Sponsors Link

20 Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan Paling Efektif

Sponsors Link

Mengatasi anak yang susah makan, dapat ditempuh dengan beberapa cara. Umumnya anak yang susah makan rata rata saat memasuki usia batita. Pada usia ini anak anak telah lepas dari Asi dan mulai diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan dan minuman dan camilan padat. Anak anak cenderung untuk lebih mengkonsumsi hanya makanan yang mereka sukai. Sehingga, terkadang jika disuguhi makanan yang tidak srek dengan keinginan mereka cenderung ditolak. Beberapa orang tua mengalami kebingungan dalam mengatasi masalah anak yang susah makan. Padahal pada masa periode emas (dibawah 5 tahun) merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang tidak boleh terlewat sedikitpun. Untuk dapat mencapainya secara optimal tentu diperlukan asupan nutrisi dan vitamin yang bersumber dari makanan yang dikonsumsi.

ads

Baca juga :

Anak yang sulit makan cenderung enggan menyantap makanan dengan jenis tertentu. Mereka hanya akan memakan dalam porsi yang sedikit, tentunya akan berpengaruh pada asupan kalori yang diterima tubuh. Anak anak akan cenderung menjadi lemas, enggan beraktifitas, serta tidak jarang bahkan bisa mengalami dehidrasi. Sebagai orang tua tentunya kita wajib melakukan berbagai cara untuk mengatasi anak yang susah makan. 20 cara dibawah ini dapat mengatasi anak yang susah makan. Simak selengkapnya.

1. Berikan Asupan Sesuai Usia Anak

Untuk mendapatkan tumbuh kembang yang optimal bagi sang buah hati, dibutuhkan asupan gizi sehat yang sesuai. Pada usia balita dianjurkan memberikan makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Namun berikan gizi yang berimbang antara, protein, lemak dan kebutuhan cairan tubuhnya. (Baca juga : Menstruasi Tidak Lancar , Penyebab Haid Tidak Lanjut )

2. Variasikan Menu Makanan, Baik rasa, Ragam Jenis dan Tampilan Penyajiannya 

Terkadang salah satu alasan menurunnya nafsu makan anak adalah karena makanan yang disajikan itu itu saja. Oleh karena itu untuk mengatasi anak yang susah makan, coba variasikan jenis makanan yang disajikan. Ganti gantilah menu yang di sajikan. Anak akan menjadi bosan dan malas untuk memakan makanan jika itu itu saja. var

3. Beri makanan yang Padat Gizi dan Mengandung Banyak Energi

Untuk mengatasi anak yang susah makan terutama pada masa balita yang merupakan periode emas pertumbuhan anak, berikan makanan yang padat gizi dan kaya energi agar dapat mendukung aktivitas anak. Untuk beraktifitas secara aktif anak anak memerlukam kalori dalam jumlah besar. Sehingga makanan yang diberikan haruslah mengandung banyak kalori dan gizi seimbang. Anak yang mengalami susah makan cenderung hanya akan makan sekali sampai dua kali dalam sehari. Sumber makanan yang mengandung gizi yang padat dan kaya energi seperti pisang, ubi jalar, ubi kayu.

4. Jadwalkan Secara Rutin untuk dapat Memberikan Camilan Sehat

Biasanya anak yang mengalami nafsu makan menurun tidak menyukai makanan berat yang mengandung karbohidrat. Oleh karena itu untuk mengatasi anak yang susah makan, jadwalkan untuk memberikan cemilan yang sehat seperti potongan buah-buahan segar, salad buah, salad sayuran, cookies yang dibuat sendiri tanpa bahan pengawet, atau jus buah yang disukai anak. (Baca juga: Cara Mengetes Pria Serius atau Tidak , Cara Mengambil Hati Mertua )

5. Saat Makan, Buat Suasana Semenyenangkan Mungkin

Anak yang mengalami sulit makan terkadang merasa bosan dengan suasana saat makan. Untuk itu , buat suasana makan semenyenangkan mungkin. Misal dengan mengajaknya ke taman bermain sambil menyuapinya. Tentu dengan suasana makan yang menyenangkan, anak akan lebih senang menyantap makanannya.

Sponsors Link

6. Latihlah Kemandirian Anak

Melatih kemandirian anak sejak dini sangat penting, agar kedepannya anak menjadi pribadi yang mandiri dan mampu mengandalkan diri sendiri dalam menghadapi masalah masalah yang kelak muncul. Hal ini juga penting dalam mengatasi anak yang sulit makan. Buatlah anak mandiri dalam menyantap makanan nya sendiri, tanpa perlu lagi disuapi dan ditunggui. Namun, kadang kadang jika sang anak dalam mood yang tidak baik, sesekali temani makan dan suapi. Melatih kemandirian saat makan harus disesuaikan dengan mood sang anak. Jangan dipaksa jika memang sanga anak sedang tidak mood, dari pada nantinya si anak malah enggan menyantap makanannya.

7. Hidangkan Jenis Makanan Baru dengan Porsi yang Sesuai

Jenis makanan yang disajikan itu itu saja akan membuat anak memjadi bosan dan enggan menyantap makanannya. Maka, hidangkan jenis makanan baru dengan porsi yang sesuai. Porsi yang terlalu besar akan membuat anak tidak bisa menghabiskan makanan yang disantapnya.

Baca juga :

8. Jangan Menyuruh Anak untuk Makan dengan Cepat

Menyuruh anak makan dengan cepat dan segera menghabiskan makanannya hanya akan membuat anak merasa enek dan akan menyebabkan mual. Sehingga kemungkinan besar anak tidak akan bisa menghabiskan porsi makannya dengan benar. Ketimbang menyuruh anak makan dengan cepat, lebih baik untuk memandunya untuk makan dengan santai dan pelan pelan saja. Selain agar tidaj tersedak hal ini akan membuat anak merasa nyaman saat makan.

9. Secara Rutin Lakukan untuk Menawarkan Makanan pada Anak

Terlalu asyik bermain, terkadang membuat anak menjadi lupa makan. Apalagi jika anak anda termasuk anak yang susah makan, iya akan lebih menyukai kegiatan bermain timbang makan. Oleh karena itu, jangan merasa lelah untuk selalu menawarkan makanan pada anak. Semakin kita tidak menawarkan makanan, anak yang susah makan akan merasa senang. Kerana dengan begitu si anak merasa tidak perlu untuk menyantap makanan. (Baca juga : Manfaat Cuci Muka dengan Sabun Bayi , Manfaat Minyak Bulus untuk kulit )

10. Perkenalkan Beragam Makanan pada Anak Sejak Dini

Sejak dini lakukan pengenalan jenis makanan pada anak. Agar nantinya anak tidak hanya menyukai satu jenis makanan saja. Dengan mengenalkan beragam jenis makanan, tentunya akan membuat anak bisa memilik lebih banyak makanan untuk disantap.

11. Cari Penyebab Mengapa Anak Mengalami Sulit Makan

Anak yang mengalami susah makan memiliki alasan untuk enggan menyantap makanannya. Penyebabnya bisa macam macam, seperti jenis makanan yang membosankan, rasa makanan yang tidak enak atau bisa jadi ada faktor lain yang membuat nafsu makan anak memurun. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari dan menemukan penyebab mengapa anak susah makan. Agar penanganan yang diberikan bisa menjadi efektif dan mampu mengembalikan nafsu makan anak.

12. Tentukan Makanan yang Akan Dihidangkan, Pastikan Makanan Tersebut Merupakan Sumber Protein dan Nutrisi

Mengatur jenis makanan yang akan dihidangkan dipercaya dapat membantu mengembalikan nafsu makan anak kembali normal. Atur jenis makanan yang akan dihidangkan. Pilih sumber makanan yang mengandung banyak protein dan nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan anak anda.

Baca juga :

ads

13. Kenalkan Anak pada Jenis Makanan Baru Secara Bertahap

Dengan tiba tiba mengganti menu makan anak dengan menu baru, tampaknya bisa menjadi pilihan agar nafsu makam anak kembali normal. Namun, kita harus berhati-hati, bukannya nafsu makan anak yang kembali normal yang ada nanti bisa bisa anak sama sekali tidak mau menyentuh makanan tersebut. Untuk itu cobalah mengenalkan makanan pada anak secara bertahap. Misalnya dengan menganti terlebih dahulu lauknya, kemudian ganti lagi sayurannya. Lakukan secara bertahap, agar anak tidak merasa kaget.

14. Pilihlan untuk Menyajikan Makanan dalam Porsi Kecil

Dengan memilih penyajian makanan porsi kecil dirasa cukup efektif untuk mengatasi anak yang susah makan. Pilihan porsi kecil akan membuat anak tidak merasa terbebani untuk menghabiskan makanannya karena memang jumlah makanan yang disantap jumlahnya sedikit. Anak pun diharapkan lebih cepat lapar, jikq diberi porsi makan yang sedikit.

15. Jangan Memaksa Anak untuk Makan Apalagi Sampai Memarahinya

Kadang kadang orang tua merasa jengkel jika anak mereka mengalami penurunan nafsu makan. Tidak jarang orang tua malah memilih memaksa hingga memarahi anak yang enggan makan. Wajib diketahui para orang tua, bahwa hal yang demikian tersebut tidaklah benar. Justru dengan memaksa apalagi sampai memarahi anak, akan menimbulkan dampak ketakutan. Bukan merasa nyaman dengan makanan nya anak justru akan merasa takut. Hal ini dapat menyebabkan trauma yang dapat mempengaruhi psikologi anak.

Baca juga :

16. Ajak dan Ajarkan Anak untuk Selalu Makan dengan Teratur

Makan dengan teratur merupakan langkah sehat agar pencernaan dapat bekerja dengan normal. Kebiasaan makan teratur haruslah dimulai sedini mungkin. Apalagi bagi anak yang sulit makan, ajarkan mereka untuk selalu makan teratur walaupun dengan porsi yang relatif kecil. Informasikan  pada mereka bahwa salah satu pola hidup sehat adalah dengan makan secara teratur.

17. Gunakan Alat Makan Khusus Agar Anak Lebih Tertarik untuk Makan

Alat makan khusus yang dimaksud adalah berupa piring, sendok dan gelas atau propertu makan lainnya.  Sebagai contoh, jika anak anda penyuka tokoh superhero seperti iron man. Anda dapat membelikan satu set alat makan yang bergambar tokoh tersebut. Tentunya dengan daya tarik dan sedikit iming iming tersebut, anak akan menjadi tidak malas lagi untuk menyantap makanannya.

18. Variasikan Jenis Camilan Sehat dan Buat Tampilan Semenarik Mungkin

Camilan atau kudapan dapat berupa makanan ringan, buah atau minuman ringan. Nah, camilan memiliki daya tarik tersendiri bagi anak anak terutama balita. Mereka cenderung lebih menyukai camilan ketimbang makan makanan berat seperti nasi, sayur dan lauk. Oleh sebab itu, daripada memberikan anak camilan seperti jajanan warung yang tidak sehat, lebih baik coba buat sendiri camilan sehat. Camilan sehat dapat berupa biskuit, chips atau keripik serta buah dan sayur segar. Agar anak tidak bosan beti tampilan yang dapt membuat anak untuk tertarik memakannya.

Baca juga :

19. Berikan Reward

Anak anak sangat menyukai hadiah. Walaupun hadih yang diberikan sebenarnya jika dinominalkan nilainya tidaklah seberapa. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menarik perhatian agar anak mau makan. Berikan reward ala kadarnya. Walaupun tujuan anak tersebut adalah mengejar hadiah tapi setidaknya dia mau menyantap makanannya.

20. Terakhir, Gunakan Bantuan Suplemen atau Vitamin Penambah Nafsu Makan

Bisa dikatakan ini adalah poin terakhir yang bisa ditempuh untuk bisa mengembalikan nafsu makan anak. Karena vitamin dan suplemen penambah nafsu makan tidak bisa digunakan secara sembaramgan. Terlebih dahulu hari melalui konsultasi dari dokter untuk mengetahui dosis dan takaran yang di pakai. Oleh karena itu, lakukan dulu kesembilan belas cara diatas. Baru kemudian, jika nafsu makan anak menurun secara drastis dan akut baru lakukan pemberian suplemen dan vitamin penambah nafsu makan. Tentunya dengn terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Itulah tadi 20 cara mengatasi anak yang susah makan. Sebagai orang tua tentunya kita wajib menempuh berbagai cara agar nafsu makan anak anda kembali normal. Karena anak merupakan anugerah dari tuhan kita wajib menjaga dan memperhatikan kesehatannya. Semoga artikel ini dapat membantu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Parenting