Sponsors Link

25 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Resiko Wajib Kamu Coba

Sponsors Link

Cara menurunkan berat badan merupakan salah satu topik hangat yang sering dibicarakan masyarakat saat ini. Mulai dari laki-laki hingga perempuan, para remaja hingga lansia, semua mempertimbangkan untuk dapat menurunkan berat badan demi kehidupan yang lebih sehat dan jauh dari ancaman penyakit. Berat badan yang melebihi batas normal atau dikenal juga sebagai kegemukan atau juga obesitas merupakan keadaan yang harus diwaspadai oleh siapapun anda. Tanpa anda sadari, kegemukan atau obesitas ini dapat menjadi latar belakang pemicu berbagai macam penyakit yang mematikan.

ads

Satu-satunya cara untuk menjauhi resiko penyakit akibat obesitas tentunya dalah dengan menjaga pola hidup, pola makan, untuk berat badan yang ideal. Namun, bagi mereka yang sudah memiliki berat badan berlebih tentu tidak mudah untuk menurunkan berat badan. Cara menurunkan berat badan ada banyak jenis dan macamnya. Mulai dari cara instan dan cepat memanfaatkan perkembangan teknologi, hingga menggunakan cara-cara alamiah yang aman dan tidak beresiko. Cara menurunkan berat badan secara alamiah kemudian akan dibahas pada artikel ini.

Faktor yang Menyebabkan Obesitas/ Kegemukan/ Kelebihan Berat Badan

Sebelum mengetahui apa saja cara untuk dapat mengembalikan tubuh anda ke berat yang normal, anda perlu mengetahui latar belakang yang menjadi faktor anda mengalami obesitas. Infomasi ini penting untuk memilih cara menurunkan berat badan yang sesuai untuk anda. Oleh karena itu, pelajarilah beberapa faktor yang menyebabkan obesitas dan kegemukan berikut ini.

  1. Pola Makan yang Buruk

Salah satu faktor penyebab kegemukan atau obesitas adalah pola makan yang buruk. Pola makan yang buruk ini ditandai dengan tingginya konsumsi makanan yang mengandung gula, lemak, dan karbohidrat sehari-harinya. Jika anda merupakan salah satu penggemar mengonsumsi makanan yang kaya akan gula, lemak, atau karbohidrat, maka anda akan memiliki resiko tinggi terkena obesitas dan penyakit lain yang mengancamnya. Hal ini disebabkan makanan yang mengandung 3 jenis kandungan tersebut dalam jumlah banyak, dapat menyimpan kelebihan sisa pengolahan nutrisinya menjadi lemak dan kemudian menjadi gemuk.

  1. Faktor Genetis

Selain karena pola makan yang buruk, faktor penyebab obesitas lain adalah faktor genetis. Salah satu alasan genetis yang dapat menyebabkan anda menjadi kegemukan adalah faktor orang tua yang sebelumnya juga memiliki kelebihan berat badan. Orang tua yang memiliki berat badan berlebih biasanya akan memiliki pola makan yang buruk yang juga mempengaruhi pola makan anak-anaknya. Oleh karena itu, tidak jarang orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas biasanya juga memiliki anggota keluarga yang juga kelebihan berat badan.

  1. Jarang Berolahraga

Alasan lain yang menyebabkan seseorang menjadi obesitas adalah kebiasaan buruk jarang berolahraga. Intensitas olahraga yang sangat rendah merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah kesehatan yang disebabkan oleh obesitas. Hal ini dilatarbelakangi oleh jantung dan tubuh yang kurang bergerak. Kemudian, penumpukan lemak semakin sering dan umum terjadi. Kondisi kesehatan jantung pun dapat menurun dan diabetes mulai menyerang. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab utama kematian di dunia saat ini.

  1. Faktor Hormon

Faktor hormon juga turut andil dalam kelebihan berat badan yang umum dialami oleh seseorang. Hormon setiap orang terkendal secara berbeda-beda. Keberadaan hormon Leptin dan juga Ghrelin adalah hormon yang sangat menentukan pengendalian dari berat badan ini. Jika kedua hormon tersebut dapat terkendali secara cukup untuk mengendalikan berat badan anda, maka tidak heran jika berat badan berlebih dapat menimpa anda. Akan tetapi, faktor hormon ini juga erat kaitannya dengan faktor genetis yang melatarbelakangi terjadinya kelebihan berat badan seseorang.

Sponsors Link

  1. Jarang Mengonsumsi Sayur dan Buah-buahan

Sayur dan buah-buahan merupakan sumber utama nutrisi dalam pencernaan untuk membantu fungsi organ pencernaan bekerja secara maksimal. Jika tidak didukung oleh sayur dan buah-buahan yang cukup, maka kandungan serat tidak dapat membantu proses pencernaan agar berjalan secara lancar. Kekurangan serat inilah yang kemudian menjadi faktor utama terjadinya obesitas dan penyakit yang mengikutinya. Oleh karena itu, pencegahan obesitas juga dapat dilakukan dengan mengonsumi banyak sayur dan buah-buahan sehari-hari.

  1. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan tertentu ternyata memiliki efek samping untuk menyebabkan kegemukan pada seseorang. Misalnya saja pil KB yang juga dikenal sebagai pil kontrasepsi merupakan salah satu jenis obat yang terkenal dapat menyebabkan kegemukan pada penggunanya. Pil KB atau kontrasepsi ini dikonsumsi secara rutin oleh para wanita yang aktif secara seksual. Konsumsi rutin ini menurut hasil suatu penelitian dapat meningkatkan proses akumulasi lemak dalam tubuh. Itulah sebabnya obat yang mengandung hormon estrogen yang sangat tinggi ini merupakan salah satu faktor penyebab obesitas.

  1. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Faktor penyebab obesitas selanjutnya ternyata didapatkan juga melalui konsumsi alkohol yang berlebihan. Alkohol merupakan zat adiktif yang berperan dalam peningkatan berat badan seseorang. Alasannya adalah karena alkohol memiliki kalori yang tinggi yang membuat penikmatnya lebih mudah lapar. Jika seseorang mengonsumsi alkohol secara rutin, maka nafsu makannya pun akan menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, konsumsi makanannya menjadi lebih banyak dan sangat tinggi kalorinya. Oleh karena itu, konsumsi alkohol yang berlebihan juga menjadi salah satu pola hidup yang tidak baik untuk kesehatan anda.

  1. Pola Hidup yang Buruk

Pola hidup yang modern ternyata adalah pola hidup yang buruk untuk kesehatan kita. Tidak banyak yang menyadari bahwa segala masalah kesehatan disebabkan dan dilatarbelakangi oleh pengaruh dari gaya hidup modern ini. Pola hidup yang mengunggulkan segala sesuatu yang instan, membuat seseorang lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji. Makanan ini memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi dan menjadi penyebab utama obesitas. Belum lagi kebiasaan sehari-hari yang sibuk dan menyebabkan seseorang tidak memiliki waktu untuk bekerja merupakan salah satu alasan seseorang di zaman sekarang ini sangat mudah gemuk.

  1. Faktor Internal Kerusakan Otak

Berdasarkan penemuan yang dilakukan oleh seorang dokter di Jerman pada tahun 1840, seorang pasien yang otaknya mengalami kerusakan akan mengalami kenaikan berat badan yang sangat tinggi dalam waktu singkat. Kerusakan otak di bagian hypotalamus menyebabkan proses penyerapan dan pengolahan nutrisi yang dikonsumsi menjadi tidak maksimal dan menghasilkan banyak penumpukan lemak. Oleh karena itu, salah satu latar belakang yang menyebabkan obesitas terjadi adalah kerusakan pada bagian otak.

