3 Cara Menjadi Pegawai yang Menonjol di Kantor bagi Wanita Karier

47

cara-menjadi-pegawai-yang-menonjol-di-kantor

Sebagai seorang wanita karier, rasanya tidak ada goals paling diidam-idamkan selain menjadi pegawai paling top di perusahaan. Dengan menjadi pegawai teladan, Anda akan berkesempatan untuk naik jabatan, diterima bekerja di perusahaan idaman, atau mendirikan usaha sampingan yang disegani banyak kompetitor.

Coba bayangkan: bagaimana caranya memberitahu orang-orang di sekitar Anda bahwa Anda layak menjadi pemimpin jika Anda sendiri tidak mampu menunjukkan apa yang membuat Anda berbeda dari pegawai lain?

Jelas sudah, ‘kan? Memperhitungkan kembali bagaimana Anda dapat mencuri perhatian orang-orang dan memenangkan kompetisi adalah bagian terpenting dari kesuksesan seorang wanita karier.

Tapi, tampil menonjol di antara jutaan lautan manusia pastinya menjadi tantangan tersendiri buat siapa saja, ‘kan? Mungkin, saat ini Anda memiliki beragam pertanyaan memenuhi otak Anda.

Contohnya:

Apa yang membuat saya spesial?

Apa yang bisa saya lakukan untuk tampil berbeda dari orang lain?

Apa saya sudah cukup baik untuk jadi yang terbaik?

Jangan biarkan pertanyaan-pertanyaan ini menjatuhkan rasa percaya diri Anda. Di luar dugaan, ada cara mudah untuk membuat Anda menjadi pegawai teladan yang dikagumi di seantero perusahaan. Yang terpenting, Anda tidak ragu untuk mengubah sudut pandang Anda.

Berikut cara menjadi pegawai menonjol di kantor sekaligus cara membuat atasan senang yang layak Anda coba.

1. Berhenti membandingkan diri sendiri dan orang lain

Cara menjadi pegawai yang menonjol di kantor nomer 1 ini krusial untuk seluruh proses peningkatan kemampuan Anda.

Jika Anda terus menerus membandingkan apa yang sudah Anda lakukan dengan pencapaian orang lain, Anda membuat diri Anda berada pada zona berbahaya.

Konon, membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan mencuri kebahagiaan Anda. Bukan cuma itu, kebiasaan buruk ini juga akan menjauhkan Anda dari kesuksesan. Daripada membuang waktu melakukan hal yang tidak berdampak positif terhadap perkembangan karier Anda, sebaiknya Anda memfokuskan perhatian untuk meningkatkan keterampilan Anda.

Orang-orang paling sukses sekalipun akan memberikan nasehat yang sama untuk Anda. Jika Anda ingin meraih puncak karier tertinggi, maka sebaiknya Anda mengurangi waktu untuk mengkhawatirkan apa yang orang lain lakukan.

Menyia-nyiakan waktu untuk mempedulikan orang lain hanya akan membuat Anda semakin jauh dari tujuan utama Anda, dan ini berbanding terbalik dari cara menjadi pegawai yang menonjol.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda, atasi dengan tips memotivasi diri sendiri.

2. Ciptakan gaya bekerja yang khas dan unik

Gaya khusus yang khas adalah cara menjadi pegawai yang menonjol yang dengan unik akan menunjukkan cara Anda menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan pada Anda. Karena unik, maka hal ini tidak dapat ditemukan pada orang lain.

Pun, bakat dan talenta yang spesial dapat menjadi kekuatan Anda (strength).

Mengembangkan signature style Anda akan memberikan Anda peluang untuk mengeksplor jati diri Anda yang sebenarnya (dalam hal ini terkait karier Anda). Anda juga akan menjadi pribadi yang otentik di lingkungan bekerja Anda.

Orang-orang yang telah terlebih dahulu sukses daripada Anda juga menerapkan cara menjadi pegawai yang menonjol di kantor ini. Mereka memiliki keunikannya masing-masing yang membedakan mereka satu sama lain. Alih-alih merasa malu atau rendah diri, mereka memanfaatkan sisi tersebut untuk mendongkrak kinerja bekerja mereka.

Misal, karyawan A tidak takut untuk mengusulkan pendapat atau membagikan pandangan pribadinya yang berbeda dari kebanyakan orang pada suatu meeting.

Penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang berani menunjukkan jati diri mereka apa adanya (seperti karyawan A di atas) adalah para pegawai yang sukses dalam keseluruhan jenjang karier mereka.

3. Jadilah ahli di bidang pekerjaan Anda

Jika Anda mengira dengan menjadi seorang karyawan yang mampu mengerjakan segala tugas dengan baik adalah cara menjadi pegawai yang menonjol di kantor, Anda sepertinya harus mengubah pola pikir tersebut.

Ingat apa yang kita bicarakan sebelumnya soal “keunikan masing-masing”? Ya, untuk menjadi pegawai yang menonjol di kantor, maka Anda harus menjadi sosok yang dikenal sebagai “master” atau ahli dari bidang tertentu.

Sayangnya, sebagian besar karyawan yang berpotensi untuk menjadi pegawai yang menonjol di kantor justru merasa malu atau tidak percaya diri untuk menjadi sang maestro karena khawatir jika pengalaman atau pengetahuan mereka kurang.

Nyatanya, Anda tidak harus memperoleh gelar “master” atau “Ph.D.” dari universitas tersohor demi menjadi pegawai yang menonjol di kantor.

Yang terpenting adalah Anda harus berkomitmen untuk mendedikasikan waktu dan energi Anda untuk belajar lebih giat tentang pekerjaan Anda saat ini dibandingkan rekan kerja Anda lainnya.

Coba pikirkan baik-baik: jika Anda meluangkan sedikitnya satu jam per hari untuk mengumpulkan informasi mendetail tentang satu topik, Anda mengetahui topik itu sekitar 50% lebih baik daripada kebanyakan orang lainnya. Sekarang, bayangkan apabila Anda melakukan strategi yang sama setiap harinya untuk mempelajari satu topik spesifik secara mendalam. Yup, sekarang Anda adalah sang master a.k.a pegawai yang menonjol di kantor.

Di akhir artikel tentang cara menjadi pegawai yang menonjol di kantor ini, ada satu hal penting lagi yang ingin kami sampaikan.
Ambil beberapa saat untuk memikirkan satu tokoh wanita karier sukses, pengusaha wanita sukses di Indonesia, atau pengusaha wanita sukses di dunia yang menginspirasi Anda.

90% dari peluang yang ada, sosok sukses tersebut tidak memikirkan tentang Anda sekarang. Mungkin, orang ini tidak mengenal Anda, atau wanita sukses tersebut memiliki prioritas penting yang harus ia lakukan. Wanita sukses ini menghabiskan waktunya dengan bijak untuk merencanakan langkah apa yang harus ia ambil selanjutnya untuk mengembangkan kariernya.

Mereka tahu, bahwa poin terkuat dari tips sukses menjadi wanita karir dalam dunia patriarki adalah dengan memanfaatkan tiap menit dan detik untuk memikirkan “serangan” berikutnya. Karena waktu adalah uang, tidak ada satupun yang terbuang sia-sia untuk berpangku tangan.

Sama seperti wanita karier sukses tersebut, kami menantang Anda untuk melakukan hal yang sama. Siapkah Anda menjadi pegawai yang menonjol di kantor?