Inilah 8 Manfaat Kopi untuk Kecantikan, no. 8 Dijamin Bikin Kamu Terkejut!

710

Manfaat Kopi untuk KecantikanKopi adalah salah satu sumber nutrisi dan anti-oksidan yang berkhasiat bagi kecantikan rambut, kulit kepala, dan kulit secara keseluruhan. Kita bisa memanfaatkan kopi untuk beragam kegunaan seperti exfoliating, dalam treatment cara menghilangkan jerawat, melancarkan peredaran darah, serta menetralkan level pH kulit. Dalam artikel ini, Klub Wanita akan mengungkapkan 8 manfaat kopi untuk kecantikan tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki. Anda bisa menyimaknya untuk mengetahui lebih pasti bagaimana Anda bisa menggunakan kopi untuk meningkatkan kecantikan Anda.

  1. Exfoliation

Serupa dengan manfaat teh hijau untuk kecantikan, serbuk kopi berkhasiat untuk mengeksfoliasi kulit. Karena serbuk kopi tidak mudah larut dalam air, teksturnya sangat cocok dijadikan sebagai scrub alami yang ampuh mengikis habis sel-sel kulit mati. Hasil dari sebuah studi ilmiah pada tahun 2013 menyatakan bahwa substansi yang terkandung dalam kopi juga berdampak positif bagi kesehatan kulit. Asam kafein, yang termasuk ke dalam golongan anti-oksidan, meningkatkan produksi dan level kolagen serta mengurangi resiko penuaan dini. Asam ini juga memiliki materi anti-mikroba yang dapat melindungi kulit dari beragam kuman dan bakteri.

  1. Menghilangkan kantung mata

Kopi bisa Anda jadikan bahan utama untuk mencoba sendiri cara cepat hilangkan kantung mata secara alami. Kafein menstimulasi aliran darah serta melebarkan pembuluh darah sehingga kulit Anda secara otomatis akan terasa lebih kencang. Hasilnya? Kopi dapat mengurangi baik kantung mata ataupun mata panda yang mungkin sering Anda alami. Cobalah untuk mengoleskan kantung mata Anda dengan pasta yang terbuat dari bubuk kopi.

  1. Perlindungan dari sinar matahari

Poin utama dari manfaat sunblock untuk wajah berjerawat tentunya adalah melindungi kulit khususnya bagian yang berjerawat dari paparan sinar matahari yang dapat mengiritasi kulit. Dengan kopi, Anda bisa mendapatkan kebaikan tersebut. Kopi mengandung anti-oksidan, salah satunya adalah polifenol. Kandungan ini melindungi kulit dari sinar UV dan tanda-tanda penuaan dini yang disebabkan karena paparan sinar matahari. Seorang peneliti dari sebuah studi pada tahun 2015 menyimpulkan bahwa para partisipan yang tergabung dalam penelitian tersebut mengkonsumsi kopi lebih banyak daripada orang kebanyakan, menyebabkan mereka memiliki flek hitam lebih sedikit pada wajah, yang mana flek tersebut umumnya diakibatkan oleh seringnya kulit terpapar sinar matahari.

  1. Mengurangi selulit

Apakah persamaan antara cara menghilangkan selulit di betis, cara menghilangkan selulit di perut, dan cara menghilangkan selulit di bokong? Jawabannya adalah: ketiganya dapat dihilangkan dengan memanfaatkan serbuk kopi. Bagaimana bisa? Anda dapat mengetahuinya dari hasil penelitian kecil yang melaporkan bahwa produk penghilang selulit seluruhnya mengandung kafein dan beberapa bahan aktif lainnya yang sangat efektif dalam menghilangkan selulit membandel pada kulit. Jika Anda tengah mengalami masalah tersebut, Anda bisa menggunakan serbuk kopi segar sebagai scrub dan eksfoliator pada daerah terdampak selulit. Melalui proses ini, Anda tak hanya menghilangkan selulit, namun juga menghaluskan kulit serta melancarkan peredaran darah pada saat yang bersamaan.

  1. Treatment jerawat

Elin Ivana adalah salah satu beauty blogger Indonesia yang terkenal karena tulisan-tulisan inspiratifnya tentang perawatan kulit berjerawat yang diakui oleh para pembacanya sebagai cara-cara efektif untuk menghilangkan dan setelahnya merawat kulit berjerawat. Apa yang ia lakukan? Tak selalu mengandalkan produk perawatan yang bebas didapatkan di supermarket, Elin juga percaya dengan kekuatan alam. Salah satunya adalah mempercayai manfaat kopi untuk kecantikan, khususnya dalam merawat jerawat. Anti-oksidan dan asam klorogenik yang terkandung dalam tiap biji kopi merupakan senyawa alami anti-jerawat yang dapat Anda gunakan sebagai bahan scrub. Dengan demikian, pori-pori kulit bersih dari kotoran dan minyak berlebih serta sel-sel kulit mati dapat dengan mudahnya terkikis. Di samping itu, asam klorogenik bekerja secara efektif untuk mengurangi inflamasi dan melawan serang bakteri penyebab jerawat.

  1. Menghaluskan kaki

Tahukah Anda manfaat kopi untuk kecantikan berikutnya? Kopi rupanya berkhasiat juga untuk menghaluskan kaki, khususnya pada bagian telapak. Jika Anda memiliki kaki pecah-pecah, maka Anda harus segera mencoba beralih pada kopi dibanding produk perawatan kaki yang ada di pasaran. Serbuk kopi segar dapat berfungsi sebagai scrub yang mengikis habis sel kulit mati pada telapak kaki. Tak hanya itu, scrub ini juga mengaktifkan efek kafein bagi kulit, kemudian melancarkan aliran dan peredaran darah di bagian kaki. Untuk merasakan langsung manfaatnya, Anda dapat merendam kaki pada air seduhan kopi hangat dan menggosok telapak kaki yang kasar dengan serbuk kopi selama 10 menit sehari. Lakukan trik ini maksimal 2 kali dalam seminggu demi mendapatkan kaki mulus.

  1. Menyehatkan rambut dan kulit kepala

Ada beragam cara menebalkan rambut wanita, namun yang paling digemari adalah bagaimana caranya menebalkan sekaligus menguatkan rambut secara alami, tanpa kosmetik berbahaya? Triknya adalah dengan memanfaatkan kopi, bahan minuman yang dapat dengan mudah Anda temukan di rumah! Mengapa kopi bagus untuk menjaga kesehatan rambut? Pada dasarnya, rambut dan kulit kepala kita bersifat asam. Para ahli menemukan kadar keasaman rambut dengan mengandalkan skala pH. Semakin rendah pH-nya, maka semakin asam sifat zat tersebut. Jika kadar pH-nya di atas 7, maka zat tersebut bersifat basa. Rambut kita berada pada titik 3.67, sedangkan kulit kepala berada pada angka pH 5.5.

Apa yang terjadi jika Anda menggunakan produk perawatan rambut yang kadar pH-nya melebihi angka 7? Rambut akan mudah kusut, kusam, dan pastinya gampang rusak. Kopi bersifat asam, sehingga cocok dengan sifat rambut dan kulit kepala kita yang juga asam. Dinginkan rambut Anda dengan merendamnya pada larutan air bercampur kopi. Dengan begini, Anda bisa merasakan khasiat kopi yang secara natural akan menyehatkan rambut dan kulit kepala Anda.

  1. Pewarna rambut alami

Apabila rambut Anda rusak dan warnanya berubah kecoklatan, mengapa tidak mencoba memanfaatkan kopi sebagai pewarna rambut natural untuk mendapatkan rambut hitam legam yang berkilau sehat? Seduh kopi hitam dan sisihkan sebentar untuk menurunkan suhu panasnya. Tuang kopi ke dalam wadah besar dan ambil gelas serta shower cap. Tundukkan kepala Anda supaya sejajar dengan wadah berisi air kopi. Lalu, ambil air menggunakan gelas dan perlahan tumpahkan ke kepala Anda sehingga seluruh rambut basah sempurna. Uraikan masing-masing anak rambut supaya tidak bertautan dan tutup kepala dengan menggunakan shower cap. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi proses ini beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Biji kopi yang masih utuh, segar, dan berkualitas tentunya lebih bermanfaat dibandingkan kopi dalam kemasan ataupun kopi instan. Tapi, hasilnya bisa berbeda-beda tergantung pada masing-masing penggunanya. Jika Anda masih ragu apakah aman untuk menggunakan kopi dalam rangkaian produk perawatan Anda, harap menghubungi dermatologis terlebih dahulu. Tetapi, selama Anda merasa baik-baik saja ketika mengkonsumsi kopi baik secara oral maupun topikal, maka jangan pernah ragu untuk terus memetik manfaat kopi untuk kecantikan.