5 Cara Mengatur Pola Makan Sehat pada Anak Bunda Wajib Lakukan

82

Makanan sangat berperan penting untuk perkembangan Anak. Ada yang menyebutkan bahwa tingkat kecerdasan seseorang sangat dipengaruhi oleh pola makanan keseharian. Untuk itu, Anda harus memperhatikan penuh akan hal ini. Snack menjadi kesukaan anak juga harus Anda kontrol dan sebaiknya tidak dikonsumsi secara terus- menerus. Inilah 5 cara mengatur pola makan sehat pada anak

  1. Memperhatikan Empat Sehat Lima Sempurna

Pola makan empat sehat lima sempurna meliputi  nasi, lauk pauk, buah, sayur, dan ditambah dengan susu. Di dalam nasi terdapat karbohidrat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Sumber utama dalam tubuh manusia yang terpenting dalam melakukan sebuah aktivitas. Cara mengatasi anak yang sulit makan nasi bisa Anda terapkan jika anak Anda adalah tipe anak yang tidak suka dengan nasi. Setelah nasi, terdapat lauk pauk yang juga dibutuhkan dalam tubuh.

Lauk pauk ini contohnya seperti ikan yang kaya akan protein dan juga omega yang membuat meningkatnya tingkat kecerdasan seseorang. Selain itu, sayur juga sangat dibutuhkan sebagai mineral dan juga kaya akan vitamin seperti vitamin B yang sangat bagus ketika dikonsumsi.

Ditambah dengan buah yang kaya akan vitamin yang mampu memulihkan sel-sel yang rusak didalam tubuh. Seperti contoh buah pepaya mengandung vitamin A, buah jeruk mengandung vitamin C, jambu biji mengandung vitamin C, dan masih banyak lagi. Dan yang terakhir adalah susu sebagai pelengkap empat sehat lima sempurna.

Anda dapat memberikan susu segar atau juga dalam bentuk kemasan. Susu segar sapi sangat bagus untuk mencerdaskan anak. Jika sulit untuk menemukan susu sapi segar, susu instan juga Anda dapat beli dengan tetap mempertimbangkan kandungan dalam produk tersebut. Perhatikan kembali daftar buah dan sayuran untuk tumbuh kembang anak. Jangan sampai Anda salah memberi asupan pada anak Anda.

  1. Sisipkan Buah atau Sayur ke Dalam Makanan yang Disukai

Berkaitan dengan point pertama yaitu memperhatikan empat sehat lima sempurna. Ada banyak tipe anak yang tidak menyukai akan buah dan sayur. Berbagai keluhan ibu saat mengatur pola makan kian menjadi permasalahan yang cukup trending. Untuk masalah yang paling sering terjadi adalah anak sangat sulit makan sayuran, Anda tidak perlu khawatir.

Ada beberapa tips meningkatkan nafsu makan anak secara alami yang bisa Anda terapkan di rumah. Selain itu, Anda bisa membuat makanan yang disukai anak dengan menyisipkan unsur buah atau sayur. Seperti contoh anak menyukai nuggget ayam. Anda dapat membuat atau membeli nugget ayam yang komposisinya terdapat sayur di dalamnya. Biasanya, untuk resep dalam membuat bisa dengan menambahkan wortel atau bayam sebagai campuran nugget.

  1. Membuat Schedule Makanan

Perlu Anda ketahui, bahwa schedule adalah hal kecil yang sulit untuk dilakukan untuk kesehariannya. Ketika ada schedule mungkin sangat bersemangat diawal dan mulai pertengahan biasanya bisa saja mengabaikannya karena terlihat sedikit bosan. Dalam mengatur pola makan Anda dapat membuat schedule hitam putih.

Hitam putih maksudnya seperti jika hari ini Anda memasak ayam atau ikan, maka keesokan harinya masaklah dengan lauk yang bertema nabati seperti tempe , tahu, dan lainnya.

  1. Memperhatikan Kandungan Makanan Ringan Anak

Masa anak-anak adalah masa dimana makanan ringan menjadi favoritnya sebagai cemilan. Hal ini dikarenakan rasa yang memang lezat dan ccok untuk dikalangan semua usia. Namun, Anda juga perlu tau bahwa didalam snack pasti ada bahan pengawet dimana itu tidak layak jika dikonsumsi secara terus terusan.

Untuk itu, Anda harus tegas dalam memberikan makanan ringan terhadap buah hati Anda. Hal yang terpenting adalah sarapan. Berikan asupan yang kaya vitamin dan juga karbohidrat. Selain nasi, mungkin Anda bisa saja memberikannya roti. Karena biasanya, anak-anak sedikit mual jika makan terlalu pagi. Salah satu penyebab anak mual setiap sarapan antaranya karena kadar asam lambung naik secara tiba-tiba.

  1. Memberikan Pengertian Kesehatan

Setelah cara diatas sudah dilaksanakan, kini saatnya Anda melakukan pendekatan pada anak. Pendekatan ini seperti bercerita mengenai pentingnya kesehatan untuk tubuh. Anda juga dapat menginformasikan makanan apa saja yang baik dan mana yang tidak baik.

Menjelaskan pentingya tidur cukup, dan sebagainya. Salah satu cara membuat anak lebih cerdas selain mengkonsumsi makanan sehat adalah dengan menjelaskan pentingnya kesehatan. Karena pada dasarnya, anak sedikit banyak pasti akan menangkap apa yang Anda bicarakan.

Hal diatas adalah lima cara mengatur pola makan untuk anak. Anda bisa mencoba dan mengaplikasikan dalam kehidupan keseharian. Karena pada dasarnya, dimana tubuh itu sehat maka kecerdasan dalam seseorang uga akan lebih terlihat.