Menurunkan Berat Badan Secara Alami

  1. Mengonsumsi Sarapan tanpa Absen

Konsumsilah sarapanmu secara rutin. Jangan pernah meninggalkan sarapan, karena hal ini hanya dapat membuat kamu semakin bernafsu makan di siang hari. Tubuh setelah tidur malam telah kehilangan energi yang sangat banyak. Oleh karena itu, asupan energi melalui sarapan sangat penting adanya. Persepsi mengurangi konsumsi makan melalui sarapan sangatlah tidak disarankan. Anda malah akan semakin lapar dan banyak makan di sepanjang sisa hari. Oleh karena itu, janganlah pernah meninggalkan sarapan. Kamu dapat mengonsumsi makanan berprotein tinggi untuk menu sarapanmu. Misalnya saja susu kedelai, buah-buahan dan sayur-sayuran, roti, ataupun telur rebus. Mencukupi kebutuhan nutrisi di pagi hari ini sangat signifikan manfaatnya untuk menurunkan berat badan berlebih anda.

 

  1. Mengonsumsi Air sebelum Makan

Minum air sebelum makan ternyata mampu mempersiapkan kondisi perut untuk menjadi tidak terlalu lapar. Benar sekali, air dapat memberikan efek kenyang pada anda sebelum makan. Jadi anda pun akan mengonsumsi lebih sedikit makanan atau porsi anda tanpa anda sadari menjadi lebih kecil. Tidak jarang, jika anda sudah banyak mengonsumsi air di waktu makan anda, maka anda akan sama sekali tidak bernafsu makan. Cara ini sangat efektif untuk anda yang sedang berupaya menurunkan berat badan anda. Oleh karena itu, anda harus membiasakan mengonsumsi air terlebih dahulu ketika lapar. Karena ketika anda haus pun, perut anda dapat mengeluarkan bunyi seperti sedang lapar.

ads
  1. Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, konsumsi serat yang kurang dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menurunkan berat badan secara alami adalah dengan mengonsumsi makanan karya serat. Kandungan serat yang tinggi dalam konsumsi makanan anda kemudian dapat membantu proses pencernaan menjadi maksimal, dan tidak ada lagi sisa lemak untuk disimpan dalam tubuh. Makanan kaya serat antara lain dapat dipenuhi dengan mengonsumsi berbagai jenis sayur dan buah-buahan. Misalnya saja, anda dapat meningkatkan konsum sayur bayam untuk menggantikan banyaknya konsumsi nasi anda sehari-hari. Anda juga dapat memenuhi kebutuhan serat dengan rutin mengonsumsi buah di setiap kesempatan makanan anda.

 

  1. Memilih Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Jenis makanan yang tepat dikonsumsi adalah makanan yang memiliki kandungan protein dan serat tinggi, rendah kalori, rendah lemak, dan juga rendah gula. Pilihan jenis makanan kamu sehari-hari haruslah kamu atur dengan seksama, jika kamu memang memiliki niat yang kuat untuk menurunkan berat badan. Salah satu ide tadi adalah mengonsumsi makanan yang kaya protein. Makanan dengan protein tinggi akan lebih lama dicerna dan anda pun akan kenyang dalam waktu yang lebih lama. Makanan berprotein tinggi antara lain adalah telur rebus, daging tanpa lemak, yoghurt, bahan masakan dari kacang kedelai seperti tempe dan tahu, ikan dan makanan laut lain, serta kacang-kacangan.

 

  1. Membatasi Porsi Makan dalam Jumlah yang Cukup

Konsumsi yang sehat adalah konsumsi makanan yang cukup. Cara ini dapat anda lakukan sebagai proses pembiasaan sistem pencernaan pada porsi makan anda sehari-hari. Jika sebelumnya anda makan dalam porsi yang cukup besar, kali ini konsumsi anda harus dibatasi hanya pada batas cukup. Anda yang terbiasa mengonsumsi makanan cukup dapat membiasakan juga perut anda kenyang pada sejumlah porsi tersebut. Awalnya mungkin akan sangat sulit. Namun, jika anda tetap rajin dan niat juga tekun menjaga porsi makan anda, maka hasil penurunan berat badan pun tidak lagi perlu anda khawatirkan. Salah satu cara untuk membatasi porsi makan anda adalah dengan membiasakan diri menggunakan piring berukuran kecil dari ukuran normal.

