Butuh Uang? Coba 8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Unik Ini

54

Cara Mendapatkan Uang dari InternetDaripada menggunakan Internet demi stalking Instagram mantan pacar, buang-buang waktu membaca status orang nggak dikenal di Facebook, apalagi mengisi kuis-kuis nggak jelas di Buzzfeed, mengapa kamu nggak mencoba 8 cara mendapatkan uang dari Internet yang terbilang cukup anti-mainstream di bawah ini? Nggak cuma cocok bagi pelajar ataupun mahasiswa, ide-ide kreatif ini juga bisa difungsikan sebagai kegiatan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang di waktu luang. Penasaran ada apa saja? Yuk, baca sampai habis, ya!

1. Ikut berpartisipasi dalam survei online

Cara pertama dalam daftar ini bisa digolongkan sebagai cara mengisi waktu luang di rumah terfavorit versi Klub Wanita. Mengapa? Karena selain jadi alternatif daripada menghabiskan kuota dengan melakukan hal-hal tidak bermanfaat, mengisi survei online bisa membawa pundi-pundi rupiah tambahan ke dalam kantongmu.

Perusahaan yang bergerak di bidang riset pasar atau riset pemasaran sewaktu-waktu mengumpulkan data atau minat dan kebiasaan belanja konsumen. Hal ini ditujukan supaya para produsen dapat mempelajari lebih lanjut tentang kriteria pasar dari produk-produk yang mereka jual. Kebanyakan dari riset ini dilakukan secara online dengan mengandalkan kuesioner daring. Kabar baiknya adalah perusahaan-perusahaan ini selalu reseptif dengan partisipan-partisipan baru. Artinya, mereka tak segan untuk membayar partisipannya demi membawakan hasil kuesioner yang diinginkan. Ya, dibayar!

Tertarik untuk mencobanya? Beberapa situs survey online yang jadi favorit para pencari rupiah yang bisa kamu cek antara lain Viewfruit dan Survey On.

2. Manfaatkan penawaran aplikasi cashback

Kamu suka belanja, tapi akhir-akhir ini kondisi keuanganmu sedang nggak bagus dan kamu harus putar otak mencari cara menghemat pengeluaran rumah tangga? Tenang, cara menghemat uang belanja mingguan nggak harus melulu tentang mengurangi jumlah uang belanja yang kamu keluarkan. Kamu tetap bisa belanja sambil memperkaya isi dompetmu, lho. Hah, mana mungkin?

Dengan memakai jasa cashback dari Shopback, kamu bisa belanja online lebih hemat dan dapatkan jaminan uang kembali hingga 30% setiap belanja dari nominal yang kamu yang bayarkan. Promo cashback ini ada kapan saja dan dimana saja toko online yang kamu tuju. Jadi, tiap kali kamu hendak membeli sesuatu dari marketplace incaranmu, jangan lupa untuk memasuki website Shopback terlebih dahulu, ya. Dengan begini, kamu bisa mendapatkan potongan harga untuk barang-barang yang seharusnya dijual dengan harga normal! Keren, ‘kan?

3. Buku rekening tabungan berbunga tinggi

Tahu ‘kan, tips menabung untuk ibu rumah tangga dan tips menabung untuk mahasiswa yang ada di luaran sana selalu menyarankanmu untuk menyerahkan semua uangmu di bank, tapi artikel-artikel tersebut tidak menjelaskan bank mana yang paling baik untuk mengembangkan finansialmu? Disini, kami jelaskan mengapa kamu harus menabung pada bank-bank ini karena persen bunga yang ditawarkan per tahun bisa membuatmu “gila”!

Bank Victoria Tabungan Bisnis menawarkan bunga tabungan untuk nasabah perseorangan yang jumlahnya sebesar bunga deposito! Dengan setoran awal 1 jutaan saja, kamu bisa “menumbuhkan” perputaran uangmu di bank hingga 6,50% per tahunnya! Atau, kalau kamu masih berstatus mahasiswa apalagi karyawan baru di kantor dengan gaji tak seberapa, kamu tetap bisa merasakan keuntungan dari menabung dengan bunga tinggi, kok. BRI Tabungan Britama Edisi Anak Muda didesain khusus sesuai gaya hidup anak muda dan dewasa awal. Tak cuma mendapat bunga 6%-10,2 % tahun, kamu juga berhak menerima asuransi kecelakaan gratis hanya dengan Rp100.000 saja untuk setoran awalnya!

Bagaimana? Tertarik untuk membuka rekening baru di salah satu bank tersebut sekarang?

4. Jadi penulis lepas (freelance writer)

Kalau kamu memiliki cukup banyak waktu luang di rumah, cobalah salah satu cara menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga dan pelajar/mahasiswa yang sedang tren di Indonesia belakangan ini. Yup, dengan menjadi penulis lepas alias freelance writer.

Perusahaan-perusahaan besar tak punya cukup waktu untuk mengurusi blog ataupun website mereka. Padahal, mereka butuh untuk mengembangkan media tersebut ibaratnya sebagai “wajah” atau image dari bisnis mereka. Nah, karena alasan inilah mereka mulai mempekerjakan orang dari luar yang berkemauan untuk menulis sesuai dengan permintaan atau kebutuhan mereka pada website atau blog tersebut. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan emas ini dengan menjadi freelance writer.

Jangan takut kalau kamu belum pernah mencicipi dunia penulisan semuanya. Bahkan, seorang penulis lepas terbaik pun sebelumnya juga mengawali karirnya dari dasar. Jadi, meskipun skill berbahasa atau menulismu kurang baik, tetap ada peluang bagimu untuk mendapatkan proyek menulis pertama. Kamu bisa memulai dari laman penyedia lowongan pekerjaan untuk freelancer seperti Projects.co.id dan Sribulancer.

5. Daftar sebagai website designer

Punya keahlian di bidang per-komputer-an dan memiliki selera seni yang tinggi? Kamu bisa menambahkan jutaan rupiah ke dalam kantongmu sekarang dengan berbekal 2 hal tersebut! Kok bisa? Cara mendapatkan uang dari Internet selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bakatmu itu dan menawarkan jasa mendesain website pada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. Jangan ditanya berapa, yang pasti hasilnya sangat menguntungkan, bahkan bisa mengalahkan gaji bulananmu jika kamu tekun dan giat berkecimpung dalam sektor ini!

6. Buat blog

Apa sih, jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah tanpa mengganggu jadwal kuliah ataupun bekerja dari jam 8-5 sore untuk wanita karir, yang meskipun dikerjakan sebagai hobi sampingan tapi tetap berpotensi menguntungkan? Blog adalah jawaban tepat dari pertanyaan ini. Dengan mengelola sebuah blog, kamu tak cuma punya kesempatan untuk menyampaikan isi hatimu pada seluruh dunia, tapi kamu juga bisa mendapat tambahan uang jajan melalui:

  • penjualan iklan di bilah samping blog
  • promosi produk afiliasi dan mendapatkan komisi penjualan
  • penjualan produk pernak-pernik tentang blog atau merchandise
  • dan banyak lagi lainnya!

Mulai buat blog sekarang. Caranya super gampang, hanya 10 menit dan kamu bisa langsung mengunggah tulisan pertamamu. Tapi, kalau kamu tidak sungguh-sungguh dalam mengembangkan konten menarik yang bisa menggaet minat para pembaca, akan sulit lho untuk mendapatkan uang dalam waktu singkat!

7. Coba bisnis dropshipping

Ini nih, salah satu ragam pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga yang paling digemari karena tidak perlu membutuhkan modal besar dalam proses awalnya. Cukup berbekal niat, koneksi Internet, dan smartphone, siapapun bisa menjalankan bisnis dropshipping. Kunci kesuksesan bisnis dropshipping ini terletak pada kemauan penggiatnya untuk jujur dan memberikan pelayanan terbaik pada para calon customer, serta menjual hanya produk-produk terbaik pula.

Tertarik memulai kerajaan bisnismu sendiri? Kamu bisa awali dengan mencari pelapak atau supplier terpercaya yang menawarkan kesempatan bisnis bersama dan menjual produknya pada dropshipper dengan harga bersaing. Jadi, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan!

8. Investasi dengan sistem peer-to-peer lending

Mungkin istilah ini masih cukup asing di telinga warga Indonesia. Tidak sepopuler investasi saham dan deposite, peer-to-peer lending (P2P) merupakan metode peminjaman uang melalui jaringan Internet.

Bedanya dari sistem peminjaman konvensional yang ada, dengan metode ini pihak peminjam diberi kurun waktu 30 hari sampai 6 bulan untuk melunasi pinjamannya ditambah bunga yang sudah dibebankan. Besaran bunganya mengacu pada tingkat bunga bank atau BPR. Dengan kata lain, peminjam tidak perlu membayar biaya administrasi atau tambahan apapun kepada penyelenggara pinjaman. Di samping itu, P2P juga sangat menjaga transparansi terselenggaranya pinjaman. Jadi, segala informasi yang ada terkait tunjuan pinjaman, profil peminjam, resiko investasi, kurun waktu pengembalian pinjaman, dll diberikan di awal dengan selengkap-lengkapnya supaya semua pihak merasa aman dan nyaman.

Berminat? Coba beberapa website penyedia layanan P2P ini untuk mendapatkan info lebih lanjut:

  • Amartha
  • Crowde
  • Koin Works
  • Investree
  • Danamas

Dari kedelapan cara mendapatkan uang dari internet super gokil yang ada di atas, mana yang termasuk tipe pekerjaan yang cocok untuk wanita sepertimu? You know yourself the best, tentunya. Jadi, apapun pilihan yang kamu ambil, semoga itu adalah langkah yang membuatmu jadi lebih kaya hari ini dibanding kemarin. Semoga sukses!