Sponsors Link

13 Cara Senam Kegel untuk Merapatkan Miss V Wanita Segala Usia

Sponsors Link

Cara senam kegel untuk merapatkan miss V memang sudah cukup populer dilakukan oleh masyarakat. Senam kegel sendiri memang sudah cukup populer, namun tidak banyak yang tahu seperti apa sebenarnya senam kegel tersebut. Senam kegel pun diketahui memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan fisik baik pria dan wanita. Khusus untuk wanita, senam kegel diketahui merupakan salah satu cara untuk dapat merapatkan miss V. Bagaimanakah cara senam kegel untuk merapatkan area miss V? Berapakah durasi dan intensitas senam kegel untuk dapat merapatkan miss V? Semua informasi mengenai senam kegel ini dapat anda ketahui melalui artikel berikut ini.

ads

Baca Juga:

Sejarah Perkembangan Senam Kegel

Senam kegel sendiri diketahui memiliki kesamaan dengan beberapa jenis senam lain yang bermanfaat untuk merapatkan miss V. Senam kegel awalnya dikembangkan oleh seorang dokter bernama dr. Arnold Kegel. Beliau mengembangkan senam kegel ini disekitar tahun 1940-an dengan latar belakang ingin menemukan cara mengobati pengendalian buang air kecil dan buang air besar yang tidak kuat. Setelah dikembangkan, kemudian disadari bahwa senam kegel ini berfokus untuk menguatkan otot-otot. Perkembangan pun terus berlanjut hingga pada bagaimanakah manfaat dari senam kegel untuk merapatkan miss V. Kondisi miss V yang kendur diketahui merupakan pengaruh dari otot-otot pada organ reproduksi. Oleh karena itu, organ miss V pun dapat dilatih ototnya dengan senam kegel ini. Pengamatan dan penelitian terus dilakukan hingga semakin hari semakin bertambahlah penemuan akan manfaat dari senam kegel ini.

Informasi Umum Senam Kegel

Senam kegel merupakan salah satu jenis olahraga yang dimanfaatkan untuk menjaga bentuk tubuh seorang wanita juga kembali merapatkan miss V. Miss V yang mulai longgar dan kendur merupakan permasalahan yang sangat menjadi beban pikiran para wanita saat ini. Kondisi miss V yang tidak lagi sama seperti sebelum menikah, sering membuat wanita menjadi kurang percaya diri dan percaya pada suami mengenai kemampuannya untuk mencukupi kebutuhan seksual pasangannya.

Solusi untuk permasalahan miss V yang longgar dan kendur ini dapat disiasati dengan melalukan cara senam kegel untuk merapatkan area miss V. Prinsip dasar dalam melakukan senam kegel sebenarnya hanya meliputi tiga gerakan utama. Tiga gerakan utama dalam senam kegel antara lain adalah jepit, tahan, dan lepas. Berdasarkan tiga prinsip gerak utama ini dilakukan berbagai macam jenis gerak dalam senam kegel. Walau gerakan tersebut terlihat sederhana, namun jangan salah karena manfaatnya sangatlah besar. Manfaat senam kegel yang paling utama dan paling bermanfaat untuk wanita adalah cara senam kegel untuk merapatkan area miss V. Tentu anda penasaran bagaimana cara senam kegel untuk merapatkan miss V dapat dilakukan? Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini.

Baca Juga:

Mengenal Manfaat-manfaat Senam Kegel untuk Wanita

Senam kegel seperti yang telah dijelaskan sebelumnya sangat populer dilakukan oleh pria maupun wanita. Khusus untuk wanita, senam kegel berfungsi untuk beberapa hal yang berkaitan dengan organ reproduksi dan juga kemampuan melakukan hubungan seksual. Sebelum mengetahui bagaimana cara senam kegel untuk merapatkan area miss V, berikut ini daftar manfaat senam kegel untuk dilakukan oleh wanita:

1. Merapatkan miss V yang kendur

Salah satu manfaat yang paling populer dari senam kegel adalah untuk merapatkan miss V yang kendur. Seperti diketahui miss V yang kendur banyak menyerang wanita mulai dari sekitar masa wanita setelah menikah. Wanita setelah menikah dan terkhusus setelah melahirkan pastinya mengalami pengenduran otot-otot pada bagian panggul, rahim, dan paha wanita. Oleh karena itu, proses pengembalian kekuatan otot-otot dari miss V agar lebih rapat seperti semula dapat anda lakukan dengan melakukan senam kegel.

2. Mengencangkan otot-otot miss V

Selain untuk merapatkan miss V, senam kegel diketahui bermanfaat juga untuk mengencangkan otot-otot miss V. Selain membuat kendur, beberapa peristiwa dalam kehidupan wanita diketahui dapat menyebabkan otot-otot di sekitar organ reproduksi menjadi tidak kencang. Oleh karena itu, lakukanlah beberapa gerakan senam kegel untuk kembali mengencangkan otot-otot tersebut. Anda hanya perlu melakukannya dengan rutin untuk memastikan upaya pengencangan otot dapat berjalan dengan maksimal.

Sponsors Link

3. Menjaga kontrol otot saat buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB)

Permasalahan otot yang dapat diperbaiki dengan melakukan senam kegel adalah otot yang berperan dalam buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB). Pelatihan senam kegel yang menahan dan menjepit otot-otot diketahui mampu menjaga kontrol otot selanjutnya untuk membantu proses BAK atau BAB. Untuk itu lakukanlah senam kegel secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Melancarkan proses persalinan untuk ibu hamil

Proses persalinan merupakan proses yang paling sulit dalam perjalanan hidup seorang wanita. Persalinan ini sangatlah rumit untuk dilakukan tanpa ada latihan-latihan sebelum persalinan yang perlu dilakukan. Seorang wanita perlu melakukan senam kegel untuk membantu proses persalinan ini. Khususnya membantu dalam proses penguatan otot-otot dalam membantu proses persalinan seorang wanita.

Baca Juga:

5. Menguatkan otot panggul

Otot panggul merupakan bagian tubuh yang sangat penting perannya dalam keberlangsungan hidup seorang wanita. Wanita diketahui sangat membutuhkan otot panggul yang kuat. Oleh karena itu, wanita sangat disarankan untuk melakukan senam kegel sebagai upaya untuk menguatkan otot panggul yang kemudian dapat membantu wanita melahirkan dan hal-hal lainnya yang penting dalam keberlangsungan hidup seseorang.

6. Membuka jalan lahir untuk janin

Kebiasaan dalam rutinitas melakukan senam kegel diketahui juga bermanfaat untuk membuka jalan lahir untuk janin yang akan lahir. Gerakan-gerakan dalam senam kegel diketahui mampu membantu otot-otot yang dibutuhkan merenggang saat melahirkan dapat merenggang. Itulah sebabnya mengapa ibu hamil yang melakukan senam kegel secara rutin, biasanya memiliki proses persalinan yang lebih mudah karen jalan lahirnya telah terbuka. (Baca Juga: Cara Menjadi Wanita Sukses , Tips Menjadi Wanita Karir)

Cara Senam Kegel untuk Merapatkan Miss V

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai manfaat melakukan senam kegel untuk wanita, maka selanjutnya dapat diketahui informasi mengenai cara senam kegel untuk merapatkan area miss V. Berikut ini beberapa langkah-langkah dalam senam kegel yang dapat anda lakukan dengan tujuan merapatkan miss V yang mulai kendur.

Tahap Pertama:

Sebagai salah satu pengguna cara senam kegel untuk merapatkan area miss V, maka gerakan dasar seperti pemanasan perlu untuk dilakukan. Gerakan pemanasan dimulai dengan melakukan:

  1. Pengencangan otot dasar panggul kurang lebih selama kira-kira 3 detik lamanya.
  2. Selama melakukan pengencangan otot ini, anda sebaiknya jangan menahan napas ataupun mengencangkan otot-otot bagian perut, paha, dan bokong.
  3. Lakukan pelemasan ulang pada bagian otot dasar panggul selama 3 detik.
  4. Ulangi kembali jenis latihan otot ini kira-kira sebanyak 10 kali setiap satu kali latihan.
  5. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan pengulangan senam kegel ini kira-kira sebanyak 3 kali dalam 1 hari.

Tahap Senam Kegel:

Selanjutnya setelah mengetahui tahap awal, maka perlu dilakukan gerakan-gerakan khusus dalam senam kegel sesuai dengan tujuan awal anda melakukan senam kegel. Jika tujuanna adalah untuk merapatkam miss V, maka cara senam kegel untuk merapatkan area miss V meliputi:

1. Pengidentifikasian Bagian Tubuh yang Dikenal dengan Nama Otot Panggul Bawah

Cata pertama untuk melakukan senam kegel adalah dengan Anda perlu mengetahui dimana letak otot dasar pinggul bawah. Bagaimana dapat mengetahuinya? Tentu anda harus melakukan cara untuk mengetahuinya. Cara itu dilakukan dengan melakukan pemastian kekita anda sedang ingin buang air kecil. Anda harus menahan rasa ingin keluarnya urin, lalu otot yang kemudian bekerja untuk menahan keluarnya urin itulah yang dikenal dengan otot panggul bawah. Mengetahui posisi otot panggul bawah ini sangat penting sebagai awal dari pengetahuan untuk melakukan cara senam kegel untuk merapatkan area miss V anda.

Baca Juga:

ads

2. Kosongkan Kantung Kemih Anda

Langkah selanjutnya atau tahap kedua dalam cara senam kegel untuk merapatkan area miss V adalah dengan mengosongkan kantung kemih anda. Cara mengosongkan kantung kemih dilakukan dengan mengubah posisi tubuh anda menjadi posisi berbaring. Saat sedang berbaring, maka kencangkanlah otot pinggul bawah anda yang sudah diketahui sebelumnya. Kemudian anda harus menahan posisi tersebut sampai lima detik lamanya. Setelah lima detik menahan, lepaskan dan kemudian ulangi lagi sampai sebanyak 4 atau 5 kali pengulangan. Setelah terbiasa, maka anda sudah dapat melakukan peningkatan ritme. Peningkatan ritme dilakukan dengan meningkatkan durasi penahanan posisi mengosongkan kantung kemih. Anda bisa meningkatnya dengan menahanya sampai sekitar 10 detik lamanya.

3. Lakukan Konsentrasi Hanya untuk Melakukan Pengencangan Otot Panggul Dasar Anda.

Cara senam Kegel untuk merapatkan area miss V Anda pun harus dilakukan dengan fokus yang penuh. Namun, pastikanlah bahwa fokus yang anda berikan hanya berpusat pada otot-otot organ reproduksi miss V ini. Oleh karena itu, Anda pun harus menghindari fokus yang salah dalam melakukan peregangan pada otot lainnya. Otot peregangan yang perlu anda hindari fokusnya adalah otot di sekitar daerah pantat, paha, betis, ataupun perut Anda. Fokus pada otot organ reproduksi anda tersebut dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik dari senam kegel yang dilakukan. Dalam rangka membantu meningkatkan tingkat konsentrasi Anda, maka anda dapat melakukan upaya efisiensi gerakan Anda. Caranya adalah dengan memastikan bahwa Anda selalu mengambil napas dan mengeluarkannya di setiap saat Anda melakukan senam kegel. Setiap satu upaya dari senam Kegel maka daripada menahan napas Anda, maka baiknya anda rutin melepaskan napas tersebut. Hal dan upaya ini kemudian akan anda rasakan manfaatnya dalam membantu Anda menjadi rileks. Selain itu, upaya menarik dan melepas nafas ini dapat memaksimalkan hasil dan efektivitas dari latihan panggul dasar Anda. Cara lain yang dapat anda lakukan untuk menjaga otot Anda tetap rileks adalah dengan menaruh satu tangan pada perut Anda selama melakukan senam. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi perut Anda tetap dalam keadaan rileks. Namun, anda harus tetap memastikan jika punggung atau perut Anda terasa sedikit sakit, sebaiknya Anda segera menyelesaikan satu set latihan Kegel. Karena rasa sakit ini merupakan indikasi bahwa ada yang salah dari gerakan senam anda atau dengan kata lain hal tersebut adalah indikasi bahwa Anda tidak melakukan senam kegel dengan benar.

Baca Juga:

4. Menemukan Posisi yang Nyaman dalam Berlatih Senam Kegel

Langkah selanjutnya dalam cara senam kegel untuk merapatkan area miss V adalah dengan mengambil posisi yang nyaman dalam melakukan senam. Hal ini dapat anda lakukan dengan melakukan latihan misalnya anda melakukan senam kegel dengan senam posisi duduk di kursi ataupun senam dengan berbaring di lantai. Hanya dalam menemukan posisi yang nyaman ini anda tetap harus memastikan bahwa beberapa otot anda dalam posisi ini seperti otot pantat dan perut Anda berada dalam posisi rileks. Misalkan anda memilih posisi senam dengan sambil berbaring, maka sebaiknya Anda harus memosisikan tubuh berbaring yang merata pada bagian punggung Anda. Posisikan pula sambil berbaring anda telah memosisikan lengan Anda di sisi tubuh anda atau disamping Anda dan posisikan lutut Anda ke arah atas dengan kondisi menyatu. Pastikan juga untuk selalu menjaga posisi kepala Anda berada di bawah agar dapat mengindari leher Anda menjadi tegang rasanya.

Tips Melakukan Senam Kegel dengan Benar

Melakukan senam kegel penting untuk memperhatikan hal-hal yang dapat mengefektifkan pun mengurangi keefektifan manfaat dari senam kegel. Bagi anda yang ingin memanfaatkan cara senam kegel untuk merapatkan area miss V maka anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  1. Senam kegel merupakan senam yang ditujukan untuk mengencangkan otot. Oleh karena itu, pastikan untuk menemukan terlebih dahulu otot yang ingin anda latih. Jangan sampai anda salah memilih otot dan hasil senam kegel kemudian tidak anda rasakan secara maksimal. Anda dapat melakukan berbagai cara untuk menemukan otot yang ingin anda latih. Misalnya pada cara senam kegel untuk merapatkan area miss V dapat anda lakukan dengan melatih otot organ reproduksi anda sebelumnya.
  2. Tips yang kedua anda harus memiliki komitmen dan niat untuk melakukan senam kegel. Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal jika anda tidak mengetahui teknik senam kegel tersebut. Akan tetapi, anda dapat berlatih pada ahlinya dan mengerti serta menyempurnakan teknik-teknik senam kegel yang anda perlukan. Jika memungkinkan, maka anda pun dapat meminta bantuan dari ahli senam kegel dalam melakukan penyempurnaan teknik. Penyempurnaan teknik senam kegel pun dapat anda lakukan dengan sering berlatih dan tidak mudah menyerah.
  3. Fokus selanjutnya dalam melakukan senam kegel adalah dengan tidak bercampur fokus dengan latihan otot lainnya. Anda harus tahu dan yakin posisi dari otot anda dan fokus dalam melatihnya. Ulangi terus latihan senam kegel pada bagian otot tersebut hingga anda dapat merasakan perubahan dan manfaatnya.
  4. Tips selanjutnya anda sebaiknya tidak melakukan senam kegel saat sedang buang air kecil. Hal ini sangat berbahaya dilakukan karena akan menyebabkan posisi kandung kemih akan selalu kosong sepenuhnya. Jika tidak ditanggulangi, maka seseorang yang salah menggunakan senam kegel pun dapat terkena infeksi saluran kencing.

Baca Juga:

Aneka Manfaat Senam Kegel

Berbagai macam manfaat bisa diraih dengan menerapkan senam kegel ini. Terlebih lagi jika dilakukan pada kehamilan. Tidak hanya untuk membantu dalam menyembuhkan inkontinensia saja, senam kegel juga ternyata memberikan sejumlah dampak positif lain untuk:

  • Membantu ibu hamil dalam melakukan proses persalinan. Menghadapi proses melahirkan, ibu hamil sering sekali khawatir dan trauma dengan masa waktu menunggu pembukaan yang cukup lama. Tentunya sudah cukup jelas bahwa dengan rutin melakukan senam kegel, otot panggul dari ibu hamil akan lebih mudah dikendali dan pembukaan pun dapat lebih mudah dilakukan. Ibu pun dapat memiliki otot panggul yang kuat dan lebih terkendali.
  • Selain itu, senam kegel pun dapat dimanfaatkan untuk mengurangi peluang terjadinya inkontinensia pada ibu yang baru saja melahirkan. Inkontinensia ini merupakan masalah urin yang sering terjadi pada ibu hamil akibat dari otot-otot panggul pada organ reproduksi yang telah kendur. Oleh karena itu, latihan senam kegel dapat anda lakukan dengan melatih otot – otot panggul agar permasalahan otot yang kendur kemudian dapat lebih terkendali dan tidak mudah kendur.
  • Dapat mencegah robeknya perineum.
  • Mengurangi resiko terkena ambeien (hemoroids).

(Baca Juga: Menstruasi Tidak Teratur , Penyebab Haid Tidak Lancar)

Setelah mengetahui kelebihan dari senam kegel, ada baiknya kita langsung lompat ke tata cara melakukan senam kegel yang baik dan benar.

Silahkan diperhatikan dengan baik prosedur melakukan senam kegel yang baik dan benar sebagaimana kami lansir dari beberapa sumber di bawah ini:

  1. Cara pertama dalam melakukan prosedur senam kegel adalah dengan mengenali di mana posisi otot panggul anda berada. Cara ini dapat anda lakukan dengan menahan pipis selama beberapa saat. Selain itu, anda juga dapat mencoba memasukan jari ke dalam miss V anda untuk menemukan otot panggul anda. Ulangi hingga anda benar-benar yakin posisi dari otot panggul anda tersebut.
  2. Setelah mengetahui otot mana yang akan digerakkan, maka gerakkanlah otot tersebut selama 3 – 10 detik lalu silahkan lemaskan. Lakukanlah aktivitas itu berulang – ulang selama 10 hingga 20 kali atau kalau kuat bisa sampai terasa capek. Lakukanlah minimal 3 kali dalam sehari. Dapat dilakukan dimana saja saat sedang duduk. Bisa di mobil, kursi, kasur, dan lainnya.
Sponsors Link

Dampak Negatif dan Bahaya Senam Kegel

Seperti sudah diketahui secara umum bahwa setiap aktivitas memiliki efek samping berupa dampak dan bahaya. Begitu juga dengan senam kegel. Cara senam kegel untuk merapatkan area miss V diketahui memiliki juga dampak negatif dan bahaya dalam melakukan senam kegel. Apa sajakah dampak negatif dan bahaya dari senam kegel? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga:

Senam kegel memang memiliki banyak manfaat, namun apapun yang berlebihan akan mendatangkan ketidakbaikkan. Senam kegel yang berlebihan pun dapat mendatangkan ketidakbaikan. Pada beberapa kasus misalnya, senam kegel dapat menyebabkan ejakulasi dini menderita. Padahal sebenarnya, wanita melakukan cara senam kegel untuk merapatkan area miss V. Tapi bukannya mendapatkan kehidupan hubungan seksual yang memuaskan, malah menjadi muncul masalah baru. Itulah sebabnya, melakukan senam kegel pun harus dilakukan dalam batas-batas tertentu yang tidak merugikan.

Pada kasus lainnya, senam kegel pun diketahui dapat memunculkan dampak negatif lain. Misalnya ketika seseorang melakukan senam kegel tanpa pengawasan profesional. Ternyata seseorang dapat mengalami keseleo otot dan kemudian dapat menyebabkan kelumpuhan gerak. Oleh karena itu, lakukanlah senam kegel dalam pengawasan profesional dan hindarilah bahay keseleo otot yang mengancam.

Baca Juga:

Kemudian, tidak banyak juga yang mengetahui bahwa senam kegel yang berlebihan dapat menyebabkan organ reproduksi wanita yaitu miss V menjadi keunguan. Warna ungu ini merupakan hasil dari urat-urat di sekitar alat kelamin yang terlalu memar akibat gerakan-gerakan senam kegel yang terlalu intens. Selain itu, hal ini pun dpaat terjadi akibat dari senam kegel yang gerakannya tidak tepat. Itulah sebabnya anda harus melakukan cara senam kegel untuk merapatkan area miss V dengan sempurna.

Demikianlah informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan senam kegel dan cara senam kegel untuk merapatkan miss V wanita. Semoga artikel ini dapat membantu anda terinformasi dan anda pun dapat segera mencoba dan merasakan manfaatnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick