3 Tips Kecantikan Untuk Ibu Hamil yang Ingin Tetap Melakukan Perawatan

179

Banyak sekali ibu hamil yang takut untuk melakukan perawatan kecantikan. Mereka khawatir kalau perawatan yang mereka lakukan itu tidak aman untuk jabang bayi yang tengah mereka kandung. Pasalnya zat kimia yang terdapat didalam beberapa produk kecantikan dapat membahayakan bayi dalam kandungan. Tapi itu bukan berarti ibu hamil tidak dapat melakukan perawatan lho. Untuk Anda yang tengah hamil dan ingin selalu terlihat cantik, inilah tips kecantikan untuk ibu hamil yang ingin tetap melakukan perawatan:

  1. Perawatan Wajah dan Leher

  • Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah sangat penting untuk menjaga kesehatan dan juga kebersihan kulit wajah. Tanpa membersihkan wajah, maka kulit Anda akan rentan ditumbuhi oleh jerawat. Bagi ibu hamil Anda bisa membersihkan wajah Anda setiap dua hari sekali dengan sabun pembersih berbahan lembut.

  • Menggunakan Pelembab

Pelembab penting untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UVA/UVB dari matahari. Pilihlah pelembab yang mengandung UV protection agar kulit anda bisa aman dari paparan sinar matahari.

  • Facial

Ibu hamil masih diperbolehkan untuk melakukan facial. Namun perlu diingat bahwa facial yang dilakukan adalah facial yang standar, bukan yang ekstrem dan menggunakan banyak sekali zat-zat kimia. Facial ekstresm hanya akan membuat kulit sensitif pada ibu hamil menjadi iritasi.

  • Menggunakan Masker Wajah

Hormon yang berubah dalam masa kehamilan seringkali membuat wajah merah-merah dan juga berjerawat. Anda bisa mengatasinya dengan mengenakan masker wajah. Kenakan masker wajah dari bahan-bahan alami seperti beras, timun, tomat, dan juga lidah buaya.

  1. Perawatan Badan

  • SPA

Spa juga bisa dilakukan oleh mereka yang tengah hamil. Waktu yang cocok untuk pergi spa adalah saat masa kandungan sudah memasuki trimester kedua. Pada masa tersebut rasa mual sudah mulai berkurang dan tubuh sudah lebih bertenaga. Pilih tempat yang menyajikan spa khusus untuk ibu hamil, agar pijatan yang dilakukan tidak berbahaya bagi si jabang bayi. Hindari perawatan seperti sauna, whirlpool, body steam, dan juga body wrapping yang dapat membahayakan janin karena membuat suhu tubuh meningkat.

  • Pilih Sabun Mandi yang Tepat

Sabun mandi yang Anda kenakan juga harus aman dari aneka ragam zat kimia yang bisa berbahaya untuk kandungan Anda. Agar lebih aman Anda bisa memilih sabun berbahan alami. Sabun handmade dari bahan shea butter bisa jadi contoh sebagai sabun yang aman dikenakan oleh ibu hamil.

  • Body Scrub

Body Scrub sangat penting dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa membuat kulit Anda terlihat kusam. Demi mendapatkan kulit yang cantik dan segar Anda juga dapat melakukan scrubbing, meski dalam kondisi hamil. Pilih scrub berbahan alami yang ramah bagi kulit dan kesehatan. Pilih aroma yang bisa membuat Anda merasa tenang dan relaks. Anda juga harus berhat-hati agar tidak menggosok terlalu kencang. Tidak hanya itu, Anda juga harus menghindari menggosok area yang dapat memicu kontraksi seperti area perut, pinggang, punggung, dada, dan juga tumit.

  1. Perawatan Kuku

Manicure dan Pedicure tetap boleh dilakukan oleh ibu hamil rupanya. Lakukan perawatan kuku ketika usia kehamilan Anda sudah memasuki trimester pertama. Sebaiknya menghindari untuk mengecat kuku terlalu sering, karena zat kimia dalam cat kuku dapat membahayakan kesehatan janin Anda. Pilih cat kuku yang terhindar dari zat seperti formaldehyde, dhybutil phthalate (DBP), dan toluene yang bisa berbahaya bagi si jabang bayi.

Itulah tadi Tips Kecantikan Untuk Ibu Hamil yang Ingin Tetap Melakukan Perawatan. Semoga bermanfaat.