 

  1. Menghindari Konsumsi Makan Malam secara Berlebihan

Jika anda ingin menurunkan berat badan dengan cara mengurangi jumlah makan anda sehari-hari, maka jangan lewatkan sarapan tetapi lewatkanlah makan malam. Jarak konsumsi makan siang dan snack sebelum makan malam sudah cukup banyak dengan sisa energi yang akan dihabiskan. Oleh karena itu hindari konsumsi makan malam anda secara berlebihan. Jika anda tidak dapat menghentikan secara sepenuhnya, maka konsumsilah makan malam anda yang tidak berlemak juga berkalori tinggi. Langkah alternatif lain yang dapat kamu coba adalah dengan memajukan waktu makan malammu. Waktu makan malam yang cukup dini akan membuat rasa lapar anda tidak terlalu tinggi, konsumsi makanan anda pun akan menjadi lebih kecil porsinya.

 

  1. Menghindari Konsumsi Makanan Manis

Konsumsi makanan manis dalam jumlah banyak merupakan alasan terbesar dari terjadinya obesitas pada diri seseorang. Walaupun makan makanan manis memang memasok energi yang tinggi untuk anda beraktifitas, namun tidak dapat dipungkiri makanan manis juga dapat meningkatkan kadar glukosa tubuh. Glukosa merupakan senyawa gula yang jika berjumlah banyak dalam tubuh menjadikan seseorang tersebut menjadi penderita diabetes. Diabetes sangatlah fatal akibatnya. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi makanan manis, terutama dalam jumlah banyak dan konsumsi rutin sehari-hari. Beberapa contoh makanan dengan kandungan gula cukup tinggi adalah donut, kue-kue tart, minuman bersoda, dan lain sebagainya.

 

  1. Menghindari Konsumsi Makanan Berkalori Tinggi

Makanan berkalori tinggi merupakan makanan yang mampu mencukupi pasokan energi tubuh. Sayangnya, tidak banyak diketahui oleh seseorang bahwa energi juga dapat dipasok dari konsumsi protein yang tidak beresiko untuk kesehatan seperti pada kalori. Jadi walaupun masyarakat Indonesia sangat bergantung pada konsumsi nasi. Tidak ada salahnya untuk mengurangi konsumsi nasi, yang kalorinya cukup tinggi ini. Gantikanlah makanan-makanan pokok anda dengan makanan yang mengandung protein lebih tinggi untuk mencukupi kebutuhan energi anda. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi telur rebus secara rutin. Hindari juga makanan-makanan cepat saji lainnya yang tidak kalah kadar kalori di dalamnya.

 

  1. Menghindari Konsumsi Makanan Berlemak

Konsumsi makanan berlemak seperti apapun jenisnya sungguh tidak baik untuk kesehatan anda. Makanan berlemak merupakan aktor utama dari maraknya penderita obesitas di masa sekarang ini. Makanan-makanan yang dijualbelikan sebagai makanan cepat saji ini tentu tidak dapat dipungkiri memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Makanan seperti fried chicken, hamburger, dan lain sebagainya diketahui memasok lemak yang sangat tinggi ke dalam tubuh. Benar lemak dapat meningkatkan energi anda, namun efek samping dari terlalu banyaknya konsumsi lemak pun harus dapat dicegah. Hindarilah konsumsi makanan berlemak ini bahkan mungkin tinggalkan makanan-makanan yang tidak baik di konsumsi oleh tubuh kita ini.

 

  1. Menjaga Pola Makan dengan Tepat Waktu

Makan yang teratur di waktu yang selalu sama setiap harinya dapat melatih anda dan sistem pencernaan anda untuk memiliki nafsu makan yang teratur juga. Bagi para penderita obesitas, biasanya mereka memiliki jam makan yang tidak teratur. Mereka makan di segala kesempatan yang anda yang kemudian membiasakan perut untuk sering diisi dengan konsumsi makanan. Penanggulangannya adalah denagn membiasakan makan di waktu-waktu tertentu setiap harinya.

 

 

  1. Menjaga Pola Tidur dengan Normal (Tidak Bergadang)

Selain menjaga pola makan di waktu tertentu, memiliki pola tidur di waktu tertentu juga memiliki peran dalam menurunkan berat beban anda. Jika anda kurang tidur, tubuh akan aktif memroduksi hormon Ghrelin. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan seseorang sehingga berat badan pun menjadi lebih cepat naik. Kebiasaan bergadang juga tidak disarankan karena akan mengganggu metabolisme tubuh. Metabolisme yang terganggu ini menyebabkan zat-zat makanan yang tersisa berubah jadi lemak dalam tubuh.

 

  1. Melakukan Olahraga Sepeda secara Rutin

Berolahraga merupakan cara alami dan efektif menurunkan berat badan. Cara menurunkan berat badan yang satu ini diketahui mampu menghabiskan banyak lemak dan kalori dalam tubuh. Jadi jika anda ingin mengonsumsi makanan lebih banyak dari umumnya, imbangilah dengan melakukan olahraga sepeda secara rutin ini. Anda dapat menghabiskan waktu 20-30 menit setiap harinya untuk hidup yang lebih sehat dan jauh dari obesitas.

 

Sponsors Link

  1. Membiasakan Jalan Kaki Minimal 1000 Langkah/ Hari

Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga sederhana yang termasuk dalam cara menurunkan berat badan secara alami. Pada masa sekarang ini, seorang individu akan jarang sekali menggunakan energinya untuk berjalan kaki. Adakah diantara anda yang masih mempraktekan kampanye melangkah 1000 langkah per hari ini? Jika tidak, maka mulailah dari sekarang. Habiskanlah energi anda dengan membiasakan diri melangkah minimal 1000 langkah banyaknya. Anda dapat melakukannya dengan turun dari angkutan umum lebih jauh sedikit dari lokasi kantor anda. Tanpa anda sadari sebenarnya anda telah melakukan olahraga ini.

 

  1. Melakukan Peregangan Setiap Bangun Tidur dan Sebelum Tidur

Tubuh yang rileks sebelum tidur dapat menghasilkan tidur yang berkualitas. Kualitas tidur yang cukup ini kemudian juga menjadi faktor dalam menjaga produksi hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan tersebut. Anda perlu untuk rileks baik sebelum maupun saat bangun tidur. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kualitas dan manfaat dari tidur malam hari anda. Jika anda masih kurang rileks, bacalah buku atau lakukanlah sedikit peregangan setiap 10 menit sebelum tidur dan saat bangun tidur.

 

 

  1. Menjemur Diri pada Sinar Matahari Pagi secara Rutin

Sinar matahari pagi ternyata dapat memiliki pengaruh pada obesitas seseorang. Seorang individu yang memiliki insomnia atau gangguan tidur akan memiliki kualitas tidur yang kurang baik. Kualitas ini dapat menyebabkan seseorang menjadi kelebihan berat badan akibat pengaruh hormon. Faktanya, sinar matahari pagi ini dapat mengatasi gangguan tidur pada beberapa jenis orang. Konsumsi sinar matahari selama kurang lebih 10 menit ini dapat membantu anda menurunkan berat badan juga.

 

 

  1. Menghindari Konsumsi Alkohol, Kafein, dan Obat-obatan

Konsumsi alkohol, kafein, dan obat-obatan kontrasepsi merupakan salah satu yang harus anda hindari untuk memperbaiki kesehatan tubuh dan menjadi salah satu cara menurunkan berat badan juga. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, alkohol menjadikan pengonsumsinya lebih nafsu dalam makan, begitu juga dengan kafein dan obat-obatan seperti kontrasepsi. Oleh karena itu, hentikanlah konsumsi alkohol, kafein, dan obat-obatan tersebut untuk mendapati tubuh yang lebih langsing, proporsional, dan tidak terancam berbagai penyakit akibat dari obesitas.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai cara menurunkan berat badan dan faktor-faktor yang melatarbelakanginya. Beberapa cara menurunkan berat badan di atas dapat anda coba dan rasakan efektifitasnya. Tetap semangat untuk menuju berat badan ideal!

, , , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick