Sponsors Link

20 Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan Cepat Paling Ampuh

Sponsors Link

Cara mengatasi nyeri haid tentu berbeda-beda menurut preferensi dari masing-masing individu. Namun, tidak ada salahnya untuk mengumpulkan berbagai informasi bermanfaat mengenai apa saja cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengatasi nyeri haid. Haid merupakan siklus rutin yang dialami wanita saat peluruhan dinding rahim terjadi. Siklus peluruhan ini tidak jarang menyebabkan rasa nyeri pada wanita yang sedang datang bulan. Nyeri ini pun dapat bermacam-macam jenis dan tingkat kesakitannya. Perbedaan itu bergantung pada wanita itu sendiri dan kestabilan hormonnya.

ads

Baca Juga:

Lalu apa sebenarnya yang menjadi alasan di balik terjadinya nyeri saat datang bulan ini? Nyeri saat haid ini merupakan akibat dari kontraksi otot rahim selama mengalami peluruhan dinding rahim. Peluruhan dan kontraksi yang cukup lama waktunya ini, yaitu sekitar 7-9 hari akan menimbulkan kurangnya pasokan darah seseorang. Pasokan darah yang terus menurun inilah yang menjadi faktor utama rasa nyeri terasa oleh wanita yang sedang datang bulan.

Cara untuk Mengatasi Nyeri saat Haid

Rasa nyeri tentu dapat mengganggu aktifitas dari wanita itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan strategi dan cara mengatasi nyeri haid yang sesuai untuk masing-masing individu. Berikut ini akan dibahas mengenai 20 cara untuk mengatasi nyeri haid. Setiap cara ini dapat anda coba untuk menemukan cara yang paling ampuh untuk anda, dalam mengatasi nyeri yang anda alami saat datang bulan.

  1. Konsumsi Minuman Pereda Rasa Nyeri Haid

Minuman untuk meredakan rasa nyeri saat haid banyak macamnya. Mulai dari jenis minuma seperti suplemen hingga minuman alami dari buah-buahan dan sayur-sayuran banyak yang bermanfaat untuk membantu meredakan nyeri haid anda. Konsumsilah satu jenis minuman suplemen di awal dan akhir siklus anda haid. Anda juga dapat menggantinya dengan konsumsi jus nanas, jus brokoli, jus pisang, dan lain sebagainya. Berbagai jenis minuman ini mampu meningkatkan kandungan vitamin, protein, dan zat nutrisi lainnya yang dapat membantu kamu mengatasi rasa nyeri haid tadi. Oleh karena itu, kamu dapat mencoba cara ini untuk mengatasi nyeri yang kamu alami. Jika ternyata ampuh, maka pilihan cara ini adalah cara yang harus kamu jadikan andalan.

  1. Konsumsi Obat Pereda Rasa Nyeri

Selain minuman pereda rasa nyeri, ada juga beberapa jenis obat yang mampu mengatasi nyeri saat haid ini. Namun, dalam penggunaan beberapa jeis obat pereda nyeri anda harus menggunakannya sesuai resep atau anjuran normal yang tercantum pada kemasan obat. Walaupun beberapa jenis obat ini dijual secara umum, anda harus tetap memastikan bahwa konsumsi obat yang anda lakukan sesuai dengan dosis yang wajar. Beberapa jenis obat pereda rasa nyeri yang dapat anda coba adalah OAINS dan kontrasepsi. Obat yang pertama yaitu OAINS merupakan obat yang dijual di pasaran dengan bebas, seperti ibuprofen dan juga aspirin. Jenis obat kedua adalah obat kontrasepsi, misalnya pil KB yang mampu menipiskan dinding rahim sehingga peluruhan dalam tubuh yang terjadi pun turut berkurang. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi obat ini sesekali dengan dosis yang cukup.

