Coba 4 Strategi Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Berikut Ini untuk Meramaikan Blog Anda

11

strategi-meningkatkan-trafik-pengunjung-blog

Jadi, Bunda sudah memutuskan untuk membuat blog sebagai pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga? Bagus, Bunda telah memilih cara menghasilkan uang dari rumah yang paling tepat untuk ibu rumah tangga merangkap wanita karier seperti Anda. Namun, supaya blog Anda tersebut berpeluang menghasilkan uang, Bunda tentunya wajib memperhatikan apa saja cara menghasilkan uang dari blog yang relevan dengan kriteria dan topik konten blog Anda.

Sayangnya, yang paling krusial dalam menentukan sukses atau tidaknya sebuah blog adalah seberapa banyak pengunjung yang datang dan meluangkan waktu untuk membaca konten blog Anda. Cara atau strategi meningkatkan trafik pengunjung blog yang paling mudah (di samping mempromosikannya pada teman dan kerabat) adalah dengan menemukan langkah yang tepat untuk meningkatkan penggunaan link atau tautan dari blog Anda pada blog atau situs lain yang tersebar di jagat raya Internet.

Juga disebut sebagai backlink, strategi meningkatkan trafik pengunjung blog yang satu ini dapat menjadi poin penting dalam mempermudah para pengunjung untuk menemukan blog Anda.

Namun, di samping backlink, masih ada banyak lagi strategi meningkatkan trafik pengunjung blog yang bisa Anda ikuti. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Ciptakan konten yang berkualitas

Menjadikan blog sebagai hobi yang berpotensi menghasilkan uang adalah satu keputusan yang bagus, namun akan lebih baik lagi jika Anda tidak sekadar memperlakukan blog Anda sebagai hobi semata, namun juga sebagai bisnis yang layak ditekuni secara profesional. Oleh karena itu, sebagai strategi meningkatkan trafik pengunjung blog yang pertama, Anda sebaiknya menerbitkan konten-konten yang berkualitas secara berkala untuk mulai menciptakan lebih banyak lagi backlink ke blog Anda.

Tulis sedikitnya 500 kata pada masing-masing konten blog Anda, dan pastikan bahwa konten tersebut tidak membosankan dengan memberikan sentuhan visual berupa gambar yang menarik dan informatif. Manfaat dari strategi meningkatkan trafik pengunjung blog yang pertama ini antara lain:

    • Orang-orang tertarik untuk menjadikan blog Anda sebagai sumber referensi,
    • Akan lebih mudah untuk menerapkan strategi meningkatkan trafik pengunjung blog berikutnya jika konten Anda layak untuk dibagikan.

2. Terbitkan konten Anda dalam format PDF

Bunda pasti tidak pernah terpikir untuk menerapkan strategi meningkatkan trafik pengunjung blog yang satu ini, ‘kan? Kalau begitu, tidak ada salahnya untuk melihat apakah trik ini bekerja atau tidak untuk blog Anda.

Ada banyak situs di luar sana yang memfasilitasi Anda untuk mengunggah dan membagikan dokumen dalam bentuk PDF. Ketika Anda menerbitkan file PDF Anda melalui situs-situs seperti Scribd dan Author Stream, Anda dapat menyelipkan beberapa link yang mengarah pada blog Anda jika di-klik. Strategi meningkatkan trafik pengunjung blog ini juga bagus untuk menunjukkan pada publik bahwa Anda memiliki otoritas atau kecakapan dalam membahas topik-topik yang termuat di blog Anda.

3. Buat kanal YouTube

Memulai karier Anda sebagai seorang vlogger adalah strategi yang cerdas untuk mempromosikan blog Anda. Jika Anda malu tampil di depan kamera, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Bunda dapat membuat slide show menarik yang mengulas tentang artikel yang pernah Anda muat di blog sebagai contoh. Agar tayangan Anda menarik perhatikan banyak orang, ikuti tips menjadi vlogger pemula yang akan membeberkan sejumlah rahasia bagaimana menjadi vlogger yang kreatif.

4. Kolaborasi dengan blogger lain

Meskipun Google tidak lagi menaruh perhatian besar pada trafik yang diperoleh melalui guest blogging, namun tidak Ada salahnya jika Bunda mencoba strategi meningkatkan trafik pengunjung blog yang satu ini.

Bunda dapat melakukan kolaborasi dengan blogger lain yang memiliki niche yang sama seperti blog Anda, dan menulis satu atau beberapa artikel pada blog tersebut sementara blogger tersebut juga melakukan hal yang sama pada blog Anda. Barangkali, blogger tersebut memiliki pamor yang lebih besar daripada Anda, maka ini adalah kesempatan terbaik agar orang-orang mulai mengenal Anda (dan blog Anda, tentunya) sehingga makin banyak pengunjung yang tertarik dengan blog Anda.

Tidak dipungkiri lagi, dengan mencoba satu atau bahkan mengkombinasikan keempat strategi meningkatkan trafik pengunjung blog di atas, maka Bunda akan mampu menarik banyak pengunjung baru pada blog Anda. Ingat, untuk menciptakan blog yang sukses pastinya membutuhkan waktu dan ketekunan yang tinggi. Namun, jangan pesimis, sebab hasil yang didapatkan nanti tentunya akan sepadan dengan usaha yang sudah Bunda keluarkan.