Sponsors Link

24 Cara Mencegah Keputihan yang Tidak Nyaman

Sponsors Link

Cara mencegah keputihan merupakan informasi yang banyak dibutuhkan oleh wanita saat ini. Keputihan memang merupakan masalah yang sering membuat wanita menjadi khawatir dengan kesehatannya. Hal ini sering juga menjadi beban pikiran setiap wanita mengenai apa latar belakang yang menyebabkan keputihan tersebut dapat terjadi. Penyebab keputihan tersebut sangat banyak. Mulai dari penyebab-penyebab alami ataupun penyebab-penyebab yang didasarkan oleh penyakit dapat menyebabkan keputihan terjadi.

ads

Baca Juga:

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan keputihan, maka perlu dilakukan beberapa cara untuk mencegah keputihan yang dapat dilakukan. Upaya melakukan pencegahan terhadap keputihan yang mengganggu dapat dilakukan dalam beberapa cara. Misalnya cara pencegahan alami atau juga cara pencegahan medis dapat dicoba. Simaklah daftar cara untuk mencegah keputihan yang akan dibahas di bagian berikut ini.

Cara Mencegah Keputihan yang Tidak Nyaman

Berikut adalah tips tips bagaimana cara mencegah keputihan membandel:

  1. Tidak Melakukan Hubungan Seksual secara Bebas

Hubungan seksual secara bebas merupakan salah satu penyebab keputihan yang paling sering dialami oleh seseorang. Seperti yang mungkin sudah umum diketahui, melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan sangat tinggi resiko penyebaran penyakitnya. Penyebaran penyakit ini pun turut juga menyebarkan virus, bakteri, jamur yang menyebabkan terjadinya keputihan dari pasangan. Oleh karena itu, memiliki komitmen hubungan seksual dengan satu orang merupakan cara terbaik untuk mencegah penyebaran dari penyebab keputihan yang satu ini. Melakukan hubungan seksual hanya dengan satu orang pun menjamin bahwa jika pasangan anda bersih dari penyakit, pun anda dapat terhindar dari ancaman penyakit (termasuk keputihan). Itulah mengapa hubungan seksual secara bebas sangat dicegah dan dilarang praktiknya.

  1. Mengonsumsi Sayuran Hijau

Salah satu cara untuk mencegah keputihan yang cukup ampuh untuk dilakukan adalah dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau. Penyebaran penyakit sangat bergantung pada kondisi tubuh seseorang. Keputihan sebagai akibat dari penyebaran virus, bakteri, dan jamur dpaat dicegah jika kondisi tubuh anda fit dan bugar. Hal ini dapat anda pastikan dengan tetap menjaga kesehatan tubuh anda melalui konsumsi makanan sehat untuk tubuh anda. Salah satu jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan melindunginya dari penyakit adalah sayuran hijau. Sayuran hijau diketahui memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang terjaga ini dapat mencegah penyakit-penyakit dan pengaruh virus, jamur, dan bakteri tidak dapat menjangkiti tubuh manusia.

Baca Juga:

  1. Menggunakan Pakaian Dalam dengan Bahan Nyaman

Cara untuk mencegah keputihan selanjutnya dapat dilakukan dengan memperhatikan bahan pakaian dalam yang anda gunakan. Pakaian dalam dapat terbuat dari berbagai macam bahan. Tahukah anda bahwa bahan-bahan tersebut akan mempengaruhi tingkat kelembaban dari organ reproduksi anda? Pakaian dalam yang daya serapnya kurang baik, akan menyebabkan organ reproduksi menjadi lembab dan pH murninya tidak dapat terjaga. Keadaan organ reproduksi yang lembab ini yang kemudian dapat menyebabkan pengembakbiakan jamur dan bakteri menjadi lebih subur. Tidak dapat dicegah lagi keputihan pun menjadi subur datangnya. Oleh karena itu, pilihlah pakaian dalam dengan bahan yang nyaman dan memiliki daya serap yang baik. Salah satu bahan pakaian dalam yang menjadi rekomendasi adalah pakaian dalam berbahan katun.

  1. Menggunakan Pakaian Dalam yang Bersih

Selain memilih bahan pakaian dalam yang nyaman, menjaga pakaian dalam yang dikenakan tetap bersih pun penting untuk dilakukan. Seperti diketahui, pakaian dalam harus selalu diganti minimal 3 kali dalam satu hari. Memastikan pakaian dalam selalu dalam keadaan bersih merupakan cara untuk mencegah keputihan yang banyak disebabkan oleh bakteri akibat pakaian dalam yang kotor. Pakaian dalam sangat mudah kotor dan lembab akibat buang air kecil dan aktivitas berkeringat lainnya. Itulah sebabnya, seorang wanita harus rajin memastikan bahwa pakaian dalamnya selalu terjaga kebersihannya. Jika sudah terlalu lembab, maka lebih baik anda segera mengganti pakaian dalam anda. Oleh karena itu, siapkanlah beberapa pakaian dalam cadangan saat anda beraktivitas dan berpergian.

Sponsors Link

  1. Menjaga Vagina tetap Bersih

Selain menjaga pakaian dalam tetap bersih, yang paling penting adalah tetap menjaga vagina anda dalam keadaan bersih. Wanita yang memiliki banyak aktivitas di luar, akan sangat wajar khawatir dalam memastikan vaginanya tetap dalam keadaan bersih. Seperti diketahui, wanita yang padat aktivitas luarnyanya sering perlu menggunakan kamar mandi umum. Keberadaan tempat buang air kecil umum ini tidak dapat dijamin kebersihannya. Itulah sebabnya, wanita harus  memberikan perhatian lebih dalam menjaga kebersihan vaginanya. Misalnya yang perlu diperhatikan adalah di tempat umum, toilet sering tidak tersedia tisu. Olehkarena itu, siapkanlah tisu anda sendiri. Belum lagi jika toilet di tempat itu tidak bersih, maka tidak jarang wanita lebih memilih untuk menahan untuk buang air kecil. Hal ini tidak disarankan, lebih baik anda menyiapkan plastik untuk menjadi alas duduk anda saat buang air kecil.

Baca Juga:

  1. Menjaga Vagina tetap Kering

Selanjutnya, cara untuk mencegah keputihan terjadi adalah dengan menjaga vagina tetap kering selama beraktivitas. Yang penting untuk diperhatikan adalah kebiasaan setelah buang air kecil. Wanita harus memastikan vagina selesai buang air kecil telah dibasuh hingga kering. Jika tidak, maka vagina akan lembab dan bakteri penyebab keputihan dapat lebih mudah berkembang. Itulah sebabnya anda lebih baik menggunakan toilet kering dengan tisu dibangdingkan harus menggunakan alat penyemprot dan toilet basah tanpa tisu. Pemilihan bahan pakaian dalam yang mudah menyerap keringat pun dapat dijadikan alat untuk memastikan vagina anda tetap kering.

  1. Membilas Vagina dari Depan ke Belakang

Dalam menjaga vagina bebas dari keputihan, kebiasaan sederhana seperti cara membilas vagina dengan benar perlu untuk dibiasakan. Setelah buang air, wanita sering memiliki kebiasaan yang tidak baik yaitu membilas dari belakang ke depan. Hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan, karena bakteri dari bagian belakang dapat masuk ke dalam rongga vagina di bagian depan. Oleh karena itu, gunakanlah alat pembilas yang menyiram bagian vagina anda dari bagian depan hingga ke belakang. Hal ini akan memastikan tidak ada bakteri yang tertinggal di rongga vagina anda.

  1. Rajin Mengganti Pembalut

Kebiasaan sederhana namun sangat bermanfaat sebagai cara untuk mencegah keputihan adalah kebiasaan mengganti pembalut. Kondisi pembalut yang sudah penuh namun tidak diganti sangatlah tidak baik untuk kesehatan organ reproduksi anda. Pembalut yang tidak diganti tersebut merupakan sarang penyebaran bakteri, jamur, dan virus penyebab keputihan. Itulah sebabnya anda harus rajin mengganti pembalut yang anda gunakan saat sedang menstruasi. Standar penggantian pembalut dalam satu hari adalah per 5-6 jam. Jika melebihi waktu itu, biasanya pembalut sudah sangat kotor dan sangat riskan menjadi penyebab keputihan menjangkiti wanita.