  1. Minumlah Air Hangat selama Menstruasi

Konsumsi dari minuman hangat diketahui merupakan salah satu cara mengatasi nyeri haid. Terdapat banyak jenis minuman hangat yang mampu menjadi terapi untuk mengatasi nyeri yang anda alami selama menstruasi. Salah satu minuman hangat yang paling sederhana untuk dikonsumsi adalah air putih hangat. Jika membosankan untuk dikonsumsi terus menerus anda dapat mengganti pilihan dengan kopi hangat ataupun teh hangat. Namun penting untuk diingat bahwa konsumsi kopi dan teh tidak boleh berlebihan. Hal ini hanya dapat menambah kesulitan anda dalam mengatasi rasa nyeri selama haid. Oleh karena itu, minumlah air hangat secara rutin dan pertimbangkan kandungan dari minuman hangat tersebut. Hindari konsumsi kafein yang terlalu tinggi saat sedang menstruasi. Salah satu alternatif lain adalah rendaman air lemon hangat untuk mengatasi nyeri haid anda.

Sponsors Link

  1. Lakukan Kompres Perut dengan Air Hangat selama Menstruasi

Kompres di bagian perut harus dilakukan dengan rutin untuk mengatasi rasa nyeri yang mengganggu anda. Terdapat dua jenis kompres yang sering dilakukan untuk mengatasi gangguan nyeri ini. Jenis yang pertama adalah kompres perut dengan air hangat. Letakkan botol berisi air hangat atau handuk yang direndam dalam air hangat di bagian perut bawah anda. Diamkan beberapa saat sambil memijatnya sesekali. Jika panas sudah berkuran, maka ulangi lagi hingga beberapa kali. Terapi menggunakan kompres air hangat ini dapat membantu kontraksi otot yang terjadi selama menstruasi menjadi lebih tenang. Suhu hangat dari air pun dapat membantu peredaran darah menjadi lebih lancar dengan melebarkan pembuluh darah anda.

Baca juga:

  1. Lakukan Kompres Perut dengan Air Dingin

Cara selanjutnya untuk mengatasi nyeri saat haid adalah dengan melakukan kompres perut dengan menggunakan air dingin. Jenis kompres yang kedua ini juga tidak kalah populer dengan kompres hangat. Kompres dingin dilakukan dengan menggunakan kantong es batu atau handuk yang direndam pada air es batu. Cara penggunaannya sedikit berbeda. Kompres dingin ini tidak hanya diletakkan pada perut bagian bawah saja, melainkan juga pada bagian-bagian lain yang nyeri. Hal ini kebalikan dari kompres hangat yang dapat membantu pembuluh darah menguncup. Kontraksi otot pun dapat dikurangi dan metabolisme kembali berjalan lancar. Perlu diingat kompres ini harus dilakukan dengan seksama, jika tidak akan menyebabkan sel mati dalam tubuh.

  1. Menjaga Pola Makan dengan Teratur

Pola makan yang teratur dapat membantu proses mengatasi nyeri selama menstruasi. Siklus menstruasi tidak dapat dipungkiri akan mempengaruhi mood seseorang, sehingga nafsu makan pun menjadi tidak karuan kondisinya. Nafsu makan dapat berkurang dan menyebabkan anda melewatkan jam-jam makan anda. Hal ini dapat mengakibatkan hal yang buruk bagi tubuh anda. Anda perlu memperhatikan jam-jam makan tersebut dan mengikutinya secara rutin. Selain itu, anda juga harus makan dalam porsi yang normal saja. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan selama menstruasi. Hal ini hanya akan menghasilkan obesitas. Oleh karena itu, aturlah pola makan anda dengan baik untuk dapat mengurangi rasa nyeri saat anda sedang menstruasi.

  1. Menemukan Posisi yang Nyaman saat Nyeri sedang Terasa

Saat sedang menstruasi selain rasa nyeri juga terdapat rasa pegal. Tentunya rasa pegal ini yang dapat membuat kemunculan rasa nyeri menjadi lebih besar. Salah satu cara untuk mengatasi nyeri dengan lebih efektif adalah dengan menemukan posisi idamanmu. Anda dapat mencoba posisi dengan kaki yang sedikit di angkat, ataupun mengganjalkan kaki tersebut di bagian indonesia. Banyak posisi lain yang dapat dicoba oleh wanita yang sedang menstruasi untuk merasa lebih baik. Salah satunya adalah dengan mencoba berbagai posisi yoga. Posisi yoga dapat membantu proses peredaran darah dan relaksasi yang lebih maksimal. Oleh karena itu, cobalah mengikuti yoga dan temukan posisi nyaman anda saat nyeri sedang terasa.

  1. Menggunakan Pakaian yang Nyaman dan Tidak Menyesak Tubuh

Cara lain untuk mengatasi nyeri saat haid adalah dengan menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat saat dipakai. Pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan seseorang menjadi sesak dan peredaran darah pun menjadi tidak lancar. Hal ini tentu menjadikan nyeri dapat menjadi lebih parah. Selain karena peredaran darah untuk mencukupi kekurangan di bagian lain menjadi terlambat, dapat juga disebabkan karena mood yang rusak akibat baju yang kekecilan. Oleh karena itu, saat sedang menstruasi berpakaianlah senyaman mungkin dan hindari penggunaan baju-baju yang hanya membuat sesak anda. Cobalah cara yang satu ini dan temukan apakah tepat dan sesuai dengan cara yang kamu harapkan.

Baca Juga:

  1. Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup merupakan kunci dan obat dari berbagai masalah. Termasuk juga dalam hal mengatasi nyeri saat sedang menstruasi. Sedikit orang yang menyadari bahwa kekurangan tidur pada diri seseorang dapat menyebabkan rasa nyeri yang muncul semakin menjadi. Oleh karena itu, ikutilah petunjuk ideal untuk tidur adalah di jam 9. Hindari tidur di atas jam 11 malam karena jika anda memiliki aktifitas di pagi hari, hal ini dapat menyebabkan kondisi anda semakin tidak fit dan nyeri haid menjadi semakin terasa. Jika anda tidak ada aktifitas di siang hari, maka sempatkan untuk tidur siang selama 30-60 menit. Hal ini baik untuk menghasilkan tubuh yang bugar kembali dan rasa nyeri saat haid pun dapat diminimalisir.

ads
  1. Mencoba Menunggingkan Posisi Tubuh

Beberapa posisi tubuh diketahui mampu mengurangi rasa nyeri ketika sedang haid. Termasuk juga posisi menungging. Posisi menungging ini ternyata dapat membuat posisi rahim menjadi tergantung ke arah bawah. Hal ini membuat proses peluruhan yang terjadi dengan kontraksi otot menjadi lebih rileks dan tidak besar rasa nyerinya. Akan tetapi, usahakan untuk memilih posisi ini ketika anda telah benar-benar merasa sakit tersebut sudah tidak bisa ditahan lagi. Jika masih bisa ditahan, maka janganlah lakukan posisi menungging in. Karna jika terlalu sering efeknya pun menjadi tidak baik untuk kesehatan.

  1. Konsumsi Ramuan dari Kunyit Asam

Kunyit asam merupakan sejenis ramuan yang dapat anda buat sendiri atau beli jadi di toko-toko jamu. Ramuan dari kunyit dan asam ini ternyata mampu mengatasi nyeri pada wanita yang sedang haid. Jika anda ingin membuat kunyit asam sendiri, maka anda dapat melakukannya dengan merebus kunyit secukupnya lalu tambahkan saringan air rebusan dengan asam jawa dan gula merah. Rebus kembali ramuan itu hingga mendidih dan dapat anda langsung konsumsi. Sebaiknya anda mengonsumsinya dalam kondisi masih hangat. Jika anda ingin membeli ramuan yang sudah jadi, maka anda tinggal menyeduhnya saja dengan air panas. Lalu tunggu hingga hangat dan dapat langsung anda konsumsi.

Artikel Lainnya:

  1. Konsumsi Jamu Pereda Rasa Nyeri

Jamu merupakan ramuan-ramuan tradisional yang diketahui dapat mengatasi berbagai macam permasalahan dan penyakit di dalam tubuh. Salah satu permasalahan tubuh yang dapat diatasi dengan menggunakan jamu  adalah rasa nyeri saat sedang menstruasi. Jika anda ingin membuat jamu sendiri untuk meredakan rasa nyeri, maka anda harus menyiapkan daun dewa dan kunyit. Kedua bahan ini merupakan bahan yang mampu meredakan rasa nyeri. Anda cukup mencampur kedua bahan dan merebusnya hingga mendidih. Saringlah air rebusan itu lalu konsumsi kita sudah hangat. Jika anda ingin membeli yang langsung jadi, maka anda tinggal menyeduhnya dan mengonsumsinya dengan mudah. Konsumsi jamu ini secara rutin saat sedang menstruasi.

  1. Jangan Tidur dalam Posisi Tengkurap

Tidur tengkurap merupakan tidur dengan posisi perut yang ditindih oleh berat badan secara keseluruhan. Keadaan ini dapat memperparah kondisi nyeri juga tubuh saat sedang menstruasi. Hal ini disebabkan oleh tekanan tubuh para bagian perut akan semakin besar, dan darah yang keluar pun akan semakin banyak. Nyeri pun akan semakin terasa ketika darah yang keluar semakin banyak jumlahnya. Oleh karena itu, hindarilah tidur dalam posisi tengkurap ini. Selain karena nyeri akan semakin terasa, resiko kebocoran saat sedang menstruasi pun dapat menjadi semakin tinggi. Lebih aman jika anda tidur dengan posisi telentang dan membebaskan perut anda dari segala tekanan.

  1. Rutin Melakukan Olahraga

Tubuh yang sehat akan menghasilkan siklus menstruasi yang sehat pula. Oleh karena itu, unuk menghasilkan siklus menstruasi yang sehat anda perlu rutin menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga. Tubuh yang kurang berolahraga akan menimbulkan banyak masalah. Termasuk juga masalah nyeri saat sedang menstruasi. Saat menjaga tubuh dengan berolahraga, anda dapat melakukan olahraga yang ringan-ringan saja seperti berjalan kaki ringan, bersepeda, berenang, berlari santai. Jenis-jenis olahraga tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh dan siklus menstruasi anda. Tidak perlu terlalu rumit dalam berolahraga dan tidak perlu terlalu lama juga. Olahraga selama 30 menit setiap harinya, sudah dapat memberikan banyak manfaat untuk anda dan kesehatan tubuh.

  1. Jangan Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Konsumsi rokok dan alkohol dapat semakin memperarah keadaan anda saat sedang menstruasi. Bahkan dalam keadaan biasa saja, rokok dan alkohol haruslah dihindari penggunaannya. Apalagi ketika sedang menstruasi. Keadaan tubuh yang sedang menstruasi tentu tidak sesehat keadaan sehari-hari dari seseorang. Oleh karena itu, jika konsumsi racun dari rokok dan alkohol tetap anda paksakan masuk ke dalam tubuh, maka nyeri saat haid dapat semakin kuat terasa. Hindarilah konsumsi rokok dan alkohol ini untuk mengatasi nyeri berlebihan yang mungkin anda alami. Semoga dengan mengurangi rokok dan alkohol, anda dapat semakin sehat dan siklus menstruasi anda juga dapat berjalan semakin lancar tanpa banyak gangguan.

  1. Mencoba Berbaring Beberapa Saat

Tanpa anda sadari, ternyata cara paling mudah untuk mengatasi nyeri yang dialami saat haid adalah dengan berbaring selama beberapa saat. Berbaring merupakan satu lagi posisi andalan untuk meminimalisir rasa nyeri yang anda rasakan. Membaringkan tubuh di atas permukaan kasur, dapat menenangkan rasa nyeri yang di beberapa bagian yang sering terasa nyeri. Bagian-bagian tersebut antara lain adalah bagian punggung, pundak, dan pinggang. Berbaring dapat menenangkan otot-otot tubuh di bagian tersebut, dan rasa nyerinya pun dapat semakin berkurang. Oleh karena itu, jika anda sedang merasakan nyeri maka segeralah mencoba berbaring selama beberapa saat hingga nyeri-nyeri tersebut berkurang rasanya. Sesekali tariklah nafas dalam-dalam untuk menambah pasokan oksigen yang akan membantu proses peredaran darah anda.

  1. Melakukan Pemijatan

Pijat merupakan salah satu cara untuk membuat otot-otot pada tubuh menjadi lebih rileks. Cara tradisional ini diketahui ampuh dan sangat direkomendasikan untuk mengatasi berbagai macam masalah otot. Termasuk juga rasa nyeri yang menjadi akibat dari kontraksi otot selama proses peluruhan dinding rahim. Pastikan untuk melakukan pijatan dengan hati-hati. Berikan pijatan halus di daerah perut bagian bawah. Lakukan gerakan memutar dengan menggunakan ujung-ujung jemai anda. Jangan terlalu kuat dalam memijat area perut bawah, hal ini dapat menimbulkan efek samping selanjutnya. Anda juga harus melakukan pemijatan satu arah untuk menghasilkan efek yang lebih efektif. Gunakanlah bantuan minyak urut, krim, ataupun minyak bayi untuk memberikan efek lebih tenang selama sedang melakukan pemijatan.

Sponsors Link

  1. Mandi dengan Air Hangat

Otot-otot tubuh yang sedang kontraksi selama menstruasi harus dibuat tenang dan rileks. Salah satu caranya adalah dengan mandi menggunakan air hangta. Air hangat dapat menstimulasi munculnya rasa nyaman dalam tubuh. Rasa nyaman ini yang akan mengirimkan sinyal agar otot-otot menjadi lebih rileks. Anda juga dapat mencampurkan berbagai aroma terapi untuk mendapatkan kesan nyaman yang lebih tinggi, dan rasa nyeri pun semakin dapat terkendali. Akan tetapi, jangan mandi dengan air hangat terlalu lama. Karena anda dapat mengalami dehidrasi berkepanjangan. Jika sudah cukup nyaman dan rileks, maka anda dapat langsung membersihan tubuh da kembali beraktifitas. Hal ini cukup efektif untuk menjadi cara mengatasi nyeri haid anda.

Artikel Lainnya:

  1. Menghindari Stress

Stress merupakan keadaan pikiran yang tertekan oleh berbagai macam tanggung jawab yang tidak terselesaikan. Keadaan stress ini mampu memicu nyeri yang lebih parah saat haid. Oleh karena itu, hindarilah stress selama anda sedang menstruasi, ataupun setiap saat dalam hidup anda. Stress tidak mendatangkan manfaat dan penyelesaian, hanya akan menambah masalah. Anda harus bijaksana dalam memikirkan cara-cara untuk menghindari diri anda dari tekanan stress. Anda dapat menjadwalkan liburan untuk anda ataupun kepuasan pribadi yang anda ketahui dapat membuat anda senang dan tidak lagi tertekan oleh stress. Jika anda sudah tidak lagi stress, maka nyeri saat menstruasi pun akan terasa semakin berkurang.

  1. Mengonsumsi Cokelat

Cokelat merupakan makanan yang diketahui dapat merangsang keluarnya hormon bahagia dalam diri seseorang. Jika hormon ini telah keluar, maka stress pun akan hilang dan kondisi perasaan pun akan semakin baik. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang menstruasi dan merasakan nyeri yang tidak tertahankan maka konsumsilah cokelat. Cokelat dapat mengalihkan perhatian anda dari rasa nyeri ke hal-hal lain yang lebih membahagiakan. Hal ini diakui efektif dan sangat disarankan untuk dicoba. Selain karena mudah dilakukan, cara yang satu ini juga populer dikalangan masyarakat saat ini. Jadi tunggu apalagi, cobalah cara mengonsumsi cokelat untuk mengatasi nyeri yang anda alami selama menstruasi.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi nyeri haid yang dapat anda coba. Nyeri haid tentunya sangat mengganggu anda dalam beraktifitas dan kegiatan lainnya. Namun, anda tidak boleh menyerah dan menjadi lemah. Cobalah beberapa cara di atas untuk menemukan cara andalan anda dalam mengatasi nyeri haid. Tersebut. Jika sudah, maka anda kemudian dapat beraktifitas kembali dengan penuh semangat dan ceria. Selamat mencoba!

, , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan