5 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa Paling Mudah Dilakukan

38

Masalah yang sering terjadi saat melakukan ibadah puasa adalah bibir kering. Hal ini umum terjadi dan diakibatkan dehidrasi yang berasal dari kekurangan cairan selama kurang lebih 13 jam berpuasa.

Bibir kering seringkali tidak membuat nyaman, selain itu penampilan jadi kurang maksimal dan terlihat pucat. Bagi Anda yang sedang mengalami bibir kering hingga pecah-pecah, dapat melakukan beberapa hal berikut.

    1. Minum Air Putih

Kebanyakan orang saat berpuasa lupa untuk minum air putih. Hal ini dikarenakan banyaknya minuman berasa yang tersedia. Seperti es sirup hingga teh. Padahal air putih sangat penting untuk tubuh, apalagi sebagian besar tubuh mengandung air.

Maka saat berpuasa wajib bagi Anda yang mengalami bibir kering untuk minum air putih sebanyak dua gelas saat sahur. Tidak hanya itu, saat sepanjang malam, Anda harus memperbanyak minum air putih hingga 4 gelas.

Dan saat waktu berbuka ini juga penting, karena banyak orang tergoda untuk meminum teh hangat dan minum es setelah makan. Tetapi agar penyebab kulit kering pada bibir tidak menghinggapi, Anda harus meminum 2 gelas saat berbuka.

    1. Mengonsumsi Buah

Pada saat berpuasa, Anda wajib menyediakan buah saat waktu berbuka ataupun saat sahur. Dan yang terpenting dalam pemilihan buah harus banyak mengandung air sebagai cara merawat kulit kering pada bibir.

Selain waktu berbuka dan sahur, Anda juga bisa memakannya saat sepanjang malam. Buah yang baik saat bulan puasa seperti pir, jeruk, semangka, bengkoang dan lain-lain.

    1. Kurangi Minum Kopi

Hal yang tidak bisa dihindari dalam fakta wanita penyuka kopi, adalah kebiasaan mengonsumsi kopi. Biasanya setelah berbuka dan merokok, maka wajib untuk minum kopi. Sehingga lupa untuk mengonsumsi air putih.

Untuk itu penting untuk mengurangi minum kopi. Selain itu juga, kopi berdampak mengurangi kelembapan kulit pada bibir. Maka bibir kering akan sering dan cepat terjadi. Cukup meminum kopi secangkir selama sehari saat menjalani puasa.

Dan Anda juga bisa mencoba untuk minum teh chamomile atau teh hijau yang lebih sehat untuk tubuh saat berpuasa.

    1. Eksfoliasi Bibir

Bibir kering hingga menyebabkan pecah-pecah ditandai dengan menumpuknya sel kulit mati. Sehingga secara tidak sadar Anda mengelupasnya dengan jari. Padahal akan menyebabkan rasa sakit pada bibir. Untuk mencegahnya bisa melakukan eksfoliasi di bibir guna menyingkirkannya atau menggunakan lipstick untuk bibir kering.

Agar mendapat hasil maksimal, lakukan sebanyak satu hingga dua kali seminggu setelah berbuka. Dan untuk bahan eksfoliasi bisa memanfaatkan dari bahan alami seperti madu yang dicampur gula.

    1. Hindari Menjilat Bibir

Secara tidak sadar atau sadar saat bibir kering hingga pecah-pecah maka yang dilakukan adalah menjilat bibir. Padahal jika melakukan hal ini akan memperburuk keadaan. Hal ini dikarenakan air liur akan membuat bibir semakin kering.

Maka harus dihindari agar bibir tak makin kering dan pecah-pecah. Anda juga bisa mengaplikasikan cara memakai lip cream untuk bibir kering agar tak lagi menjilat bibir kering.

5 tips di atas bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bibir kering. Agar maksimal lakukan secara rutin. Sehingga puasa Anda lancar dan tampilan tidak menjadi buruk karena pengaruh bibir kering hingga pecah-pecah.