Inilah 8 Hobi yang Berpotensi Menghasilkan Uang Tambahan, Dijamin Untung!

28

Hobi yang Berpotensi Menghasilkan UangPernahkah kamu mengamati orang-orang yang menekuni hobinya dan sukses meraup keuntungan dari hobi tersebut? Seperti, merenda selimut, merajut syal, membuat website, dll? Apakah kamu bertanya-tanya dalam hati, bagaimana bisa ada orang yang punya hobi seperti itu?

Tapi, berlainan dengan rasa penasaran kamu, justru fenomena ini sepertinya jadi norma umum dalam masyarakat kita sekarang. Orang-orang mulai memutar otak untuk melakukan hal-hal kreatif supaya bisa mendapatkan uang, dan mereka serius menggeluti hobi tersebut. Dari omzet jutaan pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah ini, orang-orang berlomba mengumpulkan uang untuk melunasi hutang, sebagai simpanan untuk keperluan darurat, tabungan liburan, atau sekadar investasi untuk masa yang akan datang.

Tidak semua hobi memiliki peluang yang sama, namun ada banyak hobi yang berpotensi menghasilkan uang. Di bawah ini terdapat daftar dari jenis-jenis hobi yang berpotensi menghasilkan uang dan kemampuan apa saja yang dibutuhkan untuk menggeluti hobi tersebut.

1. Pengembangan website

Pengembangan situs atau website developer termasuk ke dalam tipe pekerjaan yang cocok untuk wanita masa kini, menurut kami. Di era serba canggih seperti sekarang ini, perusahaan atau bisnis mana yang belum meluncurkan situs pribadi sebagai wajah dari brand-nya?

Untuk menjadi seorang web developer, kamu nggak melulu dituntut harus memiliki skill yang luar biasa. Faktanya, kamu bisa ikutan kelas online yang mengajarkan step-by-step tentang web development, kemudian kamu bisa mencoba menawarkan jasamu untuk mengerjakan proyek sederhana bagi klien pertamamu yang bisa kamu temui dari website penyedia lowongan pekerjaan bagi freelancer. Mulailah dari situ dan terus asah kemampuanmu supaya semakin besar keuntungan yang bisa kamu raup nantinya!

2. Blogging atau menulis

Kalau kamu suka menghabiskan waktu dengan duduk menghadap layar komputer dan menjelajahi Internet demi menemukan hal-hal baru yang menarik perhatianmu, atau sekadar berbagi cerita pada teman di dunia maya, maka menulis blog adalah cara mendapatkan uang dari Internet yang cocok buatmu. Selama kamu menikmati proses mencari materi dan menyusun karanganmu itu untuk memuaskan para pembaca, kamu bisa menghasilkan rupiah dari blog dengan cara memasang iklan, mengikuti program afiliasi, atau sponsorship.

Tapi, proses yang repetitif ini bisa jadi cukup membosankan buatmu, dan kalau lama-kelamaan kamu mulai sering mengabaikan blog-mu, mungkin … cara mendapatkan uang di Internet untuk pelajar, mahasiswa, dan ibu rumah tangga (IRT) yang satu ini kurang tepat buatmu. Masih ada beragam jenis lain dari hobi yang berpotensi menghasilkan uang di bawah ini, lanjutkan membaca untuk mengetahui mana yang cocok buatmu.

3. Desain grafis

Faktanya, desain grafis adalah salah satu jenis jasa yang paling banyak dibutuhkan saat ini. Entah itu untuk bisnis skala kecil yang sedang mencari jasa pembuatan logo, atau wirausahawan manca negara yang membutuhkan bantuan untuk mendesain gambar blog, ada banyak orang yang bersedia untuk membayar graphic designer dengan harga mahal.

Kedengarannya mudah, namun pada kenyataannya persaingan di sektor ini sangat kompetitif. Tapi, kalau kamu mau bekerja keras dan tekun mengasah kemampuanmu supaya yang kamu hasilkan lebih menonjol dibandingkan worker lain, maka bukan hal yang mengherankan jika nantinya kamu berhasil menarik minat para employee.

