Begini Ladies 9 Cara Menghilangkan Bau Mulut dari Gigi Berlubang

181

Anda punya masalah dengan bau mulut? Tentu saja bau mulut sangat mengganggu bagi kelancaran aktivitas sehari-hari ada. Apalagi saat anda perlu berbicara dengan orang lain. Hal itulah yang menyebabkan anda menjadi merasa kurang percaya diri. Itulah mengapa bau mulut itu bisa menjadi sangat mengganggu dalam keseharian anda. Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang ampuh memutihkan gigi sekaligus menghilangkan bau mulut. Ada banyak sekali cara menjadi wanita paling bahagia, salah satunya adalah bersyukur dengan menjaga kesehatan termasuk kesehatan mulut dan gigi Anda.

Salah satu faktor yang menjadi pemicu bau mulut adalah gigi berlubang yang tak terawat. Bahkan gigi dengan lubang yang berukuran kecil pun sudah cukup membuat mulut anda bau. Anda tidak mau kan hal ini terus-terus mengganggu anda? Oleh karena itu, kami akan memberikan tips yang sangat ampuh untuk menghilangkan bau mulut dari gigi berlubang.

Penyebab Gigi Berlubang

Bau mulut yang diakibatkan oleh gigi berlubang terjadi pada saat lubang-lubang di gigi tersebut menjadi tempat berkumpulnya sisa-sisa makanan. Apalagi jika gigi itu jarang dibersihkan. Sisa-sisa makanan pun menumpuk dan menjadi media bagi bakteri. Bakteri akan menjadikan sisa makanan sebagai sumber makanan baginya. Wah ngeri kan? Pada akhirnya dalam beberapa selang waktu kemudian, terjadilah proses pembusukan. Proses pembusukan ini menyebabkan bau yang tidak sedap.

Memang pada dasarnya bakteri di mulut juga turut berperan dalam menjaga kesehatan mulut, pencernaan, hingga imunitas. Akan tetapi, jika kebersihan mulut itu tidak dijaga, maka bakteri akan berkembang biar sehingga menjadi tidak terkontrol. Pada akhirnya timbullah masalah seperti bau mulut, gigi berlubang, dan lain-lain.

Langkah awal dalam menghilangkan bau mulut adalah dengan cara rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, terdapat beberapa cara lain yang dapat menghilangkan bau mulut anda dengan ampuh. Bagaimana caranya? Yuk simak uraian di bawah ini!

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

  1. Tambal Gigi

Pergi ke dokter gigi dan menambal gigi merupakan cara yang paling disarankan untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Apalagi jika lubang pada gigi anda masih terbilang kecil. Maka masih memungkinkan untuk cukup ditambal saja. Dengan menambal gigi, maka anda dapat menjaga gigi agar tidak mengalami kerusakan lebih lanjut.

  1. Cabut Gigi

Mendengarkannya saja cukup ngeri bukan? Tenang. Cara ini baru dilakukan jika dirasa lubang gigi anda terbilang besar. Jadi, jika diperiksa ke dokter gigi dan ternyata lubang tidak mampu diatasi hanya dengan ditambal saja. Maka langkah yang harus diambil adalah dengan cara mencabut gigi. Mungkin anda merasa takut membayangkan gigi yang akan dicabut. Tapi alangkah baiknya jika anda tidak menolak anjuran penanganan dari dokter gigi ya!

  1. Rutin Menggosok Gigi

Jangan malas-malas menggosok gigi ya! Rutin menggosok gigi minimal dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur tentu saja dapat membantu anda dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Apalagi cara ini merupakan cara yang dianjurkan oleh dokter gigi dibandingkan jika anda menggosok gigi pada saat mandi.

Hal ini dikarenakan untuk pencegahan sisa makanan yang bersarang pada gigi. Apabila jarak makan dengan menggosok gigi lumayan lama, ditakutkan proses pembusukan sudah terjadi. Pada akhirnya mulut sudah terlanjut menjadi bau. Wah, tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi pada anda bukan?

Selain itu gigi yang tidak digosok akan muncul karang gigi yang mengganggu, cara menghilangkan karang gigi membutuhkan biaya yang tidak sedikit oleh sebab itu usahakan untuk rutin menggosok gigi ya.

  1. Flossing

Benang gigi atau yang biasa disebut dengan floss adalah peralatan yang berbentuk benang. Alat ini bermanfaat untuk membersihkan sela-sela gigi yang masih terselip makanan. Sehingga pada bagian gigi yang tidak mampu dijangkau oleh sikat gigi masih bisa dijangkau oleh alat ini. Plak yang menyebabkan gigi berlubang pun dapat dicegah dengan langkah ini.

  1. Menggunakan Obat Kumur Anti Bakteri

Berkumur dengan menggunakan obat kumur anti bakteri adalah cara yang ampuh untuk mengurangi bau mulut sekaligus dalam melakukan pencegahan gigi berlubang. Pastikan menggunakan obat kumur ini mengandung kandungan anti bakteri. Selain itu, pastikan pula obat kumur yang anda gunakan itu tepat untuk kondisi mulut anda. Apabila perlu, jangan segan-segan untuk mengkonsultasikan obat kumur yang digunakan dengan dokter gigi anda.

  1. Pastikan Tidak Ada Makanan yang Terselip di Gigi

Waktu yang paling baik untuk menggosok gigi adalah pada saat selesai makan. Hal ini dikarenakan menggosok gigi dapat segera menyapu sisa-sisa makanan yang masih terselip di sela-sela gigi. Selain itu, dengan mengosok gigi dan juga membersihkan lidah dapat membuat mulut menjadi bersih dan segar. Maka resiko gigi berlubang pun akan terkurangi. Sehingga bau mulut yang tidak sedap pun tidak muncul.

Salah satu cara cepat meluluhkan hati pria adalah dengan menjaga kondisi mulut agar saat Anda melakukan komunikasi dengannya bisa terhindar dari masalah bau mulut yang bisa mengurangi rasa percaya diri Anda.

  1. Perhatikan Jenis Makanan

Pastikan anda mengonsumsi makanan yang ramah pada gigi dan mulut. Hindari pula makanan yang dapat merusak gigi, seperti bawang, manisan buah kering, permen, buah dengan rasa asam, jengkol, dan minuman dengan kadar gula dan asam yang tinggi.

Adapun beberapa makanan yang dapat menghilangkan bau mulut dan membuat nafas menjadi lebih segar. Di antaranya adalah wortel, pisang, apel, dan seledri.

  1. Hindari Merokok

Merokok dapat mempengaruhi suplai darah ke gusi. Sehingga gusi akan mengalami kekurangan nutrisi dan oksigen. Hal ini akan menjadikan anda lebih rentan terserang infeksi. Bahan kimia rokok juga dapat merusak lapisan luar gigi sehingga dapat menimbulkan kerak gigi. Ada 5 cara ampuh selesaikan masalah bau mulut pasangan yang sangat mengganggu yang bisa Anda lakukan.

  1. Rutin Konsultasikan Kesehatan Mulut dan Gigi

Tetap periksakan kondisi gigi walaupun dirasa baik-baik saja. Dianjurkan melakukan pemeriksaan gigi minimal setiap 6 bulan sekali. Jika ada gigi yang berlubang, segera lakukan perawatan dan penambalan gigi jika diperlukan.

Demikian artikel dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih.