Sponsors Link

10 Cara Menghemat Uang Belanja Mingguan Paling Efektif

Sponsors Link

Cara menghemat uang belanja mingguan adalah informasi yang sangat dibutuhkan oleh ibu rumah tangga yang sering mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan keluarga. Belanja mngguan merupakan momen di mana seorang ibu rumah tangga melengkapi kebutuhan mingguan dengan membelinya. Biasanya kebutuhan mingguan ini mencakup kebutuhan makanan keluarga, kebutuhan uang jajan anak, dan berbagai kebutuhan lainnya. Lalu bagaimanakah cara seorang ibu rumah tangga dapat menghemat uang belanja mingguan? Informasi penting ini akan diberikan dalam beberapa daftar cara yang dapat anda ikuti. Masing-masing cara tersebut akan dijelaskan pada bagian berikutnya. Selamat membanca dan semoga dapat bermanfaat.

ads

Baca Juga:

Cara Efektif Menghemat Uang Belanja Mingguan

Tentu untuk dapat mengatur keuangan rumah tangga dan mencukupinya untuk menutupi semua kebutuhan, dibutuhkan cara dan kiat yang ampuh untuk dapat menghemat. Penghematan ini khususnya dilakukan untuk uang belanja. Bagaimana anda dapat menghemat uang belanja? Tentunya dengan mengikuti beberapa cara berikut ini.

  1. Membagi Kebutuhan Belanja dalam 7 Amplop Per Minggu dan 4 Amplop Per Bulan

Untuk dapat mengatur uang belanja mingguan, tentunya anda juga harus memperhatikan kebutuhan uang belanja bulanan. Seperti yang diketahui pemasukan lebih umum datang dalam jangka waktu bulan, maka pengeluaran pun harus dicukupkan untuk satu bulan. Agar lebih mudah anda dapat menyiapkan 7 amplop per minggu dan berikan tanggal untuk setiap amplop. Tentukan biaya apa saja yang perlu anda keluarkan di tanggal-tanggal tersebut. Bagi sesuai kebutuhannya. Jika sudah tercukupi semua sesuai tanggal dalam satu minggu, maka masukan ke dalam amplop yang lebih besar. Sisa dari semua uang yang telah dibagi adalah uang yang harus anda simpan.

Baca Juga:

  1. Menyimpan Bahan Makanan dengan Baik untuk Menghemat

Salah satu cara menghema uang belanja mingguan lainnya adalah dengan menyimpan bahan makanan. Jika anda bisa menyimpan bahan makanan dengan baik, maka anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Maksudnya adalah ketika ada kelebihan bahan makanan, anda dapat menghemat dengan tidak perlu membeli bahan itu lagi di minggu selanjutnya. Hanya untuk memastikan bahan tersebut masih layak digunakan, anda perlu menyimpannya dengan baik misal di lemari es dan dengan tempat kedap udara lainnya.

  1. Tidak Terpancing Membeli Karena Merek

Selain itu, seorang ibu rumah tangga harus tidak terpancing membeli hanya karena pengaruh merek. Merek tidak selalu menentukan kualitas dari suatu barang. Itulah sebabnya, cara menghemat uang belanja mingguan anda salah satunya adalah dengan tidak sembarang membeli. Jika memang anda membutuhkan barang tersebut, maka belilah barang yang anda perlukan dengan memperhatikan kualitas dan harga. Jika hanya karena merek, anda memutuskan membeli suatu barang maka wajar saja keuangan anda akan sulit untuk dikendalikan.

Baca Juga:

Sponsors Link

  1. Merencanakan Menu Mingguan dengan Baik

Satu lagi cara menghemat yang anda dapat lakukan adalah dengan merencanakan menu mingguan dengan baik. Dalam satu minggu setidaknya ada 21 waktu makan yang harus anda siapkan untuk keluarga anda. Buatlah menu untuk 21 waktu makan ini dengan mengkombinasikan bahan-bahan makanan yang sudah anda beli setiap minggunya. Aturlah bahan makanan ini secukupnya untuk kebutuhan makan 21 minggu. Jangan terbiasa membuang bahan makanan sisa, hanya karena anda tidak memiliki cara lain mengolahnya. Anda dapat mengkreasikan makanan semaksimal mungkin dengan terlebih dahulu merencanakan menunya.

  1. Menyimpan Semua Nota Belanja untuk Evaluasi

Jika anda dapat lebih mudah mengatur keuangan rumah tangga anda untuk belanja, maka anda perlu melakukan evaluasi. Evaluasi ini penting untuk menilai apakah cara belanja anda sudah cukup baik dan seimbang dengan pengeluaran yang anda harus targetkan. Apakah masih ada pengeluaran-pengeluaran yang seharusnya masih bisa ditunda, namun anda memaksakan diri membelinya. Berbagai informasi dari hasil evaluasi ini akan sangat membantu anda dalam membuat keuangan anda lebih hemat dan teratur. Penghematan pun dapat anda tabung untuk kebutuhan lain yang lebih tinggi urgensinya.

Baca Juga:

  1. Tidak Menggunakan Kartu Kredit Sembarangan

Satu hal yang sering membuat pengeluaran membengkak adalah kebiasaan menggunakan kartu kredit dengan tidak bertanggung jawab. Kemudahan yang ditawarkan kartu kredit dalam berbelanja memang sangat menggiurkan, belum lagi tambahan diskon yang mungkin didapatkan karena penggunaan kartu kredit ini. Namun, lagi-lagi anda tidak boleh terlalu mudah menggunakan kartu kredit tanpa pertimbangan panjang. Kebiasaan tidak baik inilah yang kemudian dapat membuat anda menjadi tidak bisa menghemat. Jadi, sebisa mungkin hindarilah penggunaan kartu kredit yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:

  1. Membandingkan Sebelum Membeli

Sebagai wanita dan ibu rumah tangga anda harus memiliki kemampuan membandingkan dengan baik. Jika anda mampu membandingkan beberapa barang, baik kelebihan dan kekurangannya sebelum membeli maka anda dapat menghemat banyak sekali uang belanja. Kebiasaan ibu rumah tangga adalah tidak ingin repot dan hanya ingin membeli segera yang dibutuhkannya. Padahal jika membandingkan dengan tempat lain atau mungkin merek lain, mungkin saja anda dapat membeli barang yang lebih berkualitas dengan harga sama, atau barang sama dengan harga yang lebih murah.

  1. Mencari Barang yang Diskon

Jika anda ingin lebih maksimal melakukan penghematan dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga anda, maka rajinlah mengecek diskon dan promo yang sedang berlaku. Beberapa tempat atau toko memiliki program kejutan diskon dan promo yang tidak mungkin anda ketahui, jika anda tidak memeriksanya dengan rajin. Bayangkan saja jika anda dapat menghemat hingga setengah harga dengan menggunakan kupon diskon. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah mencari diskon untuk menjadi cara menghemat uang belanja mingguan anda.

Baca Juga:

Sponsors Link

  1. Membeli Barang Bekas Kualitas Baru

Tidak dapat dipungkiri banyak sekali barang yang kita butuhkan, namun harganya terlalu tinggi. Itulah gunanya anda memeriksa keberadaan barang bekas. Barang bekas tidak berarti barang itu rusak. Jika anda beruntung mendapatkannya, bahkan mungkin kualitas barang itu masih sejajar dengan barang baru. Oleh sebab itu, lakukanlah penghematan salah satunya dengan membeli barang bekas yang memberikan kualitas seperti barang baru.

  1. Menyimpan Uang Sisa Belanja dengan Rutin

Terakhir, anda dapat menghemat tanpa anda sadari dengan menyimpan uang sisa belanja. Mungkin uang sisa belanja anda hanyalah uang receh yang tidak ada gunanya. Padahal jika anda rutin mengumpulkannya, maka mungkin saja uang tersebut dapat terkumpul dalam jumlah yang sangat besar. Oleh karena itu, berkomitmenlah untuk menyimpan uang sisa belanja anda dengan rutin.

Baca Juga:

Demikianlah tadi sekiranya 10 cara menghemat uang belanja mingguan yang dapat anda lakukan. Informasi ini diharapkan mampu membantu anda dalam menentukan cara-cara yang paling tepat untuk anda lakukan. Cara menghemat uang belanja minguan ini memang terlihat sederhana, namun sangat efektif manfaatnya untuk membantu anda menyimpan uang. Uang yang berhasil anda simpan ini pun kemudian dapat anda gunakan untuk membeli barang lain yang lebih anda butuhkan. Misalnya saja untuk membeli rumah dan juga alat-alat yang sudah rusak di rumah anda.

, ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick
Yuk Join KlubWanita

ig-halosehatgroup

Selain menyehatkan tubuh, ternyata cuka apel juga bisa digunakan untuk perawatan kulit loh. Yuk tonton videonya!

Klubwanita TV