4. Pembuatan aplikasi

Membuat perangkat lunak (software) dan aplikasi berbasis smartphone ataupun PC berpotensi menghasilkan uang dan mendatangkan keuntungan – yang sangat besar – bagi siapa saja yang mau mencoba. Kalau kamu punya ide untuk menjual aplikasi yang dapat membantu mempercepat sistem pekerjaan secara online, ada kemungkinan besar kamu bisa menambah pemasukan ke dompet kamu secara stabil di kesempatan yang akan datang. Kecintaanmu pada teknologi dan kemampuan problem-solving-mu yang mumpuni itu pada akhirnya terbayar sudah dengan harga yang setimpal.

5. Menyunting naskah (proofreading)

Apakah kamu sering dimintai tolong oleh teman-teman semasa kuliah untuk mengoreksi artikel ilmiah mereka yang super-duper berantakan strukturnya dan gaya penulisan yang tidak konsisten? Kalau kamu punya mata yang jeli dan bakat alami di bidang berbahasa, menyunting naskah bisa jadi pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga dan mahasiswa yang cocok buat kamu. Bonusnya? Kamu bisa menerima job darimana saja selama ada koneksi Internet tersambung ke tempatmu.

6. Membuat video tutorial

Daripada menghabiskan waktu dengan bersantai sambil menonton video-video receh di YouTube, cobalah cara mengisi waktu luang di rumah yang lebih menguntungkan.

Siapa saja bisa membuat video dan mengunggahnya ke YouTube, tapi tidak sembarang orang bisa membuat konten yang menarik. Semakin bagus kualitas kontennya dan grafisnya, maka semakin besar angka penayangan yang didapatkan nanti. Kalau kamu berkecimpung di bidang ini dan berprofesi sebagai YouTuber, kamu bisa memonetisasi videomu dengan menayangkan iklan, menawarkan jasa atau produk buatanmu sendiri, dan program endorsement bersama sponsor.

7. Seni dan kerajinan tangan

Kalau kamu punya sisi kreatif, ini bisa jadi keterampilan yang bisa menghasilkan uang di waktu luangmu. Kamu bisa memulai dari melakukan hobi kreatif dan artistikmu itu seperti melukis, membuat perhiasan, mengembangkan seni digital, membuat lilin handmade, atau membuat sabun handmade juga, dan segera raup keuntungan dari menggeluti hobi-hobi tersebut. Ambil semua yang sudah kamu buat, ikuti pameran atau bazaar kesenian, dan jadikan ini sebagai peluang bagus dari cara menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga dan pelajar/mahasiswa yang sangat menguntungkan! Atau, kamu bisa juga menjajakan hasil kreativitasmu itu secara online dengan menjualnya di marketplace atau membuka sendiri toko online-mu.

8. Belanja barang bekas

Berkali-kali membaca cara mengatasi kecanduan belanja barang-barang bekas yang masih cantik dan mengandung unsur estetika tinggi, tapi kamu tetap bandel dan kebiasaan burukmu itu tak kunjung berakhir juga? Saatnya memutar otak untuk menciptakan peluang dari hobi shopping jadi kegiatan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang. Kumpulkan barang-barang bekas bernilai tinggi itu dari segala sudut rumahmu dan jual kembali di website yang menerima barang-barang tersebut. Supaya keuntungannya makin besar, pastikan barang bekas yang kamu punya itu bebas noda, tidak ada goresan apalagi sobek.

Setelah memikirkan macam-macam hobi yang berpotensi menghasilkan uang di atas, kira-kira mana yang paling cocok untuk situasi dan kondisimu saat ini? Apapun pilihannya nanti, semoga ide-ide di atas bisa menginspirasimu untuk menambah penghasilan yang besar harapannya bisa membawa omzet besar ke depannya. Good luck!