Sponsors Link

15 Cara Melancarkan Haid yang Sering Terlambat

Sponsors Link

Cara melancarkan haid merupakan hal penting yang perlu diketahui oleh para wanita. Haid dan siklusnya dapat berbeda-beda untuk setiap individu. Ada yang memiliki siklus yang lancar dan normal tanpa keterlambatan, namun ada juga individu yang memiliki siklus tidak teratur, sering terlambat, atau terlalu panjang lama peluruhannya. Hambatan-hambatan seperti ini membuat para wanita ingin memiliki siklus yang normal, seperti yang sebagian wanita lainnya miliki. Tentu untuk dapat melancarkan haid sudah ada beberapa cara yang populer digunakan. Akan tetapi, setiap orang memiliki cara melancarkan haid yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, diperlukan sebuah daftar yang mencantumkan berbagai macam cara untuk dapat melancarkan siklus haid para wanita. Daftar tersebut diharapkan kemudian dapat dimanfaatkan untuk membantu para wanita lainnya yang masih belum menemukan cara yang tepat untuk memperbaiki siklus haidnya.

ads

Penyebab Siklus Haid yang Tidak Lancar dan Teratur

Haid tidak lancar dan teratur merupakan maslaah yang cukup serius untuk setiap wanita. Tentunya haid yang tidak lancar ini akan menimbulkan banyak keluhan. Oleh karena itu, perlu untuk dipelajari apa saja faktor penyebab yang melatarbelakangi siklus haid seseorang menjadi tidak lancar dan teratur. Berikut ini beberapa penyebab siklus haid tidak lancar dan teratur yang dapat dihimpun untuk menginformasi anda.

  1. Perubahan Hormon

Kondisi hormon setiap individu tentunya sangatlah berbeda-beda. Haid atau menstruasi merupakan siklus yang terjadinya sangat dipengaruhi dan mempengaruhi hormon wanita. Oleh karena itu, perubahan hormone yang mendadak akibat faktor internal maupun eksternal akan berakibat juga pada siklus haid anda. Jika anda memiliki hormon yang kondisinya sangat tidak stabil, maka begitu juga siklus haid anda akan nampak. Siklus akan sangat tidak stabil dan mengganggu aktifitas seseorang.

  1. Masa Pre-Menopause

Sebelum mencapai masa menopause, seorang wanita akan mengalami masa-masa yang sangat sulit disebut masa pre-menopause. Selain karena kondisi hormon yang tidak stabil, ketidakstabilan siklus haid pada masa ini akan sangat mengganggu. Fakta bahwa siklus haid datang dan pergi tanpa hitungan yang jelas lagi, membuat para wanita di masa pre-menopause menjadi lebih mudah marah dan terganggu mood-nya. Oleh karena itu, penyebab terberat dari siklus haid yang tidak teratur adalah usia yang sudah mendekati masa menopause.

  1. Perubahan Berat Badan secara Drastis

Berat badan yang berubah secara drastis juga merupakan salah satu faktor penyebab siklus haid menjadi tidak lancar. Perubahan berat badan ini dapat merupakan kenaikan ekstrim maupun penurunan ekstrim dari berat badan. Kedua kondisi tersebut sama akibatnya dapat membuat siklus haid menjadi terganggu dan tidak teratur lagi. Pada kasus berat badan yang bertambah, tiroid akan terganggu kerjanya dan mengakibatkan siklus haid. Sedangkan pada kasus berat badan yang menurun, tubuh akan kekurangan lemak untuk menghasilkan hormon yang memicu terjadinya haid dalam siklus rutin sebelumnya.

  1. Penyakit Kista dan Diabetes

Penyakit kista yang disebabkan oleh kanker ataupun jamur merupakan salah satu penyebab dibalik tidak lancarnya siklus haid seseorang. Hal ini merupakan akibat dari gangguan hormon yang dihasilkan oleh munculnya sel kanker ataupun jamur yang mengganggu kesehatan tubuh. Selain itu, diabetes juga dapat menjadi alasan mengapa siklus haid sering datang tidak beraturan. Penderita diabetes akan memiliki kadar gula dalam darah yang tinggi. Kadar ini yang menyebabkan proses peluruhan dalam siklus haid tidak teratur dilakukan.

Sponsors Link

  1. Aktivitas yang Berat dalam Rutinitas Sehari-hari

Rutinitas sehari-hari setiap individu berbeda-beda. Jika seseorang memiliki rutinitas dan tanggung jawab harian yang berat, maka kelenjar hipotalamus. Kelenjar ini merupakan kelenjar yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan hormon yang menyebabkan haid terjadi. Jika kelenjar itu tidak bekerja dan mengeluarkan hormon, maka haid akan datang terlambat dan tidak teratur siklusnya. Oleh karena itu, salah satu penyebab haid menjadi tidak teratur adalah kerja dan aktivitas yang terlalu berat yang harus dilewati oleh masing-masing individu.

  1. Menderita dalam Tekanan Stress

Stress merupakan keadaan di mana seorang individu menderita di bawah tekanan psikis yang sangat berat. Keadaan stress ini dapat berakibat pada kesehatan juga, karena akibatnya yang mengganggu beberapa fungsi organ. Jika sedang berada dalam kondisi stress akibat alasan apapun, maka kerja organ yang berperan dalam proses haid menjadi terhambat. Hal ini dapat menyebabkan haid menjadi datang tidak teratur dan tidak lancar seperti seharusnya.

  1. Kehamilan

Siklus haid yang tidak datang merupakan pertanda kehamilan. Keadaan ini tentu tidak dapat dicegah adanya. Setiap wanita memiliki takdir untuk dapat hamil dan melahirkan. Jika sudah mengalami kehamilan, tentu wajar terjadi keterlambatan siklus haid. Begitu juga dengan apa yang dialami ibu menyusui. Ibu yang menyusui bayinya, wajar mengalami keterlambatan dalam siklus haidnya. Penyebab ini adalah penyebab alami yang tidak dipengaruhi oleh faktor eksternal, melainkan faktor internal yang tidak terelakkan.

Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur Datangnya

Setelah mengetahui beberapa faktor di balik haid yang datang tidak beraturan, tentu menjadi menarik mengetahui bagaimana cara melancarkan haid yang muncul tidak teratur datangnya. Berikut ini 15 tips untuk kembali membuat haid anda datang dengan lancarnya.

  1. Istirahat yang Cukup

Aktivitas yang terlalu padat dapat menyebabkan waktu istirahat menjadi berkurang. Kurangnya istirahat merupakan salah satu hal yang dapat menghambat siklus haid anda yang seharusnya normal. Hal ini disebabkan oleh aktivitas yang padat dan tubuh yang terllau lelah tidak dapat memroduksi hormon haid sesuai dengan keadaan normalnya. Haid pun menjadi terganggu datangnya. Oleh karena itu, cara melancarkan haid yang pertama adalah dengan menyediakan waktu istirahat yang cukup. Luangkan waktu-waktu tertentu anda untuk dapat menikmati istirahat yang lebih. Misalnya saja, jangan pernah lewatkan waktu tidur malam anda selama 8-9 jam. Anda yang sering bergadang dan melewati waktu tidur cukup ini, tentunya akan lebih mudah lelah ketika beraktivitas. Selain itu, anda dapat sesekali menggunakan jatah cuti anda untuk berlibur dan me-refresh diri.

  1. Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat penting keberadaannya dalam tubuh manusia. Salah satu perannya adalah membantu siklus haid wanita menjadi teratur dan lancar. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bahwa lapisan dinding uterus mayoritas dibentuk oleh konsumsi vitamin C yang cukup. Jika seseorang memiliki kandungan vitamin C yang kurang dalam asupan nutrisinya, maka dinding uterus tidak dapat terbentuk dengan baik. Uterus yang tidak terbentuk dengan baik juga akan menyebabkan haid datang terlambat, karena dinding uterus tidak siap untuk mengalami peluruhan. Oleh karena itulah, konsumsi vitamin C yang cukup sangat penting keberadaanya. Beberapa makanan yang dapat meningkatkan asupan vitamin C anda adalah tomat, jeruk, kiwi, dan berbagai sumber vitamin lainnya.

ads
  1. Mengonsumsi Wortel

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asupan vitamin C sangat penting untuk melancarkan haid seorang wanita. Salah satu sumber vitamin yang cukup tinggi yang dengan mudah dapat dikonsumsi adalah Wortel. Wortel adalah sayuran yang memiliki kandungan karoten sangat tinggi. Karoten ini merupakan perangsang alami untuk dapat memicu haid yang datang secara rutin. Jika kandungan karoten dalam tubuh tinggi jumlahnya, maka proses menstruasi pun dapat menjadi semakin lancar. Siklus yang lancar ini merupakan harapan dari masing-masing individu. Oleh karena itu, jika anda ingin kembali melancarkan siklus haid anda, maka konsumsilah wortel secara rutin setiap harinya. Anda dapat mengonsumsinya minimal 3 hari dalam 1 minggu.

  1. Mengonsumsi Minuman Herbal

Minuman herbal merupakan ramuan dari berbagai bahan alami yang diramu untuk menyelesaikan masalah-masalah kesehatan setiap orang. Masalah siklus haid yang tidak lancar merupakan salah satu permasalahan yang dapat diselesaikan dengan mengonsumsi minuman herbal. Akan tetapi, walau terbuat dari bahan-bahan alami konsumsi minuman herbal ini perlu dilakukan dengan dosis yang cukup. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir efek samping yang dapat dihasilkan oleh konsumsi berlebihan dari minuman herbal. Beberapa jenis minuman herbal yang dapat anda coba adalah Cohosh Hitam, Dong Quai, dan Peony Putih. Ketiganya diketahui mampu merangsang uterus untuk bekerja dengan efisien membentung dinding sebelum masa peluruhan. Sehingga siklus haid pun dapat lebih lancar dan tidak datang terlambat lagi.

  1. Mengonsumsi Seledri

Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik khasiatnya untuk tubuh. Salah satu khasiatnya juga bermanfaat untuk wanita dalam melancarkan siklus haidnya. Siklus haid yang tidak lancar bisa distimulasi dengan mengonsumsi seledri. Seledri memiliki kandungan yang mampu meningkatkan dan mempercepat siklus haid yang datangnya terlambat. Seledri membuat aliran darah dari bagian uterus menuju pelvis anda berjalan tanpa hambatan dan gangguan, sehingga haid pun tidak perlu lagi datang terlambat. Kandungan dalam seledri yang bermanfaat tersebut dinamakan Apiol. Apiol ini terdapat pada batang seledri dan jika dikonsumsi secara rutin dapat memperbaiki siklus haid anda yang tidak beraturan dan juga tidak lancar.

  1. Mengonsumsi Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang kaya banyaknya di Indonesia. Kunyit sendiri banyak digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan menyelesaikan berbagai macam masalah dalam tubuh manusia. Salah satu manfaatnya yang tidak banyak diketahui adalah kunyit dapat melancarkan haid yang datang terlambat. Anda dapat mengonsumsinya dengan mengolahnya sendiri. Cukup siapkan kunyit secukupnya dan haluskan. Jika sudah, campurkanlah bubuk the dan aduk merata dengan kunyit tersebut. Tambahkan air, lemon, dan madu secukupnya. Konsumsilah ramuan tersebut secara rutin jika anda mengalami siklus haid yang datang terlambat. Anda juga dapat mengonsumsi kunyit dengan mencampurkannya dalam masakan anda, dapat juga dicampurkan ke dalam nasi atau sayur-sayuran. Konsumsi kunyit secara rutin dapat kembali melancarkan siklus haid anda yang terhambat sebelumnya.

  1. Mengonsumsi Pepaya

Selain wortel, pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan karoten sangat tinggi. Kandungan karoten yang sangat tinggi ini diketahui memiliki manfaat dalam menyelesaikan permasalahan siklus menstruasi yang sering datang terlambat. Selain fungsinya yang baik untuk pencernaan, ternyata pepaya juga mampu untuk meningkatkan dan mempercepat siklus haid yang sering datang terlambat. Kandungan karoten dalam pepaya mampu meningkatkan hormon tubuh untuk melancarkan proses haid seseorang. Konsumsi pepaya pun tidak memakan biaya yang banyak, harganya cukup terjangkau dan mudah didapatkan. Konsumsi pepaya dapat anda konsumsi langsung atau juga dapat diolah menjadi jus, salad, dan berbagai makanan lainnya. Anda pun dapat merasakan manfaatnya wakau dengan biaya yang tidak seberapa.

  1. Mandi dengan Air Hangat

Cara eksternal untuk melancarkan haid yang sering datang terlambat adalah dengan memiliki tubuh dan pikiran yang rileks. Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang rileks adalah dengan melakukan mandi dengan air hangat. Memang tidak ada yang dapat membuktikan secara ilmiah bagaimana fungsi dari mandi dengan air hangat ini terhadap tubuh dan pikiran yang rileks. Namun, secara keseluruhan dan secara umum mandi dengan air hangat ini sudah diakui dan dipercaya manfaatnya.  Mandi air hangat ini dapat dilakukan dengan menyiram tubuh dengan air hangat ataupun melakukan rendaman tubuh dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat menambahkan aroma terapi yang meningkatkan kondisi rileks dalam tubuh seseorang.

  1. Menghindari Aktivitas yang Terlalu Padat

Aktivitas yang terlalu padat untuk seorang wanita sangat tidak disarankan. Padatnya kegiatan dan tanggung jawab untuk siapapun dapat berakibat pada kondisi tubuh yang terus melemah. Kondisi kesehatan yang tidak fit inilah yang dapat menjadi alasan di balik terlambatnya siklus haid datang. Oleh karena itu, kesibukan dan aktivitas yang terlalu padat harus dihindari semaksimal mungkin. Aturlah jadwal kesibukanmu sehari-hari untuk mengurangi beban yang harus kamu lalui setiap harinya. Jika memungkinkan aturlah waktu tidur dan liburanmu. Hal ini merupakan salah satu yang paling ampuh untuk memulihkan kondisi fisik dan mental, sehingga siklus haid anda pun dapat kembali datang dengan lancar. Jadi, berikanlah tubuhmu istirahat beberapa saat.

  1. Menghindari Konsumsi Obat Tertentu

Beberapa obat tertentu diketahui mampu memberikan efek samping yang berpengaruh pada siklus haid anda. Oleh karena itu, ketika anda sedang sakit dan mengonsumsi obat tertentu maka siklus haid anda pun mungkin juga mengalami keterlambatan. Beberapa obat yang diketahui dapat mempengaruhi siklus haid seorang wanita antara lain adalah obat-obatan alergi, obat anti depresi, obat tekanan darah tinggi, dan obat antipsikotik. Jika penderita kanker menjalani kemoterapi pun, pasien wanita akan memungkinkan mengalami siklus haid yang terlambat. Hal ini dilatarbelakangi oleh obat-obatan tertentu yang membatasi kerja hormon perangsang menstruasi. Jika kamu ingin kembali mendapatkan siklus haid yang lancar, maka kamu harus menghindarikonsumsi obat-obatan yang telah disebutkan sebelumnya.

  1. Menghindari Stress Berat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, stress merupakan salah satu penyebab terbesar siklus haid seseorang menjadi tidak lancar. Tentunya untuk kembali melancarkan siklus haid akibat stress ini, anda harus menjauhi stress berat yang menimpa anda. Beberapa cara modern yang cukup banyak dilakukan masyarakat saat ini adalah dengan melakukan olahraga ringan seperti yoga. Yoga diketahui mampu membuat seseorang melupakan stress yang dialaminya dan memberikan kedamaian dalam pikiran seseorang. Selain yoga anda juga dapat melakukan meditasi. Keduanya sama manfaatnya, yaitu menciptakan kedamaian pikiran untuk kembali menormalkan siklus kehidupan. Untuk menanggulangi stress yang lebih berat lagi anda juga dapat meminta bantuan orang lain. Anda dapat menceritakan masalah anda kepada sahabat anda atau konsultan psikologis anda.

Sponsors Link

  1. Menghindari Kafein

Kafein merupakan kandungan yang banyak ditemukan dalam kopi dan juga teh. Kandungan yang nikmat untuk dikonsumsi ini ternyata dapat mendatangkan efek yang buruk untuk siklus menstruasi para wanita. Konsumsi berlebihan dari kafein ini dapat menyebabkan hormon untuk memicu siklus haid berjalan tidak lancar. Oleh karena itu, hidanrilah konsumsi kafein berlebihan ini untuk mendapatkan siklus haid yang teratur dan lancar. Konsumsi kafein yang berlebihan ini sama tidak baiknya dengan konsumsi alkohol dan minuman lain yang mengandung gula tinggi. konsumsilah banyak jus buah dan sayuran untuk mengatasi permasalahan ini.

  1. Akupuntur

Salah satu cara lain yang mampu mengatasi permasalahan haid yang tidak lancar adalah dengan melakukan akupuntur. Akupuntur adalah metode pengobatan yang berasal dari Cina dan cukup populer di berbagai berlahan dunia. Akupuntur ini dapat mengatasi berbagai macam permasalahan kesehatan, termasuk juga permasalahan siklus haid dari seorang wanita. Cara penggunaannya adalah dengan mendatangi ahli akupuntur yang mampu menemukan titik-titik tertentu untuk mengatasi permasalahan anda. Ahli akupuntur tersebut akan menusuk titik-titik tersebut dengan menggunakan jarum akupuntur. Namun, anda harus memilih ahli yang benar-benar terpercaya. Karena kesalahan kecil dari metode akupuntur ini malah dapat menyebabkan siklus haid anda menjadi berhenti seterusnya. Oleh karena itu, akupuntur merupakan salah satu cara untuk mengatasi haid yang tidak lancar namun perlu kehati-hatian dalam penggunaannya.

  1. Tidak Olahraga Terlalu Berat

Olahraga dalam intensitas yang tinggi dapat mengakibatkan tubuh mengalami cedera atau gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, olahraga yang terlalu berat harus dihindari sebisa mungkin. Olahraga yang berat ini dapat memicu siklus haid seseorang menjadi terhambat. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak atlet wanita mengalami masalah dalam siklus haidnya. Akibat tubuh yang cedera dan kelelahan, hormon estrogen untuk membantu proses haid akan sulit untuk dihasilkan. Kesulitan produksi hormon estrogen ini membuat menstruasi akan datang terlambat. Jadi anda boleh saja berolahraga, namun lakukanlah olahraga sesuai kemampuan anda jangan terlalu berat dan membahayakan anda.

  1. Minum Air Hangat

Cara terakhir untuk dapat mengatasi haid yang tidak lancar siklusnya adalah dengan rajin mengonsumsi air hangat. Air hangat diketahui dapat membantu melancarkan haid anda yang sering datang terlambat. Sama seperti efek yang anda rasakan saat mandi dan berendam dengan air hangat, mengonsumsi air hangat juga dapat mendatangkan rasa rileks tubuh dan pikiran. Oleh karena itu, kondisi tubuh pun akan semakin fit dan mampu memroduksi hormon untuk proses haid dengan lancar tanpa hambatan. Itulah sebabnya, anda disarankan untuk meminum air hangat ketika masa-masa menstruasi anda sudah mendekat. Kurangilah konsumsi air dingin karena akan semakin menghambat proses peluruhan dinding uterus untuk dapat terjadi.

Itulah tadi beberapa cara melancarkan haid yang datangnya tidak teratur dan menimbulkan kekhawatiran bagi anda. Untuk memaksimalkan segala usaha anda, sebaiknya anda juga da menghindari penyebab-penyebab haid datang terlambat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan penjagaan dan perawatan yang tepat, maka anda pun dapat memiliki siklus haid yang kembali lancar tanpa hambatan dan masalah berarti. Selamat mencoba dan dapatkan siklus haid yang sehat milik anda!

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan