Inilah 3 Cara Menghasilkan Uang dari Blog yang Sudah Terbukti Menguntungkan

14

cara-menghasilkan-uang-dari-blog

Bunda, apakah saat ini Anda ingin mempunyai penghasilan tambahan di samping gaji pokok Anda sebagai pegawai kantoran, atau sekadar berniat ingin meringankan beban suami? Dipikir-pikir lagi, siapa yang bisa menolak uang terlebih di jaman dimana harga semua kebutuhan pokok melambung tinggi seperti sekarang? Tentunya semua ingin – dan butuh – menghasilkan uang.

Dan, karena Bunda adalah ibu bijak, Anda pun memilih blog sebagai media penghasil uang seperti apa yang pernah kami singgung secara singkat dalam pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga. Alasan mengapa banyak orang – mungkin termasuk Anda juga – memilih blog sebagai cara menghasilkan uang dari rumah adalah dikarenakan mudahnya membuat blog. Tidak sampai 5 menit, Anda bisa menciptakan blog Anda sendiri secara gratis. Pun, ada beragam platform di luar sana yang bisa Anda pilih sebagai media blog Anda dengan keunggulannya masing-masing.

Dari blog, banyak orang mengaku bahwa mereka bisa menghasilkan uang dengan mudah. Anda sendiri juga mungkin pernah mendengar atau membaca berita tentang seorang blogger yang penghasilan per bulannya dari blogging bisa melampaui gaji UMK seorang pegawai. Siapa sangka, blog sebagai hobi yang berpotensi menghasilkan uang yang berawal dari iseng-iseng justru membawa banyak keuntungan.

Jika saat ini Anda hendak memutuskan untuk memulai blog Anda sendiri, atau mungkin Anda sudah meluncurkan sebuah blog namun tidak yakin betul bagaimana cara memonetisasi blog Anda, maka Anda datang ke artikel yang tepat.

Hari ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara menghasilkan uang dari blog – entah itu dari blog hobi, blog bisnis, blog pribadi, ataupun blog lifestyle – tidak sulit untuk menghasilkan uang dari blog.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa kunci utama dari artikel ini bukanlah untuk membocorkan apa saja rahasia agar blog Anda bisa menghasilkan uang dengan cepat (karena tidak ada hal yang instan di dunia ini); namun, apabila Anda melakukan satu atau beberapa cara menghasilkan uang dari blog di bawah ini dengan tepat, maka Bunda bisa mendapatkan cukup penghasilan tambahan untuk mendukung keuangan keluarga Anda.

Jadi, mari kita simak satu-persatu apa saja cara menghasilkan uang dari blog yang bisa Anda coba di tahun ini.

1. Memasang iklan CPC

Salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang paling umum adalah dengan memasang iklan pada blog Anda. Ada dua jenis iklan yang biasanya berseliweran di dalam blog, yaitu CPC dan CPM. Dari kedua jenis ini, CPC atau cost-per-click adalah yang paling banyak digunakan oleh para blogger, khususnya bagi mereka yang memanfaatkan blog sebagai pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sesuai namanya, cost-per-click atau yang umum juga disebut sebagai pay-per-click adalah jenis iklan dimana para pemilik blog berkesempatan untuk mendapatkan uang dari tiap pengunjung yang meng-klik banner iklan yang terdapat di dalam blog.

Saat ini, perusahaan pengiklan online terbesar adalah Google AdSense. Melalui program yang ditawarkan, Bunda tidak perlu menghubungi langsung para pengiklan yang sekiranya tertarik untuk memasang iklan di blog Anda; Bunda cukup menyiapkan sejumlah ruang kosong di dalam blog Anda (bisa di bagian sidebar atau di antara konten yang Anda tulis), dan biarkan Google memilih iklan apa yang sekiranya relevan dengan topik blog Anda.

Jika Bunda rasa AdSense tidak bekerja dengan baik untuk memonetisasi blog Anda, Bunda dapat beralih pada perusahan pengiklan lain seperti Chitika, Media.net, dan Infolinks.

2. Menjual iklan pribadi

Bekerja sama dengan advertising network bukanlah satu-satunya cara menghasilkan uang dari blog. Setelah blog Anda mendapat cukup traffic atau pengunjung, beberapa perusahan independen biasanya secara otomatis akan tertarik untuk mengiklankan produknya pada blog Anda. Atau, Bunda juga bisa menghubungi beberapa perusahaan yang produk atau jasanya selaras dengan konten blog Anda.

Perbedaan terbesar dari cara menghasilkan uang dari blog pada poin pertama dan kedua adalah dengan memasang iklan pribadi, Bunda tidak akan menemui pihak ketiga, yang berarti Anda dapat menentukan tarif penayangan iklan tersebut sesuka hati Anda.

3. Menyertakan tautan afiliasi pada konten blog

Affiliate marketing adalah salah satu cara menghasilkan uang dari blog berikutnya yang juga terbukti ampuh untuk memonetisasi blog Anda. Cara kerja dari affiliate marketing kurang lebih sebagai berikut.

  1. Suatu perusahaan memiliki produk/jasa yang hendak dijual (sebut saja perusahaan A). Perusahaan ini kemudian menghubungi Anda untuk menawarkan program kerja sama dimana Anda akan diberi sedikit komisi tiap kali ada pelanggan yang membeli produk/jasa perusahaan tersebut melalui blog Anda.
  2. Perusahaan A akan memberikan sejumlah tautan (link) unik untuk mengakses kode afiliasi tersebut. Dengan begitu, perusahaan A dapat mencari tahu siapa saja pembeli yang melakukan transaksi via blog Anda.
  3. Anda hanya perlu menyertakan link tersebut di dalam konten blog Anda, atau melalui banner iklan di bagian kiri, kanan, bawah, atau atas layout. Anda akan memperoleh komisi sesuai dengan perjanjian tiap kali ada pengunjung yang meng-klik iklan tersebut dan membeli produk/jasa yang ditawarkan.

Ketiga cara menghasilkan uang dari blog di atas sangat mudah, ‘kan? Agar penghasilan tambahan Bunda berlipat ganda, kombinasikan antara ide usaha yang bisa kamu lakukan bareng saudara perempuanmu dengan hobi blogging yang Bunda miliki. Dengan begitu, bukan hal yang mustahil jika Bunda mampu mendapatkan penghasilan tetap per bulannya cukup dengan bekerja dari rumah saja.