan Julius Caesar.

13. Billie Jean King

Billi Jean King, atau yang akrab disapa Billi Jean, adalah pemain tenis profesional tingkat dunia berkebangsaan Amerika. Kiprahnya dalam dunia olahraga tak perlu diragukan lagi. Selama masa karirnya, ia berhasil membawa pulang 67 piala bergengsi. 20 diantaranya adalah piala kejuaraan Wimbledon. Billie Jean ingin membuka kesempatan bagi para wanita untuk dapat mewujudkan impian berkarir di bidang olahraga, sebab perempuan selalu dipandang sebelah mata dalam bidang tersebut.

14. Audrey Hepburn

Sepanjang hidupnya, aktris cantik bernama Audrey Hepburn membuat seluruh dunia mengenalnya melalui aktingnya yang luar biasa dalam banyak proyek film. Walaupun masa berkarirnya cukup singkat, namun Audrey meninggalkan kesan mendalam pada parapenggemarnya dengan kesederhanaan hatinya meskipun kehidupannya cukup glamor. Setelah mundur dari layar perak, Audrey lebih memilih untuk berkecimpung dalam bidang pelayanan sosial dan kemanusiaan bersama UNICEF, hingga akhir hayatnya.

Artikel Lainnya:

15. Malala Yousafzai

Malala Yousafzai dikenal dunia melalui tulisan kontroversialnya yang berani mengulik situasi mencekam di jalur Gaza. Tulisannya tersebut berasal dari kisah nyata yang terjadi pada dirinya setelah ditembak oleh tentara Taliban, yang ajaibnya ia selamat dalam peristiwa tersebut. Sejak saat itu, Malala mendedikasikan dirinya sepenuhnya dalam mewujudkan perdamaian dunia dan kesetaraan hak wanita, khususnya dalam bidang pendidikan.

Baca Juga:

Semoga daftar 15 tokoh perempuan paling berpengaruh di dunia yang kami susun khusus untuk pembaca KlubWanita ini dapat menginspirasi, ya.

, ,




Oleh :
Kategori : Karir dan Pekerjaan