Sponsors Link

7 Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga Wajib Dicoba

Sponsors Link

Tips menabung untuk ibu rumah tangga sangatlah menarik diketahui. Ibu rumah tangga yang dapat menabung sambil mengatur keuangan rumah tangga, merupakan ibu rumah tangga idaman. Bagaimana tidak, seperti diketahui bahwa ibu rumah tangga adalah sosok yang harus bijaksana dalam mengatur keuangan keluarga untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga. Akan tetapi, sulitnya mengatur keuangan untuk mencukupi saja sudah sulit dilakukan. Bagaimana lagi mungkin menabung? Mungkin hal itu yang sering menjadi perdebatan oleh ibu-ibu ini.

ads

Baca Juga:

Faktanya, ibu rumah tangga pun dapat menabung uang dalam rumah tangganya. Ada beberapa cara yang dapat ibu rumah tangga lakukan dalam mengatur keuangan agar dapat memiliki sisa yang dapat ditabung. Pada kesempatan ini akan dibahas 7 tips menabung untuk ibu rumah tangga.

Hasil dari tabungan yang dikumpulkan oleh ibu kemudian dimanfaatkan untuk biaya-biaya tidak terduga yang mungkin terjadi. Misalnya saja untuk biaya rumah sakit, biaya pendidikan, dan biaya kedukaan. Tentunya tabungan dari ibu ini akan sangat bermanfaat dan ibu pun dapat terlihat lebih bertanggung jawab dalam mengatur keuangan keluarga. Bonus lainnya, suami pun akan semakin sayang karena istrinya dapat menghargai hasil kerja kerasnya dengan tidak menghabiskan malah menabungnya.

Baca Juga:

Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga yang ingin menabung bukanlah hal yang tidak mungkin. Ada sedikitnya 7 tips mudah agar ibu dapat menyisihkan keuangan keluarga untuk ditabung. Simaklah ketujuh tips tersebut dalam daftar berikut ini.

  1. Mengikuti Arisan

Arisan merupakan salah satu tips paling jitu yang ibu rumah tangga dapat coba untuk menabung uang. Cara arisan ini merupakan bentuk lain dari menabung. Keuntungannya adalah anda mungkin mendapatkan uang lebih dahulu dari jumlah yang anda tabung. Walaupun tidak mendapatkan lebih dulu dan malah terakhir, pun tidak menjadi masalah karena sama saja anda sedang menabung dalam bank arisan tersebut. Besar dari budget untuk arisan pun dapat anda sesuaikan dengan kemampuan anda. Jenis budget arisan tersebar dengan cukup luas, mulai dari arisan di nilai Rp300.000 pun hingga Rp2.000.000 per bulannya dapat anda temukan. Akan tetapi pilihlah yang paling logis dan tidak memberikan keuangan keluarga selanjutnya.

  1. Menabung Uang Recehan (Koin)

Tips menabung untuk ibu rumah tangga selanjutnya adalah dengan menabung uang-uang recehan. Dalam berbelanja, sering kali anda akan mendapatkan uang kembalian dalam pecahan yang kecil (receh). Uang pecahan kecil ini, khususnya dalam bentuk koin sering sekali disepelekan. Seakan-akan karena merupakan uang koin, seketika tidak ada lagi manfaatnya. Padahal uang receh yang dikumpulkan pun dapat menjadi uang jutaan pun milyaran. Itulah sebabnya jangan pernah sepelekan uang koin. Jika anda tidak ingin memberatkan dompet anda, maka anda dapat memulai dengan menyiapkan celengan khusus koin anda. Setiap pulang belanja taruhlah uang koin anda ke dalamnya dari pada anda tinggalkan pada kasir perbelanjaan anda.

Sponsors Link

Baca Juga:

  1. Mengatur Belanja Bulanan

Ibu yang bijaksana adalah ibu yang mengatur belanja bulanan sebagai tips menabung untuk ibu rumah tangga. Belanja bulanan merupakan pengeluaran rutin yang cukup besar nilainya dan tidak mungkin dihindari dalam keluarga. Yang dapat anda lakukan adalah mengatur belanja bulanan ini. Perhatikanlah kebutuhan keluarga anda sebelum pergi berbelanja. Revisilah daftar belanja anda setiap bulan, jangan sampai anda kelebihan membeli barang berkali-kali dan akhirnya terbuang sia-sia akibat basi atau alasan lainnya. Anda harus bijaksana pula dalam memilih harga-harga barang yang anda akan beli. Jangan termakan iklan yang berbicara mengenai kualitas. Jika memang ada yang lebih murah mengapa tidak? Selain itu, manfaatkanlah juga momen diskon. Bandingkan harga di beberapa tempat sebelum memutuskan membeli.

  1. Mendaftar Pemasukan dan Pengeluaran

Tips menabung untuk ibu rumah tangga selanjutnya adalah dengan mendaftar pemasukan dan pengeluaran anda per bulan. Dengan melakukan hal ini, anda dapat melihat apakah terdapat biaya-biaya yang tidak diperlukan dan kemudian dapat dialihkan menjadi tabungan. Menggunakan daftar ini, anda pun dapat melihat jumlah uang sisa pendapatan yang dapat anda tabungkan. Yang diperlukan dalam pembuatan daftar pemasukan dan pengeluaran ini adalah niat dan ketekunan. Jika anda tidak berhati-hati dan tekun dalam membuatnya, maka tidak jarang akan terjadi perhitungan yang meleset dan kemudian akan mengganggu keuangan keluarga anda. Oleh karena itu, buatlah daftar pemasukan dan pengeluaran keluarga anda untuk dapat menyimpan dana sisa di dalamnya.

Baca Juga:

  1. Membuat Rekening Khusus untuk Menabung

Membuat rekening yang diperuntukkan khusus untuk menyimpan dana tabungan anda adalah satu lagi tips menabung untuk ibu rumah tangga. Pembuatan rekening ini diketahui mampu mensugesti anda bahwa uang di rekening anda yang sebenarnya saja yang boleh dipergunakan. Maksudnya adalah, ketika seluruh pemasukan telah terkumpul anda harus memutuskan misalnya menabung Rp1.000.000 per bulan. Uang ini harus segera di transfer ke rekening tabungan anda. Memiliki rekening tabungan ini kemudian membuat uang sisa yang anda miliki terlihat telah berkurang. Anda kemudian akan lebih berhati-hati dalam penggunaannya tanpa anda sadari. Cara ini cukup ampuh khususnya untuk mengatasi kebiasaan belanja benda-benda yang tidak dibutuhkan, seperti yang dilakukan oleh banyak wanita.

Sponsors Link

  1. Menargetkan Dana Maksimal untuk Belanja

Cara selanjutnya yang termasuk ke dalam tips menabung untuk ibu rumah tangga adalah dengan menargetkan dana maksimal yang dapat anda gunakan untuk belanja. Ibu rumah tangga yang bijaksana adalah ibu rumah tangga yang telah mengatur berapa banyak dana yang dapat dihabiskan dalam suatu momen belanja. Misalnya saja, ibu akan membeli baju untuk anak. Sedari berangkat dari rumah, ibu sudah menargetkan bahwa dana maksimal untuk membeli baju anak ini tidak boleh lebih dari Rp200.000. Kemudian ibu pun dapat terus mengingatnya saat sedang membeli pakaian anak. Bahwa tujuan membeli pakaian anak dengan harga yang telah ditentukan tidak boleh dilanggar. Maka anda pun dapat diakui merupakan seorang ibu yang mampu mengendalikan diri.

Baca Juga:

  1. Menghindari Belanja Karena Keinginan Bukan Kebutuhan

Seperti yang sudah banyak diketahui, wanita seringkali belanja karena keinginan bukanlah kebutuhan. Hal ini tidak boleh dilakukan oleh ibu rumah tangga yang ingin menabung. Tips menabung untuk ibu rumah tangga yang paling penting ini adalah menerapkan bahwa ketika sesuatu tidak dibutuhkan, maka tentunya tidak perlu untuk dibeli. Prinsip ini akan sangat membantu ibu dalam menyisakan uang untuk ditabung. Langkah-langkah untuk membiasakan diri dengan prinsip ini adalah dengan membuat daftar kebutuhan rutin setiap bulannya. Ketika sesuatu barang tidak adal dalam daftar tersebut, artinya anda tidak diperbolehkan membelinya. Percayalah anda akan dapat menghemat banyak uang untuk ditabung dengan menggunakan cara yang satu ini.

Baca Juga:

Berikut tadi 7 tips menabung untuk ibu rumah tangga. Tentunya tips-tips ini dapat membantu anda dalam mengatur keuangan keluarga dan menjadi istri serta ibu yang bijaksana. Selamat mencoba dan menabung untuk masa depan keluarga anda!

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick