6 Cara Membuat Menu Buka Puasa Praktis Bagi Ibu yang Bekerja Paling Efisien

30

Membuat menu buka puasa untuk keluarga merupakan tanggung jawab ibu terhadap anak dan keluarga nya, menjamin kesehatan dan rasa makanan yang disajikan haruslah enak juga menjadi poin penting bagi seorang ibu untuk menyajikan makanan untuk keluarga.

Salah satu fungsi ibu dalam keluarga adalah dengan memenuhi semua kebutuhan keluarga terutama dalam hal asupan makanan, seorang ibu yang memiliki ciri-ciri ibu yang baik adalah dengan maupun menyajikan semua keperluan keluarga nya tanpa ada yang tertinggal.

Namun, bagaimana jika seorang ibu sibuk dengan pekerjaan nya? Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat ini seorang ibu bisa merangkap menjadi seorang wanita karir atau wanita kerja dan ibu rumah tangga, tentu saja pekerjaan yang ditekuini kerap kali mengganggu peran nya sebagai ibu rumah tangga baik kurangnya waktu untuk keluarga dan lain sebagainya.

Bagi wanita pekerja menyiapkan makanan untuk keluarga merupakan suatu kewajiban, sebagaimana salah satu cara menjadi ibu teladan adalah mampu membagi waktu antara pekerjaan dan tanggung jawabnya dengan baik, apalagi dibulan ramadhan saat ini menyediakan makanan untuk keluarga menjadi hal primer yang harus diperhatikan.

Dibawah ini, kami akan menjelaskan mengenai cara mmebuat menu buka puasa praktis bagi ibu pekerja. Yuk disimak:

1. Membuat list menu buka puasa

Hal pertama yang perlu ibu lakukan pertama kali supaya terhindar dari kebingungan memilih menu adalah dengan membuat list menu buka puasa selama seminggu kedepan. Selain mengurangi kebingungan anda, hal ini juga bisa mengemat pengeluaran bahan makan yang anda butuhkan.

Selain itu ibu bisa membeli bahan makanan nya sekaligus sehingga menghemat waktu dan tidak merepotkan.

2. Menyiapkan bumbu dasar

Langkah selanjutnya, ibu bisa menyiapkan bumbu dasar masakan nya terlebih dahulu supaya ketika akan memasak ibu tidak lagi bingung memikirkan masalah bumbu dasar nya, di hari Minggu atau hari libur, sempatkan membuat beberapa bumbu dasar seperti bawang putih dan bawang merah halus, cabai merah dan tomat halus, bisa juga jahe atau lengkuas halus, tergantung masakan apa saja yang hendak Anda masak sepanjang satu minggu berikutnya.

Anda dapat memasak praktis dengan cukup memasukkan bumbu-bumbu dasar berikut bahan yang diperlukan ke dalam panci atau penggorengan.

3. Sediakan makanan setengah jadi

Langkah memasak praktis selanjutnya adalah menyiapkan masakan setengah jadi di dalam kulkas yang dapat Anda olah kembali dengan cepat. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat mengingat seoranf ibu pekerja selalu sibuk dengan pekerjaan nya, maka dengan menyiapkan nasakan setengah jadi ibu hanya tinggal menyelesaikan dan melanjutkan nya.

4. Menyimpan makanan dalam freezer

Lemari pendingin alias kulkas punya peranan penting dalam misi memasak praktis ibu, aneka macam sayuran, buah dan bahan makanan hewani dapat bertahan lebih lama jika disimpan dalam kulkas.

Jangan lupa untuk selalu mencuci bersih bahan makanan apapun dan menempatkannya dalam wadah tertutup sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Sisa makanan yang ibu konsumsi juga bisa disimpan didalam kulkas, sehingga jika keluarga ingin mengkonsumsi nya lagi ibu tinggal menghangatkan nya.

5. Membuat makanan dengan porsi yang banyak

Untuk mempersingkat waktu, sebaiknya ibu memasak jumlah masakan dengan porsi yang banyak. Misalnya menu buka puasa dijadikan menu sahur sekaligua sehingga hal ini akan menghemat waktu dan tenaga ibu.

6. Membuat makanan yang simpel

Jika ibu tidak sempat membuat makanan dengan porsi besar, maka ibu bisa menyajikan makanan dengan sajian yang simpel, seperti sup atau nasi goreng dan lain-lain. Hal ini sangat bermanfaat karena mampu mempersingkat waktu ibu dalam memasak.

Itulah tadi Cara membuat menu buka puasa praktis bagi ibu yang bekerja sehingga ibu bisa terapkan dirumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terimakasih.