5 Media Ini Dapat Membantu Anak Belajar Membaca dengan Cepat

43

Membaca menjadi hal yang paling tidak disukai oleh anak- anak. Bacaan yang penuh dengan tulisan membuat anak- anak bosan dan memilih untuk menutup serta keluar untuk pergi bermain. Namun, sebagai orang tua Anda harus mengetahui tips dan trick agar si kecil mau membaca. Untuk Media belajar membaca, perhatikan penjelasan berikut

  1. Buku Cerita Bergambar

Buku cerita bergambar sangat digemari oleh anak-anak. Mereka tertarik dengan gambar yang lucu dan tidak membuatnya bosan. Terdapat pendapat bahwa buku bergambar dapat membuat pikiran anak menjadi fresh dan mampu menerima apa yang dibaca secara lebih menyeluruh.

Mereka juga dapat berimajinasi dan masuk ke dalam dunia cerita tersebut. Buku cerita bergambar sangat banyak dan mudah untuk ditemui. Anda dapat membeli di toko-toko buku, di perpustakaan daerah, atau yang lainnya. Namun, tidak hanya membaca buku saja yang penting, coba untuk selalu membiasakan anak mengaji agar bisa seimbang antara intelek dan agamis nya.

  1. Gadget

Membaca buku sangat bermanfaat untuk anak. Beberapa manfaat membaca buku pada anak antaranya seperti menambah wawasan, membuat anak lebih pintar, menambah imaginasi, dan lain-lain. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, gadget seakan menjadi sihir yang memasuki daerah kehidupan manusia. Bagaimana tidak? Semua aspek mulai dari pendidikan, sosial budaya, dan masih banyak lagi sangat berpengaruh dan berkaitan erat dengan gadget dan internet.

Sebagai orang tua, Anda harus memaksimalkan kesempatan ini. Ada banyak aplikasi yang dapat mendukung dalam hal konteks belajar anak. Contoh simpel seperti youtube dan lain- lain. Keyword yang dapat dicari seperti praktik membaca dimana ada speaker yang membaca dan ada jeda waktu anak dalam menirukan. Konsep audio visual ini sangat mempengaruhi pola pikir anak.

  1. Abjad ABC di Dinding

Benda unik lainnya adalah tempelan dinding. Stiker yang biasanya hanya untuk hiasan, Anda dapat mengaplikasinnya sebagai media belajar. Seperti membeli stiker hewan yang menyerupai angka, huruf, kata, bahkan kalimat.

Selain membaca buku banyak cara untuk anak berkeinginan untuk membaca. Jika anak Anda masih sulit untuk diajak membaca, Anda bisa menggunakan langkah hypnosis bagi anak. Ini akan membantu anak merasa lebih senang saat membaca.

Untuk Anda yang mempunyai anak yang memasuki kelas awal TK A dapat menggunakan stiker abjad yang mendasar. Tempelkan didalam kamar anak sehingga ketika  ingin tidur atau bangun akan terlihat dan otomatis akan terbaca walaupun sedikit demi sedikit Dengan begitu dapat menambah banyak ilmu dan daya mengingat akan sedikit lebih kuat.

  1. Mainan Huruf

Banyak sekali media yang dapat digunakan. Mainan huruf dapat diperoleh dengan berbagai macam. Baik dari plastik ataupun dari bahan elastis. Hal ini sangat umum digunakan sebagai media karena sangat mudah dipahami dan sangat menyenangkan.

Untuk harganya pun juga terjangkau murah jika dibandingkan dengan manfaatnya yang luar biasa. Anda juga dapat menginstruksikan kata apa yang harus anak rangkai dan bagaimana cara membaca huruf yang sudah terangkai itu.

Lakukan dengan rutin sebagai games disaat waktu senggang atau ketika anak sedang bosan membaca buku pelajaran.

  1. Board Game

Terbentuk seperti papan dimana didalamnya terdapat pembelajaran dan juga permainan. Board game dapat ditampilkan seperti ular tangga, monopoli, yang didalamnya lebih mendalam tentang edukasi. Biasanya terdapat dadu untuk menentukan nilai langkah pemain.

Jika terhenti dibagian kuis maka akan ada instruksi untuk membuka kartu yang pertanyaanya mendasar dan cocok untuk anak-anak. Dengan begitu, anak akan senang dan terlatih dalam hal membaca meskipun tidak dengan media buku. Pengawasan pada awal permainan dapat Anda lakukan.

Terlebih dengan cara bermain dan juga instruksi yang harus dijalankan saat bermain board game ini. Untuk harganya biasanya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan permainan yang lain karena bentuknya memang sangat menarik dan juga awet dalam waktu jangka lama mengingat bahannya berasal dari papan. Namun, mengingat akan kegunaan pasti tidak akan rugi jika membeli board game ini.

Hal diatas adalah media-media bermain yang dapat membantu anak untuk membaca. Anda dapat membeli dan menjadikannya sebagai alat peraga untuk belajar anak. Jika Anda masih membutuhkan cara yang lain, Anda bisa juga mendaftarkan anak ke kursus menyenangkan untuk tumbuh kembang anak yang ada di kota Anda. Ini akan menstimulus cara membaca anak Anda.