9 Pekerjaan Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga yang Paling Cocok dan Menguntungkan

125

Pekerjaan Sampingan untuk Ibu Rumah TanggaBunda, meskipun Anda sibuk mengurus pekerjaan rumah tangga dan tak banyak waktu yang tersisa untuk melakukan hal lainnya, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Mengapa Moms tidak menjajal pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga? Bekerja sampingan, atau part-time, hanya butuh beberapa jam saja dari waktu Anda dalam satu hari. Selain berdagang, Anda juga bisa menawarkan jasa pada orang lain. Kuncinya adalah, Bunda harus bisa menentukan pekerjaan apa yang sesuai dengan kemampuan dan karakter diri masing-masing.

Jadi, apa saja pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga yang paling cocok dan menguntungkan? Anda dapat menyimaknya lebih lanjut dalam daftar di bawah ini.

1. Admin akun sosial media

Mungkin yang satu ini cocok bagi Bunda yang melek teknologi dan dalam kesehariannya mahir mengoperasikan smartphone beserta sosial media. Bunda bisa menawarkan jasa sebagai admin akun sosial media. Bagaimana cara kerjanya? Moms bisa merencanakan jadwal pengunggahan, menyusun isi konten, mengatur anggaran pengiklanan harian, dan berinteraksi dengan pengguna lainnya. Tapi, karena kehidupan di dalam sosial media berubah dengan cepat (bahkan lebih cepat daripada mengganti popok), pastikan Moms miliki satu kelebihan wanita dalam bekerja di bidang ini yakni selalu stay up-to-date, ya!

2. Tutor atau guru les privat

Moms gemar mengajar? Atau mungkin dulu lulusan dari jurusan pendidikan? Mengapa tidak memanfaatkan hal tersebut dengan menjadi tutor? Bunda bisa memberikan les privat, contohnya, les bahasa Mandarin, les persiapan ujian SBMPTN, dan sebagainya. Eh, tapi menjadi tutor tidak melulu harus soal pelajaran anak sekolahan, kok! Kalau Bunda punya satu keahlian yang bisa diajarkan pada orang lain, Bunda bisa jadi tutor hobi tersebut, misal: tutor memasak masakan nusantara, tutor menjahit, tutor menari, dsb.

Ingat, cara menjadi wanita sukses dalam karir yang satu ini adalah dengan memberikan pelayanan terbaik bagi murid. Karena, meskipun awalnya menjadi tutor adalah pekerjaan sampingan dengan bayaran per jam, namun apabila Bunda mampu memberikan perubahan yang signifikan bagi klien (murid), maka pekerjaan ini bisa jadi pekerjaan tetap yang sangat menghasilkan.

3. Web developer
Berikutnya dalam cara menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga adalah dengan mengajukan diri sebagai web developer. Saat ini, kebutuhan instansi terhadap pembuatan website sangat besar, sehingga ada banyak peluang pula bagi orang-orang dengan kemampuan di bidang teknologi, khususnya yang mengerti tentang coding, desain website, hosting, dsb. Jika Moms termasuk salah satunya, maka pekerjaan yang satu ini bisa jadi yang paling cocok buat Anda untuk dikerjakan dari rumah. Dengan sedikit pelatihan teknis, maka tak akan lama bagi Bunda hingga bisa mendapatkan sertifikat sebagai web developer handal.

4. Reseller dan dropshipper

Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah yang paling diminati banyak orang adalah dengan menjadi reseller dan dropshipper. Jika Bunda ingin membuka bisnis namun modal yang ada belum mencukupi, maka Bunda bisa mencoba dengan menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu.

Reseller berarti “menjual kembali”. Moms bisa mencari pelapak yang memperbolehkan barang-barangnya dijual kembali dengan harga khusus. Bunda bisa menambahkan beberapa rupiah sebagai keuntungan pribadi. Menjadi reseller berarti Bunda harus membeli barang-barang tersebut dari pelapak dan mengirimnya sendiri. Menjadi dropshipper tentunya lebih mudah karena Bunda hanya perlu menawarkan barang dagangan dari pelapak dan jika ada pesanan, maka pelapak tersebut sendiri yang mengirimnya.

5. Penulis lepas atau blogger

Selanjutnya dalam daftar pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga adalah dengan menjadi penulis lepas atau blogger. Jika biasanya Anda menganggap remeh “menulis”, maka mungkin Anda belum tahu bahwa menulis merupakan salah satu kegiatan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang. Dengan meningkatnya tingkat literasi masyarakat, maka kebutuhan akan bahan bacaan pun makin meningkat. Apabila Moms pandai menyusun artikel yang informatif, edukatif, ataupun menghibur, tak ada salahnya jika Moms mulai mengambil peluang bekerja sebagai freelancer. Atau, Bunda juga bisa membuat blog dan mengembangkannya di sela-sela waktu mengurus buah hati. Memiliki blog adalah batu loncatan yang sangat cemerlang untuk menyusun portofolio yang tentunya bisa menambah nilai jual Anda sebagai penulis.

6. Perawat pribadi lansia

Mungkin dari namanya kedengaran kurang menarik dibanding pekerjaan sampingan lainnya di atas, namun menjadi perawat pribadi lansia adalah salah satu alternatif cara mengisi waktu luang di rumah yang tentunya menguntungkan. Selain itu, perawat pribadi lansia memiliki peran yang sangat penting bagi pasien-pasien berusia lanjut yang dirawat di rumah. Keberadaan Anda tak hanya sekedar untuk membantu pasien melakukan kegiatannya sehari-hari, namun juga sebagai kawan bicara dan pendamping. Sangat mulia, bukan?

7. Penerjemah

Apabila Moms adalah dwilingual, atu bahkan multilingual alias mampu berkomunikasi dalam beragam bahasa, saatnya untuk menawarkan jasa penerjemahan. Namun, agar semakin banyak permintaan yang Bunda terima, Anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan sertifikat sebagai penerjemah sah. Dengan begitu, kesempatan untuk direkrut akan jadi semakin besar.
Namun, dengan makin ketatnya persaingan yang ada, di awal-awal karir mungkin Bunda akan agak kesusahan untuk mendapat klien pertama. Dengan demikian, Bunda tidak bisa terlalu berharap untuk segera mendapatkan penghasilan. Apalagi bagi penerjemah lepas, maka Bunda perlu tahu cara menjadi wanita hemat untuk sementara waktu sampai Moms bisa mendapatkan penghasilan tetap dari pekerjaan sampingan ini.

8. Driver online

Yang mungkin belum dijelaskan dari cara mengatur keuangan keluarga adalah dengan mendapatkan pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga. Jika Anda merasa memiliki banyak waktu luang dan merasa jenuh harus berkecimpun dengan urusan rumah tangga saja, ada baiknya Bunda mendaftar sebagai driver online. Berbeda dari pandangan masyarakat yang kebanyakan menganggap pekerjaan ini khusus untuk laki-laki saja, saat ini dapat kita jumpai dengan mudah di jalanan para wanita yang berprofesi sebagai driver online. Mungkin sebagai permulaan, Moms bisa menerima pesanan makanan. Kemudian, coba tantangan yang lebih besar dengan mengantar penumpang. Dalam satu hari, Bunda bisa mengantongi hingga Rp250.000,-, lho. Jumlah yang sangat lumayan, ‘kan?

9. Graphic designer

Di jaman dimana semua orang tampaknya tergila-gila dengan estetika dan visual, graphic designer menjadi salah satu profesi yang paling dicari. Moms bisa bekerja sebagai graphic designer lepas dari rumah jika Anda bisa: mendesain logo, membuat font, infografis, atau desain layout website. Dengan banyaknya lowongan yang ada, graphic designer jadi salah satu pekerjaan yang sesuai dengan kelebihan wanita rumahan karena dapat dikerjakan dengan mudah dan nyaman dari rumah.

Menjadi tangguh, tahan banting, dan mampu melakukan multi-tasking adalah sekian dari banyaknya kelebihan wanita pekerja yang juga sekaligus merangkap sebagai ibu rumah tangga. Memanfaatkan kemajuan jaman ini, Bunda bisa melakukan pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga tanpa perlu khawatir akan melalaikan tanggung jawab Anda sebagai istri dan ibu. Dibarengi dengan pengaturan waktu dan disiplin yang baik, maka tak ayal jika dalam waktu cepat Moms bisa segera menambah pundi-pundi rupiah ke dalam anggaran sehari-hari Anda.