6 Manfaat Puasa Untuk Kulit Wajah yang Sangat Luar Biasa

209

Halo Ramadhan! Di bulan puasa yang penuh berkah, harusnya kita menjadi pribadi yang lebih semangat lagi dalam menjalani hari-hari kita. Bukan malah menjadi loyo dan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Tau nggak sih, selain bermanfaat bagi kesehatan, puasa juga bermanfaat bagi kecantikan lho. Apa saja manfaat puasa untuk kulit wajah?

Manfaat Puasa untuk Kecantikan

Berpuasa di bulan Ramadhan, menahan lapar dan haus dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari akan semakin mendekatkan diri kita pada Allah SWT. Selain meraup pahala yang banyak di bulan penuh keberkahan ini, kita juga mendapatkan bonus kesehatan dan kecantikan kulit. Selain itu, kita juga bisa belajar untuk lebih memperhatikan cara menjaga kesehatan anak selama bulan puasa dan juga beberapa cara membuat menu buka puasa praktis bagi ibu yang bekerja.

  1. Menggantikan Sel-Sel Tubuh

Tahukah anda jika puasa dapat mengganti sel-sel tubuh menjadi lebih cepat dari biasana? Ketika sel kulit terganti dan terperbaharui, maka hal ini akan memudahkan bagi anda yang memiliki kulit kusam dan kering. Sehingga anda menjadi tidak lagi perlu khawatir akan kulit wajah yang terasa kusam dan kering itu.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk makan sahur dan berbuka puasa dengan menu buka puasa sehat dan bergizi tinggi. Hal ini dikarenakan agar mempercepat proses regenerasi sel kuit anda.

  1. Membersihkan Kulit

Selain menggantikan sel-sel tubuh, manfaat lain dari puasa untuk kecantikan adalah mampu mendetoksifikasi tubuh. Apa itu detoksifikasi? Detoksifikasi merupakan proses pembersihan diri dari berbagai racun dalam tubuh. Berbagai racun yang bersarang di dalam tubuh anda nantinya akan secara bertahap dikeluarkan oleh tubuh. Proses detoksifikasi ini bisa menjadi lebih cepat dari biasanya ketika berpuasa lho.

Tentu saja proses detoksifikasi ini akan sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit anda. Hal ini karena proses detoksifikasi mampu membuat kulit menjadi tampak lebih cerah, kenyal, dan bersih. Wah, siapa yang nggak ingin kulit wajahnya menjadi tampak lebih cerah, kenyal, dan bersih?

  1. Mengatasi Jerawat

Bagi anda yang memiliki kulit berjerawat, anda tak perlu lagi khawatir jika pada saat buka bersama jerawat muncul di wajah anda. Justru dengan berpuasa akan membantu anda dalam mengatasi jerawat. Hal ini terjadi karena ketika berpuasa akan membuat proses detoksifikasi tubuh lebih cepat. Maka, bakteri dan racun yang bisa menimbulkan jerawat akan dapat lebih mudah hilang. Wah, sangat menakjubkan ya!

Semua orang direkomendasikan untuk berpuasa karena manfaatnya yang banyak, tidak terkecuali seorang ibu hamil dan ibu menyusui asal dia menerapkan tips buka puasa sehat untuk ibu menyusui tentu puasa yang dijalani akan terasa ringan dan menyehatkan.

  1. Mencegah Iritasi Kulit

Ternyata dengan berpuasa mampu membuat kontak antara kulit dengan zat berbahaya bagi tubuh dan kulit bisa terminimalisir dengan baik. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang mengatakan bahwa dengan berpuasa mampu meminimalisir kontak antara kulit dengan zat berbahaya bagi tubuh dan kulit. Sehingga ketika terjadi kontak antara kulit dan zat berbahaya dalam tubuh anda, maka akan segera sembuh dalam waktu kurang dari 48 jam saat tubuh anda berpuasa!

  1. Mengatasi Gatal

Selain itu, dengan berpuasa mampu mencegah terjadinya salah satu jenis gatal yaitu urtikaria kronis. Urtikaria kronis ini memyebabkan gatal berlangsung lama hingga bisa memunculkan ruam-ruam merah pada bagian kuit tertentu yang memiliki kelainan pada jenis kulitnya.

Hal ini didukung oleh penelitian yang membuktikan bahwa manfaat puasa untuk kesehatan kulit yang sangat baik untuk mengatasi rasa gatal. Selain itu ada juga penelitian yang membuktikan bahwa dengan melakukan puasa selama 28 hari, kulit menjadi tidak lagi rentan terhadap rasa gatal yang diakibatkan oleh adanya zat tertentu di dalam tubuh.

  1. Eksim

Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang dapat menimbulkan ruam-ruam kemerahan pada kulit. Hal ini juga ditandai dengan adanya nanah yang bermunculan di sekeliling ruam-ruam kemerahan tersebut. Tentu saja eksim menjadi sangat membuat keseharian penderita menjadi terganggu. Penderita eksim akan menjadi tidak nyaman dikarekan rasa gatal yang sangat hebat tetapi jika penderita menggaruknya, maka luka akan menjadi semakin parah dan membesar.

Kabar baik bagi anda yang terkena penyakit eksim. Ternyata dengan berpuasa dapat mengobati penyakit eksim yang anda derita. Hal ini dikarenakan dengan berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman apapun. Sehingga tubuh tidak hanya fokus pada proses pencernaan saja, tetapi menjadi lebih fokus pada proses penyembuhan dan peregerasian sel-sel kulit yang telah rusak dan mati.

Wah, sudah tahu kan apa saja manfaat berpuasa bagi kecantikan kulit? Tentunya anda yang sebelumnya malas, setelah mengetahui keenam fakta ini menjadi lebih bersamangat untuk menjalani ibadah puasa. Jangan lupa selalu menjaga kesehatan kulit dengan tips menghidrasi kulit saat puasa dan jika bibir terasa kering segera gunakan cara mengatasi bibir kering saat puasa agar bibir selalu lembab.

Demikian uraian penjelasan manfaat berpuasa bagi kulit wajah. Semoga artikel kami bermanfaat bagi anda.