Sponsors Link

21 Tips Merawat Rambut Wanita Berjilbab Agar Tetap Indah

Sponsors Link

Rambut adalah mahkota bagi seorang wanita, setiap wanita pasti memiliki waktu khusus untuk merawat rambutnya entah merawat rambutnya sendiri dirumah ataupun melakukan perawatan disalon. Karakter rambut seseorang memang berbeda-beda ada yang terlahir memiliki rambut indah dan juga sehat ada yang terlahir memiliki rambut kering dan mengembang. Namun, pada dasarnya baik orang orang yang memiliki rambut sehat maupun kering harus tetap dirawat agar tetap terjaga kesehatannya.

ads

Bagi wanita yang berjilbab biasanya memiliki berbagai masalah rambut seperti rambut rontok ataupun rambut berketombe. Masalah rambut yang dialami wanita berjilbab biasanya dikarenakan rambut yang setiap hari tertutup sehingga keadaan kulit kepala yang berkeringat dan menyebabkan rambut lembab. Maka dari itu wanita yang berjilbab harus melakukan perawatan ekstra untuk merawat rambutnya agar tetap sehat. (Baca Juga: Tips Memilih Pakaian Pantai Wanita yang Sopan)

Cara Merawat Rambut Wanita Berjilbab

Namun tak perlu khawatir berikut penulis akan memberikan beberapa Tips Merawat Rambut Wanita Berjilbab agar tetap sehat dan tidak rontok lagi:

1. Jangan menggunakan kerudung ketika rambut basah

Sebelum menggunakan kerudung sebaiknya pastikan rambut kalian dalam keadaan kering. Karena jika menggunakan jilbab dalam keadaan rambut basah akan menimbulkan banyak maslah rambut seperti rambut rapuh dan kulit kepala akan menjadi lembab sehingga menyebabkan rambut mrnjadi berjamur dan berketombe.

2. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Ketika mengikat rambut khususnya bagi kalian yang memiliki rambut panjang sebaiknya jangan ikat rambut terlalu kencang agar rambut bisa sedikit bernafas. Efek dari mengikat rambut terlalu kencang dapat menyebabkan rambut rapuh dan mudah patah.

3. Rutin keramas dan membersihkan rambut

Keramas merupakan point penting dalam memelihara kesehatan rambut khususnya bagi kalian para wanita yang memakai jilbab. Pilihlah shampo khusus untuk wanita berjilbab karena kandungan yang ada dalam shampo khusus wanita berjilbab biasanya sudah di sesuaikan dengan masalah masalah rambut yang sering dialami oleh wanita berjilbab. Lakukanlah keramas 2 hari sekali agar rambut tetap bersih dan sehat.

4. Gunakan Vitamin Rambut

Setelah rutin keramas gunakanlah vitamin rambut setelah sehabis keramas agar rambut semakin sehat. Gunanya vitamin rambut sendiri yaitu untuk menutrisi rambut agar rambut tetap sehat dan tertata

5. Gunakan Hair Tonic

Hair tonic merupakan salah satu rangkaian perawatan rambut. Hair tonic biasanya digunakan stelah keramas gunanya untuk mencegah kerontokan rambut dan menguatkan akar rambut kalian.

6. Rutin Creambath

Dengan rutin creambath maka akan membuat rambutmu semakin terawat apalagi bagi kalian yang sehari hari menggunakan jilbab. Maka perawatan jenis ini sangat dibutuhkan agar rambut kalian tetap sehat. Lakukanlah creambath seminggu sekali untuk menutrisi rambut anda dan menjaga kulit kepala agar tetap sehat.

Sponsors Link

7. Sering menyisir rambut

Manfaat rambut yaitu dapat menjaga kesehatan rambut, karena menyisir rambut dapat membantu sirkulasi minyak alami yang di produksi oleh kulit kepala dimana minyak alami ini bermanfaat untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan dan berkilau. Selain itu menyisir rambut secara rutin juga dapat mencegah rambut agar tidak kusut terlebih bagi kalian yang memakai jilbab pastinya ketika mengikat rambut, rambut kalian akan kusut dan dengan menyisir rambut akan mengurangi kekusutan yang akan memicu pada kerontokan rambut.

8. Pilih Bahan Jilbab yang Menyerap Keringat

Bahan jilbab merupakan salah satu hal yang wajib di perhatikan bagi kalian para wanita yang menggunakan jilbab. Pilihlah bahan jilbab yang adem dan dapat menyerap keringat. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya masalah rambut seperti ketombe dan kerontokkan. Jika kalian salah memilih bahan jilbab ini akan menyebabkan kulit kepala kalian cepat berkeringat dan lembab sehingga akan memicu timbulnya ketombe dan membuat akar rambut menjadi lebih rapuh. Pilihlah bahan jilbab dari bahan katun dan dapat menyerap keringat sehingga dapat meminimalsisir masalah rambut.

9. Pilih Warna Jilbab yang Tidak Mudah Menyerap Panas

Warna jilbab juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Sebaiknya hindari warna warna gelap jika keseharian anda berada diluar dan lebih sering terkena sinar matahari, karena warna gelap sangat cepat menyerap panas dan akan membuat kulit kepala kamu berkeringat sehingga menyebabkan rambutmu lembab dan memicu timbulnya ketombe. Pilihlah jilbab yang berwarna cerah jika kamu lebih sering beraktivitas di outdor.

10. Istirahatkan Rambut

Mengistirahatkan rambut dapat mengurangi kerontokan rambut dan masalah rambut lainnya. Jika kalian sedang berada dirumah dan tidak menggunakan jilbab sebaiknya rambut di biarkan terurai dan tidak di ikat, hal ini juga dapat mencegah agar rambut anda tidak lepek yang akan membuat rambut anda lembab sehingga memicu timbulnya ketombe dan membuat rambut anda dapat bernafas dan lebih segar.

11. Potong Ujung Rambut Setiap 2 bulan Sekali

Dengan rutin memotong rambut setiap 2 bulan sekali akan mencegah rambut bercabang. Salah satu faktor rambut bercabang yaitu karena rambut yang terlalu panjang dan kurangnya nutrisi pada rambut. Tidak perlu repot ke salon anda cukup lakukan dirumah dengan menggunting bagian ujung rambut anda. (Baca Juga: Model Baju Kekinian Untuk Wanita Remaja)

Tips Agar Rambut Tidak Rontok dan Berketombe

Ketombe disebabkan dari jamur yang bernama Malassezia globosa. Ketombe muncul biasanya akibat kebersihan diri yang kurang baik serta jarang keramas atau keramas yang kurang teratur atau penggunaan styling rambut dan hairdryer yang membuat kulit kepala kering. Kulit kepala yang berketombe dapat membuat akar rambut rapuh dan menyebabkan rambut rontok. Rambut rontok dan berketombe biasanya menjadi masalah bagi wanita yang mengenakan hijab, namun tak perlu khawatir penulis akan memberikan beberapa tips kepada para wanita yang menggunakan jilbab agar rambutnya tidak rontok dan berketombe, mari simak ulasannya:

  • Gunakanlah vitamin setiap habis keramas untuk mengurangi rontok agar rambut tidak botak akibat rambut yang rontok terus menerus
  • Gunakan shampo dengan PH rendah fungsinya yaitu untuk mengurangi kerontokkan agar tidak semakin meningkat
  • Gunakan kondisioner yang cocok dengan kulit kepala anda setelah keramas untuk mengurangi kerontokkan
  • Gunakan air dingin untuk membilas shampo tujuannya untuk menjaga kekuatan rambut

Cara Membuat Masker Rambut Alami

1. Masker Telur dan Jeruk Nipis

Telur memang sudah terkenal ampuh dijadikan masker baik masker rambut dan juga wajah. Khususnya putih telur yang memiliki manfaat untuk menghaluskan rambut dan membuat rambut lebih mudah ditata. Telur memang memiliki bau yang cukup amis maka dari itu butuh bahan campuran untuk menetralisir bau amis dari si telur ini. Jeruk nipis merupakan salah satu bahan campuran yang dapat ditambahkan kedalam campuran masker telur selain itu jeruk nipis juga memiliki khasiat yang bagus untuk rambut kandungan Vitamin C yang banyak terkandung dalam jeruk nipis sangat ampuh untuk mencegah ketombe. Berikut cara membuat masker telur campur jeruk nipis:

  • 1 buah putih telur
  • 3 sdm jeruk nipis
  • campurkan kedua bahan tersebut
  • Aplikasikan keseluruh rambut anda
  • Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih

2. Masker Wortel

Wortel memiliki banyak manfaat bagi rambut kandungan vitamin dan beta karoten yang dimiliki wortel mampu membuat rambut terlihat lebih sehat dan berkilau. Kandungan vitamin A dan E dari wortel dapat meningkatkan pertumbuhan folikel rambut dan dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut dapat terlihat lebih tebal. Berikut cara membuat masker wortel:

  • Haluskan wortel dengan food processor ataupun blender
  • Campurkan dengan 1Sdm minyak kemiri
  • Aplikasikan pada rambut anda
  • Diamkan selama 15-20 menit
  • Bilas menggunakan air bersih
ads

3. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloevera juga biasanya dijadikan sebagai salah satu bahan campuran shampo. Lidah buaya mengandung cairan anti bakteri dan jamur sehingga cocok sekali bagi rambut wanita berjilbab yang sering berkeringat dan lembab. Berikut cara membuat masker lidah buay:

  • Haluskan satu buah lidah buaya
  • Basahi rambut menggunakan air hangat
  • Aplikasikan bahan yang sudah dihaluskan keseluruh kepala anda
  • Diamkan 15-20 menit lalu bilas menggunakan air hangat

4. Masker Alpukat

Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Salah satunya yaitu vitamin B sangat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut, dan vitamin E untuk memperbaiki kerusakan rambut serta melindungi dan memperkuat rambut. Berikut cara membuat masker alpukat untuk rambut:

  • Haluskan 1 buah daging alpukat
  • Campurkan minyak zaitun dengan alpukat yang sudah dihaluskan
  • Aplikasikan bahan yang sudah dicampurkan keseluruh kepala anda
  • diamkan kurang lebih 15 menit lalu bilas menggunakan air besih

5. Masker Kemiri

Kemiri biasanya diambil minyaknya untuk dijadikan masker. Minyak kemiri biasanya dijadikan untuk menghitamkan dan membuat rambut berkilau. Berikut cara membuat masker yang terbuat dari kemiri:

  • Sangrai 5 butir kemiri
  • Haluskan kemiri menggunakan food processor atau blender
  • Aplikasikan pada seluruh rambut anda
  • Diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas hingga bersih

6. Masker Susu dan Madu

Manfaat susu dapat menutrisi rambut yang kering dan ruska agar terlihat lebih sehat dan berkilau. Madu juga dapat mencegah kerusakan rambut dan mengunci kelembaban diujung rambut. Berikut cara membuat masker susu dan madu:

  • Campurkan 1sdm madu dengan 10 sdm susu bubuk
  • Aplikasikan keseluruh rambut lalu pijat secara perlahan
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih

7. Masker Urang Aring

Urang aring terkenal sebagai bahan dasar shampo yang ampuh menyuburkan rambut. Tumbuhan yang dapat ditemukan dimanapun dan tumbuh dimanapun ini mengandung zat pewarna hitam alami sehingga tumbuhan urang aring dapat menghitamkan rambut secara alami. Berikut cara membuat masker urang aring untuk rambut:

  • Tumbuk urang aring hingga halus
  • Aplikasikan bahan yang sudah halus ke seluruh kepala anda
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Bilas dengan menggunakan air besih

(Baca Juga: Model Baju Wanita Gemuk Agar Terlihat Langsing , Model Baju Kebaya Muslim )

8. Masker Santan

Manfaat santan untuk rambut adalah untuk menumbuhkan dan meluruskan rambut. Berikut cara membuat masker santan:

  • Saiapkan 1 buah kelapa parut
  • Peras santan dari satu buah kelapa menjadi 50ml
  • Aplikasikan keseluruh rambut anda dari ujung hingga akar rambut
  • Pijat kepala anda lalu diamkan kurang lebih 15 menit
  • Bilas menggunakan Shampo hingga bersih

9. Masker Pisang

Salah satu zat yang terkandung di dalam buah pisang yaitu kalium, manfaat kalium bagi rambut adalah membantu memperbaiki kerusakan rambut, memperkuat rambut dan meminimalkan kerusakan rambut. Berikut cara membuat masker pisang:

  • Haluskan satu buah pisang
  • Campurkan pisang yang sudah dihaluskan dengan minyak zaitun
  • Aplikasikan ke seluruh permukaan rambut
  • Diamkan kurang lebih 15 menit lalu bilas sampai bersih

10. Masker Strawberry

Kandungan vitamin, protein, mineral, zinc dan kandungan lainnya yang terdapat pada buah strawberry sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, mengatasi ketombe dan mengatasi rambut bercabang. Berikut cara membuat masker strawberry:

  • Haluskan 5 buah strawberry
  • Campurkan strawberry yang sudah dihaluskan dengan minyak zaitun
  • Aplikasikan keseluruh permukaan rambut
  • Diamkan kurang lebih 15 menit
  • Bilas menggunakan air sampai bersih

, , ,




Oleh :
Kategori : Kecantikan