  1. Memilih Pembalut yang Terbuat dari Kapas

Selanjutnya, selain rajin mengganti pembalut anda pun harus memilih bahan dari pembalut yang anda gunakan. Pembalut yang terbuat dari kapas diketahui dapat meminimalisir perkembangan bakteri dan jamur penyebab keputihan pada wanita. Kapas pun lebih cepat menyerap darah haid sehingga lebih nyaman digunakan. Pemilihan pembalut ini sering dianggap sepele oleh banyak wanita. Padahal pemilihan pembalut yang tepat dapat mengurangi resiko penyakit organ reproduksi yang sangat banyak. Salah satu ciri-ciri pembalut yang baik pun adalah pembalut yang tidak memiliki bau wangi menyengat. Saat ini sudah banyak pembalut yang aman dan baik untuk organ reproduksi, walaupun harganya masih sedikit lebih mahal dibanding pembalut umumnya.

ads
  1. Tidak Menggunakan Sabun Berbahan Kimia untuk Membersihkan Vagina

Sabun pembersih vagina sangat banyak diperjualbelikan saat ini. Propaganda mengenai manfaatnya untuk menjaga kebersihan vagina banyak disalah artikan oleh masyarakat. Padahal sabun pembersih vagina ini mengandung bahan kimia yang dapat mengganggu pH murni organ reproduksi wanita. Oleh karena itu, penggunaan dari produk sabun pembersih vagina ini sangat dilarang. Lebih baik membersihkan vagina dengan cara-cara tradisional, daripada membersihkan dengan produk berbahan kimia yang dapat menyebabkan keputihan.

Baca Juga:

  1. Tidak Menggunakan Bahan Kimia untuk Berhubungan Seksual

Cara untuk mencegah keputihan selanjutnya adalah dengan menghindari kebiasaan buruk dalam berhubungan seksual. Perkembangan preferensi menyimpang dalam berhubungan seksual sudah semakin luas penyebarannya. Penggunaan bahan-bahan kimia untuk berhubungan seksual pun banyak digunakan saat ini. Tidak banyak disadari oleh para penggunanya bahwa bahan kimia untuk berhubungan seksual sangat berbahaya. Penggunaan bahan kimia ini sangat berbahaya untuk menjaga pH murni organ reproduksi wanita.Oleh karena itu, jangan menggunakan bahan kimia untuk berhubungan seksual. Lakukanlah hubungan seksual dengan normal dan tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya untuk kesehatan.

  1. Rajin Mengonsumsi Jus Lemon

Jus lemon merupakan salah satu makanan yang konsumsinya bermanfaat sebagai cara untuk mencegah keputihan. Seperti diketahui lemon memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk mengusir bakteri dan mencegah perkembangannya. Lemon pun mudah untuk didapatkan dan terjangkau harganya. Anda hanya cukup memberikan waktu luang untuk menyiapkan jus lemon setiap harinya. Konsumsilah jus lemon minimal dua kali sehari dan rasakan manfaatnya untuk mencegah keputihan terjadi pada organ reproduksi anda.

  1. Rajin Mengonsumsi Bawang Putih

Cara untuk mencegah keputihan dengan aman pun dapat dilakukan dengan memanfaatkan bawang putih. Bawang putih diketahui merupakan bahan  makanan yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti diketahui, keputihan merupakan keadaan yang disebabkan oleh perkembangan bakteri dan jamur penyebab keputihan. Jika kekebalan tubuh anda akan penyakit sangat tinggi, maka perkembangan bakteri dan jamur keputihan ini pun dapat dicegah. Oleh karena itu, anda dapat mengonsumsi bawang putih dalam konsumsi makanan anda sehari-hari. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah keputihan datang mengganggu. Cara lain adalah dengan meletakkan tumbukan bawang putih di atas vagina untuk mengusir bakteri keputihan dan mematikannya secara permanen. (Baca Juga: Menstruasi Tidak Teratur , Penyebab Haid Tidak Lancar)

  1. Rajin Mengonsumsi Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih merupakan bahan alami yang diketahui bermanfaat untuk mencegah keputihan terjadi. Manfaat dari daun sirih ini sebenarnya bukan hal baru lagi, melainkan banyak orang-orang tua yang sudah merasakan dan mencoba sendiri manfaatnya. Pertama, daun siri dapat direbus untuk kemudian diambil air rebusannya. Air rebusan ini dapat anda minum secara rutin untuk mengusir bakteri-bakteri serta jamur yang menyebabkan keputihan terjadi. Pembasmian bakteri dan jamur ini dilakukan melalui salur pembuangan. Anda tidak perlu khawatir mengenai efek samping dari penggunaan daun sirih, sampai saat ini belum ditemukan efek samping dari konsumsi daun siri oleh wanita. Itulah mengapa banyak produk pembersih vagina yang menyebutkan daun sirih sebagai salah satu bahan dasar pembuatannya.

  1. Membersihkan Vagina dengan Uap dan Air Rebusan Daun Sirih

Selanjutnya, pemanfaatan daun sirih sebagai cara mencegah keputihan juga dapat dilakukan dengan cara lain selain dikonsumsi. Daun sirih yang sebelumnya telah direbus hingga mendidih dapat dimanfaatkan air maupun uapnya untuk membersihkan vagina wanita. Dalam pemanfaatan air rebusan daun sirih untuk membersihkan vagina dapat dilakukan dengan mandi menggunakan air tersebut. Mandi menggunakan air rebusan daun sirih dapat difokuskan untuk membersihkan bagian alat reproduksi. Sedangkan pemanfaatan uap dari air rebusan daun sirih dapat digunakan untuk cara lainnya. Anda dapat duduk di bangku yang berlubang dengan menaruh rebusan daun sirih di bawahnya. Uap tersebut kemudian harus diarahkan tepat ke arah vagina untuk mengusir bakteri serta jamur penyebab keputihan.

  1. Mengurangi Konsumsi Timun

Salah satu cara mencegah keputihan yang kurang diketahui oleh masyarakat adalah dengan menghindari konsumsi makanan yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Salah satu jenis makanan peningkat suhu tubuh tersebut adalah timun. Timun diketahui merupakan makanan yang jika dikonsumsi akan meningkatkan suhu tubuh, sehingga jamur dan bakteri penyebab keputihan pun dapat lebih mudah berkembangbiak. Oleh karena itu kurangilah konsumsi timun, atau lebih baik benar-benar hindari konsumsinya. Hal ini kemudian dapat menjaga organ reproduksi anda tetap sehat dan bebas dari keputihan.

Baca Juga:

  1. Mengurangi Konsumsi Nanas

Satu lagi makanan yang dapat meningkatkan suhu tubuh dan menyebabkan terjadinya keputihan adalah nanas. Oleh karena itu, konsumsi buah ini pun harus dikurangi. Hal ini disebabkan oleh nanas yang memiliki kandungan untuk meningkatkan suhu tubuh dan suhu tubuh yang meningkatkan memudahkan bakteri serta jamur yang menyebabkan keputihan lebih mudah berkembang biak. Mengetahui fakta ini, itulah mengapa wanita disarankan untuk tidak mengonsumsi nanas terutama di masa-masa pra dan post menstruasi. Konsumsi nanas akan meningkatkan produksi keputihan pada organ reproduksi wanita tersebut.

  1. Mengonsumsi Yodium dengan Cukup

Konsumsi yodium yang cukup merupakan satu lagi cara untuk mencegah keputihan menyerang seorang wanita. Seperti yang sudah beberapa kali dijelaskan di bagian sebelumnya, keputihan hanya dapat terjadi ketika kekebalan tubuh seseorang memang sedang lemah. Itulah mengapa jamur dan bakteri serta virus penyebab keputihan dapat menyebabkan keputihan pada organ reproduksi wanita anda. Untuk itu, anda harus selalu memastikan tubuh anda fit dan tidak mudah terkena penyakit. Salah satu caranya adalah dengan mencukupi kebutuhan yodium dalam tubuh anda. Kebutuhan yodium ini dapat dicukupi dengan mengonsumsi garam misalnya. Itulah sebabnya, mengonsumsi garam sangat baik untuk kesehatan walau terkadang untuk beberapa oknum tertentu dapat meningkatkan tekanan darah.

  1. Mengonsumsi Banyak Air Putih

Konsumsi air putih dengan mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh juga diketahui dapat membantu mencegah keputihan menyerang. Hal ini sebenarnya cara untuk mencegah keputihan yang paling sederhana, sayangnya banyak disepelekan oleh banyak orang. Konsumsi air putih sering dilupakan sehingga kebutuhan air untuk metabolisme tubuh pun menjadi terganggu. Itulah mengapa kondisi pH murni organ reproduksi wanita dapat terganggu. pH yang tidak sesuai dengan standar normal ini menyebabkan vagina menjadi tempat perkembangbiakan bakteri dan jamur penyebab keputihan. Oleh karena itu, dibutuhkan konsumsi air putih yang cukup untuk mencegah keputihan datang menyerang.

Baca Juga:

  1. Mengonsumsi Air Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah khas Indonesia yang baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Kandungan jahe diketahui mampu mencegah radikal bebas dan perkembangan  berbagai jenis bakteri dalam tubuh manusia. Salah satunya adalah untuk mengusir bakteri penyebab keputihan. Anda hanya perlu merebus jahe dan kemudian mengonsumsi air rebusan jahe tersebut secara rutin. Air rebusan jahe ini sangat ampuh mengusir penyebab keputihan dan mencegah keputihan terjadi. Untuk memudahkan konsumsi air jahe ini silahkan campurkan dengan madu atau gula batu untuk menambah nikmatnya.

Sponsors Link

  1. Mengonsumsi Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan yang konsumsinya bermanfaat sebagai cara untuk mencegah keputihan. Seperti diketahui yogurt memiliki kandungan bakteri baik dan nutrisi yang baik untuk mengusir bakteri penyebab keputihan dan mencegah perkembangannya. Yogurt pun mudah untuk didapatkan dan terjangkau harganya. Anda hanya cukup memberikan waktu luang untuk menyiapkan yogurt untuk konsumsi setiap harinya. Konsumsilah yogurt minimal dua kali sehari dan rasakan manfaatnya untuk mencegah keputihan terjadi pada organ reproduksi anda.

  1. Melakukan Olahraga Yoga

Cara untuk mencegah keputihan selanjutnya dapat dilakukan dengan melakukan olahraga yoga secara rutin. Yoga merupakan olahraga populer yang banyak membantu proses penyeimbangan hormone dalam tubuh wanita. Kondisi hormone yang seimbang ini diketahui mampu mencegah keputihan terjadi, karena hormone yang seimbang akan mencegah keputihan akibat stress terjadi pada seorang wanita. Jika memungkinkan lakukan olahraga yoga dengan rutin. Anda bisa mengikuti pelatihan rutin dengan trainer ataupun melakukan olahraga yoga sendiri di rumah. Yang anda butuhkan terutama adalah niat dan komitmen. Karena setiap olahraga sulit untuk dilaksanakan jika tidak kemauan.

Baca Juga:

  1. Menggunakan Panty Liner

Keputihan yang tidak nyaman pun dapat anda cegah dengan memanfaatkan penggunaan panty liner. Panty liner merupakan alat untuk menjaga kesehatan organ reproduksi yang sudah populer dan banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Penggunaan dari panty liner ini diketahui sangat baik untuk menjaga kondisi pH normal rongga vagina. Jika kondisi pH murni organ reproduksi tidak dapat terjaga, maka perkembangan bakteri serta jamur penyebab keputihan dapat meningkat. Akan tetapi anda disarankan untuk memilih panty liner yang terbuat dari bahan kapas murni. Hal ini dilakukan untuk mencegah bahan panty liner mengganggu kesehatan organ reproduksi seseorang. Hindari penggunaan panty liner dari bahan sintesis karena akan memperparah kondisi pH rongga vagina anda.

  1. Mengonsumsi Biji Rami

Satu lagi cara mengatasi keputihan yang dapat anda coba, yaitu dengan mengonsumsi biji rami. Biji rami diketahui memiliki kandungan yang sangat baik untuk menjaga kadar lendir di vagina. Biji rami ini merupakan salah satu jenis rempah yang aman untuk dikonsumsi. Manfaat utama dari biji rami ini khususnya ada pada kemampuannya untuk menjaga stabilitas pH di rongga vagina. Jika anda ingin mengonsumsi biji rami ini anda dapat mengonsumsinya bersama buah alpukat. Konsumsilah keduanya satu buah satu hari.

Baca Juga:

Itulah tadi beberapa cara mencegah keputihan dapat mengganggu kenyamanan anda. Anda diharapkan mampu memraktekan cara-cara tersebut untuk mengembalikan kesehatan vagina tanpa keputihan yang mengganggu. Selamat mencoba!

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan