Sponsors Link

15 Tips Menjadi Wanita Karir yang Sukses Masa Depan Cerah

Sponsors Link

Menjadi wanita karir merupakan impian bagi hampir seluruh wanita di dunia. Menyenangkan sekali bukan, jika bisa mewujudkan mimpi idaman? Coba bayangkan jika kamu bisa mengerjakan hal-hal yang kamu sukai, seperti biasanya, tapi bedanya kali ini kamu akan dibayar untuk melakukan hal tersebut. Wah, pasti sangat seru, ya!

ads

Menjadi wanita karir, tidak hanya seru dan menyenangkan, namun juga ada sisi-sisi gelapnya, lho. Misal, karena kita perempuan, terkadang kita akan dianggap sebelah mata dari segi kualitas sampai dibanding-bandingkan dengan pekerja lain. Anggapan seperti itu tidak hanya datang dari rekan kerja, namun dari atasan pun juga akan sempat kamu rasakan saat bekerja nanti. Terlebih lagi jika kamu dikelilingi oleh banyak kaum Adam di lingkungan kerjamu. Ucapan merendahkan bernada sindiran bisa jadi makanan sehari-hari, sepertinya! Dan lebih daripada tantangan yang sudah disebutkan di atas tadi, sebenarnya masih ada banyak lagi cobaan yang mungkin akan kamu terima sewaktu mengembangkan karirmu nanti.

Baca Juga:

Eits, tunggu dulu, jangan berkecil hati hanya karena mendengar hal-hal tidak menyenangkan tadi. Logikanya, jika kamu sedang menghadapi seribu satu masalah, maka sebenarnya ada seribu satu solusi juga yang tersembunyi di balik masalah itu tadi. Seperti perumpamaan tadi, sekalipun akan ada banyak masalah yang bisa mengganggu perjalanan karirmu nanti, jangan takut!  Telah kami siapkan 15 tips menjadi wanita karir yang sukses. Sudah siap?

1. Ingat Tujuan Awalmu

Di suatu masa, pasti kamu akan merasakan yang namanya “titik jenuh”, tanpa peduli sebesar apa rasa cintamu pada pekerjaanmu itu. Titik jenuh ini bisa terjadi karena beragam hal. Misal, karena kamu sudah jengah dengan pekerjaan yang itu-itu saja setiap hari. Pada masa-masa kritis seperti ini, banyak yang akhirnya memutuskan untuk resign, padahal awalnya pekerjaan ini adalah pekerjaan yang sudah diimpikan.

Perlu kamu ingat, cara paling bijak untuk mengatasi suatu masalah adalah dengan menghadapinya, bukan dengan menghindarinya. Mari kita anggap kamu benar-benar keluar dari pekerjaan impianmu itu karena si A selalu menghina hasil kerjamu. Tapi, di tempat kerja yang baru, kamu kembali menemui permasalahan serupa dari salah satu rekan kerjamu yang baru.

Jika kamu mengulang pola yang sama (bekerja – mendapat tekanan – keluar), maka sayap karirmu tidak akan bisa berkembang dengan sempurna. Solusi dari masalah ini adalah dengan mengingat tujuan awalmu. Tanyakan pada dirimu sendiri: mengapa aku memilih pekerjaan ini? apa yang bisa kudapat jika bekerja dengan baik di bidang ini? Jika kamu berhasil menemukan jawabannya, selamat! Satu tangga menuju puncak kesuksesan berkarir telah kamu daki sekarang. Selanjutnya apa?

2. Jangan pernah berkecil hati

Kamu sering merasa jengkel pada bosmu yang hobi marah-marah tanpa alasan yang jelas? Atau, tidak sabar lagi menghadapi rekan kerja super cerewet yang selalu mengomentari hasil kerjamu? Kelihatannya sih remeh, tapi kalau dibiarkan, kekesalan itu bisa membuatmu berkecil hati dan meragukan dirimu sendiri. Sebenarnya, ada 2 cara mudah untuk menangani hal seperti ini.

  • Pertama, jangan dengarkan apa yang orang bilang tentang dirimu, khusus untuk ucapan negatif dan tidak masuk akal. Anggap saja orang tersebut iri dengan performa kerjamu.
  • Kedua, jika ucapan tersebut adalah kritik, maka terima dan pikirkan. Beberapa orang memang tidak terbiasa menyampaikan kritik dengan nada yang baik, jadi biasakan dirimu, ya. Ingat! Berbesar hati menerima kesalahan dan berani memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat merupakan salah satu karakter yang patut dimiliki wanita karir sejati.

Baca Juga:

Sponsors Link

3. Hindari kebiasaan Meniru Orang Lain

Memiliki tokoh yang menginspirasi adalah satu hal bagus. Tapi, jika kamu cenderung meniru hampir semua – atau bahkan mungkin, semua – yang dilakukan oleh si A, si B, hingga si Z, maka kamu sudah mulai kehilangan jati dirimu sendiri. Bagus untukmu jika kamu ingin menjadi sempurna, tetapi ingat, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Sibuk meniru orang lain tidak akan berdampak apapun pada karirmu selain membuatnya lebih buruk, lho! Kenapa bisa? Tentu bisa, sebab kamu terlalu sibuk meniru orang lain daripada fokus mengembangkan karirmu.

4. Pupuk rasa percaya diri

Mulai meragukan hasil karyamu? Ini bahaya! Ini pertanda bahwa sebentar lagi bukan hanya kamu yang ragu, tapi orang-orang disekitarmu juga akan ikut meragukanmu. Bagaimana kalau klien juga ragu? Sudah pasti, kerugian yang ada di depan mata, bukan kesuksesan! Padahal, kesuksesan itu ada bukan karena latar belakangmu atau keluargamu yang sekaya-raya Pangeran Charles, tapi karena kepercayaan-dirimu dan usaha-usaha cemerlang yang selalu kamu lakukan.

Baca Juga:

5. Selalu bersikap baik

Tips Menjadi Wanita Karir selanjutnya yaitu selalu bersikap baik pada siapapun. Dan tentunya bukan hanya pada orang lain, namun juga pada diri sendiri. Pernah dengar ungkapan ini: “jika kamu ingin diperlakukan dengan baik, maka kamu harus mulai memperlakukan orang dengan baik“? Kedengarannya simpel memang, tapi kamu perlu tahu manfaat dibalik tekun melakukan perbuatan baik. Masih belum tahu? Coba sekarang.

6. Jangan takut gagal

Tidak ada satu pun manusia yang sempurna, begitu pula dengan kita. Menjadi sempurna dalam bidang apapun adalah satu hal yang mustahil, karena itulah wajar jika kamu membuat kesalahan. Tetapi perlu diingat jika dibalik kegagalan itu ada kesuksesan yang sedang menunggu. Bukan berarti setelah kamu gagal mengerjakan proyek penting maka kamu tinggal bersantai dan menunggu hingga keajaiban datang. Ups, salah besar! Instropeksi diri harus dilakukan. Dimana salahku? Apa yang bisa kulakukan untuk meningkatkan kualitas kerjaku? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantumu untuk menjadi lebih baik.

Baca Juga:

ads

7. Kerja Keras

Betul, lho! Kalau sukses datangnya semudah itu, bisa dibayangkan, ada berapa milyar umat manusia yang menduduki peringkat satu sebagai orang tersukses di dunia? Maka dari itu, hanya sedikit saja perempuan hebat yang berhasil memantapkan karirnya, sebab mereka tahu jika kesuksesan tidak dapat diraih dalam waktu satu malam saja. Untuk meraih puncak kesuksesan, maka kita harus berani mengorbankan banyak hal. Jika kamu ingin mendapat pemasukan tambahan, maka kamu harus berani mengorbankan waktu luangmu untuk mengambil lebih banyak pekerjaan. Berani?

8. Disiplin dan berhati-hati

Selama bekerja, beberapa hal sial mungkin akan menimpamu (ban bocor, listrik mati, dsb). Terlambat sekali-dua kali mungkin tidak membawa dampak yang besar, tapi bagaimana jika keterlambatan itu terus-menerus terjadi seolah-olah disengaja? Hal ini bisa jadi satu cara yang bagus untuk menunjukkan ketidak-konsistenanmu terhadap pekerjaannmu. Selamat tinggal, karir cemerlang!

Baca Juga:

9. Cerdik mengontrol keuangan

Sebelum kamu kalap ingin membelanjakan gajimu dengan beragam barang di mall yang menyilaukan mata, pikir kembali apa yang benar-benar ingin kamu lakukan dengan uang tersebut. Ketahuilah cara-cara cerdik untuk mengontrol keuanganmu. Daripada dibelanjakan untuk hal-hal yang kurang penting, gajimu pasti akan lebih menguntungkan jika tetap tersimpan di bank untuk keperluan yang lebih mendesak.

10. Jangan pernah bosan belajar

Pekerjaan yang telah kamu miliki sekarang bisa membuatmu terlena dan lupa, bahwa belajar adalah proses panjang yang berlangsung hingga mati. Pelajari hal baru setiap harinya, dan jadikan kesempatan itu untuk menambah daftar kemampuanmu. Jika biasanya kamu hanya tahu tata cara berdandan untuk dirimu sendiri, mengapa tidak mencoba untuk mengembangkan hal tersebut? Punya salon usaha pribadi bisa jadi ada di depan matamu sekarang.

11. Selalu pandai mengorganisir diri

Meja kerja yang berantakan bukan cerminan wanita karir yang sukses. Coba rapikan meja kerjamu sekarang dan lihat perbedaan antara sebelum dan sesudah. Apakah kamu merasa lebih lapang setelah melihat mejamu lebih teratur dan rapi sekarang? Kira-kira hal yang sama juga bisa terjadi pada perasaanmu jika kamu pandai mengorganisir diri. Pilah-pilah mana pikiran yang dapat membantumu untuk sukses dan mana yang tidak. Buang pikiran negatif dan selalu buat pikiran positif setiap waktu. Pernah terpikir untuk membuat jurnal? Tidak ada salahnya kembali ke masa kecil dan menulis diary.

Baca Juga:

12. Menjaga kesehatan tubuh dan jiwa

Selain kecerdasan, modal utama yang harus dimiliki wanita karir hebat adalah: tubuh dan jiwa yang sehat. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jika tubuhmu sehat, maka kamu siap melakukan apapun, kapanpun. Jika pikiranmu sehat, maka kualitas pekerjaan yang kamu lakukan tentunya akan lebih baik juga.

13. Atur jadwal khusus untuk “me-time”

“me-time” atau waktu spesial untuk diri sendiri bisa jadi satu hal bagus untuk merilekskan pikiranmu. Tidak semua hal harus melulu tentang pekerjaan! Pilih hari kosong, di waktu libur misalnya, dan atur jadwal untuk menyenangkan diri sendiri. Anggap itu adalah hadiah untuk dirimu karena sudah bekerja keras. Langkah kecil ini bisa membuatmu tetap segar dan terjauh dari rasa enggan dan malas.

Baca Juga:

Sponsors Link

14. Berani mengatakan “tidak”

Perhatikan baik-baik perintah yang harus kamu kerjakan. Ketahui yang mana yang memang kewajibanmu dan mana yang bukan. Jika perintah atasanmu tidak termasuk dalam kontrak pekerjaan, maka berani katakan “tidak” padanya. Kamu harus mengetahui nilaimu, dan kamu tidak boleh membiarkan orang lain merendahkanmu. Tapi ingat, tetap gunakan bahasa yang sopan, ya.

15. Berpakaian rapi dan sopan

Jangan minta orang lain untuk menghormati kamu jika kamu saja tidak menghormati dirimu sendiri! Bercerminlah dan lihat bayanganmu di kaca. Apakah kamu sudah berpakaian rapi dan sopan? Jika belum, mengapa? Bukankah dengan berapakaian rapi dan sopan, orang-orang akan lebih menaruh hati? Memang sangat tidak dianjurkan untuk menilai orang dari penampilan luarnya saja, tapi perlu diketahui bahwa tingkat kerapian kamu mencerminkan seberapa besar rasa perhatianmu untuk diri sendiri. Masih bingung bagaimana cara agar terlihat menarik? Baca tips fashion berikut:

Itu tadi adalah 15 tips menjadi wanita karir idaman yang sudah kami bagikan, semoga bisa menyemangatimu agar tetap berjuang menjadi wanita karir yang sukses. Bagikan tulisan ini jika kamu rasa tulisan ini bermanfaat juga untuk teman-teman seperjuanganmu. Selamat berkarir, perempuan hebat!

, , ,
Oleh :
Kategori : Karir dan Pekerjaan